21 – مَنْ حَلَفَ بِغَيْرِ اللهِ فَقَدْ كَفَرَ
45 – حَدَّثَنَا أَبُوْ جَعْفَرٍ مُحَمَّدُ بْنُ صَالِحِ بْنِ هَانِئٍ، ثَنَا إِبْرَاهِيْمُ بْنُ أَبِيْ طَالِبٍ، وَ الْحُسَيْنُ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ زِيَادٍ، وَ أَحْمَدُ بْنُ سَلَمَةَ، قَالُوْا: ثَنَا يَحْيَى بْنُ إِسْحَاقَ بْنِ إِبْرَاهِيْمَ، أَنْبَأَ جَرِيْرٌ، عَنِ الْحَسَنِ بْنِ عُبَيْدِ اللهِ النَّخَعِيِّ، عَنْ سَعْدِ بْنِ عُبَيْدَةَ، عَنِ ابْنِ عُمَرَ، عَنِ النَّبِيِّ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ آلِهِ وَ سَلَّمَ – قَالَ: “مَنْ حَلَفَ بِغَيْرِ اللهِ فَقَدْ كَفَرَ”.
هذَا حَدِيْثٌ صَحِيْحٌ عَلَى شَرْطِ الشَّيْخَيْنِ، فَقَدِ احْتَجَّا بِمِثْلِ هذَا الْإِسْنَادِ وَ خَرَّجَاهُ فِي الْكِتَابِ، وَ لَيْسَ لَهُ عِلَّةٌ، وَ لَمْ يُخْرِجَاهُ.
وَ لَهُ شَاهِدٌ عَلَى شَرْطِ مُسْلِمٍ، فَقَدِ احْتَجَّ بِشَرِيْكِ بْنِ عَبْدِ اللهِ النَّخَعِيِّ.
45/45. Abū Ja‘far Muḥammad bin Shāliḥ bin Hāni’ menceritakan kepada kami, Ibrāhīm bin Abī Thālib menceritakan kepada kami, Ḥusain bin Muḥammad bin Ziyād menceritakan kepada kami, mereka berkata: Yaḥyā bin Isḥāq bin Ibrāhīm menceritakan kepada kami, Jarīr memberitakan (kepada kami) dari Ḥasan bin ‘Ubaidillāh an-Nakha‘ī, dari Sa‘ad bin ‘Ubaidah, dari Ibnu ‘Umar, dari Nabi s.a.w., beliau bersabda: “Barang siapa bersumpah dengan selain (nama) Allah, maka dia telah kafir.” (1051).
Hadits ini shaḥīḥ sesuai syarat al-Bukhārī dan Muslim. Keduanya sama-sama berhujjah dengan sanad ini dan meriwayatkannya dalam al-Kitāb. Hadits ini tidak tidak ber-‘illat, tapi keduanya tidak meriwayatkannya.
Ada pula syāhid sesuai syarat Muslim. Dia berhujjah dengan Syarīk bin ‘Abdillāh an-Nakha‘ī:
Adz-Dzahabī berkata dalam kitab al-Kabīr: “Sanadnya sesuai syarat Muslim.”
Al-Munawī berkata dalam al-Faidh: “az-Zain-ul-‘Irāqī berkata dalam al-Amalī: “Para periwayatnya tsiqah.”
H.R. al-Ḥakīm (1/52 dan 4/297); at-Tirmidzī (Sunan-ut-Tirmidzī, no. 1535); Aḥmad (al-Musnad, 2/125); al-Baihaqī (as-Sunan-ul-Kubrā, 10/29); Ibnu Ḥibbān (Shaḥīḥu Ibni Ḥibbān, no. 4343, pembahasan: Berbuat baik, dan no. 1177).
Al-Ḥakīm menilai hadits pertama ini shaḥīḥ. Sedangkan hadits kedua al-Ḥakīm men-shaḥīḥ-kannya sesuati syarat al-Bukhārī dan Muslim, serta disetujui oleh adz-Dzahabī.