44 – حَدَّثَنَا بِصِحَّةِ مَا ذَكَرْنَا أَبُوْ عَبْدِ اللهِ مُحَمَّدُ بْنُ يَعْقُوْبَ الْحَافِظُ، ثَنَا يَحْيَى بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ يَحْيَى، ثَنَا مُسَدَّدٌ، ثَنَا يَحْيَى، [ ص: 169 ] وَ أَخْبَرَنِيْ أَبُوْ بَكْرِ بْنُ عَبْدِ اللهِ، ثَنَا الْحَسَنُ بْنُ سُفْيَانَ، ثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ خَلَّادٍ الْبَاهِلِيُّ، ثَنَا يَحْيَى بْنُ سَعِيْدٍ، عَنْ شُعْبَةَ، عَنْ سَلَمَةَ بْنِ كُهَيْلٍ، عَنْ عِيْسَى بْنِ عَاصِمٍ، عَنْ زِرٍّ، عَنْ عَبْدِ اللهِ، عَنِ النَّبِيِّ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ آلِهِ وَ سَلَّمَ – قَالَ: “الطِّيَرَةُ مِنَ الشِّرْكِ وَ مَا مِنَّا، وَ لكِنَّ اللهَ يُذْهِبُهُ بِالتَّوَكُّلِ”.
هذَا حَدِيْثٌ صَحِيْحٌ سَنَدُهُ، ثِقَاتٌ رُوَاتُهُ، وَ لَمْ يُخْرِجَاهُ. وَ عِيْسَى بْنُ عَاصِمٍ الْأَسَدِيُّ قَدْ رَوَى أَيْضًا عَنْ عَدِيِّ بْنِ ثَابِتٍ وَ غَيْرِهِ، وَ قَدْ رَوَى عَنْهُ شُعْبَةُ، وَ جَرِيْرُ بْنُ حَازِمٍ، وَ مُعَاوِيَةُ بْنُ صَالِحٍ وَ غَيْرُهُمْ.
44/44. Abū ‘Abdillāh Muḥammad bin Ya‘qūb al-Ḥāfizh menceritakan kepada kami dengan benar terhadap apa yang disebutkan kepada kami, Yaḥyā bin Muḥammad bin Yaḥyā menceritakan kepada kami, Musaddad menceritakan kepada kami, Yaḥyā menceritakan kepada kami,
Abū Bakar bin ‘Abdillāh mengabarkan kepadaku, Ḥasan bin Sufyān menceritakan kepada kami, Muḥammad bin Khallād al-Bāhilī menceritakan kepada kami, Yaḥyā bin Sa‘īd menceritakan kepada kami dari Syu‘bah, dari Salamah bin Kuhail, dari ‘Īsā bin ‘Āshim, dari Zirr, dari ‘Abdullāh, dari Nabi s.a.w., beliau bersabda: “Thiyarah termasuk syirik, dan tidak seorang pun dari kita (kecuali mengalami gangguan ini), namun Allah menghilangkannya dengan tawakkal.” (1041).
Sanad hadits ini shaḥīḥ dan para periwayatnya tsiqah, tapi al-Bukhārī dan Muslim tidak meriwayatkannya. Mengenai ‘Īsā bin ‘Āshim al-Asadī, dia juga telah meriwayatkan dari ‘Adī bin Tsābit dan periwayat lainnya. Syu‘bah, Jarīr bin Ḥāzim, Mu‘āwiyah bin Shāliḥ, dan lainnya meriwayatkan darinya.