Mustadrak 164 Hamba-hamba Allah Pilihan Adalah Yang Memperhatikan (2/4)

Al-MUSTADRAK
(Judul Asli: Al-Mustadraku ‘alash-Shahihain)
Oleh: Imam al-Hakim

Penerjemah: Ali Murtadho
Penerbit: PUSTAKA AZZAM

Rangkaian Pos: Mustadrak Kitab 1 Bab 67

164 – أَخْبَرَنَا أَبُو الْعَبَّاسِ السَّيَّارِيُّ، بِمَرْوَ.
وَ أَخْبَرَنَا أَبُو الْمُوَجَّهِ، أَنْبَأَ عَبْدَانُ، أَنْبَأَ عَبْدُ اللهِ، عَنْ مِسْعَرٍ، عَنْ إِبْرَاهِيْمَ السَّكْسَكِيِّ قَالَ: حَدَّثَنِيْ أَصْحَابُنَا، عَنْ أَبِي الدَّرْدَاءِ، أَنَّهُ قَالَ: “إِنَّ أَحَبَّ عِبَادِ اللهِ إِلَى اللهِ الَّذِيْنَ يُحَبِّبُوْنَ اللهَ إِلَى النَّاسِ وَ الَّذِيْنَ يُرَاعُوْنَ الشَّمْسَ وَ الْقَمَرَ”.
هذَا لَا يُفْسِدُ الْأَوَّلَ وَ لَا يُعَلِّلُهُ فَإِنَّ ابْنَ عُيَيْنَةَ حَافِظٌ ثِقَةٌ، وَ كَذلِكَ ابْنُ الْمُبَارَكِ إِلَّا أَنَّهُ أَتَى بِأَسَانِيْدَ أُخَرَ كَمَعْنَى الْحَدِيْثِ الْأَوَّلِ.

164/164. Abul-‘Abbās as-Sayyārī mengabarkan kepada kami di Marwa, Abul-Muwajjah mengabarkan kepada kami, ‘Abdān memberitakan (kepada kami), ‘Abdullāh memberitakan (kepada kami), dari Mis‘ar, dari Ibrāhīm as-Saksakī, dia berkata: Teman-teman kami menceritakan kepadaku dari Abud-Dardā’, dia berkata: “Sesungguhnya hamba-hamba Allah yang paling dicintai-Nya adalah orang-orang yang mengajak manusia untuk mencintai Allah, dan orang-orang yang memperhatikan matahari serta bulan.” (2251).

Ini tidak merusak hadits yang pertama dan tidak membuatnya ber-‘illat, karena Ibnu ‘Uyainah seorang ḥāfizh yang tsiqah. Begitu pula Ibn-ul-Mubārak. Hanya saja, dia meriwayatkan dengan sanad-sanad lain seperti ma‘na hadits pertama.

Catatan:

  1. (225). Adz-Dzahabī berkata dalam at-Talkhīsh: “Al-Ḥākim berkata: “Hadits ini tidak merusak hadits yang pertama, karena Ibnu ‘Uyainah adalah seorang ḥāfizh.
    Begitu pula Ibn-ul-Mubārak, hanya saja dia meriwayatkan dengan sanad yang lain.”

Komentar

Belum ada komentar. Mengapa Anda tidak memulai diskusi?

Tinggalkan Balasan

You have to agree to the comment policy.