Mustadrak 9 – Keutamaan Mengucapkan Syahadah La ilaha illallah, & Beratnya Di Atas Timbangan (1/2)

Al-MUSTADRAK
(Judul Asli: Al-Mustadraku ‘alash-Shahihain)
Oleh: Imam al-Hakim

Penerjemah: Ali Murtadho
Penerbit: PUSTAKA AZZAM

]ص: 151 ] 4 – فَضِيْلَةُ شَهَادَةِ لَا إِلهَ إِلَّا اللهُ وَ ثِقَلُهَا فِي الْمِيْزَانِ

1-4. Keutamaan Mengucapkan Syahādah Lā ilāha illallāh, Dan Beratnya Di Atas Timbangan.

 

9 – أَخْبَرَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ الْحُسَيْنِ الْقَاضِيْ بِمَرْوَ، ثَنَا الْحَارِثُ بْنُ أَبِيْ أُسَامَةَ، حَدَّثَنَا يُوْنُسُ بْنُ مُحَمَّدٍ، حَدَّثَنَا اللَّيْثُ بْنُ سَعْدٍ، حَدَّثَنِيْ عَامِرُ بْنُ يَحْيَى، عَنْ أَبِيْ عَبْدِ الرَّحْمنِ الْمُعَافِرِيِّ الْحُبُلِيِّ، قَالَ: سَمِعْتُ عَبْدَ اللهِ بْنَ عَمْرِو بْنِ الْعَاصِ، قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ آلِهِ وَ سَلَّمَ – : ” إِنَّ اللهَ سَيُخَلِّصُ رَجُلًا مِنْ أُمَّتِيْ عَلَى رُءُوسِ الْخَلَائِقِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ فَيَنْشُرُ عَلَيْهِ تِسْعَةً وَ تِسْعِيْنَ سَجِلًّا، كُلُّ سِجِلٍّ مِثْلُ هذَا، ثُمَّ يَقُوْلُ: أَتُنْكِرُ مِنْ هذَا شَيْئًا؟ أَظَلَمَكَ كَتَبَتِيْ الْحَافِظُوْنَ؟ فَيَقُوْلُ: لَا يَا رَبِّ، فَيَقُوْلُ: أَفَلَكَ عُذْرٌ؟ فَيَقُوْلُ: لَا يَا رَبِّ، فَيَقُوْلُ: بَلَى، إِنَّ لَكَ عِنْدَنَا حَسَنَةً، وَ إِنَّهُ لَا ظُلْمَ عَلَيْكَ الْيَوْمَ، فَيُخْرِجُ بِطَاقَةً فِيْهَا أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلهَ إلِاَّ اللهُ، وَ أَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَ رَسُوْلُهُ، فَيَقُوْلُ: يَا رَبِّ، مَا هذِهِ الْبِطَاقَةُ مَعَ هذِهِ السِّجِّلَّاتِ؟ فَقَالَ: إِنَّكَ لَا تُظْلَمُ، قَالَ: فَتُوضَعُ السِّجِّلَّاتِ فِيْ كِفَّةٍ، وَ الْبِطَاقَةُ فِيْ كِفَّةٍ فَطَاشَتِ السِّجِّلَّاتِ و ثَقُلَتِ الْبِطَاقَةُ، وَ لَا يَثْقُلُ مَعَ اسْمِ اللهِ شَيْءٌ”.

هذَا حَدِيْثٌ صَحِيْحٌ لَمْ يُخَرَّجْ فِي الصَّحِيْحَيْنِ، وَ هُوَ صَحِيْحٌ عَلَى شَرْطِ مُسْلِمٍ فَقَدِ احْتَجَّ بِأَبِيْ عَبْدِ الرَّحْمنِ الْحُبُلِيِّ، عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ عَمْرِو بْنِ الْعَاصِ، وَ عَامِرُ بْنُ يَحْيَى مِصْرِيٌّ ثِقَةٌ، وَ اللَّيْثُ بْنُ سَعْدٍ إِمَامٌ، وَ يُوْنُسُ الْمُؤَدِّبُ: ثِقَةٌ، مُتَّفَقٌ عَلَى إِخْرَاجِهِ فِي الصَّحِيْحَيْنِ.

