Musnad Imam Asy-Syafi’i Bab. 6 (Bagian Pembahasan Tentang Dua Hari Raya) – No.340 s.d 351 (3/5)

MUSNAD IMĀM ASY-SYĀFI‘Ī
 
Diterjemahkan Oleh:
HaditsSoft (Grup)
 
Diterbitkan Oleh:
HaditsSoft

 
(Belum ada catatan kakinya di HaditsSoft yang kami miliki)

مسند الشافعي ٣٤٠: أَخْبَرَنَا إِبْرَاهِيْمُ بْنُ مُحَمَّدٍ، حَدَّثَنِيْ إِسْحَاقُ بْنُ عَبْدِ اللهِ، عَنْ عُثْمَانَ بْنِ عُرْوَةَ، عَنْ أَبِيْهِ، أَنَّ أَبَا أَيُّوْبَ، وَ زَيْدَ بْنَ ثَابِتٍ، أَمَرَا مَرْوَانَ أَنْ يُكَبِّرَ، فِيْ صَلَاةِ الْعِيْدَيْنِ سَبْعًا وَ خَمْسًا.

Musnad Syāfi‘ī 340: Ibrāhīm bin Muḥammad mengabarkan kepada kami bahwa Isḥāq bin ‘Abdillāh menceritakan kepadaku dari ‘Utsmān bin ‘Urwah, dari ayahnya: Abū Ayyūb dan Zaid bin Tsābit memerintahkan kepada Marwān untuk melakukan takbīr dalam shalat dua hari raya sebanyak 7 dan 5 kali takbīr. 346

مسند الشافعي ٣٤١: أَخْبَرَنَا مَالِكٌ، عَنْ نَافِعٍ، مَوْلَى ابْنِ عُمَرَ قَالَ: «شَهِدْتُ الْأَضْحَى وَ الْفِطْرَ مَعَ أَبِيْ هُرَيْرَةَ فَكَبَّرَ فِي الرَّكْعَةِ الْأُوْلَى سَبْعَ تَكْبِيْرَاتٍ قَبْلَ الْقِرَاءَةِ، وَ فِي الْأَخِيْرَةِ خَمْسَ تَكْبِيْرَاتٍ قَبْلَ الْقِرَاءَةِ».

Musnad Syāfi‘ī 341: Mālik mengabarkan kepada kami dari Nāfi‘ mantan budak Ibnu ‘Umar r.a., ia berkata: “Aku menyaksikan (shalat) hari raya Qurbān dan hari raya Fithri bersama Abū Hurairah r.a., ia melakukan takbīr dalam raka‘at pertama sebanyak 7 kali sebelum membaca, dan dalam raka‘at terakhir sebanyak 5 kali sebelum membaca.” 347

مسند الشافعي ٣٤٢: أَخْبَرَنَا مَالِكٌ، عَنْ ضَمْرَةَ بْنِ سَعِيْدٍ الْمَازِنِيِّ، عَنْ عُبَيْدِ اللهِ بْنِ عَبْدِ اللهِ بْنِ عُتْبَةَ، أَنَّ عُمَرَ بْنَ الْخَطَّابِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ سَأَلَ أَبَا وَاقِدٍ اللَّيْثِيَّ: “مَاذَا يَقْرَأُ بِهِ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ فِي الْأَضْحَى وَ الْفِطْرِ؟ فَقَالَ: كَانَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ يَقْرَأُ بِقَافْ وَ الْقُرْآنِ الْمَجِيْدِ وَ اقْتَرَبَتِ السَّاعَةُ وَ انْشَقَّ الْقَمَرُ.”

Musnad Syāfi‘ī 342: Mālik mengabarkan kepada kami dari Dhamrah bin Sa‘īd al-Māzinī, dari ‘Ubaidillāh bin ‘Abdillāh bin ‘Utbah: bahwa Umar bin Khaththāb pernah menanyakan kepada Abū Wāqid al-Laitsī tentang surah yang dibaca oleh Nabi s.a.w. dalam shalat hari raya Qurbān dan hari raya Fithri. Maka Abū Wāqid menjawab:Beliau s.a.w. membaca surah Qāf, wal qur’ānilmajīd dan surah “Iqtarabatis-sāati wansyaqqalqamar.”341

مسند الشافعي ٣٤٣: أَخْبَرَنَا إِبْرَاهِيْمُ بْنُ مُحَمَّدٍ، حَدَّثَنِي لَيْثٌ، عَنْ عَطَاءٍ، أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ كَانَ إِذَا خَطَبَ يَعْتَمِدُ عَلَى عَنَزَتِهِ اعْتِمَادًا.

Musnad Syāfi‘ī 343: Ibrāhīm bin Muḥammad mengabarkan kepada kami. Laits menceritakan kepadaku: dari ‘Athā’ī bahwa Rasūlullāh s.a.w. ketika berkhuthbah bersandar kepada tongkatnya dengan sebenarnya. 349

مسند الشافعي ٣٤٤: أَخْبَرَنَا إِبْرَاهِيْمُ بْنُ مُحَمَّدٍ، حَدَّثَنِيْ عَبْدُ الرَّحْمنِ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ عَبْدِ اللهِ، عَنْ إِبْرَاهِيْمَ بْنِ عَبْدِ اللهِ بْنِ عُبَيْدِ اللهِ بْنِ عُتْبَةَ قَالَ: «السُّنَّةُ أَنْ يَخْطُبَ الْإِمَامُ، فِي الْعِيْدَيْنِ خُطْبَتَيْنِ يَفْصِلُ بَيْنَهُمَا بِجُلُوْسٍ».

Musnad Syāfi‘ī 344: Ibrāhīm bin Muḥammad mengabaikan kepada kami, ‘Abd-ir-Raḥmān bin Muḥammad bin ‘Abdillāh menceritakan kepadaku dari Ibrāhīm bin ‘Abdillāh, dari ‘Ubaidillāh bin ‘Abdillāh bin ‘Utbah, ia berkata: “Menurut tuntunan Sunnah, hendaknya imam melakukan khutbah dalam shalat dua hari raya sebanyak 2 kali, di antara keduanya dipisahkan dengan duduk.” 350

مسند الشافعي ٣٤٥: أَخْبَرَنَا إِبْرَاهِيْمُ بْنُ مُحَمَّدٍ، حَدَّثَنِيْ إِبْرَاهِيْمُ بْنُ عُقْبَةَ، عَنْ عُمَرَ بْنِ عَبْدِ الْعَزِيْزِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: اجْتَمَعَ عِيْدَانِ عَلَى عَهْدِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ فَقَالَ: «مَنْ أَحَبَّ أَنْ يَجْلِسَ مِنْ أَهْلِ الْعَالِيَةِ فَلْيَجْلِسْ فِيْ غَيْرِ حَرَجٍ».

Musnad Syāfi‘ī 345: Ibrāhīm bin Muḥammad mengabarkan kepada kami, Ibrāhīm bin ‘Uqbah menceritakan kepadaku dari ‘Umar bin ‘Abd-il-‘Azīz r.a., ia mengatakan: Di zaman Nabi s.a.w., pernah terjadi dua hari raya dalam satu hari, maka beliau bersabda: “Barang siapa dari kalangan penduduk Āliyah ingin tetap duduk (menunggu shalat Jumat), hendaklah ia duduk tanpa harus bersusah payah” 351

مسند الشافعي ٣٤٦: أَخْبَرَنَا مَالِكُ بْنُ أَنَسٍ، عَنِ ابْنِ شِهَابٍ، عَنْ أَبِيْ عُبَيْدٍ، مَوْلَى ابْنِ أَزْهَرَ قَالَ: شَهِدْتُ الْعِيْدَ مَعَ عُثْمَانَ بْنِ عَفَّانَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ فَجَاءَ فَصَلَّى ثُمَّ انْصَرَفَ فَخَطَبَ فَقَالَ: إِنَّهُ قَدِ اجْتَمَعَ لَكُمْ فِيْ يَوْمِكُمْ هذَا عِيْدَانِ، فَمَنْ أَحَبَّ مِنْ أَهْلِ الْعَالِيَةِ أَنْ يَنْتَظِرَ الْجُمُعَةَ فَلْيَنْتَظِرْهَا، وَ مَنْ أَحَبَّ أَنْ يَرْجِعَ فَلْيَرْجِعْ، فَقَدْ أَذِنْتُ لَهُ.

Musnad Syāfi‘ī 346: Māik bin Anas mengabarkan kepada kami dari Ibnu Syihāb, dari Abū ‘Ubaid mantan budak Ibnu Azhar, ia mengatakan: Aku pernah menyaksikan (shalat) hari raya bersama ‘Utsmān bin ‘Affān. Ia datang, lalu shalat (hari raya). Setelah salam, ia berkhutbah dan berkata (dalam khutbahnya): “Sesungguhnya telah berkumpul menjadi satu bagi kalian di hari kalian sekarang ini dua hari raya. Maka barangsiapa dari kalangan pendudk ‘Āliyah ingin menunggu shalat Jum‘at, ia boleh menunggunya. Dan barang siapa yang lebih menyukai kembali maka kembalilah, karena sesungguhnya aku telah mengizinkannya.” 352

مسند الشافعي ٣٤٧: أَخْبَرَنَا مَالِكٌ، عَنْ زَيْدِ بْنِ أَسْلَمَ، عَنْ عَطَاءِ بْنِ يَسَارٍ، عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا قَالَ: خَسَفَتِ الشَّمْسُ فَصَلَّى رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ وَ النَّاسُ مَعَهُ، فَقَامَ قِيَامًا طَوِيْلًا، قَالَ نَحْوًا مِنْ سُوْرَةِ الْبَقَرَةِ. قَالَ: ثُمَّ رَكَعَ رُكُوْعًا طَوِيْلًا، ثُمَّ رَفَعَ فَقَامَ قِيَامًا طَوِيْلًا وَ هُوَ دُوْنَ الْقِيَامِ الْأَوَّلِ، ثُمَّ رَكَعَ رُكُوْعًا طَوِيْلًا وَ هُوَ دُوْنَ الرُّكُوْعِ الْأَوَّلِ، ثُمَّ [ص:78] رَفَعَ فَقَامَ قِيَامًا طَوِيْلًا وَ هُوَ دُوْنَ الْقِيَامِ الْأَوَّلِ، ثُمَّ رَكَعَ رُكُوْعًا طَوِيْلًا وَ هُوَ دُوْنَ الرُّكُوْعِ الْأَوَّلِ، ثُمَّ سَجَدَ ثُمَّ انْصَرَفَ وَ قَدْ تَجَلَّتِ الشَّمْسُ. فَقَالَ: «إِنَّ الشَّمْسَ وَ الْقَمَرَ آيَتَانِ مِنْ آيَاتِ اللهِ، لَا يَخْسِفَانِ لِمَوْتِ أَحَدٍ وَ لَا لِحَيَاتِهِ، فَإِذَا رَأَيْتُمْ ذلِكَ فَاذْكُرُوا اللهَ». قَالُوْا: يَا رَسُوْلَ اللهِ، رَأَيْنَاكَ تَنَاوَلْتَ فِيْ مَقَامِكَ شَيْئًا، ثُمَّ رَأَيْنَاكَ كَأَنَّكَ تَكَعْكَعْتَ. قَالَ: «إِنِّيْ رَأَيْتُ، أَوْ أُرِيْتُ الْجَنَّةَ فَتَنَاوَلْتُ مِنْهَا عُنْقُوْدًا، وَ لَوْ أَخَذْتُهُ لَأَكَلْتُمْ مِنْهُ مَا بَقِيَتِ الدُّنْيَا، وَ رَأَيْتُ، أَوْ أُرِيْتُ النَّارَ، فَلَمْ أَرَ كَالْيَوْمِ مَنْظَرًا، وَ رَأَيْتُ أَكْثَرَ أَهْلِهَا النِّسَاءُ». قَالُوْا: لِمَ يَا رَسُوْلَ اللهِ؟ قَالَ: «بِكُفْرِهِنَّ». قِيْلَ: أَيَكْفُرْنَ بِاللهِ؟ قَالَ: يَكْفُرْنَ الْعَشِيْرَ، وَ يَكْفُرْنَ الْإِحْسَانَ، لَوْ أَحْسَنْتَ إِلَى إِحْدَاهُنَّ الدَّهْرَ ثُمَّ رَأَتْ مِنْكَ شَيْئًا قَالَتْ: مَا رَأَيْتُ مِنْكَ خَيْرًا قَطُّ.”

