Mustadrak 10 – Umatku akan Terpecah Menjadi 73 Kelompok

Al-MUSTADRAK
(Judul Asli: Al-Mustadraku ‘alash-Shahihain)
Oleh: Imam al-Hakim

Penerjemah: Ali Murtadho
Penerbit: PUSTAKA AZZAM

5 – تَفْتَرِقُ أُمَّتِيْ عَلَى ثَلَاثٍ وَ سَبْعِيْنَ فِرْقَةً

1-5. Umatku akan Terpecah Menjadi 73 Kelompok.

10 – أَخْبَرَنَا أَبُو الْعَبَّاسِ قَاسِمُ بْنُ الْقَاسِمِ السَّيَّارِيُّ بِمَرْوَ، ثَنَا أَبُو الْمُوَجَّهِ، حَدَّثَنَا أَبُوْ عَمَّارٍ، ثَنَا الْفَضْلُ بْنُ مُوْسَى بْنِ مُحَمَّدِ بْنِ عَمْرٍو، عَنْ أَبِيْ سَلَمَةَ، عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ، أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ آلِهِ وَ سَلَّمَ – قَالَ: “افْتَرَقَتِ الْيَهُوْدُ عَلَى إِحْدَى وَ سَبْعِيْنَ فِرْقَةً أَوِ اثْنَتَيْنِ وَ سَبْعِيْنَ فِرْقَةً، وَ النَّصَارَى مِثْلُ ذلِكَ، وَ تَفْتَرِقُ أُمَّتِيْ عَلَى ثَلَاثٍ وَ سَبْعِيْنَ فِرْقَةً”.

] ص: 152 ] هذَا حَدِيْثٌ كَثُرَ فِي الْأُصُوْلِ. وَ قَدْ رُوِيَ عَنْ سَعْدِ بْنِ أَبِيْ وَقَّاصٍ، وَ عَبْدِ اللهِ بْنِ عَمْرٍو، وَ عَوْفِ بْنِ مَالِكٍ، عَنْ رَسُوْلِ اللهُ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ آلِهِ وَ سَلَّمَ – مِثْلُهُ.

وَقَدِ احْتَجَّ مُسْلِمٌ بِمُحَمَّدِ بْنِ عَمْرٍو، عَنْ أَبِيْ سَلَمَةَ، عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ، وَ اتَّفَقَا جَمِيْعًا عَلَى الْاِحْتِجَاجِ بِالْفَضْلِ بْنِ مُوْسَى وَ هُوَ ثِقَةٌ.

10/10. Abul-‘Abbās Qāsim bin al-Qāsim as-Sayyārī mengabarkan kepada kami di Marwā, Abul-Muwajjih menceritakan kepada kami, Abū ‘Ammār menceritakan kepada kami, al-Fadhl bin Mūsā menceritakan kepada kami dari Muḥammad bin ‘Amr, dari Abū Salamah, dari Abū Hurairah, bahwa Rasūlullāh s.a.w. bersabda: “Umat Yahudi terpecah menjadi 71 atau 72 kelompok, Umat Nashrani terpecah juga seperti itu, dan umatku akan terpecah menjadi 73 kelompok.” (661).

Hadits ini banyak (disebutkan) dalam kitab-kitab induk. Hadits ini juga diriwayatkan dengan redaksi yang sama dari Sa‘d bin Abī Waqqāsh, ‘Abdullāh bin ‘Amr, dan ‘Auf bin Mālik, dari Rasūlullāh s.a.w.

Imam Muslim menjadikan Muḥammad bin ‘Amr dari Abū Salamah, dari Abū Hurairah sebagai ḥujjah. Al-Bukhārī dan Muslim sepakat menjadikan al-Fadhl bin Mūsā, seorang periwayat yang tsiqah sebagai ḥujjah.

Catatan:

  1. (66). Adz-Dzahabī berkata dalam at-Talkhīsh: “Muslim tidak sendiri menjadikan Muḥammad bin ‘Amr sebagai ḥujjah, tetapi menjadikannya hujjah jika digabungkan dengan yang lain.”

    Al-Munawī berkata dalam kitab al-Faidh: “Az-Zain al-‘Irāqī berkata: “Dalam sanad-sanad-nya terdapat periwayat-periwayat yang jayyid (baik).”

    Al-Ḥakīm juga meriwayatkannya dari berbagai jalur, lalu berkata: “Ini merupakan sanad-sanad yang bisa dijadikan ḥujjah.”

    H.R. Abū Dāūd (Sunanu Abī Dāūd, pembahasan: Sunnah, bab 1); Ibnu Mājah (Sunanu Ibni Mājah, no. 3992); Aḥmad (al-Musnad, 2/332); al-Baihaqī (as-Sunanul-Kubrā, 10/208); Ibnu Abī ‘Āshim (As-Sunnah, 1/32); dan ath-Thabrānī (al-Kabīr, 18/70).

Komentar

Belum ada komentar. Mengapa Anda tidak memulai diskusi?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *