Mustadrak 100 Nabi S.A.W. Adalah Rahmat Muhdah (Yang Diberi Petunjuk)

Al-MUSTADRAK
(Judul Asli: Al-Mustadraku ‘alash-Shahihain)
Oleh: Imam al-Hakim

Penerjemah: Ali Murtadho
Penerbit: PUSTAKA AZZAM

46 – هُوَ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ آلِهِ وَ سَلَّمَ – رَحْمَةٌ مُهْدَاةٌ

1-46. Beliau s.a.w. Merupakan (Sesosok Pembawa/Sebuah) Rahmat Yang Diberi Petunjuk.

100 – حَدَّثَنَا أَبُوْ بَكْرٍ مُحَمَّدُ بْنُ جَعْفَرٍ الْمُزَنِيُّ، ثَنَا إِبْرَاهِيْمُ بْنُ أَبِيْ طَالِبٍ، وَ مُحَمَّدُ بْنُ إِسْحَاقَ بْنِ خُزَيْمَةَ، قَالَا: ثَنَا أَبُو الْخَطَّابِ زِيَادُ بْنُ يَحْيَى الْحَسَّانِيُّ.

وَ ثَنَا أَبُو الْفَضْلِ مُحَمَّدُ بْنُ إِبْرَاهِيْمَ، ثَنَا الْحُسَيْنُ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ زِيَادٍ، وَ إِبْرَاهِيْمُ بْنُ أَبِيْ طَالِبٍ، قَالَا:

ثَنَا زِيَادُ بْنُ يَحْيَى الْحَسَّانِيُّ، أَنْبَأَ مَالِكُ بْنُ سُعَيْرٍ، ثَنَا الْأَعْمَشُ، عَنْ أَبِيْ صَالِحٍ، عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ آلِهِ وَ سَلَّمَ – : “يَا أَيُّهَا النَّاسُ إِنَّمَا أَنَا رَحْمَةٌ مُهْدَاةٌ”.

[ ص: 196 ] هذَا حَدِيْثٌ صَحِيْحٌ عَلَى شَرْطِهِمَا فَقَدِ احْتَجَّا جَمِيْعًا بِمَالِكِ بْنِ سُعَيْرٍ، وَ التَّفَرُّدُ مِنَ الثِّقَاتِ مَقْبُوْلٌ.

100/100. Abū Bakar Muḥammad bin Ja‘far al-Muzanī menceritakan kepada kami, Ibrāhīm bin Abī Thālib dan Muḥammad bin Isḥāq bin Khuzaimah menceritakan kepada kami, keduanya berkata: Abul-Khaththāb Ziyād bin Yaḥyā al-Ḥassānī menceritakan kepada kami,

Abul-Fadhl Muḥammad bin Ibrāhīm menceritakan kepada kami, Ḥusain bin Muḥammad bin Ziyād dan Ibrāhīm bin Abī Thālib menceritakan kepada kami, keduanya berkata: Ziyād bin Yaḥyā al-Ḥassānī menceritakan kepada kami, Mālik bin Su‘air memberitakan (kepada kami), al-A‘masy menceritakan kepada kami dari Abū Shāliḥ, dari Abū Hurairah, dia berkata: Rasūlullāh s.a.w. bersabda: “Wahai manusia, sesungguhnya aku merupakan rahmat yang diberi petunjuk.” (1611).

Hadits ini shaḥīḥ sesuai dengan syarat al-Bukhārī dan Muslim. Keduanya sama-sama berhujjah dengan Mālik bin Su‘air. Riwayat yang hanya diriwayatkan oleh seorang periwayat dari kalangan periwayat tsiqah maqbūl.

Catatan:

  1. (161). Adz-Dzahabī berkata dalam at-Talkhīsh: “Hadits ini sesuai syarat al-Bukhārī dan Muslim. Riwayat yang hanya diriwayatkan oleh satu orang periwayat tsiqah, dapat diterima.”

Komentar

Belum ada komentar. Mengapa Anda tidak memulai diskusi?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *