Musnad Imam Asy-Syafi’i Bab. 6 (Bagian Pembahasan Tentang Dua Hari Raya) – No.328 s.d 339 (2/5)

MUSNAD IMĀM ASY-SYĀFI‘Ī
 
Diterjemahkan Oleh:
HaditsSoft (Grup)
 
Diterbitkan Oleh:
HaditsSoft

 
(Belum ada catatan kakinya di HaditsSoft yang kami miliki)

مسند الشافعي ٣٢٨: أَخْبَرَنَا إِبْرَاهِيْمُ بْنُ مُحَمَّدٍ، حَدَّثَنِيْ عَمْرُو بْنُ أَبِيْ عَمْرٍو، عَنِ ابْنِ عُمَرَ، أَنَّهُ غَدَا مَعَ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ يَوْمَ الْعِيْدِ إِلَى الْمُصَلَّى ثُمَّ رَجَعَ إِلَى بَيْتِهِ وَ لَمْ يُصَلِّ قَبْلَ الْعِيْدِ وَ لَا بَعْدَهُ.

Musnad Syāfi‘ī 328: Ibrāhīm bin Muḥammad mengabarkan kepada kami, ‘Amr bin Abī ‘Amr menceritakan kepadaku dari Ibnu ‘Umar r.a.: Bahwa ia pemah berangkat di pagi hari bersama Nabi s.a.w. pada hari raya menuju ke tempat shalat, kemudian beliau kembali ke rumahnya tanpa melakukan shalat lain sebelum shalat Īd dan tidak pula sesudahnya. 334

مسند الشافعي ٣٢٩: أَخْبَرَنَا إِبْرَاهِيْمُ بْنُ مُحَمَّدٍ، حَدَّثَنِيْ سَعْدُ بْنُ إِسْحَاقَ بْنِ كَعْبِ بْنِ عُجْرَةَ، عَنْ عَبْدِ الْمَلِكِ بْنِ كَعْبٍ، أَنَّ كَعْبَ بْنَ عُجْرَةَ «لَمْ يَكُنْ يُصَلِّيْ قَبْلَ الْعِيْدِ وَ لَا بَعْدَهُ».

Musnad Syāfi‘ī 329: Ibrāhīm bin Muḥammad mengabarkan kepada kami Sa‘īd bin Isḥāq bin Ka‘b bin ‘Ujrah memberitakan kepada kami dari ‘Abd-ul-Mālik bin Ka‘b: Bahwa Ka‘b bin ‘Ujrah tidak pernah melakukan shalat (lain) sebelum shalat hari raya, tidak pula sesudahnya. 335

مسند الشافعي ٣٣٠: أَخْبَرَنَا إِبْرَاهِيْمُ بْنُ مُحَمَّدٍ، حَدَّثَنِيْ عَبْدُ اللهِ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ عَقِيْلٍ، عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ عَلِيٍّ ابْنِ الْحَنَفِيَّةِ، عَنْ أَبِيْهِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: «كُنَّا فِيْ عَهْدِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ يَوْمَ الْفِطْرِ وَ الْأَضْحَى لَا نُصَلِّيْ فِي الْمَسْجِدِ حَتَّى نَأْتِيَ الْمُصَلَّى، فَإِذَا رَجَعْنَا مَرَرْنَا بِالْمَسْجِدِ فَصَلَّيْنَا فِيْهِ».

Musnad Syāfi‘ī 330: Ibrāhīm bin Muḥammad mengabarkan kepada kami, ‘Abdullāh bin Muḥammad bin ‘Aqīl menceritakan kepadaku dari Muḥammad bin ‘Alī bin al-Ḥanafiyyah, dari ayahnya r.a., ia berkata: “Kami di zaman Nabi s.a.w. pada hari raya Fithri dan Adhḥā tidak melakukan shalat apapun di dalam masjid sebelum kami tiba di tempat shalat, dan bila kami pulang lalu melewati masjid.”

مسند الشافعي ٣٣١: أَخْبَرَنَا سُفْيَانُ بْنُ عُيَيْنَةَ، عَنْ أَيُّوْبَ السَّخْتِيَانِيِّ قَالَ: سَمِعْتُ عَطَاءَ بْنَ أَبِيْ رَبَاحٍ، يَقُوْلُ: سَمِعْتُ ابْنَ عَبَّاسٍ، يَقُوْلُ: «أَشْهَدُ عَلَى رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ أَنَّهُ صَلَّى قَبْلَ الْخُطْبَةِ يَوْمَ الْعِيْدِ ثُمَّ خَطَبَ، فَرَأَى أَنَّهُ لَمْ يُسْمِعِ النِّسَاءَ فَأَتَاهُنَّ فَذَكَّرَهُنَّ وَ وَعَظَهُنَّ وَ أَمَرَهُنَّ بِالصَّدَقَةِ وَ مَعَهُ بِلَالٌ قَائِلٌ بِثَوْبِهِ هكَذَا، فَجَعَلَتِ الْمَرْأَةُ تُلْقِي الْخُرْصَ وَ الشَّيْءَ».

