Mustadrak 104 Tubba‘ dan Dzul Qarnain, Apakah Mereka Itu Nabi Atau Bukan?

Al-MUSTADRAK
(Judul Asli: Al-Mustadraku ‘alash-Shahihain)
Oleh: Imam al-Hakim

Penerjemah: Ali Murtadho
Penerbit: PUSTAKA AZZAM

50 – تُبَّعٌ وَ ذُو الْقَرْنَيْنِ أَكَانَا نَبِيَّيْنِ أَمْ لَا؟

1-50. Tubba‘ dan Dzul Qarnain, Apakah Mereka Berdua Itu Nabi Atau Bukan?

104 – أَخْبَرَنَا أَحْمَدُ بْنُ جَعْفَرٍ الْقَطِيْعِيُّ، أَنْبَأَ عَبْدُ اللهِ بْنُ أَحْمَدَ بْنِ حَنْبَلٍ، حَدَّثَنِيْ أَبِيْ.

وَ حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ حَمْشَاذَ، ثَنَا إِبْرَاهِيْمُ بْنُ أَبِيْ طَالِبٍ، ثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ رَافِعٍ، وَ مُحَمَّدُ بْنُ يَحْيَى، قَالُوْا:

ثَنَا عَبْدُ الرَّزَّاقِ، أَنْبَأَ مَعْمَرٌ، عَنِ ابْنِ أَبِيْ ذِئْبٍ، عَنْ سَعِيْدٍ الْمَقْبُرِيِّ، عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ آلِهِ وَ سَلَّمَ – : “مَا أَدْرِيْ تُبَّعٌ أَنَبِيًّا كَانَ أَمْ لَا؟ وَ مَا أَدْرِيْ ذُو الْقَرْنَيْنِ أَنَبِيًّا كَانَ أَمْ لَا؟ وَ مَا أَدْرِي الْحُدُوْدُ كَفَّارَاتٌ لِأَهْلِهَا أَمْ لَا؟”.

[ ص: 198 ] هذَا حَدِيْثٌ صَحِيْحٌ عَلَى شَرْطِ الشَّيْخَيْنِ، وَ لَا أَعْلَمُ لَهُ عِلَّةً وَ لَمْ يُخْرِجَاهُ.

104/104. Aḥmad bin Ja‘far al-Qathī‘ī mengabarkan kepada kami, ‘Ubaidullāh bin Aḥmad bin Ḥanbal memberitakan (kepada kami), ayaku menceritakan kepada ku,

‘Alī bin Ḥamsyād al-‘Adl menceritakan kepada kami, Ibrāhīm bin Abī Thālib menceritakan kepada kami, Muḥammad bin Rāfi‘ dan Muḥammad bin Yaḥyā menceritakan kepada kami, mereka berkata: ‘Abd-ur-Razzāq menceritakan kepada kami, Ma‘mar Memberitakan (kepada kami) dari Ibnu Abī Dzi’b, dari Sa‘īd al-Maqburī, dari Abū Hurairah, dia berkata: Rasūlullāh s.a.w. bersabda: “Aku tidak tahu siapa Tubba‘, apakah dia seorang nabi? Aku juga tidak tahu siapa Dzul-Qarnain, apakah dia seorang nabi? Aku juga tidak tahu apa Ḥudūd, apakah dia merupakan kafarat bagi orang yang melakukannya?” (1651).

Hadits ini shaḥīḥ sesuai syarat al-Bukhārī dan Muslim. Aku tidak mengetahui ada ‘illat-nya, tapi keduanya tidak meriwayatkannya.

Catatan:

  1. (165). Adz-Dzahabī berkata dalam at-Talkhīsh: “Hadits ini sesuai syarat al-Bukhārī dan Muslim. Selain itu, aku tidak tahu ada ‘illat pada hadits tersebut.”

Komentar

Belum ada komentar. Mengapa Anda tidak memulai diskusi?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *