Mustadrak 29 Bukanlah Seorang Mu’min yang Suka Banyak Mencela, Mengutuk, Berbuat Keji, dan yang Suka Berkata Kotor (1/8)

Al-MUSTADRAK
(Judul Asli: Al-Mustadraku ‘alash-Shahihain)
Oleh: Imam al-Hakim

Penerjemah: Ali Murtadho
Penerbit: PUSTAKA AZZAM

Rangkaian Pos: Mustadrak Kitab 1 Bab 16

16 – لَيْسَ الْمُؤْمِنُ بِالطَّعَّانِ وَ لَا اللَّعَّانِ وَ لَا الْفَاحِشِ وَ لَا الْبَذِيِّ

1-16. Bukanlah Seorang Mu’min yang Suka Banyak Mencela, Mengutuk, Berbuat Keji, dan yang Suka Berkata Kotor.

29 – حَدَّثَنَا أَبُوْ بَكْرٍ أَحْمَدُ بْنُ إِسْحَاقَ بْنِ أَيُّوْبَ الْفَقِيْهُ، ثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ غَالِبٍ، ثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ سَابِقٍ، ثَنَا إِسْرَائِيْلُ، عَنِ الْأَعْمَشِ، عَنْ إِبْرَاهِيْمَ، عَنْ عَلْقَمَةَ، عَنْ عَبْدِ اللهِ، عَنِ النَّبِيِّ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ آلِهِ وَ سَلَّمَ – قَالَ: “لَيْسَ الْمُؤْمِنُ بِالطَّعَّانِ، وَ لَا اللَّعَّانِ، وَ لَا الْفَاحِشِ، وَ لَا الْبَذِيِّ”.

هذَا حَدِيْثٌ صَحِيْحٌ عَلَى شَرْطِ الشَّيْخَيْنِ، فَقَدِ احْتَجَّا بِهؤُلَاءِ الرُّوَاةِ عَنْ آخِرِهِمْ، ثُمَّ لَمْ يُخْرِجَاهُ، وَ أَكْثَرُ مَا يُمْكِنُ أَنْ يُقَالَ فِيْهِ أَنَّهُ لَا يُوْجَدُ عِنْدَ أَصْحَابِ الْأَعْمَشِ، وَ إِسْرَائِيْلُ بْنُ [ ص: 161 ] يُوْنُسَ السَّبِيْعِيُّ كَبِيْرُهُمْ وَ سَيِّدُهُمْ، وَ قَدْ شَارَكَ الْأَعْمَشَ فِيْ جَمَاعَةٍ مِنْ شُيُوْخِهِ، فَلَا يُنْكَرُ لَهُ التَّفَرُّدُ عَنْهُ بِهذَا الْحَدِيْثِ. وَ لِلْحَدِيْثِ شَاهِدٌ آخَرُ عَلَى شَرْطِهِمَا.

29/29. Abū Bakar Aḥmad bin Isḥāq bin Ayyūb al-Faqīh menceritakan kepada kami, Muḥammad bin Ghālib menceritakan kepada kami, Muḥammad bin Sābiq menceritakan kepada kami, Isrā’īl menceritakan kepada kami dari al-A‘masy, dari Ibrāhīm, dari ‘Alqamah, dari ‘Abdullāh, dari Nabi s.a.w., beliau bersabda: “Bukanlah seorang mu’min yang banyak mencela manusia, yang banyak mengutuk, yang banyak berbuat keji, dan yang suka berkata kotor.” (891).

Hadits ini shaḥīḥ sesuai dengan dua orang syaikh yang sama-sama berhujjah dengan para periwayat tersebut dari yang paling akhir, kemudian keduanya tidak meriwayatkannya.

Kemungkinan yang paling diasumsikan tentang hal ini adalah karena tidak adanya tokoh-tokoh tua dan senior pada sahabat-sahabat al-A‘masy dan Isrā’īl bin Yūnus as-Sabī‘ī. Al-A‘masy sendiri bergabung dengan beberapa gurunya, sehingga periwayatannya yang menyendiri dalam hadits ini tidak perlu diingkari.

Hadits ini juga memiliki syāhid (penguat) lain yang sesuai syarat al-Bukhārī dan Muslim, yaitu:

Catatan:

  1. (89). Adz-Dzahabī tidak mengomentarinya dalam at-Talkhīsh.

    Al-Munawī berkata dalam al-Faidh: “At-Tirmidzī berkata: “Hadits ini ḥasan gharīb”. Tapi dia tidak menjelaskan alasan hadits tersebut tidak dinyatakan shaḥīḥ.”

    Ibn-ul-Qaththān berkata: “Tidak layak hadits ini dianggap shaḥīḥ, karena di dalamnya terdapat Muḥammad bin Sābiq al-Baghdādī, yang dinilai dha‘īf, sekalipun dia masyhur. Tapi mungkin ada sebagian mereka yang menganggapnya tsiqah.”

    Ad-Dāraquthnī berkata: “Hadits ini diriwayatkan secara marfū‘ dan mauqūf, tapi lebih tepat dikatakan mauqūf.

    H.R. at-Tirmidzī (Sunan-ut-Tirmidzī, 1977); al-Baihaqī (as-Sunan-ul-Kubrā, 10/193, 243); Ibnu Ḥibbān (Shaḥīḥu Ibni Ḥibbān, no. 48, pembahasan: Berbuat baik); al-Bukhārī (al-Adab-ul-Mufrad, no. 312, 332); dan Ibnu Abid-Dunya (no. 324, pembahasan: Diam).

    At-Tirmidzī berkata: “Hadits ini ḥasan gharīb.”

Komentar

Belum ada komentar. Mengapa Anda tidak memulai diskusi?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *