Shahih Bukhari no.115 s.d 117 : Menghafal Ilmu (Kisah Abu Hurairah)

Dari Kitab:
Sahīh al-Bukhārī
Oleh: Abū ‘Abd Allāh Muhammad ibn Ismā‘īl ibn Ibrāhīm ibn al-Mughīrah ibn Bardizbah al-Ju‘fī al-Bukhārī

Rangkaian Pos: Shahih Bukhari Kitab 3 (Kitab Ilmu)

صحيح البخاري ٥١١: حَدَّثَنَا عَبْدُ الْعَزِيْزِ بْنُ عَبْدِ اللهِ قَالَ: حَدَّثَنِيْ مَالِكٌ عَنْ ابْنِ شِهَابٍ عَنِ الْأَعْرَجِ عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ قَالَ: إِنَّ النَّاسَ يَقُوْلُوْنَ أَكْثَرَ أَبُوْ هُرَيْرَةَ وَ لَوْ لَا آيَتَانِ فِيْ كِتَابِ اللهِ مَا حَدَّثْتُ حَدِيْثًا ثُمَّ يَتْلُوْ { إِنَّ الَّذِيْنَ يَكْتُمُوْنَ مَا أَنْزَلْنَا مِنَ الْبَيِّنَاتِ وَ الْهُدَى إِلَى قَوْلِهِ الرَّحِيْمُ } إِنَّ إِخْوَانَنَا مِنَ الْمُهَاجِرِيْنَ كَانَ يَشْغَلُهُمُ الصَّفْقُ بِالْأَسْوَاقِ وَ إِنَّ إِخْوَانَنَا مِنَ الْأَنْصَارِ كَانَ يَشْغَلُهُمْ الْعَمَلُ فِيْ أَمْوَالِهِمْ وَ إِنَّ أَبَا هُرَيْرَةَ كَانَ يَلْزَمُ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ بِشِبَعِ بَطْنِهِ وَ يَحْضُرُ مَا لَا يَحْضُرُوْنَ وَ يَحْفَظُ مَا لَا يَحْفَظُوْنَ.

Shahih Bukhari 115: Telah menceritakan kepada kami ‘Abd-ul-‘Azīz bin ‘Abdullāh berkata: Telah menceritakan kepadaku Mālik dari Ibnu Syihāb dari al-A‘raj dari Abū Hurairah berkata: “Sesungguhnya orang-orang mengatakan: “Abū Hurairah adalah yang paling banyak (menyampaikan hadits dari Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam), kalau bukan karena dua ayat dalam Kitābullāh aku tidak akan menyampaikannya.” Lalu dia membaca ayat: “(Sesungguhnya orang-orang yang menyembunyikan apa yang telah Kami turunkan berupa penjelasan dan petunjuk)” ……hingga akhir ayat.. “(Allah Maha Penyayang)” (Qs. al-Baqarah: 159-160). Sesungguhnya saudara-saudara kita dari kalangan Muhājirīn, mereka disibukkan dengan perdagangan di pasar-pasar, dan saudara-saudara kita dari kalangan Anshār, mereka disibukkan dengan pekerjaan mereka dalam mengurus harta mereka. Sementara Abū Hurairah selalu menyertai Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam dalam keadaan lapar, ia selalu hadir saat orang-orang tidak bisa hadir, dan ia dapat menghafal saat orang-orang tidak bisa menghafalnya.”

Derajat: Ijmā‘ ‘Ulamā’: Shaḥīḥ.

Pembanding: Tidak ada.

صحيح البخاري ٦١١: حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ أَبِيْ بَكْرٍ أَبُوْ مُصْعَبٍ قَالَ: حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ إِبْرَاهِيْمَ بْنِ دِيْنَارٍ عَنِ ابْنِ أَبِيْ ذِئْبٍ عَنْ سَعِيْدٍ الْمَقْبُرِيِّ عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ قَالَ: قُلْتُ: يَا رَسُوْلَ اللهِ إِنِّيْ أَسْمَعُ مِنْكَ حَدِيْثًا كَثِيْرًا أَنْسَاهُ قَالَ: ابْسُطْ رِدَاءَكَ فَبَسَطْتُهُ قَالَ: فَغَرَفَ بِيَدَيْهِ ثُمَّ قَالَ: ضُمَّهُ فَضَمَمْتُهُ فَمَا نَسِيْتُ شَيْئًا بَعْدَهُ حَدَّثَنَا إِبْرَاهِيْمُ بْنُ الْمُنْذِرِ قَالَ: حَدَّثَنَا ابْنُ أَبِيْ فُدَيْكٍ بِهذَا أَوْ قَالَ: غَرَفَ بِيَدِهِ فِيْهِ.

Shahih Bukhari 116: Telah menceritakan kepada kami Aḥmad bin Abī Bakr Abū Mush‘ab berkata: Telah menceritakan kepada kami Muḥammad bin Ibrāhīm bin Dīnār dari Abū Dzi‘b dari Sa‘īd al-Maqburī dari Abū Hurairah berkata: “Aku berkata: “Wahai Rasūlullāh, aku telah mendengar dari tuan banyak hadits namun aku lupa. Beliau lalu bersabda: “Hamparkanlah selendangmu.” Maka aku menghamparkannya, beliau lalu (seolah) menciduk sesuatu dengan tangannya, lalu bersabda: “Ambillah.” Aku pun mengambilnya, maka sejak itu aku tidak pernah lupa lagi.” Telah menceritakan kepada kami Ibrāhīm bin al-Mundzir berkata: Telah menceritakan kepada kami Ibnu Abī Fudaik dengan redaksi seperti ini, atau dia berkata: “Menuangkan ke dalam tangannya.”

Derajat: Ijmā‘ ‘Ulamā’: Shaḥīḥ.

Pembanding: SB: 3375.

صحيح البخاري ٧١١: حَدَّثَنَا إِسْمَاعِيْلُ قَالَ: حَدَّثَنِيْ أَخِيْ عَنِ ابْنِ أَبِيْ ذِئْبٍ عَنْ سَعِيْدٍ الْمَقْبُرِيِّ عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ قَالَ: حَفِظْتُ مِنْ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ وِعَاءَيْنِ فَأَمَّا أَحَدُهُمَا فَبَثَثْتُهُ وَ أَمَّا الْآخَرُ فَلَوْ بَثَثْتُهُ قُطِعَ هذَا الْبُلْعُوْمُ.

Shahih Bukhari 117: Telah menceritakan kepada kami Ismā‘īl berkata: Telah menceritakan kepadaku saudaraku dari Ibnu Abī Dzi‘b dari Sa‘īd al-Maqburī dari Abū Hurairah berkata: “Aku menyimpan ilmu (hadits) dari Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam pada dua wadah. Yang satu aku sebarkan dan sampaikan, yang satu lagi sekiranya aku sampaikan maka akan terputuslah tenggorokan ini.

Derajat: Ijmā‘ ‘Ulamā’: Shaḥīḥ.

Pembanding: Tidak ada.