Hati Senang

Mustadrak 76 Kelebihan Pakaian Wol (bulu binatang) (1/2)

Al-MUSTADRAK
(Judul Asli: Al-Mustadraku ‘alash-Shahihain)
Oleh: Imam al-Hakim

Penerjemah: Ali Murtadho
Penerbit: PUSTAKA AZZAM

31 – فَضِيْلَةُ لِبَاسِ الصُّوْفِ

1-31. Kelebihan Pakaian Wol (bulu binatang).

76 – حَدَّثَنَا أَبُوْ بَكْرِ بْنُ إِسْحَاقَ الْفَقِيْهُ، أَنْبَأَ بِشْرُ بْنُ مُوْسَى، ثَنَا سَعِيْدُ بْنُ مَنْصُوْرٍ، ثَنَا خَلَفُ بْنُ خَلِيْفَةَ، عَنْ حُمَيْدٍ الْأَعْرَجِ، عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ الْحَارِثِ، عَنِ ابْنِ مَسْعُودٍ – رَضِيَ اللهُ عَنْهُ – عَنِ النَّبِيِّ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ آلِهِ وَ سَلَّمَ – قَالَ: “يَوْمَ كَلَّمَ اللهُ مُوْسَى كَانَ عَلَيْهِ جُبَّةُ صُوْفٍ، وَ سَرَاوِيْلُ صُوْفٍ، وَ كُمَّةُ صُوْفٍ، وَ كِسَاءُ صُوْفٍ، وَ نَعْلَانِ مِنْ جِلْدِ حِمَارٍ غَيْرِ ذَكِيٍّ”.

قَدِ اتَّفَقَا جَمِيْعًا عَلَى الْاِحْتِجَاجِ بِحَدِيْثِ سَعِيْدِ بْنِ مَنْصُوْرٍ، وَ حُمَيْدٌ هذَا لَيْسَ بِابْنِ قَيْسٍ الْأَعْرَجِ قَالَ الْبُخَارِيُّ فِي التَّارِيْخِ: حُمَيْدُ بْنُ عَلِيٍّ الْأَعْرَجُ الْكُوْفِيُّ مُنْكَرُ الْحَدِيْثِ، وَ عَبْدُ اللهِ بْنُ الْحَارِثِ النَّجْرَانِيُّ مُحْتَجٌّ بِهِ، وَ احْتَجَّ مُسْلِمٌ وَحْدَهُ بِخَلَفِ بْنِ خَلِيْفَةَ، وَ هذَا حَدِيْثٌ كَبِيْرٌ فِي التَّصَوُّفِ وَ التَّكَلُّمِ، وَ لَمْ يُخْرِجَاهُ.

وَ لَهُ شَاهِدٌ مِنْ حَدِيْثِ إِسْمَاعِيْلَ بْنِ عَيَّاشٍ:

76/76. Abū Bakar bin Isḥāq al-Faqīh menceritakan kepada kami, Bisyr bin Mūsā memberitakan (kepada kami), Sa‘īd bin Manshūr menceritakan kepada kami, Khalaf bin Khalīfah menceritakan kepada kami dari Ḥumaid al-A‘raj, dari ‘Abdullāh bin al-Ḥārits, dari Ibnu Mas‘ūd r.a., dari Nabi s.a.w., beliau bersabda: “Pada hari ketika Allah mengajak Mūsā berbicara, dia (Mūsā) memakai jubah yang terbuat dari bulu, celana panjang yang terbuat dari bulu, lengan baju yang terbuat dari bulu, pakaian yang terbuat dari bulu, dan dua terompah yang terbuat dari kulit keledai yang tidak disembelih.” (1371)

Al-Bukhārī dan Muslim sama-sama sepakat berhujjah dengan hadits Sa‘īd bin Manshūr. Ḥumaid di sini bukanlah putra Qais al-A‘raj.

Al-Bukhārī berkata dalam at-Tārīkh: “Hadits Ḥumaid bin ‘Alī al-A‘raj al-Kūfī adalah munkar.”

‘Abdullāh bin Ḥārits an-Najrānī adalah orang yang haditsnya dijadikan sebagai hujjah. Muslim sendiri berhujjah dengan Khalaf bin Khalīfah. Ini merupakan hadits besar tentang tasawuf dan percakapan (antara Allah dengan Mūsā). Al-Bukhārī dan Muslim tidak meriwayatkannya.

Hadits ini juga mempunyai syāhid dari hadits Ismā‘īl bin ‘Ayyās.

Catatan:

  1. (137). Adz-Dzahabī berkata dalam at-Talkhīsh: “Humaid di sini bukanlah putra Qais.”

    Al-Bukhārī berkata: “Hadits Ḥumaid bin ‘Alī al-A‘raj al-Kūfī munkar. Ini merupakan hadits besar tentang tasawuf.

Alamat Kami
Jl. Zawiyah, No. 121, Rumah Botol Majlis Dzikir Hati Senang,
RT 06 RW 04, Kp. Tajur, Desa Pamegarsari, Parung, Jawa Barat. 16330.