Musnad Syāfi‘ī 331: Sufyān bin ‘Uyainah mengabarkan kepada kami dari Ayyūb bin as-Sakhtiyānī, ia mengatakan: Aku pernah mendengar ‘Athā’ bin Abī Rabāḥ mengatakan: Aku pernah mendengar Ibnu ‘Abbās berkata: “Aku pernah menyaksikan Rasūlullāh s.a.w. melakukan shalat sebelum khutbah hari raya, kemudian beliau berkhutbah. Beliau melihat bahwa kaum wanita tidak dapat mendengar khutbahnya, maka beliau mendatangi mereka lalu menasihati dan memperingatkan mereka serta memerintahkan mereka untuk bersedekah dengan ditemani oleh Bilāl yang membentangkan kainnya seperti ini, maka kaum wanita melemparkan anting-anting dan perhiasan lainnya.” 337

مسند الشافعي ٣٣٢: أَخْبَرَنَا إِبْرَاهِيْمُ بْنُ مُحَمَّدٍ، حَدَّثَنِيْ أَبُوْ بَكْرِ بْنُ عُمَرَ بْنِ عَبْدِ الْرَحْمنِ، عَنْ سَالِمِ بْنِ عَبْدِ اللهِ، عَنِ ابْنِ عُمَرَ، أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ وَ أَبَا بَكْرٍ وَ عُمَرَ كَانُوْا يُصَلُّوْنَ فِي الْعِيْدَيْنِ قَبْلَ الْخُطْبَةِ.

Musnad Syāfi‘ī 332: Ibrāhīm bin Muḥammad mengabarkan kepada kami, Abū Bakar bin ‘Umar bin ‘Abd-il-‘Azīz menceritakan kepadaku dari Sālim bin ‘Abdillāh, dari Ibnu ‘Umar: Bahwa Nabi s.a.w., Abū Bakar dan Umar selalu melakukan shalat hari raya sebelum khutbah. 338

مسند الشافعي ٣٣٣: أَخْبَرَنَا إِبْرَاهِيْمُ بْنُ مُحَمَّدٍ، حَدَّثَنِيْ عُمَرُ بْنُ نَافِعٍ، عَنْ أَبِيْهِ، عَنِ ابْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ وَ أَبِيْ بَكْرٍ وَ عُمَرَ وَ عُثْمَانَ مِثْلَهُ.

Musnad Syāfi‘ī 333: Ibrāhīm bin Muḥammad mengabarkan kepada kami, ‘Umar bin Nāfi‘ menceritakan kepadaku dari ayahnya, dari Ibnu ‘Umar r.a., dari Nabi s.a.w., Abū Bakar, ‘Umar dan ‘Utsmān tentang redaksi hadits yang semisalnya. 339

مسند الشافعي ٣٣٤: أَخْبَرَنَا إِبْرَاهِيْمُ بْنُ مُحَمَّدٍ، حَدَّثَنِيْ دَاوُدُ بْنُ الْحُصَيْنِ، عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ يَزِيْدَ الْخَطْمِيِّ، أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ وَ أَبَا بَكْرٍ وَ عُمَرَ وَ عُثْمَانَ كَانُوْا يَبْدَأُوْنَ بِالصَّلَاةِ قَبْلَ الْخُطْبَةِ، حَتَّى قَدِمَ مُعَاوِيَةُ فَقَدَّمَ مُعَاوِيَةُ الْخُطْبَةَ.

Musnad Syāfi‘ī 334: Ibrāhīm bin Muḥammad mengabarkan kepada kami, Dāūd bin al-Ḥushain menceritakan kepadaku dari ‘Abdullāh bin Yazīd al-Khatmī: Bahwa Nabi s.a.w., Abū Bakar, Umar dan Utsmān selalu memulai shalat hari raya sebelum khutbah, hingga ketika Muāwiyah berkuasa, ia mendahulukan khutbah. 340

مسند الشافعي ٣٣٥: أَخْبَرَنَا إِبْرَاهِيْمُ بْنُ مُحَمَّدٍ، حَدَّثَنِيْ مُحَمَّدُ بْنُ عَجْلَانَ، عَنْ عِيَاضِ بْنِ عَبْدِ اللهِ بْنِ سَعْدِ بْنِ أَبِيْ سَرْحٍ، أَنَّ أَبَا سَعِيْدٍ الْخُدْرِيَّ قَالَ: أَرْسَلَ إِلَيَّ مَرْوَانُ وَ إِلَى رَجُلٍ قَدْ سَمَّاهُ، فَمَشَى بِنَا حَتَّى أَتَى الْمُصَلَّى، فَذَهَبَ لِيَصْعَدَ فَجَبَذْتُهُ إِلَيَّ فَقَالَ: يَا أَبَا سَعِيْدٍ، اتْرُكِ الَّذِيْ تَعْلَمُ. فَقَالَ أَبُوْ سَعِيْدٍ: فَهَتَفْتُ ثَلَاثَ مَرَّاتٍ وَ قُلْتُ: وَاللهِ لَا تَأْتُوْنَ إِلَّا شَرًّا مِنْهُ.

