مسند الشافعي ٣٠٧: أَخْبَرَنَا إِبْرَاهِيْمُ بْنُ مُحَمَّدٍ، أَخْبَرَنِيْ صَفْوَانُ بْنُ سُلَيْمٍ، أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ قَالَ: «إِذَا كَانَ يَوْمُ الْجُمُعَةِ وَ لَيْلَةُ الْجُمُعَةِ فَأَكْثِرُوا الصَّلَاةَ عَلَيَّ».
Musnad Syāfi‘ī 307: Ibrāhīm bin Muḥammad mengabarkan kepada kami, Shufwān bin Sulaim mengabarkan kepadaku: Bahwa Rasūlullāh s.a.w. bersabda: “Jika pada hari Jum‘at atau malam Jum‘at, maka perbanyaknya bershalawat kepadaku.” 313
مسند الشافعي ٣٠٨: أَخْبَرَنَا إِبْرَاهِيْمُ بْنُ مُحَمَّدٍ، أَخْبَرَنِيْ عَبْدُ اللهِ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمنِ بْنِ مَعْمَرٍ، أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ قَالَ: «أَكْثِرُوا الصَّلَاةَ عَلَيَّ يَوْمَ الْجُمُعَةِ».
Musnad Syāfi‘ī 308: Ibrāhīm bin Muḥammad mengabarkan kepada kami, ‘Abdullāh bin ‘Abd-ir-Raḥmān bin Ma‘mar mengabarkan kepadaku, bahwa Nabi s.a.w. berkata: “Perbanyaklah shalawat kepadaku pada hari Jum‘at.” 314
مسند الشافعي ٣٠٩: أَخْبَرَنَا إِبْرَاهِيْمُ بْنُ مُحَمَّدٍ، حَدَّثَنِيْ مُوْسَى بْنُ عُبَيْدَةَ قَالَ: حَدَّثَنِيْ أَبُو الْأَزْهَرِ مُعَاوِيَةُ بْنُ إِسْحَاقَ بْنِ طَلْحَةَ، عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ عُمَيْرٍ، أَنَّهُ سَمِعَ أَنَسَ بْنَ مَالِكٍ، يَقُوْلُ: أَتَى جِبْرِيْلُ بِمِرْآةٍ بَيْضَاءَ فِيْهَا وَكْتَةٌ إِلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ، فَقَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ: «مَا هذِهِ؟» قَالَ: هذِهِ الْجُمُعَةُ فُضِّلْتَ بِهَا أَنْتَ وَ أُمَّتُكَ، فَالنَّاسُ لَكُمْ فِيْهَا تَبَعٌ، الْيَهُوْدُ وَ النَّصَارَى، وَ لَكُمْ فِيْهَا خَيْرٌ، وَ فِيْهَا سَاعَةٌ لَا يُوَافِقُهَا مُؤْمِنٌ يَدْعُو اللهَ تَعَالَى بِخَيْرٍ إِلَّا اسْتُجِيْبَ لَهُ، وَ هُوَ [ص:71] عِنْدَنَا يَوْمُ الْمَزِيْدِ. قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ: «يَا جِبْرِيْلُ، مَا يَوْمُ الْمَزِيْدِ؟» قَالَ: إِنَّ رَبَّكَ اتَّخَذَ فِي الْفِرْدَوْسِ وَادِيًا أَفْيَحَ، فِيْهِ كُثُبُ مِسْكٍ، فَإِذَا كَانَ يَوْمُ الْجُمُعَةِ أَنْزَلَ اللهُ مَا شَاءَ مِنْ مَلَائِكَتِهِ وَ حَوْلَهُ مَنَابِرُ مِنْ نُوْرٍ عَلَيْهَا مَقَاعِدُ النَّبِيِّيْنَ، وَ حَفَّ تِلْكَ الْمَنَابِرَ بِمَنَابِرَ مِنْ ذَهَبٍ مُكَلَّلَةٍ بِالْيَاقُوْتِ وَ الزَّبَرْجَدِ عَلَيْهَا الشُّهَدَاءُ وَ الصِّدِّيْقُوْنَ، فَجَلَسُوْا مِنْ وَرَائِهِمْ عَلَى تِلْكَ الْكُثُبِ فَيَقُوْلُ اللهُ لَهُمْ: أَنَا رَبُّكُمُ، قَدْ صَدَقْتُكُمْ وَعْدِيْ، فَسَلُوْنِيْ أُعْطِكُمْ. فَيَقُوْلُوْنَ: رَبَّنَا نَسْأَلُكَ رِضْوَانَكَ، فَيَقُوْلُ: قَدْ رَضِيْتُ عَنْكُمْ، وَ لَكُمْ عَلَيَّ مَا تَمَنَّيْتُمْ، وَ لَدَيَّ مَزِيْدٌ. فَهُمْ يُحِبُّونَ يَوْمَ الْجُمُعَةِ لِمَا يُعْطِيْهِمْ فِيْهِ رَبُّهُمْ مِنَ الْخَيْرِ، وَ هُوَ الْيَوْمُ الَّذِي اسْتَوَى فِيْهِ رَبُّكُمْ عَلَى الْعَرْشِ، وَ فِيْهِ خُلِقَ آدَمُ، وَ فِيْهِ تَقُوْمُ السَّاعَةُ. “
Musnad Syāfi‘ī 309: Ibrāhīm bin Muḥammad mengabarkan kepada kami, Mūsā bin ‘Ubaidah menceritakan kepadaku, ia mengatakan: Abū-l-Azhar Mu‘āwiyah bin Isḥāq bin Thalḥah menceritakan kepadaku dari ‘Ubaidillāh bin ‘Umair bahwa ia pernah mendengar Anas bin Mālik mengatakan: Malaikat Jibrīl datang dengan membawa sebuah cermin putih yang padanya terdapat noktah kepada Nabi , maka beliau bertanya: “Apakah ini?” Jibrīl menjawab: “Ini ibarat hari Jum‘at. Engkau dan umatmu diberi keutamaan dengan hari Jum‘at. Semua orang, ya‘ni orang-orang Yahudi dan Nasrani, mengikuti kalian di dalamnya. Bagi kalian di dalam hari Jum‘at terdapat sesuatu, tidak sekali-kali seorang mu’min menjumpainya dalam keadaan berdoa memohon kebaikan kepada Allah, melainkan akan diperkenankan baginya. Hari tersebut menurut kami adalah “Yaum–ul–Mazīd (Hari penambahan)”.” Nabi bertanya:“Hai Jibrīl! Apakah Yaum–ul–Mazīd itu?” Jibrīl menjawab: “Sesungguhnya Rabbmu telah membuat sebuah lembah yang luas di dalam surga Firdaus, di dalamnya terdapat banyak gundukan minyak kesturi. Apabila hari Jum‘at tiba, Allah menurunkan sejumlah malaikat menurut apa yang dikehendaki-Nya, sedangkan di sekitar lembah itu terdapat mimbar-mimbar dari nūr yang di atasnya terdapat tempat-tempat duduk para nabi. Mimbar- mimbar tersebut dikelilingi dengan mimbar-mimbar lain dari emas, dihiasi dengan batu yāqūth dan zabarjad, di atas mimbar-mimbar ini terdapat para syuhadā’ dan shiddīqīn. Kemudian para syuhada dan shiddiqin ini duduk di belakang para nabi di atas gundukan-gundukan tersebut. Lalu Allah berfirman kepada mereka: “Akulah Rabb kalian, dan Aku telah menepati janji-Ku kepada kalian. Maka mintalah kalian kepada-Ku, niscaya Kuberi apa yang kalian minta”. Mereka berkata: “Wahai Rabb kami, kami memohon ridhā-Mu”. Allah berfirman: “Aku telah ridhā kepada kalian, dan bagi kalian akan Aku beri apa yang kalian harap-harapkan berikut tambahannya yang Ku-tambahkan buat kalian”. Mereka menyukai hari Jum‘at, karena pada hari itu Rabb memberi mereka kebaikan. Hari Jum‘at adalah hari Rabb berkuasa di atas ‘Arsy, pada hari Jum‘at Ādam diciptakan, pada hari Jum‘at pula hari Kiamat terjadi.” 315
مسند الشافعي ٣١٠: أَخْبَرَنَا إِبْرَاهِيْمُ بْنُ مُحَمَّدٍ، حَدَّثَنَا أَبُوْ عِمْرَانَ إِبْرَاهِيْمُ بْنُ الْجَعْدِ، عَنْ أَنَسٍ، شَبِيْهًا بِهِ، وَ زَادَ عَلَيْهِ: وَ لَكُمْ فِيْهِ خَيْرٌ، مَنْ دَعَا فِيْهِ بِخَيْرٍ هُوَ لَهُ قَسْمٌ أُعْطِيَهُ، وَ إِنْ لَمْ يَكُنْ لَهُ قَسْمٌ ذُخِرَ لَهُ مَا هُوَ خَيْرٌ لَهُ مِنْهُ. وَ زَادَ فِيْهِ أَيْضًا أَشْيَاءَ.
Musnad Syāfi‘ī 310: Ibrāhīm bin Muḥammad mengabarkan kepada kami, Abū ‘Imrān Ibrāhīm bin al-Ja‘d menceritakan kepada kami dari Anas tentang hadits yang serupa, hanya saja di dalamnya ditambahkan: “Dan bagi kalian ada kebaikan di dalamnya. Barang siapa yang berdoa untuk kebaikan, sedangkan ia berhak memperoleh darinya, maka hal itu akan diberikan kepadanya; dan jika ia tidak mempunyai bagian darinya, maka akan disimpan untuknya hal yang lebih baik daripada apa yang dimintanya itu.” Sahabat Anas dalam haditsnya ini menambahkan pula banyak hal lainnya. 316
مسند الشافعي ٣١١: أَخْبَرَنَا إِبْرَاهِيْمُ بْنُ مُحَمَّدٍ، حَدَّثَنِيْ عَبْدُ اللهِ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ عَقِيْلٍ، عَنْ عَمْرِو بْنِ شُرَحْبِيْلَ بْنِ سَعْدٍ، عَنْ أَبِيْهِ، عَنْ جَدِّهِ، أَنَّ رَجُلًا، مِنَ الْأَنْصَارِ جَاءَ إِلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ فَقَالَ: يَا رَسُوْلَ اللهِ، أَخْبِرْنَا عَنِ الْجُمُعَةِ، مَاذَا فِيْهَا مِنَ الْخَيْرِ؟ فَقَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ: “فِيْهِ خَمْسُ خِلَالٍ: فِيْهِ خُلِقَ آدَمُ، وَ فِيْهِ أَهْبَطَ اللهُ آدَمَ إِلَى الْأَرْضِ، وَ فِيْهِ تَوَفَّى اللهُ آدَمَ، وَ فِيْهِ سَاعَةٌ لَا يَسْأَلُ اللهَ الْعَبْدُ فِيْهَا شَيْئًا إِلَّا أَتَاهُ إِيَّاهُ، مَا لَمْ يَسْأَلْ مَأْثَمًا أَوْ قَطِيْعَةَ رَحِمٍ، وَ فِيْهِ تَقُوْمُ السَّاعَةُ، فَمَا مِنْ مَلَكٍ مُقَرَّبٍ، وَ لَا سَمَاءٍ، وَ لَا أَرْضٍ، وَ لَا جَبَلٍ إِلَّا وَ هُوَ يُشْفِقُ مِنْ يَوْمِ الْجُمُعَةِ .”
Musnad Syāfi‘ī 311: Ibrāhīm bin Muḥammad mengabarkan kepada kami, ‘Abdullāh bin Muḥammad bin ‘Aqīl menceritakan kepadaku dari ‘Amr bin Syuraḥbīl bin Sa‘d, dari ayahnya, dari kakeknya: Bahwa seorang lelaki dari kalangan Anshār datang kepada Nabi s.a.w., lalu ia berkata: “Wahai Rasūlullāh, ceritakanlah kepada kami tentang hari Jum‘at! Kebaikan apa saja yang ada di dalamnya?” Maka Nabi s.a.w. menjawab: “Di dalamnya terkandung lima perkara; pada hari itu Allah menciptakan Ādam, di hari itu Allah menurunkan Ādam ke muka bumi, di hari itu Allah mewafatkan Ādam, di dalamnya terdapat satu saat di mana tidak sekali-kali seorang hamba meminta sesuatu melainkan Allah memberikan kepadanya apa yang dimintanya itu selagi tidak meminta perkara yang berdosa atau memutuskan silaturrahim, dan pada hari itu Kiamat akan terjadi. Tiada malaikat terdekat (kepada Allah), tiada langit, tiada bumi dan tiada gunung melainkan merasa takut terhadap hari Jum‘at.” 317
مسند الشافعي ٣١٢: أَخْبَرَنَا مَالِكٌ، عَنْ أَبِي الزِّنَادِ، عَنِ الْأَعْرَجِ، عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ، أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ ذَكَرَ يَوْمَ الْجُمُعَةِ فَقَالَ: «فِيْهِ سَاعَةٌ لَا يُوَافِقُهَا إِنْسَانٌ مُسْلِمٌ وَ هُوَ [ص:72] قَائِمٌ يُصَلِّيْ، يَسْأَلُ اللهَ شَيْئًا إِلَّا أَعْطَاهُ إِيَّاهُ» وَ أَشَارَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ بِيَدِهِ يُقَلِّلُهَا.