Musnad Syāfi‘ī 347: Mālik mengabarkan kepada kami dari Zaid bin Aslam, dari ‘Athā’ bin Yasār, dari ‘Abdullāh bin ‘Abbās r.a., ia mengatakan: Matahari mengalami gerhana, maka Rasūlullāh s.a.w. shalat bersama orang-orang. Beliau berdiri dalam waktu yang cukup lama, sama lamanya dengan membaca surah al-Baqarah. Kemudian beliau rukū‘ cukup lama, lalu mengangkat kepala (dari rukū‘) dan berdiri dalam waktu yang cukup lama pula, tetapi tidak selama berdiri yang pertama tadi. Kemudian beliau ruku lagi dalam waktu yang cukup lama, tetapi tidak selama rukū‘ yang pertama. Kemudian beliau sujūd. Setelah itu beliau berdiri lagi dalam waktu yang cukup lama, tetapi tidak selama yang pertama; lalu rukū‘ dalam waktu, yang cukup lama, tetapi tidak selama yang pertama. Kemudian beliau mengangkat (kepala dari rukū‘) lalu berdiri dalam waktu yang cukup lama, tetapi tidak selama yang pertama. Setelah itu beliau rukū‘ lagi dalam waktu yang cukup lama, tetapi tidak selama yang pertama. Setelah itu sujūd, kemudian salam, sedangkan matahari telah terang kembali. Setelah itu beliau bersabda: “Sesungguhnya matahari dan bulan merupakan dua tanda di antara tanda-tanda kekuasaan Allah. Keduanya tidak mengalami gerhana karena matinya seseorang, tidak pula karena hidupnya. Apabila kalian melihat hal tersebut, berdzikirlah kepada Allah.” Mereka bertanya: “Wahai Rasūlullāh! Kami melihatmu mengambil sesuatu pada tempatmu, kemudian kami melihatmu seakan-akan mundur.” Nabi s.a.w. bersabda: “Sesungguhnya aku melihat atau diperlihatkan kepadaku surga, maka aku berupaya untuk meraih setangkai anggur darinya. Seandainya aku dapat memetiknya, niscaya kalian akan memakan sebagian darinya selama dunia masih ada. Aku melihat atau diperlihatkan kepadaku neraka, maka aku belum pernah melihat suatu pemandangan yang mengerikan seperti hari ini, dan aku melihat penghuninya kebanyakan kaum wanita.” Mereka bertanya: “Mengapa, wahai Rasūlullāh?” Beliau s.a.w. menjawab: “Karena mereka kafir (ingkar).” Lalu ditanyakan: “Apakah mereka kafir terhadap Allah?” Nabi menjawab: “Mereka kafir (ingkar) terhadap suami dan ingkar terhadap kebajikannya. Seandainya engkau berbuat baik kepada seseorang dari mereka sepanjang tahun, kemudian ia melihat sesuatu (yang tidak disukainya) ada pada dirimu, niscaya ia akan mengatakan, Aku belum pernah melihat suatu kebaikan pun pada dirimu.. ” 353

مسند الشافعي ٣٤٨: أَخْبَرَنَا إِبْرَاهِيْمُ بْنُ مُحَمَّدٍ، حَدَّثَنِيْ عَبْدُ اللهِ بْنُ أَبِيْ بَكْرِ بْنِ مُحَمَّدِ بْنِ عَمْرِو بْنِ حَزْمٍ، عَنِ الْحَسَنِ، عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا أَنَّ الْقَمَرَ، كَسَفَ وَ ابْنُ عَبَّاسٍ بِالْبَصْرَةِ، فَخَرَجَ ابْنُ عَبَّاسٍ فَصَلَّى بِنَا رَكْعَتَيْنِ، فِيْ كُلِّ رَكْعَةٍ رَكْعَتَانِ، ثُمَّ رَكِبَ فَخَطَبَنَا فَقَالَ: إِنَّمَا صَلَّيْتُ كَمَا رَأَيْتُ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ يُصَلِّيْ وَ قَالَ: إِنَّمَا الشَّمْسُ وَ الْقَمَرُ آيَتَانِ مِنْ آيَاتِ اللهِ، لَا يَخْسِفَانِ لِمَوْتِ أَحَدٍ وَ لَا لِحَيَاتِهِ، فَإِذَا رَأَيْتُمْ شَيْئًا مِنْهَا خَاسِفًا فَلْيَكُنْ فَزَعُكُمْ إِلَى اللهِ.

Musnad Syāfi‘ī 348: Ibrāhīm bin Muḥammad mengabarkan kepada kami, ‘Abdullāh bin Abī Bakar bin Muḥammad bin ‘Amr bin Ḥazm menceritakan kepadaku dari al-Ḥasan, dari Ibnu ‘Abbās, ia mengatakan: Ketika Ibnu ‘Abbās berada di Bashrah terjadi gerhana bulan, maka ia keluar dan shalat 2 raka‘at bersama kami, tiap-tiap rakaat terdiri atas 2 rukū‘. Kemudian ia menaiki kendaraannya dan berkhutbah kepada kami, untuk itu ia berkata: “Sesungguhnya aku hanya shalat seperti apa yang pernah aku lihat Rasūlullāh s.a.w. melakukannya.” Ia berkata pula: “sesungguhnya matahari dan bulan keduanya merupakan sebagian dari tanda-tanda kekuasaan Allah. Keduanya tidak mengalami gerhana karena matinya seseorang dan tidak pula karena hidupnya. Maka apabila kalian melihat salah satu darinya mengalami gerhana, hendaklah berdzikir kepada Allah.” 354

مسند الشافعي ٣٤٩: أَخْبَرَنَا مَالِكٌ، عَنْ يَحْيَى بْنِ سَعِيْدٍ، عَنْ عَمْرَةَ، عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهَا، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ أَنَّ الشَّمْسَ كَسَفَتْ فَصَلَّى رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ، فَوَصَفَتْ صَلَاتَهُ رَكْعَتَيْنِ، فِيْ كُلِّ رَكْعَةٍ رَكْعَتَانِ

Musnad Syāfi‘ī 349: Mālik mengabarkan kepada kami dari Yaḥyā bin Sa‘īd, dari ‘Amrah, dan ‘Ā’isyah r.a., dari Nabi s.a.w.: Bahwa matahari mengalami gerhana, maka Rasūlullāh s.a.w. shalat (gerhana). Kemudian ‘Ā’isyah menggambarkan shalat yang dilakukan Nabi s.a.w., yaitu 2 raka‘at, tiap-tiap raka‘at dengan 2 kali rukū‘. 355

مسند الشافعي ٣٥٠: أَخْبَرَنَا مَالِكٌ، عَنْ هِشَامِ بْنِ عُرْوَةَ، عَنْ أَبِيْهِ، عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهَا، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ مِثْلَهُ

Musnad Syāfi‘ī 350: Mālik mengabarkan kepada kami dari Hisyām bin ‘Urwah, dari ayahnya, dari ‘Ā’isyah , dari Nabi s.a.w. tentang hadits yang semisalnya. 356

مسند الشافعي ٣٥١: أَخْبَرَنَا إِبْرَاهِيْمُ بْنُ مُحَمَّدٍ، حَدَّثَنِيْ أَبُوْ سُهَيْلِ بْنُ نَافِعٍ، عَنْ أَبِيْ قِلَابَةَ، عَنْ أَبِيْ مُوْسَى الْأَشْعَرِيِّ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ مِثْلَهُ

Musnad Syāfi‘ī 351: Ibrāhīm bin Muḥammad mengabarkan kepada kami, Abū Suhail bin Nāfi‘ menceritakan kepadaku dari Abū Qilābah, dari Abū Mūsā al-Asy‘arī, dan Nabi s.a.w. dengan redaksi hadits yang semisalnya. 357