مسند الشافعي ٣٩١: أَخْبَرَنَا سُفْيَانُ بْنُ عُيَيْنَةَ، سَمِعْتُ جَامِعَ بْنَ أَبِيْ رَاشِدٍ، وَ عَبْدَ الْمَلِكِ بْنَ أَعْيَنَ، سَمِعَا أَبَا وَائِلٍ، يُخْبِرُ عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ مَسْعُوْدٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ يَقُوْلُ: سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ يَقُوْلُ: «مَا مِنْ رَجُلٍ لَا يُؤَدِّيْ زَكَاةَ مَالِهِ إِلَّا مُثِّلَ لَهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ شُجَاعًا أَقْرَعَ يَفِرُّ مِنْهُ وَ هُوَ يَتْبَعُهُ حَتَّى يُطَوَّقَهُ فِيْ عُنُقِهِ». ثُمَّ قَرَأَ عَلَيْنَا رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ: {سَيُطَوَّقُوْنَ مَا بَخِلُوْا بِهِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ} [آل عمرَان: 180].
Musnad Syāfi‘ī 391: Sufyān bin ‘Uyainah mengabarkan kepada kami, aku mendengar Jāmi‘ bin Abī Rāsyid dan ‘Abd-ul-Mālik bin A‘yān, keduanya pernah mendengar Abū Wā’il mengabarkan hadits berikut dari ‘Abdullāh bin Mas‘ūd, ia mengatakan: Aku pernah mendengar Rasūlullāh s.a.w. bersabda: “Seorang lelaki yang tidak mengeluarkan zakat hartanya melainkan hartanya itu akan diserupakan dengan ular yang botak untuknya pada hari Kiamat; ia berlari darinya, tetapi ular itu terus mengejarnya hingga membelit lehernya.” Kemudian Rasūlullāh s.a.w.membacakan kepada kami firman-Nya: “Mereka akan dibelit pada lehernya oleh harta yang mereka bakhilkan itu di hari Kiamat.” (QS. Āli ‘Imrān [3]:180) 396
مسند الشافعي ٣٩٢: أَخْبَرَنَا مَالِكٌ، عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ دِيْنَارٍ، عَنْ أَبِيْ صَالِحٍ السَّمَّانِ، عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ أَنَّهُ كَانَ يَقُوْلُ: “مَنْ كَانَ لَهُ مَالٌ لَمْ يُؤَدِّ زَكَاتَهُ مُثِّلَ لَهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ شُجَاعًا أَقْرَعَ لَهُ زَبِيْبَتَانِ، يَطْلُبُهُ حَتَّى يُمْكِنَهُ، يَقُوْلُ: أَنَا كَنْزُكَ.”
Musnad Syāfi‘ī 392: Mālik mengabarkan kepada kami dari ‘Abdullāh bin Dīnār, dari Abū Shāliḥ as-Sammān, dari Abū Hurairah, ia berkata: “Barang siapa yang mempunyai harta dan tidak ia tunaikan zakatnya, maka akan diserupakan baginya di hari Kiamat seperti ular botak yang mempunyai dua noktah dan terus mengejarnya hingga dapat menangkapnya, lalu ia berkata: “Akulah harta simpananmu.” 397
مسند الشافعي ٣٩٣: أَخْبَرَنَا ابْنُ عُيَيْنَةَ، عَنِ ابْنِ عَجْلَانَ، عَنْ نَافِعٍ، أَنَّ ابْنَ عُمَرَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا كَانَ يَقُوْلُ: كُلُّ مَالٍ تُؤَدِّيْ زَكَاتَهُ فَلَيْسَ بِكَنْزٍ وَ إِنْ كَانَ مَدْفُوْنًا، وَ كُلُّ مَالٍ لَا تُؤَدَّى زَكَاتَهُ فَهُوَ كَنْزٌ وَ إِنْ لَمْ يَكُنْ مَدْفُوْنًا.
Musnad Syāfi‘ī 393: Ibnu ‘Uyainah mengabarkan kepada kami dari Ibnu ‘Ajlān, dari Nāfi‘, dari Ibnu ‘Umar r.a., ia berkata: “Setiap harta yang zakatnya dibayar, namanya bukan harta simpanan, sekali pun harta itu dipendam. Dan setiap harta yang tidak ditunaikan zakatnya dinamai harta simpanan, sekali pun tidak dipendam.” 398
مسند الشافعي ٣٩٤: أَخْبَرَنَا مَالِكٌ، عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ عَبْدِ اللهِ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمنِ بْنِ أَبِيْ صَعْصَعَةَ الْمَازِنِيِّ، عَنْ أَبِيْهِ، عَنْ أَبِيْ سَعِيْدٍ الْخُدْرِيِّ، أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ قَالَ: «لَيْسَ فِيْمَا دُوْنَ خَمْسِ ذَوْدٍ صَدَقَةٌ».
Musnad Syāfi‘ī 394: Mālik mengabarkan kepada kami dari Muḥammad bin ‘Abdullāh bin ‘Abd-ir-Raḥmān bin Abī Sha‘sha‘ah al-Māzinī, dari ayahnya, dari Abū Sa‘īd al-Khudrī bahwa Rasūlullāh s.a.w. telah bersabda: “Tidak ada zakat pada ternak unta yang kurang dari 5 ekor.” 399
مسند الشافعي ٣٩٥: أَخْبَرَنَا سُفْيَانُ بْنُ عُيَيْنَةَ، عَنْ عَمْرِو بْنِ يَحْيَى الْمَازِنِيِّ، عَنْ أَبِيْهِ قَالَ: أَخْبَرَنِيْ أَبُوْ سَعِيْدٍ الْخُدْرِيُّ، أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ قَالَ: «لَيْسَ فِيْمَا دُوْنَ خَمْسِ ذَوْدٍ صَدَقَةٌ».
Musnad Syāfi‘ī 395: Sufyān bin ‘Uyainah mengabarkan kepada kami dari ‘Amr bin Yaḥyā al-Māzinī dari bapaknya, ia berkata: Abū Sa‘īd al-Khudrī mengabarkan kepadaku bahwa Rasūlullāh s.a.w. bersabda: “Tidak ada sedekah harta yang kurang dari lima dzaud.” 400
مسند الشافعي ٣٩٦: أَخْبَرَنَا مَالِكٌ، عَنْ عَمْرِو بْنِ يَحْيَى الْمَازِنِيِّ، عَنْ أَبِيْهِ قَالَ: سَمِعْتُ أَبَا سَعِيْدٍ الْخُدْرِيَّ، يَقُوْلُ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ: «لَيْسَ فِيْمَا دُوْنَ خَمْسِ ذَوْدٍ صَدَقَةٌ».
Musnad Syāfi‘ī 396: Mālik mengabarkan kepada kami dari ‘Amr bin Yaḥyā al-Māzinī, dari ayahnya, ia mengatakan: Ia pernah mendengar Abu Sa’id Al Khudri mengatakan- Sesungguhnya Rasūlullāh s.a.w. pernah bersabda: “Tidak ada zakat pada ternak unta yang jumlahnya kurang dari 5 ekor.” 401
مسند الشافعي ٣٩٧: أَخْبَرَنَا الْقَاسِمُ بْنُ عَبْدِ اللهِ، عَنِ الْمُثَنَّى بْنِ أَنَسٍ، أَوِ ابْنِ فُلَانٍ، أَوِ ابْنِ فُلَانِ بْنِ أَنَسٍ، الشَّافِعِيُّ يَشُكُّ، عَنْ أَنَسٍ قَالَ: “هذِهِ الصَّدَقَةُ، ثُمَّ تُرِكَتِ الْغَنَمُ وَ غَيْرُهَا وَ كَرِهَهَا النَّاسُ. بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ: هذِهِ فَرِيْضَةُ الصَّدَقَةِ الَّتِيْ فَرَضَهَا رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ عَلَى الْمُسْلِمِيْنَ، الَّتِيْ أَمَرَ اللهُ بِهَا، فَمَنْ سُئِلَهَا عَلَى وَجْهِهَا مِنَ الْمُؤْمِنِيْنَ فَلْيُعْطِهَا، وَ مَنْ سُئِلَ فَوْقَهَا فَلَا يُعْطِهِ، فِيْ أَرْبَعٍ وَ عِشْرِيْنَ مِنَ الْإِبِلِ فَمَا دُوْنَهَا، الْغَنَمُ فِيْ كُلِّ خَمْسٍ شَاةٌ، فَإِذَا بَلَغَتْ خَمْسًا وَ عِشْرِيْنَ إِلَى خَمْسٍ وَ ثَلَاثِيْنَ فَفِيْهَا بِنْتُ مَخَاضٍ أُنْثَى، فَإِنْ لَمْ يَكُنْ فِيْهَا بِنْتُ مَخَاضٍ فَابْنُ لَبُوْنٍ ذَكَرٌ، فَإِذَا بَلَغَتْ سِتًّا وَ ثَلَاثِيْنَ إِلَى خَمْسٍ وَ أَرْبَعِيْنَ فَفِيْهَا ابْنَةُ لَبُوْنٍ أُنْثَى، فَإِذَا بَلَغَتْ سِتًّا وَ أَرْبَعِيْنَ إِلَى سِتِّيْنَ فَفِيْهَا حِقَّةٌ طَرُوْقَةُ الْجَمَلِ، فَإِذَا بَلَغَتْ إِحْدَى وَ سِتِّيْنَ إِلَى خَمْسٍ وَ سَبْعِيْنَ فَفِيْهَا جَذَعَةٌ، فَإِذَا بَلَغَتْ سِتًّا وَ سَبْعِيْنَ إِلَى تِسْعِيْنَ فَفِيْهَا ابْنَتَا لَبُوْنٍ، فَإِذَا بَلَغَتْ إِحْدَى وَ تِسْعِيْنَ إِلَى عِشْرِيْنَ وَ مِائَةٍ فَفِيْهَا حِقَّتَانِ طَرُوْقَتَا الْجَمَلِ، فَإِذَا زَادَتْ عَلَى عِشْرِيْنَ وَ مِائَةٍ فَفِيْ كُلِّ أَرْبَعِيْنَ ابْنَةُ لَبُوْنٍ وَ فِيْ كُلُّ خَمْسِيْنَ حِقَّةٌ، وَ إِنَّ بَيْنَ أَسْنَانِ الْإِبِلِ فِيْ فَرِيْضَةِ الصَّدَقَةِ عِوَضًا، فَمَنْ بَلَغَتْ عِنْدَهُ مِنَ الْإِبِلِ صَدَقَةُ الْجَذَعَةِ وَ لَيْسَتْ عِنْدَهُ جَذَعَةٌ وَ عِنْدَهُ حِقَّةٌ فَإِنَّهَا تُقْبَلُ مِنْهُ الْحِقَّةُ وَ يَجْعَلُ مَعَهَا شَاتَيْنِ إِنِ اسْتَيْسَرَتَا عَلَيْهِ، أَوْ عِشْرِيْنَ دِرْهَمًا، فَإِذَا بَلَغَتْ عَلَيْهِ الْحِقَّةُ وَ لَيْسَتْ عِنْدَهُ حِقَّةٌ وَ عِنْدَهُ جَذَعَةٌ فَإِنَّهَا تُقْبَلُ مِنْهُ الْجَذَعَةُ وَ يُعْطِيْهِ الْمُصَّدِّقُ عِشْرِيْنَ دِرْهَمًا أَوْ شَاتَيْنِ.”
Musnad Syāfi‘ī 397: Al-Qāsim bin ‘Abdillāh mengabarkan kepada kami dari al-Mutsannā bin Anas atau Ibnu Fulān atau Ibnu Fulān bin Anas (asy- Syāfi‘ī ragu) dari Anas, ia berkata: “Ini adalah surat ketetapan tentang sedekah (zakat). Kemudian aku tidak memakai zakat kambing dan juga yang lainnya, karena orang-orang tidak menyukainya: “Dengan nama Allah yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Ini adalah kewajibaan zakat yang telah difardhukan oleh Rasūlullāh s.a.w. atas kaum Muslimīn sesuai perintah Allah s.w.t. Maka barang siapa dari kalangan kaum Mu’minīn diminta berzakat sesuai dengan ketentuannya, hendaklah ia memberikannya. Dan barang siapa yang diminta lebih dari apa yang telah ditentukan, janganlah ia memberikannya. Ternak unta yang jumlahnya 24 ekor ke bawah, zakatnya berupa kambing, yaitu pada tiap-tiap 5 ekor unta (zakatnya) seekor kambing. Apabila ternak unta mencapai 25 sampai 35 ekor, maka zakatnya adalah seekor unta bintu makhādh yang betina. Apabila pada ternaknya tidak terdapat unta bintu makhādh, maka dapat memakai unta ibnu labūn jantan. Apabila jumlah ternak mencapai 36 hingga 45 ekor, maka zakatnya adalah seekor ibnatu labūn betina. Apabila ternak unta mencapai 46 hingga 60 ekor, maka zakatnya adalah seekor unta ḥiqqah yang sudah memasuki masa dibuahi oleh pejantannya. Apabila jumlah ternak unta sudah mencapai 61 sampai 75 ekor, maka zakatnya adalah seekor unta jadza‘ah. Apabila jumlah ternak unta mencapai 76 sampai 90 ekor, maka zakatnya adalah 2 ekor unta bintu labūn. Apabila jumlah ternak unta mencapai 91 sampai 120 ekor, maka zakatnya adalah 2 ekor unta ḥiqqah yang keduanya sudah memasuki masa dibuahi oleh pejantannya. Apabila jumlah ternak unta lebih dari 120 ekor, maka pada tiap-tiap 40 ekor zakatnya adalah unta bintu labūn, dan pada tiap-tiap 50 ekor zakatnya adalah unta ḥiqqah. Dan sesungguhnya di antara usia ternak unta tersebut dalam masalah fardhu zakat (dapat digantikan dengan yang lainnya). Untuk itu, barang siapa yang ternak untanya mencapai bilangan harus membayar zakat dengan unta jadza‘ah, sedangkan ia tidak memilikinya, tetapi hanya memiliki unta ḥiqqah, maka unta ḥiqqah itu dapat diterima. Kemudian ia menambahi kekurangannya itu dengan 2 ekor kambing jika mudah didapat olehnya, atau dengan (tambahan uang sebanyak) 20 dirham. Apabila zakat mencapai seekor unta ḥiqqah, sedangkan ia tidak memilikinya, dan yang ada padanya hanya unta jadza‘ah, maka unta jadz’ah dapat diterima, lalu ia mendapat kembalian uang sebanyak 20 dirham atau 2 ekor kambing.” 402