Mustadrak 93 Berbicara Tentang Anank-anak (Orang Musyrik) Dan Takdir

Al-MUSTADRAK
(Judul Asli: Al-Mustadraku ‘alash-Shahihain)
Oleh: Imam al-Hakim

Penerjemah: Ali Murtadho
Penerbit: PUSTAKA AZZAM

41 – التَّكَلُّمُ فِي الْوِلْدَانِ وَ الْقَدَرِ

1-41. Berbicara Tentang Anak-anak (Orang Musyrik) Dan Takdir.

93 – أَخْبَرَنَا أَبُوْ بَكْرٍ أَحْمَدُ بْنُ سَلْمَانَ الْفَقِيْهُ، ثَنَا أَبُوْ دَاوُدَ سُلَيْمَانُ بْنُ الْأَشْعَثِ، ثَنَا سُلَيْمُ بْنُ حَرْبٍ، وَ شَيْبَانُ بْنُ أَبِيْ شَيْبَةَ، قَالَا: ثَنَا جَرِيْرٌ.

وَ أَخْبَرَنِيْ أَبُوْ بَكْرِ بْنُ عَبْدِ اللهِ، ثَنَا الْحَسَنُ بْنُ سُفْيَانَ، ثَنَا يَزِيْدُ بْنُ صَالِحٍ، وَ مُحَمَّدُ بْنُ أَبَانٍ، قَالَا: ثَنَا جَرِيْرُ بْنُ حَازِمٍ قَالَ: سَمِعْتُ أَبَا رَجَاءٍ الْعُطَارِدِيُّ، يَقُوْلُ: سَمِعْتُ ابْنَ عَبَّاسٍ – رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا – يَقُوْلُ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ آلِهِ وَ سَلَّمَ – : “لَا يَزَالُ أَمْرُ هذِهِ الْأُمَّةِ مُوَائِمًا – أَوْ قَالَ مُقَارِبًا – مَا لَمْ يَتَكَلَّمُوْا فِي الْوِلْدَانِ وَ الْقَدَرِ”.

هذَا حَدِيْثٌ صَحِيْحٌ عَلَى شَرْطِ الشَّيْخَيْنِ، وَ لَا نَعْلَمُ لَهُ عِلَّةً وَ لَمْ يُخْرِجَاهُ.

93/93. Abū Bakar Aḥmad bin Salmān al-Faqīh mengabarkan kepada kami, Abū Dāūd Sulaimān bin al-Asy‘ats menceritakan kepada kami, Sulaim bin Ḥarb dan Syaibān bin Abī Syaibah menceritakan kepada kami, keduanya berkata: Jarīr menceritakan kepada kami,

Abū Bakar bin ‘Abdullāh mengabarkan kepadaku, Ḥasan bin Sufyān menceritakan kepada kami, Yazīd bin Shāliḥ dan Muḥammad bin Abān menceritakan kepada kami, Jarīr bin Ḥāzim menceritakan kepada kami, dia berkata: Aku mendengar Abū Rajā’ al-‘Uthāridī berkata: Aku pernah mendengar Ibnu ‘Abbās r.a. berkata: Rasūlullāh s.a.w. bersabda: “Senantiasa perkara umat ini lurus – atau sedang – sampai mereka membicarakan tentang anak-anak orang musyrik dan takdir.” (1541).

Hadits ini shaḥīḥ sesuai syarat al-Bukhārī dan Muslim. Kami tidak mengetahui ada ‘illat-nya, tapi keduanya tidak meriwayatkannya.

Catatan:

  1. (154). Adz-Dzahabī berkata dalam at-Talkhīsh: “Hadits ini sesuai syarat al-Bukhārī dan Muslim. Selain itu, hadits ini tidak ber-‘illat.”

Komentar

Belum ada komentar. Mengapa Anda tidak memulai diskusi?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *