Hati Senang

Mustadrak 129 Orang Mu’min Adalah Lurus Hati Dan Dermawan, Sedangkan Orang Durhaka Adalah Penipu Dan Bakhil (2/5)

Al-MUSTADRAK
(Judul Asli: Al-Mustadraku ‘alash-Shahihain)
Oleh: Imam al-Hakim

Penerjemah: Ali Murtadho
Penerbit: PUSTAKA AZZAM

129 – فَحَدَّثَنَاهُ أَبُوْ بَكْرِ بْنُ إِسْحَاقَ، ثَنَا أَبُوْ بَكْرٍ يَعْقُوْبُ بْنُ يُوْسُفَ الْمُطَّوَعِيُّ، بِبَغْدَادَ، ثَنَا أَبُوْ دَاوُدَ سُلَيْمَانُ بْنُ مُحَمَّدٍ الْمُبَارَكِيُّ، ثَنَا أَبُوْ شِهَابٍ، عَنْ سُفْيَانَ الثَّوْرِيِّ، عَنِ الْحَجَّاجِ بْنِ فُرَافِصَةَ، عَنْ يَحْيَى بْنِ أَبِيْ كَثِيْرٍ، عَنْ أَبِيْ سَلَمَةَ، عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ آلِهِ وَ سَلَّمَ – : “الْمُؤْمِنُ غِرٌّ كَرِيْمٌ، وَ الْفَاجِرُ خِبٌّ لَئِيْمٌ”.

وَ أَمَّا حَدِيْثُ يَحْيَى بْنِ الضُّرَيْسِ فَدُوْنَهُ مُحَمَّدُ بْنُ حُمَيْدٍ، هذَا حَدِيْثٌ وَصَلَهُ الْمُتَقَدِّمُوْنَ مِنْ أَصْحَابِ الثَّوْرِيِّ، وَ أَفْسَدَهُ الْمُتَأَخِّرُوْنَ عَنْهُ.

وَ أَمَّا الْحَجَّاجُ بْنُ فُرَافِصَةَ فَإِنَّ الْإِمَامَيْنِ لَمْ يُخْرِجَاهُ، لَكِنِّيْ سَمِعْتُ أَبَا الْعَبَّاسِ مُحَمَّدَ بْنَ يَعْقُوْبَ، يَقُوْلُ: سَمِعْتُ الْعَبَّاسَ بْنَ مُحَمَّدٍ الدُّوْرِيَّ، يَقُوْلُ: سَمِعْتُ يَحْيَى بْنَ مَعِيْنٍ، يَقُوْلُ: الْحَجَّاجُ بْنُ فُرَافِصَةَ لَا بَأْسَ بِهِ، وَ قَالَ عَبْدُ الرَّحْمنِ بْنُ أَبِيْ حَاتِمٍ: سَمِعْتُ أَبِيْ يَقُوْلُ: حَجَّاجُ بْنُ فُرَافِصَةَ شَيْخٌ صَالِحٌ مُتَعَبِّدٌ.

وَ لَهُ شَاهِدٌ، عَنْ يَحْيَى بْنِ أَبِيْ كَثِيْرٍ أَقَامَ إِسْنَادَهُ”.

129/129. Abū Bakar bin Isḥāq menceritakan kepada kami, Abū Bakar Ya‘qūb bin Yūsuf al-Muthawwi‘ī menceritakan kepada kami di Baghdād, Abū Dāūd Sulaimān bin Muḥammad al-Mubārakī menceritakan kepada kami, Abū Syihāb menceritakan kepada kami dari Sufyān ats-Tsaurī, dari Ḥajjāj bin Furāfishah, dari Yaḥyā bin Abī Katsīr, dari Abū Salamah, dari Abū Hurairah, dia berkata: Rasūlullāh s.a.w. bersabda: “Orang mu’min adalah mulia hatinya lagi dermawan, sedangkan orang jahat adalah penipu lagi bakhil.” (1901).

Mengenai hadits Yaḥyā bin adh-Dhurais, maka Muḥammad bin Ḥumaid telah menghimpunnya. Ini merupakan hadits yang diriwayatkan secara maushūl oleh periwayat-periwayat terdahulu dari kalangan sahabat ats-Tsaurī, lalu dirusak oleh periwayat-periwayat generasi akhir darinya.

Al-Bukhārī dan Muslim tidak meriwayatkann hadits Ḥajjāj bin Furāfishah. Akan tetapi aku pernah mendengar Abul-‘Abbās Muḥammad bin Ya‘qūb berkata: Aku pernah mendengar ‘Abbās bin Muḥammad ad-Dūrī berkata: Aku pernah mendengar Yaḥyā bin Ma‘īn berkata: “Ḥajjāj bin Furāfishah tidak bermasalah.”

‘Abd-ur-Raḥmān bin Abī Ḥātim berkata: Aku pernah mendengar ayahku berkata: “Ḥajjāj bin Furāfishah adalah seorang syaikh yang shalih dan ahli ibadah.”

Hadits ini juga memiliki syāhid dari Yaḥyā bin Abī Katsīr, sehingga menjadikan sanad-nya lurus (shaḥīḥ).

Catatan:

  1. (190). Lih. hadits no. 128.
Alamat Kami
Jl. Zawiyah, No. 121, Rumah Botol Majlis Dzikir Hati Senang,
RT 06 RW 04, Kp. Tajur, Desa Pamegarsari, Parung, Jawa Barat. 16330.