9/9. ‘Abdullāh bin Ḥusain al-Qādhī mengabarkan kepada kami di Marwā, al-Ḥārits bin Abū Usāmah menceritakan kepada kami, Yūnus bin Muḥammad menceritakan kepada kami, al-Laits bin Sa‘d menceritakan kepada kami, ‘Āmir bin Yaḥyā menceritakan kepadaku dari Abū ‘Abd-ir-Raḥmān al-Mu‘āfirī al-Ḥubulī, dia berkata: Aku pernah mendengar ‘Abdullāh bin ‘Amr bin al-‘Ash berkata: Rasūlullāh s.a.w. bersabda: “Sesungguhnya Allah akan memilih seorang dari umatku di antara manusia pada Hari Kiamat, lalu menyebarkan 99 buku catatan amal, setiap bukunya seperti ini, kemudian berfirman: “Apakah kamu mengingkari ini? Apakah para malaikat pencatat-Ku telah berbuat zhalim terhadapmu?” Orang tersebut menjawab: “Tidak, wahai Tuhan”. Allah bertanya lagi: “Apakah kamu punya alasan (ingin mengajukan keberatan?)”. Orang tersebut menjawab: “Tidak, wahai Tuhan”. Allah lalu berfirman: “Baik, sesungguhnya kamu mempunyai kebaikan di sisi Kami, tidak ada yang menzhalimimu pada hari ini.” Lalu dikeluarkanlah kartu yang berisi tulisan asyhadu an lā ilāha illallāh wa asyhadu anna muḥammadan ‘abduhu wa rasūluh. Orang tersebut kemudian bertanya: “Wahai Tuhanku, apa hubungannya kartu ini dengan buku-buku catatan itu?” Allah menjawab: “Sesungguhnya kamu tidak berbuat zhalim.

Nabi s.a.w. lanjut bersabda: “Lalu diletakkanlah buku-buku catatan amal di piring timbangan dan kartunya di piring timbangan yang lain. Ternyata buku-buku catatan amal menjadi ringan, sementara kartunya menjadi berat. Tidak ada sesuatu yang berat jika disertakan dengan nama Allah.” (651).

Hadits ini shaḥīḥ, dan tidak dinukil dalam ash-Shaḥīḥain. Hadits ini shaḥīḥ menurut syarat Muslim. Muslim menjadikan Abū ‘Abd-ir-Raḥmān al-Ḥubulī dari ‘Abdullāh bin ‘Amr bin al-‘Ash sebagai ḥujjah. ‘Āmir bin Yaḥyā adalah periwayat Mesir yang tsiqah. Al-Laits bin Sa‘d merupakan seorang imam, dan Yūnus al-Mu’addib adalah periwayat yang tsiqah dan telah disepakati dinukil dalam ash-Shaḥīḥain.

Catatan:


  1. (65). Adz-Dzahabī berkata dalam at-Talkhīsh: “Hadits ini sesuai syarat Muslim.” Al-Ḥāfizh bin Nashīruddīn (al-Itḥāf, 10/564) berkata: “Kami mengatakan bahwa ‘Āmir bin Yaḥyā bin Jusyaib al-Mu‘āfirī al-Mishrī, hanya diriwayatkan oleh Muslim. Abū Dāūd menilainya tsiqah, sehingga ‘Āmir berada dalam tingkatan shaḥīḥ. Namun, dia termasuk periwayat yang meriwayatkan dari al-Ḥubulī, dari ‘Abdullāh bin ‘Amr.” H.R. Az-Zubaidī (Itḥāf-us-Sādāt-il-Muttaqīn dengan sanad-nya, 10/562-563); At-Tirmidzī (Sunan-ut-Tirmidzī); Aḥmad (al-Musnad, 2/213); dan Ibn-ul-Mubārak (az-Zuhd, 2/109). At-Tirmidzī berkata: “Ini adalah hadits ḥasan gharīb.”

Komentar

Belum ada komentar. Mengapa Anda tidak memulai diskusi?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *