Hati Senang

Musnad Imam Asy-Syafi’i Bab. 8 (Pembahasan Tentang Zakat) – No.398 s.d 404 (2/7)

MUSNAD IMĀM ASY-SYĀFI‘Ī   Diterjemahkan Oleh: HaditsSoft (Grup)   Diterbitkan Oleh: HaditsSoft   (Belum ada catatan kakinya di HaditsSoft yang kami miliki)

مسند الشافعي ٣٩٨: أَخْبَرَنِيْ عَدَدٌ، ثِقَاتٌ كُلُّهُمْ، عَنْ حَمَّادِ بْنِ سَلَمَةَ، عَنْ ثُمَامَةَ بْنِ عَبْدِ اللهِ بْنِ أَنَسٍ، عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ بِمِثْلِ مَعْنَى هذَا لَا يُخَالِفُهُ، إِلَّا أَنِّيْ أَحْفَظُ فِيْهِ: وَ لَا يُعْطَى شَاتَيْنِ أَوْ عِشْرِيْنَ دِرْهَمًا، لَا أَحْفَظُ: إِنِ اسْتَيْسَرَتَا عَلَيْهِ قَالَ: وَ أَحْسِبُ مِنْ حَدِيْثِ حَمَّادٍ عَنْ أَنَسٍ أَنَّهُ قَالَ: دَفَعَ إِلَيَّ أَبُوْ بَكْرٍ كِتَابَ الصَّدَقَةِ عَنْ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ، وَ ذَكَرَ هذَا الْمَعْنَى كَمَا وَصَفْتُ.

Musnad Syāfi‘ī 398: Sejumlah orang yang terpercaya mengabarkan kepada kami dari Ḥammād bin Salamah, dari Tsumāmah bin ‘Abdillāh bin Anas, dari Anas bin Mālik r.a., dari Nabi s.a.w. mengenai hadits yang sema‘na dengan hadits ini tanpa ada perbedaan. Hanya menurut hafalanku, aku masih ingat di dalamnya disebutkan, “Dan hendaknya ia memberikan pula 2 ekor kambing atau 20 dirham.” Aku tidak ingat kalimat: “Jika 2 ekor kambing itu mudah didapat olehnya.” Ia berkata: “Menurut dugaanku, (kalimat ini berasal) dari hadits Ḥammād melalui Anas”, ia berkata: “Abū Bakar r.a. menyampaikan kepadaku surat keputusan zakat dari Rasūlullāh s.a.w. Lalu Anas menuturkan hadits ini seperti yang telah kami ketengahkan sebelumnya.”

مسند الشافعي ٣٩٩: أَخْبَرَنِيْ مُسْلِمٌ، عَنِ ابْنِ جُرَيْجٍ قَالَ: قَالَ لِيَ ابْنُ طَاوُسٍ: عِنْدَ أَبِيْ كِتَابٌ مِنَ الْعُقُوْلِ، نَزَلَ بِهِ الْوَحْيُ، وَ مَا فَرَضَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ مِنَ الْعُقُوْلِ أَوِ الصَّدَقَةِ فَإِنَّمَا نَزَلَ بِهِ الْوَحْيُ.

Musnad Syāfi‘ī 399: Muslim mengabarkan kepada kami dari Ibnu Juraij, ia mengatakan: Ibnu Thāwūs pernah berkata kepadaku, Bapakku mempunyai kitab Diyat saat turun wahyu, dan Rasūlullāh s.a.w. tidak mewajibkan diyat atau sedekah, namun telah diturunkan wahyu berkenaan dengannya. 404

مسند الشافعي ٤٠٠: أَخْبَرَنَا أَنَسُ بْنُ عِيَاضٍ، عَنْ مُوْسَى بْنِ عُقْبَةَ، عَنْ نَافِعٍ، عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا أَنَّ “هذَا كِتَابُ الصَّدَقَةِ فِيْهِ: فِيْ كُلِّ أَرْبَعٍ وَ عِشْرِيْنَ مِنَ الْإِبِلِ فَدُوْنَهَا الْغَنَمُ فِيْ كُلِّ خَمْسٍ شَاةٌ، وَ فِيْمَا فَوْقَ ذلِكَ إِلَى خَمْسٍ وَ ثَلَاثِيْنَ بِنْتُ مَخَاضٍ، فَإِنْ لَمْ يَكُنْ بِنْتُ مَخَاضٍ فَابْنُ لَبُوْنٍ ذَكَرٌ، وَ فِيْمَا فَوْقَ ذلِكَ إِلَى خَمْسٍ وَ أَرْبَعِيْنَ بِنْتُ لَبُوْنٍ، وَ فِيْمَا فَوْقَ ذلِكَ إِلَى سِتِّيْنَ حِقَّةٌ طَرُوْقَةُ الْفَحْلِ، وَ فِيْمَا فَوْقَ ذلِكَ إِلَى خَمْسٍ وَ سَبْعِيْنَ جَذَعَةٌ، وَ فِيْمَا فَوْقَ ذلِكَ إِلَى تِسْعِيْنَ ابْنَتَا لَبُوْنٍ، وَ فِيْمَا فَوْقَ ذلِكَ إِلَى عِشْرِيْنَ وَ مِائَةٍ حِقَّتَانِ طَرُوْقَتَا الْفَحْلِ، فَمَا زَادَ عَلَى ذلِكَ فَفِيْ كُلِّ أَرْبَعِيْنَ بِنْتُ لَبُوْنٍ، وَ فِيْ كُلِّ خَمْسِيْنَ حِقَّةٌ، وَ فِيْ سَائِمَةِ الْغَنَمِ إِذَا كَانَتْ أَرْبَعِيْنَ إِلَى أَنْ تَبْلُغَ عِشْرِيْنَ وَ مِائَةً شَاةٌ، وَ فِيْمَا فَوْقَ ذلِكَ إِلَى مِائَتَيْنِ شَاتَانِ، وَ فِيْمَا فَوْقَ ذلِكَ إِلَى ثَلَاثِمِائَةٍ ثَلَاثُ شِيَاهٍ، فَمَا زَادَ عَلَى ذلِكَ فَفِيْ كُلِّ مِائَةٍ شَاةٌ، وَ لَا يُخْرَجُ فِي الصَّدَقَةِ هَرِمَةٌ، وَ لَا ذَاتُ عَوَارٍ، وَ لَا تَيْسٌ إِلَّا مَا شَاءَ الْمُصَّدِّقُ، وَ لَا يُجْمَعُ بَيْنَ مُفْتَرِقٍ وَ لَا يُفَرَّقُ بَيْنَ مُجْتَمِعٍ خَشْيَةَ الصَّدَقَةِ، وَ مَا كَانَ مِنْ خَلِيْطَيْنِ فَإِنَّهُمَا يَتَرَاجَعَانِ بَيْنَهُمَا بِالسَّوِيَّةِ، وَ فِي الرِّقَةِ رُبْعُ الْعُشْرِ إِذَا بَلَغَتْ رِقَّةُ أَحَدِهِمْ خَمْسَ أَوَاقٍ هذِهِ نُسْخَةُ كِتَابِ عُمَرَ بْنِ الْخَطَّابِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ الَّتِيْ كَانَ يَأْخُذُ عَلَيْهَا قَالَ الشَّافِعِيُّ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ وَ بِهذَا كُلِّهِ نَأْخُذُ.

