24 – شِدَّةُ الِاهْتِمَامِ بِصَلَاةِ الْفَجْرِ وَ الْعَصْرِ
50 – حَدَّثَنَا أَبُوْ بَكْرٍ أَحْمَدُ بْنُ إِسْحَاقَ بْنِ أَيُّوْبَ الْفَقِيْهُ، ثَنَا الْحَسَنُ بْنُ عَلِيِّ بْنِ زِيَادٍ، ثَنَا سَعِيْدُ بْنُ سُلَيْمَانَ الْوَاسِطِيُّ
وَ حَدَّثَنَا أَبُو الْعَبَّاسِ مُحَمَّدُ بْنُ يَعْقُوْبَ، ثَنَا الْعَبَّاسُ بْنُ مُحَمَّدٍ الدُّوْرِيُّ، ثَنَا يَحْيَى بْنُ مَعِيْنٍ
وَ حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ عِيْسَى، ثَنَا أَحْمَدُ بْنُ نَجْدَةَ، ثَنَا سَعِيْدُ بْنُ مَنْصُوْرٍ، قَالُوْا: ثَنَا هُشَيْمٌ، عَنْ دَاوُدَ بْنِ أَبِيْ هِنْدٍ، عَنْ أَبِيْ حَرْبِ بْنِ أَبِي الْأَسْوَدِ، عَنْ فَضَالَةَ اللَّيْثِيِّ قَالَ: أَتَيْتُ النَّبِيَّ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ آلِهِ وَ سَلَّمَ – فَقُلْتُ: إِنِّيْ أُرِيْدُ الْإِسْلَامَ فَعَلِّمْنِيْ شَرَائِعَ مِنْ شَرَائِعِ الْإِسْلَامِ، فَذَكَرَ الصَّلَاةَ وَ شَهْرَ رَمَضَانَ وَ مَوَاقِيْتَ الصَّلَاةِ، فَقُلْتُ: يَا رَسُوْلَ اللهِ إِنَّكَ تَذْكُرُ سَاعَاتٍ أَنَا فِيْهِنَّ مَشْغُوْلٌ، وَ لكِنْ عَلِّمْنِيْ جِمَاعًا مِنَ الْكَلَامِ قَالَ: “إِنْ شُغِلْتَ فَلَا تُشْغَلْ عَنِ الْعَصْرَيْنِ” قُلْتُ: وَ مَا الْعَصْرَانِ؟ – وَ لَمْ تَكُنْ لُغَةَ قَوْمِيْ – قَالَ: “الْفَجْرُ وَ الْعَصْرُ”.
هذَا حَدِيْثٌ صَحِيْحٌ عَلَى شَرْطِ مُسْلِمٍ، وَ لَمْ يُخْرِجَاهُ، وَ فِيْهِ أَلْفَاظٌ لَمْ يُخْرِجَاهَا بِإِسْنَادٍ آخَرَ، وَ أَكْثَرُهَا فَائِدَةً ذِكْرُ شَرَائِعِ الْإِسْلَامِ، فَإِنَّهُ فِيْ حَدِيْثِ عَبْدِ الْعَزِيْزِ بْنِ أَبِيْ دَاوُدَ، عَنْ عَلْقَمَةَ بْنِ مَرْثَدٍ، عَنْ يَحْيَى بْنِ يَعْمَرَ، عَنِ ابْنِ عُمَرَ، وَ لَيْسَ مِنْ شَرْطِ وَاحِدٍ مِنْهُمَا، وَ قَدْ خُوْلِفَ هُشَيْمُ بْنُ بَشِيْرٍ فِيْ هذَا الْإِسْنَادِ، عَنْ دَاوُدَ بْنِ أَبِيْ هِنْدٍ خِلَافًا لَا يَضُرُّ الْحَدِيْثَ بَلْ يَزِيْدُهُ تَأْكِيْدًا”.
50/50. Abū Bakar Aḥmad bin Isḥāq bin Ayyūb al-Faqīh menceritakan kepada kami, Ḥasan bin ‘Alī bin Ziyād menceritakan kepada kami, Sa‘īd bin Sulaimān al-Wāsithī menceritakan kepada kami,
Abul-‘Abbās Muḥamamd bin Ya‘qūb menceritakan kepada kami, al-‘Abbās bin Muḥammad ad-Dūrī menceritakan kepada kami, Yaḥyā bin Ma‘īn menceritakan kepada kami,
‘Alī bin ‘Īsā menceritakan kepada kami, Aḥmad bin Najdah menceritakan kepada kami, dan Sa‘īd bin Manshḥr menceritakan kepada kami, mereka berkata: Husyaim menceritakan kepada kami dari Dāūd bin Abī Hind, dari Abū Ḥarb bin Abil-Aswad, dari Fudhālah al-Laitsī, dia berkata: Aku mendatangi Nabi s.a.w. dan berkata: “Aku ingin masuk Islam, maka ajarkanlah aku sebagian syariat Islam.” Nabi s.a.w. lalu menjelaskan tentang shalat, puasa bulan Ramadhān, dan waktu-waktu shalat. Aku kemudian bertanya: “Wahai Rasūlullāh, engkau menyebutkan waktu-waktu yang pada saat itu aku sedang sibuk, akan tetapi ajarkanlah aku kata-kata yang ringkas saja.” Nabi s.a.w. bersabda: “Jika kamu sibuk maka janganlah kamu tinggalkan dua ‘Ashar?” Aku pun bertanya: “Apakah dua ‘Ashar itu? Itu bukan berasal dari bahasa kaumku.” Beliau menjawab: “Shalat Fajar dan shalat ‘Ashar.” (1111).
Hadits ini shaḥīḥ sesuai syarat Muslim, namun al-Bukhārī dan Muslim tidak meriwayatkannya. Di dalamnya terdapat redaksi yang tidak diriwayatkan keduanya dengan sanad yang lain. Yang paling banyak bermanfaat adalah penjelasan tentang syariat-syariat Islam yang terdapat dalam hadits ‘Abd-ul-‘Azīz bin Abī Dāūd, dari ‘Alqamah bin Martsad, dari Yaḥyā bin Ya‘mar, dari Ibnu ‘Umar, tapi dia tidak termasuk dalam syarat salah satu dari keduanya.
Dalam sanad ini riwayat Husyaim bin Basyīr dari Dāūd bin Abī Hind diperselisihkan, akan tetapi perselisihan tersebut tidak sampai membahayakan hadits ini, bahkan justru membuatnya semakin kuat.