163 (164). Ludah, Ingus Dan Yang Sejenisnya Bila Mengenai Pakaian.
صحيح البخاري ٢٣٤: حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ يُوْسُفَ قَالَ حَدَّثَنَا سُفْيَانُ عَنْ حُمَيْدٍ عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ بَزَقَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ فِيْ ثَوْبِهِ. قَالَ أَبُوْ عَبْد اللهِ طَوَّلَهُ ابْنُ أَبِيْ مَرْيَمَ قَالَ أَخْبَرَنَا يَحْيَى بْنُ أَيُّوْبَ حَدَّثَنِيْ حُمَيْدٌ قَالَ سَمِعْتُ أَنَسًا عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ.
Shahih Bukhari 234: Telah menceritakan kepada kami Muḥammad bin Yūsuf berkata, telah menceritakan kepada kami Sufyān dari Ḥumaid dari Anas bin Mālik berkata: “Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam meludah di dalam kainnya.” Abū ‘Abdullāh berkata: “Hadits ini disebutkan secara panjang lebar oleh Ibnu Abī Maryam. Ia berkata, telah mengabarkan kepada kami Yaḥyā bin Ayyūb telah menceritakan kepadaku Ḥumaid berkata, aku mendengar Anas dari Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam.”
Derajat: Ijma‘ ‘Ulamā’: Shaḥīḥ.
Pembanding: MA: 10955.
164 (165). Larangan Berwudhū’ Menggunakan Air Perasan Anggur Atau Sesuatu Yang Dapat Memabukkan.
صحيح البخاري ٢٣٥: حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ عَبْدِ اللهِ قَالَ حَدَّثَنَا سُفْيَانُ قَالَ حَدَّثَنَا الزُّهْرِيُّ عَنْ أَبِيْ سَلَمَةَ عَنْ عَائِشَةَ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ قَالَ كُلُّ شَرَابٍ أَسْكَرَ فَهُوَ حَرَامٌ.
Shahih Bukhari 235: Telah menceritakan kepada kami ‘Alī bin ‘Abdillāh berkata, telah menceritakan kepada kami Sufyān berkata, telah menceritakan kepada kami az-Zuhrī dari Abū Salamah dari ‘Ā’isyah dari Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda: “Setiap minuman yang memabukkan adalah haram.”
Derajat: Ijma‘ ‘Ulamā’: Shaḥīḥ.
Pembanding: SB: 5157, 5158, 5169; SM: 3727, 3728, 3729; SAD: 3107, 3199, 3202; ST: 1786, 1789; SN: 5493, 5494, 5497, 5498, 5499, 5500, 5501, 5503, 5505, 5507, 5508, 5510, 5511, 5512, 5591, 5592, 5632; SIM: 3377, 3378, 3382, 3383; MA: 4415, 5390, 6450, 9174, 18842, 18895, 22953, 23511, 23843, 24396, 24704; MM: 1331; SD: 2005.
165 (166). Seorang Wanita Mencuci Darah Yang Ada Pada Wajah Ayahnya.
صحيح البخاري ٢٣٦: حَدَّثَنَا مُحَمَّدٌ يَعْنِي ابْنَ سَلَامٍ قَالَ أَخْبَرَنَا سُفْيَانُ بْنُ عُيَيْنَةَ عَنْ أَبِيْ حَازِمٍ سَمِعَ سَهْلَ بْنَ سَعْدٍ السَّاعِدِيَّ وَ سَأَلَهُ النَّاسُ وَ مَا بَيْنِيْ وَ بَيْنَهُ أَحَدٌ بِأَيِّ شَيْءٍ دُوْوِيَ جُرْحُ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ فَقَالَ مَا بَقِيَ أَحَدٌ أَعْلَمُ بِهِ مِنِّيْ كَانَ عَلِيٌّ يَجِيْءُ بِتُرْسِهِ فِيْهِ مَاءٌ وَ فَاطِمَةُ تَغْسِلُ عَنْ وَجْهِهِ الدَّمَ فَأُخِذَ حَصِيْرٌ فَأُحْرِقَ فَحُشِيَ بِهِ جُرْحُهُ.
Shahih Bukhari 236: Telah menceritakan kepada kami Muḥammad -yaitu Ibnu Salām- berkata, telah mengabarkan kepada kami Sufyān bin ‘Uyainah dari Abū Ḥazm ia mendengar Sahl bin Sa‘d as-Sa‘īdī ditanya oleh manusia -sedang saat itu antara aku dan dia tidak ada seorang pun yang lebih mendengar tentang pengobatan luka yang diderita Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam-, ia menjawab: “Tidak ada seorang sahabat yang masih hidup yang lebih tahu tentang itu daripada aku. Pernah ‘Alī datang membawa perisai berisi air, lalu Fāthimah membersihkan darah yang ada di wajah beliau, lalu diambilnya tikar kemudian dibakar dan ditempelkan pada lukanya.”
Derajat: Ijma‘ ‘Ulamā’: Shaḥīḥ.
Pembanding: Tidak ada.