Musnad Syāfi‘ī 400: Anas bin ‘Iyādh mengabarkan kepada kami dari Mūsā bin ‘Uqbah, dari Nāfi‘, dari ‘Abdullāh bin ‘Umar r.a.: Ini adalah sarat keputusan zakat yang di dalamnya disebutkan bahwa pada tiap-tiap 24 ekor unta atau kurang zakatnya berupa kambing. Pada tiap-tiap 5 ekor unta seekor kambing, dan selebihnya sampai 35 ekor unta zakatnya adalah unta bintu makhādh. Jika unta bintu makhādh tidak ada, maka unta ibnu labūn jantan. Lebih dari itu sampai 45 ekor, zakatnya adalah unta bintu labūn. Lebih dari itu sampai 60 ekor, zakatnya adalah unta ḥiqqahyang sudah memasuki masa dibuahi oleh pejantan. Lebih dari itu sampai 75 ekor, zakatnya adulah seekor unta jadza‘ah. Lebih dari itu sampai 90 ekor, zakatnya adalah 2 ekor unta blntu labūn. Lebih dari itu sampai 120 ekor, zakatnya adalah 2 ekor unta ḥiqqah yang keduanya sudah memasuki masa dibuahi oleh pejantan. Lebih dari itu, maka pada tiap-tiap 40 ekor zakatnya adalah unta bintu labūn; pada tiap-tiap 50 ekor, zakatnya adalah seekor unta ḥiqqah. Pada ternak kambing apabila jumlahnya 40 sampai 120 ekor, zakatnya adalah 2 ekor kambing. Dan lebih dari itu sampai 300 ekor, zakatnya adalah 3 ekor kambing, Lebih dari itu pada tiap-tiap 100 ekor kambing, Zakatnya adalah seekor kambing. Dan tidak boleh dikeluarkan sebagai zakat ternak yang sudah tua, tidak pula ternak yang ada cacatnya, serta tidak pula ternak pejantan kecuali jika dikehendaki oleh orang yang membayar zakat. Tidak boleh dikumpulkan di antara 2 ternak yang terpisah, dan tidak boleh pula dipisahkan di antara ternak yang terhimpun karena takut terkena zakat. Sedangkan ternak yang dimiliki oleh 2 orang yang berserikat, maka masing-masing pihak dapat saling merujuk kepada miliknya secara adil. Dan zakat pada logam perak adalah seperempat dari sepersepuluh (dua setengah persen)nya bila logam perak yang dimiliki oleh seseorang dari mereka berjumlah 5 uqiyah. Demikianlah surat keputusan Khalīfah ‘Umar bin Khaththāb r.a. yang dipegang dan diamalkan olehnya. 405 Asy-Syāfi‘ī berkata: “Semua ini kami ‘amalkan.”

مسند الشافعي ٤٠١: أَخْبَرَنَا الثِّقَةُ مِنْ أَهْلِ الْعِلْمِ، عَنْ سُفْيَانَ بْنِ حُسَيْنٍ، عَنِ الزُّهْرِيِّ، عَنْ سَالِمِ بْنِ عَبْدِ اللهِ بْنِ عُمَرَ، عَنْ أَبِيْهِ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ – لَا أَدْرِيْ أَدْخَلَ ابْنُ عُمَرَ بَيْنَهُ وَ بَيْنَ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ عُمَرَ فِيْ حَدِيْثِ سُفْيَانَ بْنِ حُسَيْنٍ أَوْ لَا؟ – فِيْ صَدَقَةِ الْإِبِلِ مِثْلَ هذَا الْمَعْنَى لَا يُخَالِفُهُ وَ لَا أَعْلَمُهُ، بَلْ لَا أَشُكُّ إِنْ شَاءَ اللهُ إِلَّا حَدَّثَ بِجَمِيْعِ الْحَدِيْثِ فِيْ صَدَقَةِ الْغَنَمِ وَ الْخُلَطَاءِ وَ الرِّقَّةِ هكَذَا، إِلَّا أَنِّيْ لَا أَحْفَظُ إِلَّا الْإِبِلَ فِيْ حَدِيْثِهِ.

Musnad Syāfi‘ī 401: Orang yang dapat dipercaya dari salah seorang ulama pernah mengabarkan kepada kami, dari Sufyān bin Ḥusain dari az-Zuhrī dari Sālim bin ‘Abdillāh bin ‘Umar dari bapaknya dari Nabi s.a.w., aku tidak mengetahui apakah Ibnu ‘Umar memasukkan antaranya dengan ‘Umar dalam hadits Sufyān bin Ḥusain atau tidak?: Dalam hal zakat unta, seperti makna ini, ia tidak menyelisihinya dan aku juga tidak mengetahuinya, namun, in syā’ Allāh aku tidak ragu kecuali ia telah menceritakan semua hadits mengenai zakat kambing, serikat dan riqqah dan aku tidak hafal kecuali zakat unta saja yang ada dalam haditsnya. 406

مسند الشافعي ٤٠٢: أَخْبَرَنَا سُفْيَانُ بْنُ عُيَيْنَةَ، عَنْ عَمْرِو بْنِ دِيْنَارٍ، عَنْ طَاوُسٍ، أَنَّ مُعَاذَ بْنَ جَبَلٍ، أُتِيَ بِوَقَصِ الْبَقَرِ فَقَالَ: «لَمْ يَأْمُرْنِيْ فِيْهِ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ بِشَيْءٍ» قَالَ الشَّافِعِيُّ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ: وَ الْوَقْصُ مَا لَمْ يَبْلُغِ الْفَرِيْضَةَ.

Musnad Syāfi‘ī 402: Sufyān bin ‘Uyainah mengabarkan kepada kami dari ‘Amr bin Dīnār, dari Thāwūs: Bahwa pernah didatangkan kepada Mu‘ādz zakat waqsh (Zakat tambahan antara seperlima hingga seperdua puluh) berupa ternak sapi, maka ia berkata: “Nabi belum pernah memerintahkan kepadaku mengenai masalah ini sedikitpun.” 407 As-Syāfi‘i r.a. berkata: “AlWaqsh adalah harta yang tidak sampai batas diwajibkannya zakat.”

مسند الشافعي ٤٠٣: أَخْبَرَنَا مَالِكٌ، عَنْ حُمَيْدِ بْنِ قَيْسٍ، عَنْ طَاوُسٍ الْيَمَانِيِّ، أَنَّ مُعَاذَ بْنَ جَبَلٍ، أَخَذَ مِنْ ثَلَاثِيْنَ بَقَرَةً تَبِيْعًا وَ مِنْ أَرْبَعِيْنَ بَقَرَةً مُسِنَّةً، وَ أُتِيَ بِمَا دُوْنَ ذلِكَ فَأَبَى أَنْ يَأْخُذَ مِنْهُ شَيْئًا وَ قَالَ: «لَمْ أَسْمَعْ مِنْ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ فِيْهِ شَيْئًا حَتَّى أَلْقَاهُ فَأَسْأَلَهُ فَتُوُفِّيَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ قَبْلَ أَنْ يَقْدَمَ مُعَاذُ بْنُ جَبَلٍ».

Musnad Syāfi‘ī 403: Mālik mengabarkan kepada kami dari Ḥumaid bin Qais, dan Thāwūs al-Yamānī: Bahwa Mu‘ādz bin Jabal memungut zakat seekor tabī‘ (sapi berumur 2 tahun) dari 30 ekor sapi, dan dari 40 ekor sapi berupa seekor sapi musinnah (berumur 2 tahun lebih). Dan, ia mendatangi ternak sapi yang jumlahnya kurang dari itu, ternyata ia tidak mau memungut seekor sapi pun darinya. Ia berkata: “Aku belum pernah mendengar dari Rasūlullāh s.a.w. mengenainya barang sedikitpun, nanti aku akan menemui beliau untuk menanyakannya” Dan, ternyata Rasūlullāh s.a.w. wafat sebelum Mu‘ādz bin Jabal tiba (di Madīnah).

مسند الشافعي ٤٠٤: أَخْبَرَنَا سُفْيَانُ بْنُ عُيَيْنَةَ، أَخْبَرَنَا بِشْرُ بْنُ عَاصِمٍ، عَنْ أَبِيْهِ “أَنَّ عُمَرَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ اسْتَعْمَلَ أَبَا سُفْيَانَ بْنَ عَبْدِ اللهِ عَلَى الطَّائِفِ وَ مَخَالِيْفِهَا فَخَرَجَ مُصَدِّقًا فَاعْتَدَّ عَلَيْهِمْ بِالْغَذِيِّ وَ لَمْ يَأْخُذْ بِالْغِذَاءِ مِنْهُمْ. فَقَالُوْا لَهُ: إِنْ كُنْتَ مُعْتَدًّا عَلَيْنَا بِالْغَذِيِّ فَخُذْهُ مِنَّا، فَأَمْسَكَ حَتَّى لَقِيَ عُمَرَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ فَقَالَ لَهُ: اعْلَمْ أَنَّهُمْ يَزْعُمُوْنَ أَنَّكَ تَظْلِمُهُمْ، تَعْتَدُّ عَلَيْهِمْ بِالْغَذِيِّ وَ لَا تَأْخُذُهُ مِنْهُمْ. فَقَالَ لَهُ عُمَرُ: فَاعْتَدَّ عَلَيْهِمْ بِالْغَذِيِّ حَتَّى بِالسَّخْلَةِ يَرُوْحُ بِهَا الرَّاعِيْ عَلَى يَدِهِ، وَ قُلْ لَهُمْ: لَا آخُذُ مِنْكُمُ الرُّبَّى وَ لَا الْمَاخِضَ وَ لَا ذَاتَ الدَّرِّ وَ لَا الشَّاةَ الْأَكُوْلَةَ وَ لَا فَحْلَ الْغَنَمِ، وَ خُذْ مِنْهُمُ الْعَنَاقَ وَ الْجَذَعَةَ وَ الثَّنِيَّةَ، فَذلِكَ عَدْلٌ بَيْنَ غَذِيِّ الْمَالِ وَ خِيَارِهِ .”

Musnad Syāfi‘ī 404: Sufyān bin ‘Uyainah mengabarkan kepada kami, Bisyr bin ‘Āshim mengabarkan kepada kami dari ayahnya: Khalifah ‘Umar mengangkat Abū Sufyān bin ‘Abdillāh sebagai ‘āmil untuk Thā’if dan daerah-daerah sekitarnya. Lalu Abū Sufyān berangkat sebagai pengumpul zakat, dan ia juga menghitung anak kambing, tetapi ia tidak mau memungutnya dari mereka. Maka mereka berkata kepadanya: “Sesungguhnya engkau memasukkan anak kambing ke dalam hitungan terhadap kami, maka ambillah anak kambing itu dari kami (sebagai zakatnya).” Abū Sufyān tidak mau mengambilnya sebelum bertemu dengan ‘Umar, lalu ia berkata (melapor) kepada Khalīfah ‘Umar: “Perlu diketahui bahwa mereka menduga engkau berbuat aniaya terhadap mereka, mengapa engkau memasukkan anak kambing ke dalam hitungan, sedangkan engkau tidak mau menerimanya dari mereka.” ‘Umar berkata kepadanya: “Masukkanlah anak kambing ke dalam hitungan atas diri mereka hingga anak kambing yang masih digendong oleh penggembalanya, dan katakanlah kepada mereka: “Aku tidak akan mengambil dari kalian kambing yang hendak melahirkan (bunting), kambing perahan, kambing yang sedang menyusui, kambing gemuk, tidak pula kambing pejantan”. Tetapi pungutlah kambing ‘anāq, jadza‘ah, dan tsainiyyah; yang demikian itu pertengahan di antara ternak yang bermutu rendah dan ternak pilihan.” 409

Alamat Kami
Jl. Zawiyah, No. 121, Rumah Botol Majlis Dzikir Hati Senang,
RT 06 RW 04, Kp. Tajur, Desa Pamegarsari, Parung, Jawa Barat. 16330.