Musnad Syāfi‘ī 335: Ibrāhīm bin Muḥammad mengabarkan kepada kami, Muḥammad bin ‘Ajlān menceritakan kepadaku dari ‘Iyādh bin ‘Abdillāh bin Sa‘d bin Abī Sarḥ bahwa Abū Sa‘īd al-Khudrī r.a. pemah mengatakan: Marwān mengirim utusan kepadaku, juga kepada seorang lelaki yang namanya tidak disebutkan. Lalu Marwān berjalan bersama kami hingga sampai di tempat shalat. Kemudian Marwān bangkit untuk naik (ke atas mimbar), maka kutarik dia ke dekatku, tetapi ia berkata: “Hai Abū Sa‘īd, tinggalkanlah apa yang engkau ketahui!” Maka aku bergumam sebanyak 3 kali dan mengucapkan: “Demi Allah, kamu tidak mengerjakan kecuali hal yang lebih buruk darinya (Mu‘āwiyah).” 341

مسند الشافعي ٣٣٦: أَخْبَرَنَا إِبْرَاهِيْمُ بْنُ مُحَمَّدٍ، حَدَّثَنِيْ زَيْدُ بْنُ أَسْلَمَ، عَنْ عِيَاضِ بْنِ عَبْدِ اللهِ بْنِ سَعْدِ بْنِ أَبِيْ سَرْحٍ، عَنْ أَبِيْ سَعِيْدٍ الْخُدْرِيِّ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ يُصَلِّيْ يَوْمَ الْفِطْرِ وَ الْأَضْحَى قَبْلَ الْخُطْبَةِ.

Musnad Syāfi‘ī 336: Ibrāhīm bin Muḥammad mengabarkan kepada kami, Zaid bin Aslam menceritakan kepadaku dari ‘Iyādh bin ‘Abdillāh bin Sa‘d bin Abī Sarḥ, dari Abū Sa‘īd al-Khudrī r.a., ia berkata: “Nabi melaksanakan shalat hari raya Fithri dan hari raya Qurbān sebelum khutbah.” 342

مسند الشافعي ٣٣٧: أَخْبَرَنَا إِبْرَاهِيْمُ بْنُ مُحَمَّدٍ، أَخْبَرَنِيْ هِشَامُ بْنُ حَسَّانَ، عَنِ ابْنِ سِيْرِيْنَ، أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ كَانَ يَخْطُبُ عَلَى رَاحِلَتِهِ بَعْدَمَا يَنْصَرِفُ مِنَ الصَّلَاةِ يَوْمَ الْفِطْرِ وَ النَّحْرِ.

Musnad Syāfi‘ī 337: Ibrāhīm bin Muḥammad mengabarkan kepada kami, Hisyām bin Ḥasan mengabarkan kepadaku dari Ibnu Sīrīn: Bahwa Nabi s.a.w. pernah berkhutbah di atas unta kendaraannya sesudah salam dari shalatnya pada hari raya Fithri dan hari raya Qurbān. 343

مسند الشافعي ٣٣٨: أَخْبَرَنَا إِبْرَاهِيْمُ، حَدَّثَنِيْ جَعْفَرُ بْنُ مُحَمَّدٍ، أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ وَ أَبَا بَكْرٍ وَ عُمَرَ كَبَّرُوْا فِي الْعِيْدَيْنِ وَ الِاسْتِسْقَاءِ سَبْعًا وَ خَمْسًا، وَ صَلَّوْا قَبْلَ الْخُطْبَةِ، وَ جَهَرُوْا بِالْقِرَاءَةِ.

Musnad Syāfi‘ī 338: Ibrāhīm mengabarkan kepada kami, Ja‘far bin Muḥammad menceritakan kepadaku: Sesungguhnya Nabi s.a.w., Abū Bakar dan Umar bertakbīr dalam shalat dua hari raya dan shalat Istisqā sebanyak 7 atau 5 kali, dan mereka melakukan shalat sebelum khutbah serta mengeraskan bacaannya. 344

مسند الشافعي ٣٣٩: أَخْبَرَنَا إِبْرَاهِيْمُ بْنُ مُحَمَّدٍ، حَدَّثَنِيْ جَعْفَرُ بْنُ مُحَمَّدٍ، عَنْ أَبِيْهِ، عَنْ عَلِيِّ بْنِ أَبِيْ طَالِبٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ أَنَّهُ كَبَّرَ فِي الْعِيْدَيْنِ وَ الْاِسْتِسْقَاءِ سَبْعًا وَ خَمْسًا، وَ جَهَرَ بِالْقِرَاءَةِ.

Musnad Syāfi‘ī 339: Ibrāhīm bin Muḥammad mengabarkan kepada kami, Ja‘far bin Muḥammad menceritakan kepadaku dari ayahnya, dari ‘Alī bin Abū Thālib: Bahwa ia melakukan takbīr dalam shalat dua hari raya dan shalat Istisqā’ sebanyak 7 dan 5 kali, serta mengeraskan bacaannya. 345