Musnad Imam Asy-Syafi’i Bab. 8 (Pembahasan Tentang Zakat) – No.412 s.d 419 (4/7)

MUSNAD IMĀM ASY-SYĀFI‘Ī
 
Diterjemahkan Oleh:
HaditsSoft (Grup)
 
Diterbitkan Oleh:
HaditsSoft

 
(Belum ada catatan kakinya di HaditsSoft yang kami miliki)

مسند الشافعي ٤١٢: أَخْبَرَنَا أَنَسُ بْنُ عِيَاضٍ، عَنِ الْحَارِثِ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمنِ بْنِ أَبِيْ ذُبَابٍ، عَنْ أَبِيْهِ، عَنْ سَعْدِ بْنِ أَبِيْ ذُبَابٍ قَالَ: “قَدِمْتُ عَلَى رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ فَأَسْلَمْتُ، ثُمَّ قُلْتُ: يَا رَسُوْلَ اللهِ، اجْعَلْ لِقَوْمِيْ مَا أَسْلَمُوْا عَلَيْهِ مِنْ أَمْوَالِهِمْ، فَفَعَلَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ وَ اسْتَعْمَلَنِيْ عَلَيْهِمْ، ثُمَّ اسْتَعْمَلَنِيْ أَبُوْ بَكْرٍ ثُمَّ عُمَرُ. قَالَ: وَ كَانَ سَعْدٌ مِنْ أَهْلِ السُّرَاةِ قَالَ: فَكَلَّمْتُ قَوْمِيْ فِي الْعَسَلِ فَقُلْتُ لَهُمْ: زَكُّوْهُ فَإِنَّهُ لَا خَيْرَ فِيْ ثَمَرَةٍ لَا تُزَكَّى، فَقَالُوْا: كَمْ؟ قَالَ: فَقُلْتُ: الْعُشْرُ فَأَخَذْتُ مِنْهُمُ الْعُشْرَ، فَأَتَيْتُ عُمَرَ بْنَ الْخَطَّابِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ فَأَخْبَرْتُهُ بِمَا كَانَ. قَالَ: فَقَبَضَهُ عُمَرُ فَبَاعَهُ ثُمَّ جَعَلَ ثَمَنَهُ فِيْ صَدَقَاتِ الْمُسْلِمِيْنَ.”

Musnad Syāfi‘ī 412: Anas bin ‘Iyādh mengabarkan kepada kami dari al-Ḥārits bin ‘Abd-ir-Raḥmān bin Abī Dzubāb, dari ayahnya, dari Sa‘d bin Abī Dzubāb, ia mengatakan: Aku datang kepada Rasūlullāh s.a.w., lalu aku masuk Islam. Kemudian aku berkata: “Wahai Rasūlullāh! Tetapkanlah bagi kaumku apa yang harus mereka serahkan dari sebagian harta mereka.” Maka Rasūlullāh s.a.w. melakukannya dan mengangkat diriku sebagai ‘āmil mereka. Kemudian Abū Bakar r.a. juga mengangkatku sebagai ‘āmil, sedangkan Sa‘d adalah salah seorang penduduk as-Surāh. Ia berkata: “Lalu aku membicarakan tentang madu kepada kaumku, dan aku katakan kepada mereka: “Zakatilah ia, karena sesungguhnya tidak ada kebaikan pada buah yang tidak dizakati”. Mereka bertanya: “Berapakah jumlahnya?” Aku menjawab: “Sepersepuluh”. Lalu aku memungut sepersepuluh dari mereka. Aku datang kepada ‘Umar bin Khaththāb, lalu aku ceritakan kepadanya apa yang telah dilakukan di masa sebelumnya, maka ‘Umar memungut dan menjualnya. Selanjutnya harga dari hasil penjualan itu ia jadikan bersama sedekah (zakat) kaum Muslim.” 417

مسند الشافعي ٤١٣: أَخْبَرَنَا عَبْدُ الْمَجِيْدِ، عَنِ ابْنِ جُرَيْجٍ، عَنْ يُوْسُفَ بْنِ مَاهَكٍ، أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ قَالَ: «ابْتَغُوْا فِيْ مَالِ الْيَتِيْمِ، أَوْ فِيْ مَالِ الْيَتَامَى، لَا تُذْهُبُهَا، أَوْ لَا تَسْتَأْصِلُهَا الصَّدَقَةُ».

Musnad Syāfi‘ī 413: ‘Abd-ul-Majīd mengabarkan kepada kami dari Ibnu Juraij, dari Yūsuf bin Māhik bahwa Rasūlullāh s.a.w. pernah bersabda: “Kembangkanlah harta anak yatim, atau harta anak-anak yatim, jangan sampai dihabiskan atau dimakan oleh zakat.” 418

مسند الشافعي ٤١٤: أَخْبَرَنَا مَالِكٌ، عَنْ عَبْدِ الرَّحْمنِ بْنِ الْقَاسِمِ، عَنْ أَبِيْهِ قَالَ: «كَانَتْ عَائِشَةُ زَوْجُ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ تَلِيْنِيْ أَنَا وَ أَخَوَيْنِ لِيْ يَتِيْمَيْنِ فِيْ حِجْرِهَا، فَكَانَتْ تُخْرِجُ مِنْ أَمْوَالِنَا الزَّكَاةَ».

Musnad Syāfi‘ī 414: Mālik mengabarkan kepada kami dari ‘Abd-ur-Raḥmān bin al-Qāsim, dari ayahnya, ia berkata: “‘Ā’isyah r.a. —istri Nabi s.a.w. — mengurus diriku bersama dua orang saudara yatimku di dalam asuhannya, dan ia mengeluarkan zakat dari harta kami.” 419

مسند الشافعي ٤١٥: أَخْبَرَنَا مَالِكٌ، عَنْ نَافِعٍ، عَنِ ابْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ «فَرَضَ زَكَاةَ الْفِطْرِ عَلَى النَّاسِ صَاعًا مِنْ تَمْرٍ، أَوْ صَاعًا مِنْ شَعِيْرٍ، عَلَى كُلِّ حُرٍّ وَ عَبْدٍ، ذَكَرٍ وَ أُنْثَى مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ».

Musnad Syāfi‘ī 415: Mālik mengabarkan kepada kami dari Nāfi‘, dari Ibnu ‘Umar r.a.: Rasūlullāh s.a.w. telah memfardhukan zakat fitrah kepada semua orang sebanyak satu shā‘ kurma atau satu shā‘ jewawut bagi tiap orang merdeka dan hamba sahaya; baik laki-laki maupun perempuan dari kalangan kaum Muslimīn. 420

مسند الشافعي ٤١٦: أَخْبَرَنَا إِبْرَاهِيْمُ بْنُ مُحَمَّدٍ، عَنْ جَعْفَرِ بْنِ مُحَمَّدٍ، عَنْ أَبِيْهِ، أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ «فَرَضَ زَكَاةَ الْفِطْرِ عَلَى الْحُرِّ وَ الْعَبْدِ وَ الذَّكَرِ وَ الْأُنْثَى مِمَّنْ تَمُوْنُوْنَ».

Musnad Syāfi‘ī 416: Ibrāhīm bin Muḥammad mengabarkan kepada kami dari Jaf‘ar bin Muḥammad, dari ayahnya: Bahwa Rasūlullāh s.a.w. memfardhukan zakat fitrah atas orang merdeka, hamba sahaya, laki-laki dan perempuan dari kalangan orang-orang yang kalian jamin penghidupannya. 421

مسند الشافعي ٤١٧: أَخْبَرَنَا مَالِكٌ، عَنْ زَيْدِ بْنِ أَسْلَمَ، عَنْ عِيَاضِ بْنِ عَبْدِ اللهِ بْنِ سَعْدٍ، أَنَّهُ سَمِعَ أَبَا سَعِيْدٍ الْخُدْرِيَّ، يَقُوْلُ: كُنَّا نُخْرِجُ زَكَاةَ الْفِطْرِ صَاعًا مِنْ طَعَامٍ، أَوْ صَاعًا مِنْ شَعِيْرٍ، أَوْ صَاعًا مِنْ تَمْرٍ، أَوْ صَاعًا مِنْ زَبِيْبٍ.

Musnad Syāfi‘ī 417: Mālik mengabarkan kepada kami dari Zaid bin Aslam, dari ‘Iyādh bin ‘Abdillāh bin Sa‘d bin Abī Sarḥ bahwa ia pernah mendengar Abū Sa‘īd al-Khudrī berkata: “Kami mengeluarkan zakat fitrah sebanyak satu shā‘ makanan atau satu shā‘ jewawut, atau satu shā‘ kurma, atau satu shā‘ zabīb.” 422

مسند الشافعي ٤١٨: أَخْبَرَنَا مَالِكٌ، عَنْ نَافِعٍ، عَنِ ابْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ فَرَضَ زَكَاةَ الْفِطْرِ مِنْ رَمَضَانَ عَلَى النَّاسِ صَاعًا مِنْ تَمْرٍ، أَوْ صَاعًا مِنْ شَعِيْرٍ.

Musnad Syāfi‘ī 418: Mālik mengabarkan kepada kami dari Nāfi‘, dari Ibnu ‘Umar r.a.: bahwa Rasūlullāh s.a.w. memfardhukan zakat fitrah dalam bulan Ramadhān atas semua orang sebesar satu shā‘ kurma atau satu shā‘ jewawut. 423

مسند الشافعي ٤١٩: أَخْبَرَنَا مَالِكٌ، عَنْ زَيْدِ بْنِ أَسْلَمَ، عَنْ عِيَاضِ بْنِ عَبْدِ اللهِ بْنِ سَعْدِ بْنِ أَبِيْ سَرْحٍ، أَنَّهُ سَمِعَ أَبَا سَعِيْدٍ الْخُدْرِيَّ، يَقُوْلُ: كُنَّا نُخْرِجُ زَكَاةَ الْفِطْرِ صَاعًا مِنْ طَعَامٍ، أَوْ صَاعًا مِنْ شَعِيْرٍ، أَوْ صَاعًا مِنْ تَمْرٍ، أَوْ صَاعًا مِنْ زَبِيْبٍ، أَوْ صَاعًا مِنْ أَقِطٍ.

Musnad Syāfi‘ī 419: Mālik mengabarkan kepada kami dari Zaid bin Aslam, dari ‘Iyādh bin ‘Abdillāh bin Sa‘d bin Abī Sarḥ bahwa ia pemah mendengar Abū Sa‘īd al-Khudrī berkata: “Dahulu kami mengeluarkan zakat fitrah sebanyak satu shā‘ makanan atau satu shā‘ jewawut, atau satu shā‘ kurma, atau satu shā‘ zabīb, atau satu shā‘ aqith.” 424