صحيح البخاري ٢٤٠: حَدَّثَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ يُوسُفَ قَالَ أَخْبَرَنَا مَالِكٌ عَنْ هِشَامِ بْنِ عُرْوَةَ عَنْ أَبِيْهِ عَنْ عَائِشَةَ زَوْجِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ كَانَ إِذَا اغْتَسَلَ مِنَ الْجَنَابَةِ بَدَأَ فَغَسَلَ يَدَيْهِ ثُمَّ يَتَوَضَّأُ كَمَا يَتَوَضَّأُ لِلصَّلَاةِ ثُمَّ يُدْخِلُ أَصَابِعَهُ فِي الْمَاءِ فَيُخَلِّلُ بِهَا أُصُوْلَ شَعَرِهِ ثُمَّ يَصُبُّ عَلَى رَأْسِهِ ثَلَاثَ غُرَفٍ بِيَدَيْهِ ثُمَّ يُفِيضُ الْمَاءَ عَلَى جِلْدِهِ كُلِّهِ.
Shaḥīḥ Bukhārī 240: Telah menceritakan kepada kami ‘Abdullāh bin Yūsuf berkata, telah mengabarkan kepada kami Mālik dari Hisyām bin ‘Urwah dari Bapaknya dari ‘Ā’isyah istri Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam, bahwa jika Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam mandi karena janabat, beliau memulainya dengan mencuci kedua telapak tangannya, kemudian berwudhū’ sebagaimana wudhū’ untuk shalat, kemudian memasukkan jari-jarinya ke dalam air lalu menggosokkannya ke kulit kepalanya, kemudian menyiramkan air ke atas kepalanya dengan cidukan kedua telapak tangannya sebanyak tiga kali, kemudian beliau mengalirkan air ke seluruh kulitnya.”
Derajat: Ijma‘ ‘Ulamā’: Shaḥīḥ.
Pembanding: SB: 254, 264, 474, 175; ST: 97; SN: 247, 417, 420; MA: 23697, 24802, 25571; MM: 89.
صحيح البخاري ٢٤١: حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ يُوْسُفَ قَالَ حَدَّثَنَا سُفْيَانُ عَنِ الْأَعْمَشِ عَنْ سَالِمِ بْنِ أَبِي الْجَعْدِ عَنْ كُرَيْبٍ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ عَنْ مَيْمُونَةَ زَوْجِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ قَالَتْ تَوَضَّأَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ وُضُوْءَهُ لِلصَّلَاةِ غَيْرَ رِجْلَيْهِ وَ غَسَلَ فَرْجَهُ وَ مَا أَصَابَهُ مِنَ الْأَذَى ثُمَّ أَفَاضَ عَلَيْهِ الْمَاءَ ثُمَّ نَحَّى رِجْلَيْهِ فَغَسَلَهُمَا هذِهِ غُسْلُهُ مِنْ الْجَنَابَةِ.
Shaḥīḥ Bukhārī 241: Telah menceritakan kepada kami Muḥammad bin Yūsuf berkata, telah menceritakan kepada kami Sufyān dari al-A‘masy dari Sālim bin Abī-l-Ja‘d dari Kuraib dari Ibnu ‘Abbās dari Maimūnah istri Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam, ia berkata: “Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam berwudhū’ sebagaimana wudhū’nya untuk shalat, kecuali kedua kakinya. Beliau lalu mencuci kemaluan dan apa yang terkena kotoran (mani), kemudian menyiramkan air ke atasnya, kemudian mengakhirinya dengan menyela dan mencuci kedua kakinya. Itulah cara beliau mandi dari janabat.”
Derajat: Ijma‘ ‘Ulamā’: Shaḥīḥ.
Pembanding: SN: 415; SIM: 457, 585; MA: 22691.
صحيح البخاري ٢٤٢: حَدَّثَنَا آدَمُ بْنُ أَبِيْ إِيَاسٍ قَالَ حَدَّثَنَا ابْنُ أَبِيْ ذِئْبٍ عَنِ الزُّهْرِيِّ عَنْ عُرْوَةَ عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ كُنْتُ أَغْتَسِلُ أَنَا وَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ مِنْ إِنَاءٍ وَاحِدٍ مِنْ قَدَحٍ يُقَالُ لَهُ الْفَرَقُ.
Shaḥīḥ Bukhārī 242: Telah menceritakan kepada kami Ādam bin Abī Iyās berkata, telah menceritakan kepada kami Ibnu Abī Dzi’b dari az-Zuhrī dari ‘Urwah dari ‘Ā’isyah berkata: “Aku pernah mandi bersama Nabi shallallāhu ‘laihi wa sallam dari satu ember terbuat dari tembikar yang disebut al-Faraq.”
Derajat: Ijma‘ ‘Ulamā’: Shaḥīḥ.
Pembanding: SB: 253, 255, 290; SM: 484, 485; SAD: 70; ST: 57, 1677; SN: 231, 233, 235, 239, 409; SIM: 370, 371; MA: 22887, 22960, 23213, 23458, 23577, 23581, 23721, 23768, 23830, 24116, 24200, 24211, 24212, 24218, 24225, 24406, 24430, 24453, 24582, 24736, 25570; SD: 742, 743.