Mustadrak 62 Larangan Memiliki Nama Dari Nama Allah yang Mengandung Makna Sifat (5/11)

Al-MUSTADRAK
(Judul Asli: Al-Mustadraku ‘alash-Shahihain)
Oleh: Imam al-Hakim

Penerjemah: Ali Murtadho
Penerbit: PUSTAKA AZZAM

Rangkaian Pos: Mustadrak Kitab 1 Bab 28

62 – كَمَا حَدَّثَنَاهُ جَعْفَرُ بْنُ مُحَمَّدٍ، عَنْ نُصَيْرٍ الْخَلَدِيِّ، ثَنَا عَلِيُّ بْنُ عَبْدِ الْعَزِيْزِ، ثَنَا أَبُوْ نُعَيْمٍ، ثَنَا يَزِيْدُ بْنُ الْمِقْدَامِ بْنِ شُرَيْحٍ، عَنْ أَبِيْهِ، عَنْ شُرَيْحِ بْنِ هَانِئٍ قَالَ: حَدَّثَنِيْ أَبِيْ هَانِئُ بْنُ يَزِيْدَ، أَنَّهُ وَفَدَ إِلَى رَسُوْلِ اللهِ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ آلِهِ وَ سَلَّمَ – فَسَمِعَهُ النَّبِيُّ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ آلِهِ وَ سَلَّمَ – يُكَنُّوْنَهُ بِأَبِي الْحَكَمِ، فَقَالَ: “إِنَّ اللهَ هُوَ الْحَكَمُ لِمَ تُكَنَّى بِأَبِي الْحَكَمِ؟” قَالَ: إِنَّ قَوْمِيْ إِذَا اخْتَلَفُوْا حَكَمْتُ بَيْنَهُمْ فَرَضِيَ الْفَرِيْقَانِ قَالَ: “هَلْ لَكَ وَلَدٌ؟” قَالَ: شُرَيْحٌ، وَ عَبْدُ اللهِ، وَ مُسْلِمٌ بَنُوْ هَانِئٍ قَالَ: “فَمَنْ أَكْبَرُهُمْ؟” قَالَ: شُرَيْحٌ قَالَ: “فَأَنْتَ أَبُوْ شُرَيْحٍ” فَدَعَا لَهُ وَ لِوَلَدِهِ”.

وَ قَدْ ذَكَرْتُ فِيْ كِتَابِ الْمَعْرِفَةِ فِيْ ذِكْرِ الْمُخَضْرَمِيْنَ شُرَيْحَ بْنَ هَانِئٍ، فَإِنَّهُ أَدْرَكَ الْجَاهِلِيَّةَ وَ الْإِسْلَامَ، وَ لَمْ يَرَ رَسُوْلَ اللهِ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ آلِهِ وَ سَلَّمَ – فَصَارَ عِدَادُهُ فِي التَّابِعِيْنَ”.

62/62. Seperti Hadits Ja‘far bin Muḥamamd yang diceritakan kepada kami dari Nushairī al-Khuldī, ‘Alī bin ‘Abd-ul-‘Azīz menceritakan kepada kami, Abū Nu‘aim menceritakan kepada kami, Yazīd bin al-Miqdām bin Syuraiḥ menceritakan kepada kami dari ayahnya, dari Syuraiḥ bin Hāni’, dia berkata: Ayahku, Hāni’ bin Yazīd, menceritakan kepadaku bahwa dia pernah menjadi utusan (untuk menemui) Rasūlullāh s.a.w., lalu Nabi s.a.w. mendengar orang-orang memberinya julukan Abul-Ḥakam, maka beliau bersabda: “Sesungguhnya Allah adalah al-Ḥakam (Penengah), lalu mengapa kamu dijuluki Abul-Ḥakam?” Dia menjawab: “Apabila kaumku berselisih dan aku memutuskan kasus yang terjadi di antara mereka, maka kedua kelompok tersebut rela (setuju).” Nabi s.a.w. bertanya: “Apakah kamu punya anak?” Dia menjawab: “Syuraiḥ, ‘Abdullāh, dan Muslim.” (Mereka) adalah anak-anak Hāni’.” Nabi s.a.w. bertanya lagi: “Siapakah yang paling tua di antara mereka?” Dia menjawa: “Syuraiḥ.” Nabi s.a.w. lalu bersabda: “Kalau begitu kamu adalah Abū Syuraiḥ (bapaknya Syuraih).” Beliau kemudian mendoakannya dan anaknya. (1231).

Aku telah menguraikan di dalam Kitāb-ul-Ma‘rifah, pembahasan tentang al-Mukhadhramīn, bahwa Syuraiḥ bin Hāni’ hidup pada masa Jahiliyyah dan Islam, tapi dia tidak bertemu dengan Rasūlullāh s.a.w., sehingga dia tergolong dalam kelompok tabi‘in.

Catatan:

  1. (123). Adz-Dzahabī tidak mengomentari hadits ini dalam at-Talkhīsh.

    H.R. al-Baihaqī (al-Asmā’u wash-Shifāt, no. 80 dan as-Sunan-ul-Kubrā, 10/145); Ibnu Ḥibbān (Shaḥīḥu Ibni Ḥibbān, no. 1937); al-Bukhārī (al-Adab-ul-Mufrad, no. 811 dan Tārīkh-ul-Kabīr); Abū Dāūd (Sunanu Abī Dāūd, no. 4955); dan an-Nasā’ī (Sunan-un-Nasā’ī, 8/226).

Komentar

Belum ada komentar. Mengapa Anda tidak memulai diskusi?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *