65 – حَدَّثَنَاهُ أَبُوْ عَبْدِ اللهِ مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ اللهِ الصَّفَّارُ، ثَنَا أَحْمَدُ بْنُ مَهْدِيِّ بْنِ رُسْتُمٍ، ثَنَا رَوْحُ بْنُ عُبَادَةَ، ثَنَا شُعْبَةُ. وَ حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ حَمْشَاذَ الْعَدْلُ، ثَنَا أَبُو الْمُثَنَّى، وَ مُحَمَّدُ بْنُ أَيُّوْبَ، قَالَا: ثَنَا أَبُو الْوَلِيْدِ الطَّيَالِسِيُّ، ثَنَا شُعْبَةُ، عَنْ أَبِيْ إِسْحَاقَ، عَنْ أَبِي الْأَحْوَصِ، عَنْ أَبِيْهِ قَالَ: أَتَيْتُ رَسُوْلَ اللهِ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ آلِهِ وَ سَلَّمَ – وَ أَنَا قَشِفُ الْهَيْئَةِ قَالَ: “هَلْ لَكَ مِنْ مَالٍ؟” قُلْتُ: نَعَمْ، قَالَ: “مِنْ أَيِّ الْمَالِ؟” قُلْتُ: مِنْ كُلٍّ: مِنَ الْإِبِلِ وَ الْخَيْلِ وَ الرَّقِيْقِ وَ الْغَنَمِ قَالَ: “فَإِذَا آتَاكَ اللهُ مَالًا فَلْيُرَ عَلَيْكَ” [ ص: 180 ] قَالَ: وَ قَالَ رَسُوْلُ اللهِ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ آلِهِ وَ سَلَّمَ – : “هَلْ تُنْتَجُ إِبِلُ قَوْمِكَ صِحَاحٌ آذَانُهَا فَتَعْمَدُ إِلَى الْمُوْسَى فَتَقْطَعُ آذَانَهَا وَ تَقُوْلُ: هِيَ بُحْرٌ، وَ تَشُقُّهَا أَوْ تَشُقُّ جُلُوْدَهَا، وَ تَقُوْلُ: هِيَ حَرَمٌ فَتُحَرِّمُهَا عَلَيْكَ وَ عَلَى أَهْلِكَ؟” قَالَ: قُلْتُ: نَعَمْ قَالَ: ” فَكُلُّ مَا آتَاكَ اللهُ لَكَ حِلٌّ، وَ سَاعِدُ اللهِ أَشَدُّ مِنْ سَاعِدِكَ، وَ مُوْسَى اللهِ أَحَدُّ مِنْ مُوْسِكَ”.
هذَا حَدِيْثٌ صَحِيْحُ الْإِسْنَادِ، وَ قَدْ رَوَاهُ جَمَاعَةٌ مِنْ أَئِمَّةِ الْكُوْفِيِّيْنَ، عَنْ أَبِيْ إِسْحَاقَ، وَ قَدْ تَابَعَ أَبُو الزَّهْرَاءِ عَمْرَو بْنَ عَمْرٍو، و أَبَا إِسْحَاقَ السَّبِيْعِيَّ فِيْ رِوَايَتِهِ عَنْ أَبِي الْأَحْوَصِ وَ لَمْ يُخْرِجَاهُ؛ لِأَنَّ مَالِكَ بْنَ نَضْلَةَ الْجُشَمِيَّ لَيْسَ لَهُ رَاوٍ غَيْرُ ابْنِهِ أَبِي الْأَحْوَصِ، وَ قَدْ خَرَّجَ مُسْلِمٌ، عَنْ أَبِي الْمَلِيْحِ بْنِ أُسَامَةَ، عَنْ أَبِيْهِ، وَ لَيْسَ لَهُ رَاوٍ غَيْرُ ابْنِهِ، وَ كَذلِكَ عَنْ أَبِيْ مَالِكٍ الْأَشْجَعِيِّ، عَنْ أَبِيْهِ وَ هذَا أَوْلَى مِنْ ذلِكَ كُلِّهِ.
65/65. Abū ‘Abdillāh Muḥammad bin ‘Abdillāh ash-Shaffār menceritakan kepada kami, Aḥmad bin Mahdī bin Rustum menceritakan kepada kami, Rauḥ bin ‘Ubādah menceritakan kepada kami, Syu‘bah menceritakan kepada kami,
‘Alī bin Ḥamsyād al-‘Adī menceritakan kepada kami, Abul-Mutsannā dan Muḥammad bin Ayyūb menceritakan kepada kami, keduanya berkata: Abul-Walīd ath-Thayālisī menceritakan kepada kami, Syu‘bah menceritakan kepada kami dari Abū Isḥāq, dari Abul-Aḥwash, dari ayahnya, dia berkata: “Aku mendatangi Rasūlullāh s.a.w., dan ketika itu penampilanku memprihatinkan (lusuh dan kotor seperti orang miskin), maka beliau bertanya kepadaku: “Apakah kamu mempunyai harta?” Aku menjawab: “Ya”. Beliau bertanya lagi: “Darimana harta itu?” Aku menjawab: “Dari unta, kuda, budak, dan kambing.” Nabi s.a.w. lalu bersabda: “Apabila Allah memberimu harta maka perlihatkanlah harta tersebut (sebagai tanda bersyukur kepada Allah).”
Dia lanjut berkata: “Rasūlullāh s.a.w. lalu bertanya: “Apakah unta-unta kamu lahir dalam keadaan sehat (normal) telinganya, lalu kamu mengambil gunting dan memotong telinganya, lalu kamu katakan bahwa dia unta yang cacat (terpotong telinganya), kemudian kamu sobek-sobek kulitnya lalu kamu katakan bahwa dia unta terlarang, kemudian mengharamkannya untuk dirimu dan keluargamu?” Aku menjawab: “Ya” Beliau lalu bersabda: “Segala sesuatu yang dikaruniakan Allah kepadamu adalah halal buatmu, Lengan Allah lebih keras daripada lenganmu dan pisau Allah lebih tajam dari pisaumu.” (1261).
Sanad hadits ini shaḥīḥ.
Segolongan periwayat meriwayatkannya dari Imam-imam Kūfah dari Abū Isḥāq. Abuz-Zahrā’ ‘Amr bin ‘Amr lalu mengikuti Abū Isḥāq as-Sabī‘ī dalam riwayatnya dari Abul-Aḥwash, tapi keduanya tidak meriwayatkannya, karena Mālik bin Nadhlah al-Jusyamī tidak mempunyai periwayat selain putranya (Abul-Aḥwash).
Muslim telah meriwayatkannya dari Abul-Malīḥ bin Usāmah, dari ayahnya, yang tidak mempunyai periwayat selain putranya. Begitu pula Abū Mālik al-Asyja‘ī (yang meriwayatkan) dari ayahnya, dan ini lebih utama daripada semua yang telah disebutkan tadi.
H.R. al-Ḥakīm (4/181); at-Tirmidzī (Sunan-ut-Tirmidzī, no. 2006); Aḥmad (al-Musnad, 4/137); Ibnu Ḥibbān (Shaḥīḥu Ibni Ḥibbān, no. 1434); ath-Thabrānī (al-Kabīr, 8/31, 19/276, 277, 280, 282); dan al-Baihaqī (al-Asmū’u wash-Shifāt, no. 342).
Al-Ḥakīm menilai hadits ini shaḥīḥ dan diakui oleh adz-Dzahabī.