مسند الشافعي ٣١٦: أَخْبَرَنَا إِبْرَاهِيْمُ بْنُ مُحَمَّدٍ، حَدَّثَنِيْ عَبْدُ اللهِ بْنُ عَطَاءِ بْنِ إِبْرَاهِيْمَ، مَوْلَى صَفِيَّةَ بِنْتِ عَبْدِ الْمُطَّلِبِ عَنْ عُرْوَةَ بْنِ الزُّبَيْرِ، عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهَا عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ أَنَّهُ قَالَ: «الْفِطْرُ يَوْمَ تُفْطِرُوْنَ، وَ الْأَضْحَى يَوْمَ تُضَحُّوْنَ»
Musnad Syāfi‘ī 316: Ibrāhīm bin Muḥammad mengabarkan kepada kami, ‘Abdullāh bin ‘Athā’ bin Ibrāhīm mantan budak Shafiyyah binti ‘Abd-il-Muththalib menceritakan kepadaku dari ‘Urwah bin Zubair, dari ‘Ā’isyah, dari Nabi s.a.w. bahwa beliau pernah bersabda: “Hari raya Fithri adalah hari kalian berbuka dan hari raya Adhḥā adalah hari kalian berkurban.” 322
مسند الشافعي ٣١٧: أَخْبَرَنَا إِبْرَاهِيْمُ بْنُ مُحَمَّدٍ، حَدَّثَنِيْ مُحَمَّدُ بْنُ عَجْلَانَ، عَنْ نَافِعٍ عَنِ ابْنِ عُمَرَ، أَنَّهُ كَانَ «إِذَا غَدَا إِلَى الْمُصَلَّى يَوْمَ الْعِيْدِ كَبَّرَ فَرَفَعَ صَوْتَهُ بِالتَّكْبِيْرِ»
Musnad Syāfi‘ī 317: Ibrāhīm bin Muḥammad menceritakan kepada kami, Muḥammad bin ‘Ajlān menceritakan kepadaku dari Nāfi‘, dari Ibnu ‘Umar: Bahwa ia apabila berangkat ke tempat shalat pada hari raya selalu bertakbīr, ia mengeraskan suaranya saat mengucapkan takbīr. 323
مسند الشافعي ٣١٨: أَخْبَرَنَا إِبْرَاهِيْمُ بْنُ مُحَمَّدٍ، أَخْبَرَنِيْ عُبَيْدُ اللهِ بْنُ عُمَرَ، عَنْ نَافِعٍ، عَنِ ابْنِ عُمَرَ، أَنَّهُ «كَانَ يَغْدُوْ إِلَى الْمُصَلَّى يَوْمَ الْفِطْرِ إِذَا طَلَعَتِ الشَّمْسُ فَيُكَبِّرُ حَتَّى يَأْتِيَ الْمُصَلَّى يَوْمَ الْعِيْدِ ثُمَّ يُكَبِّرَ بِالْمُصَلَّى، حَتَّى إِذَا جَلَسَ الْإِمَامُ تَرَكَ التَّكْبِيْرَ»
Musnad Syāfi‘ī 318: Ibrāhīm bin Muḥammad mengabarkan kepada kami, ‘Ubaidillāh bin ‘Umar mengabarkan kepadaku dari Nāfi‘, dari Ibnu ‘Umar: Bahwa ia berangkat menuju mushallā pada hari raya Fithri apabila matahari telah terbit, kemudian bertakbīr hingga tiba di mushallā, lalu melanjutkan takbīrnya di mushallā hingga imam duduk (di atas mimbar). Jika imam telah duduk, ia menghentikan takbīrnya. 324
مسند الشافعي ٣١٩: أَخْبَرَنَا مَالِكٌ، عَنْ نَافِعٍ عَنِ ابْنِ عُمَرَ، أَنَّهُ «كَانَ يَغْتَسِلُ يَوْمَ الْفِطْرِ قَبْلَ أَنْ يَغْدُوَ إِلَى الْمُصَلَّى»
Musnad Syāfi‘ī 319: Mālik mengabarkan kepada kami dari Nāfi‘ dari Ibnu ‘Umar: Bahwa ia mandi pada hari raya sebelum ia berangkat ke mushallā 325
مسند الشافعي ٣٢٠: أَخْبَرَنَا إِبْرَاهِيْمُ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ أَبِيْ يَحْيَى الْأَسْلَمِيُّ، أَخْبَرَنِيْ يَزِيْدُ بْنُ أَبِيْ عُبَيْدٍ مَوْلَى سَلَمَةَ بْنِ الْأَكْوَعِ عَنْ سَلَمَةَ بْنِ الْأَكْوَعِ، أَنَّهُ «كَانَ يَغْتَسِلُ يَوْمَ الْعِيْدِ»
Musnad Syāfi‘ī 320: Ibrāhīm bin Muḥammad bin Abī Yaḥyā al-Aslamī mengabarkan kepada kami. Yazīd bin Abī ‘Ubaid mantan budak Salamah bin Akwa‘ mengabarkan kepadaku dari Salamah bin Akwa‘: Bahwa ia selalu mandi pada hari raya. 326
مسند الشافعي ٣٢١: أَخْبَرَنَا إِبْرَاهِيْمُ بْنُ مُحَمَّدٍ، أَخْبَرَنِيْ جَعْفَرُ بْنُ مُحَمَّدٍ، عَنْ أَبِيْهِ، عَنْ جَدِّهِ، أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ كَانَ يَلْبَسُ بُرْدَ حِبَرَةَ فِيْ كُلِّ عِيْدٍ
Musnad Syāfi‘ī 321: Ibrāhīm bin Muḥammad mengabarkan kepada kami, Ja‘far bin Muḥammad mengabarkan kepadaku dari ayahnya, dari kakeknya: Bahwa Nabi s.a.w. selalu memakai baju hurdah ḥibarah setiap hari raya. 327
مسند الشافعي ٣٢٢: أَخْبَرَنَا إِبْرَاهِيْمُ بْنُ مُحَمَّدٍ، أَخْبَرَنِيْ جَعْفَرُ بْنُ مُحَمَّدٍ، عَنْ أَبِيْهِ، أَنَّ عَلِيًّا «كَانَ يَغْتَسِلُ يَوْمَ الْعِيْدَيْنِ وَ يَوْمَ الْجُمُعَةِ وَ يَوْمَ عَرَفَةَ وَ إِذَا أَرَادَ أَنْ يُحْرِمَ»
Musnad Syāfi‘ī 322: Ibrāhīm bin Muḥammad mengabarkan kepada kami, Ja‘far bin Muḥammad mengabarkan kepadaku dari ayahnya: Bahwa ‘Alī selalu mandi pada dua hari raya, hari Jum‘at dan hari ‘Arafah, serta bila hendak melakukan iḥrām. 328
مسند الشافعي ٣٢٣: أَخْبَرَنَا إِبْرَاهِيْمُ بْنُ مُحَمَّدٍ، أَخْبَرَنِي ابْنُ الْحُوَيْرِثِ اللَّيْثِيُّ، أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ كَتَبَ إِلَى عَمْرِو بْنِ حَزْمٍ وَ هُوَ بِنَجْرَانَ: «أَنْ عَجِّلِ الْأَضْحَى وَ أَخِّرِ الْفِطْرَ وَ ذَكِّرِ النَّاسَ»
Musnad Syāfi‘ī 323: Ibrāhīm bin Muḥammad mengabarkan kepada kami, Abū-l-Ḥuwairits al-Laitsī mengabarkan kepadaku: Bahwa Rasūlullāh s.a.w. mengirim surat kepada ‘Amr bin Ḥazm yang sedang berada di Najrān: “Hendaklah kamu menyegerakan penyembelihan hewan-hewan kurban, menangguhkan berbuka, dan memperingatkan manusia.”329
مسند الشافعي ٣٢٤: أَخْبَرَنَا إِبْرَاهِيْمُ بْنُ مُحَمَّدٍ، أَخْبَرَنِيْ صَفْوَانُ بْنُ سُلَيْمٍ، أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ كَانَ يَطْعَمُ قَبْلَ أَنْ يَخْرُجَ إِلَى الْجَبَّانِ يَوْمَ الْفِطْرِ وَيَأْمُرُ بِهِ
Musnad Syāfi‘ī 324: Ibrāhīm bin Muḥammad mengabarkan kepada kami, Shafwān bin Sulaim menceritakan kepadaku: Bahwa Nabi s.a.w. selalu makan terlebih dahulu sebelum berangkat ke al–Jabbān di hari ‘Id–ul–Fithri, dan beliau memerintahkan hal tersebut. 330
مسند الشافعي ٣٢٥: أَخْبَرَنَا إِبْرَاهِيْمُ بْنُ مُحَمَّدٍ، حَدَّثَنَا خَالِدُ بْنُ رَبَاحٍ، عَنِ الْمُطَّلِبِ بْنِ عَبْدِ اللهِ بْنِ حَنْطَبٍ، أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ كَانَ يَغْدُوْ يَوْمَ الْعِيْدِ إِلَى الْمُصَلَّى مِنَ الطَّرِيْقِ الْأَعْظَمِ، فَإِذَا رَجَعَ رَجَعَ مِنَ الطَّرِيْقِ الْأُخْرَى عَلَى دَارِ عَمَّارِ بْنِ يَاسِرٍ
Musnad Syāfi‘ī 325: Ibrāhīm bin Muḥammad mengabarkan kepada kami, Khālid bin Rabāḥ menceritakan kepada kami dari al-Muththalib bin ‘Abdillāh bin Ḥanthab: Bahwa Nabi s.a.w. berangkat pada pagi hari menuju ke tempat shalat di hari raya melalui jalan besar; dan apabila kembali, beliau mengambil jalan lain melewati rumah ‘Ammār bin Yāsir. 331
مسند الشافعي ٣٢٦: أَخْبَرَنَا إِبْرَاهِيْمُ بْنُ مُحَمَّدٍ، حَدَّثَنِيْ مُعَاذُ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمنِ التَّيْمِيُّ، عَنْ أَبِيْهِ، عَنْ جَدِّهِ، أَنَّهُ رَأَى النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ رَجَعَ مِنَ الْمُصَلَّى فِيْ يَوْمِ عِيْدٍ فَسَلَكَ عَلَى التَّمَّارِيْنَ مِنْ أَسْفَلِ السُّوْقِ حَتَّى إِذَا كَانَ عِنْدَ مَسْجِدِ الْأَعْرَجِ الَّذِيْ عِنْدَ مَوْضِعِ الْبِرْكَةِ الَّتِيْ بِالسُّوْقِ قَامَ فَاسْتَقْبَلَ فَجَّ أَسْلَمَ فَدَعَا ثُمَّ انْصَرَفَ
Musnad Syāfi‘ī 326: Ibrāhīm bin Muḥammad mengabarkan kepada kami, Mu‘ādz bin ‘Abd-ir-Raḥmān at-Taimī menceritakan kepadaku dari ayahnya, dari kakeknya: Bahwa ia pernah melihat Nabi s.a.w. kembali dari tempat shalat hari raya, dan beliau menempuh perkampungan petani kurma dari bagian bawah pasar. Hingga ketika beliau sampai di dekat masjid al–A‘raj yang terletak di dekat Birkah yang ada di dalam pasar, maka beliau berdiri seraya menghadap ke arah jalan Bani Aslam, lalu berdoa, kemudian berlalu. 332
مسند الشافعي ٣٢٧: أَخْبَرَنَا إِبْرَاهِيْمُ بْنُ مُحَمَّدٍ، أَخْبَرَنِيْ عَدِيُّ بْنُ ثَابِتٍ، عَنْ سَعِيْدِ بْنِ جُبَيْرٍ، عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا قَالَ: صَلَّى النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ يَوْمَ الْعِيْدَيْنِ بِالْمُصَلَّى لَمْ يُصَلِّ قَبْلَهَا وَ لَا بَعْدَهَا شَيْئًا، ثُمَّ انْفَتَلَ إِلَى النِّسَاءِ فَخَطَبَهُنَّ قَائِمًا، وَ أَمَرَ بِالصَّدَقَةِ. قَالَ: فَجَعَلَ النِّسَاءُ يَتَصَدَّقْنَ بِالْقُرْطِ وَ أَشْبَاهِهِ
Musnad Syāfi‘ī 327: Ibrāhīm bin Muḥammad mengabarkan kepada kami, ‘Adī bin Tsābit mengabarkan kepadaku dari Sa‘īd bin Jubair, dari Ibnu ‘Abbās r.a., ia berkata: “Bahwa Nabi s.a.w. melakukan shalat dua hari raya di tempat shalat, beliau tidak melakukan shalat lain sebelumnya, tidak pula sesudahnya. Kemudian beliau pergi ke tempat kaum wanita, lalu berkhutbah kepada mereka dengan berdiri dan memerintahkan untuk bersedekah.” Ibnu ‘Abbās melanjutkan kisahnya: Maka kaum wanita menyedekahkan anting-anting dan perhiasan lainnya yang serupa. 333