Hati Senang

Mustadrak 11 – Ancaman Keras Terhadap yang Meninggalkan Shalat (1/2)

Al-MUSTADRAK
(Judul Asli: Al-Mustadraku ‘alash-Shahihain)
Oleh: Imam al-Hakim

Penerjemah: Ali Murtadho
Penerbit: PUSTAKA AZZAM

6 – التَّشْدِيْدُ فِيْ تَرْكِ الصَّلَاةِ

6. Ancaman Keras Terhadap yang Meninggalkan Shalat.

11 – حَدَّثَنَا أَبُو الْعَبَّاسِ الْقَاسِمُ بْنُ الْقَاسِمِ السَّيَّارِيُّ بِمَرْوَ، ثَنَا إِبْرَاهِيْمُ بْنُ هِلَالٍ، ثَنَا عَلِيُّ بْنُ الْحَسَنِ بْنِ شَقِيْقٍ، ثَنَا الْحُسَيْنُ بْنُ وَاقِدٍ، وَ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ صَالِحِ بْنِ هَانِئٍ، ثَنَا أَبُوْ سَعِيْدٍ مُحَمَّدُ بْنُ شَاذَانَ، حَدَّثَنَا أَبُوْ عَمَّارٍ، حَدَّثَنَا الْفَضْلُ بْنُ مُوْسَى، عَنِ الْحُسَيْنِ بْنِ وَاقِدٍ، عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ بُرَيْدَةَ، عَنْ أَبِيْهِ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ آلِهِ وَ سَلَّمَ – : “الْعَهْدُ الَّذِيْ بَيْنَنَا وَ بَيْنَهُمُ الصَّلَاةُ، فَمَنْ تَرَكَهَا فَقَدْ كَفَرَ”.

هذَا حَدِيْثٌ صَحِيْحُ الْإِسْنَادِ لَا تُعْرَفُ لَهُ عِلَّةٌ بِوَجْهٍ مِنَ الْوُجُوْهِ، فَقَدِ احْتَجَّا جَمِيْعًا بِعَبْدِ اللهِ بْنِ بُرَيْدَةَ، عَنْ أَبِيْهِ، وَ احْتَجَّ مُسْلِمٌ بِالْحُسَيْنِ بْنِ وَاقِدٍ وَ لَمْ يُخْرِجَاهُ بِهذَا اللَّفْظِ، وَ لِهذَا الْحَدِيْثِ شَاهِدٌ صَحِيْحٌ عَلَى شَرْطِهِمَا جَمِيْعًا.

11/11. Abul-‘Abbās Qāsim bin al-Qāsim as-Sayyārī mengabarkan kepada kami di Marwā, Ibrāhīm bin Hilāl menceritakan kepada kami, ‘Alī bin Ḥasan bin Syaqīq menceritakan kepada kami, Ḥusain bin Wāqid menceritakan kepada kami, Muḥammad bin Shāliḥ bin Hāni’ menceritakan kepada kami, Abū Sa‘īd Muḥammad bin Syādzān menceritakan kepada kami, Abū ‘Ammār menceritakan kepada kami, al-Fadhl bin Mūsā menceritakan kepada kami dari Ḥusain bin Wāqid, dari ‘Abdullāh bin Buraidah, dari ayahnya, dia berkata: Rasūlullāh s.a.w. bersabda: “Perjanjian antara kami dengan mereka adalah shalat. Barang siapa meninggalkan shalat maka dia telah kafir.” (671).

Hadits ini shaḥīḥ sanad-nya, dan tidak diketahui ada ‘illat padanya dari berbagai segi. Al-Bukhārī dan Muslim sama-sama menjadikan (riwayat) ‘Abdullāh bin Buraidah dari ayahnya sebagai ḥujjah, sementara Muslim menjadikan al-Ḥusain bin Wāqid sebagai ḥujjah. Keduanya tidak menukil dengan redaksi ini. Hadits ini juga mempunyai syāhid (penguat) yang shaḥīḥ sesuai kriteria keduanya.

Catatan:

  1. (67). Adz-Dzahabī berkata dalam at-Talkhīsh: “Hadits ini shaḥīḥ dan tidak diketahui memiliki ‘illat. Imam Muslim menjadikan Ḥusain sebagai ḥujjah.”

    Al-Munawī berkata dalam kitab al-Faidh: “Al-‘Irāqī berkata dalam kitab al-Amalī: “Hadits ini shaḥīḥ.

    H.R. Ibnu Mājah (Sunanu Ibni Mājah, no. 1079); at-Tirmidzī (Sunan-ut-Tirmidzī, no. 2621); Aḥmad (al-Musnad, 5/346); al-Baihaqī (As-Sunan-ul-Kubrā, 3/366 dan Syu‘ab-ul-Īmān, no. 43); Ibnu Abī Syaibah (al-Mushannaf, 11/34); dan ad-Dāraquthnī (Sunan-ud-Dāraquthnī, 2/52).

Alamat Kami
Jl. Zawiyah, No. 121, Rumah Botol Majlis Dzikir Hati Senang,
RT 06 RW 04, Kp. Tajur, Desa Pamegarsari, Parung, Jawa Barat. 16330.