Musnad Syāfi‘ī 312: Mālik mengabarkan kepada kami dari Abū-z-Zinād, dari al-A‘raj, dari Abū Hurairah r.a. bahwa Rasūlullāh s.a.w. pernah menceritakan tentang hari Jum‘at, lalu beliau bersabda: “Pada hari Jum‘at terdapat satu waktu di mana tidak sekali-kali seorang Muslim yang sedang mendirikan shalatnya meminta sesuatu kepada Allah melainkan Dia akan memberikan apa yang dimintanya.” Dan Nabi mengisyāratkan hal ini dengan tangannya, menunjukkan bahwa saat itu sedikit. 318
مسند الشافعي ٣١٣: أَخْبَرَنَا مَالِكٌ، عَنْ يَزِيْدَ بْنِ عَبْدِ اللهِ بْنِ الْهَادِ، عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ إِبْرَاهِيْمَ بْنِ أَبِي الْحَارِثِ، عَنْ أَبِيْ سَلَمَةَ، عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ: «خَيْرُ يَوْمٍ طَلَعَتْ فِيْهِ الشَّمْسُ يَوْمُ الْجُمُعَةِ؛ فِيْهِ خُلِقَ آدَمُ، وَ فِيْهِ أُهْبِطَ، وَ فِيْهِ تِيْبَ عَلَيْهِ، وَ فِيْهِ مَاتَ، وَ فِيْهِ تَقُوْمُ السَّاعَةُ، وَ مَا مِنْ دَابَّةٍ إِلَّا وَ هِيَ مُصِيْخَةٌ يَوْمَ الْجُمُعَةِ مِنْ حِيْنَ تُصْبِحُ حَتَّى تَطْلُعَ الشَّمْسُ شَفَقًا مِنَ السَّاعَةِ، إِلَّا الْجِنَّ وَ الْإِنْسَ، وَ فِيْهِ سَاعَةٌ لَا يُصَادِفُهَا عَبْدٌ مُسْلِمٌ يَسْأَلُ اللهَ شَيْئًا إِلَّا أَعْطَاهُ إِيَّاهُ» قَالَ أَبُوْ هُرَيْرَةَ: قَالَ عَبْدُ اللهِ بْنُ سَلَامٍ: هِيَ آخِرُ سَاعَةٍ مِنْ يَوْمِ الْجُمُعَةِ. فَقُلْتُ لَهُ: كَيْفَ تَكُوْنُ آخِرَ سَاعَةٍ وَ قَدْ قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ: “لَا يُصَادِفُهَا عَبْدٌ مُسْلِمٌ وَ هُوَ يُصَلِّي، وَ تِلْكَ سَاعَةٌ لَا يُصَلَّى فِيْهَا؟ فَقَالَ ابْنُ سَلَامٍ: أَلَمْ يَقُلِ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ: «مَنْ جَلَسَ مَجْلِسًا يَنْتَظِرُ الصَّلَاةَ فَهُوَ فِيْ صَلَاةٍ حَتَّى يُصَلِّيَ» ؟ قَالَ: فَقُلْتُ: بَلَى. قَالَ: فَهُوَ ذَاكَ.
Musnad Syāfi‘ī 313: Mālik mengabarkan kepada kami dari Yazīd bin ‘Abdullāh bin al-Hād, dari Muḥammad bin Ibrāhīm bin Abī-l-Ḥārits, dari Abū Salamah, dari Abū Hurairah, ia mengatakan: Rasūlullāh s.a.w. pernah bersabda: “Sebaik-baik hari yang matahari terbit padanya ialah hari Jum‘at. Pada hari Jum‘at Ādam diciptakan, pada hari Jum‘at Ādam diturunkan (ke bumi), pada hari Jum‘at taubatnya diterima, pada hari Jum‘at ia wafat, dan pada hari Jum‘at pula hari Kiamat akan terjadi. Tidak ada satu makhlūq melata pun melainkan merasa takut terhadap hari Jum‘at, mulai dari pagi hari hingga matahari terbit karena takut terhadap hari Kiamat kecuali jinn dan manusia. Dan di dalam hari Jum‘at terdapat satu waktu di mana tidak sekali-kali seorang hamba Muslim menjumpainya sedangkan ia dalam keadaan meminta sesuatu kepada Allah, melainkan Allah memberikan kepadanya apa yang dimintanya itu.” Abū Hurairah mengatakan bahwa ‘Abdullāh bin Salām pernah berkata: “Sā‘at–ul–ijābah itu terletak pada akhir hari Jum‘at.” Maka aku katakan kepadanya: “Mengapa hal tersebut terletak di akhir hari, padahal Nabi s.a.w. telah bersabda: “Tidak sekali-kali seorang hamba Muslim menjumpainya sedang ia dalam keadaan shalat”, sedangkan saat itu bukan waktunya shalat?” sedangkan Nabi s.a.w. pernah bersabda: “Barang siapa yang duduk di suatu majelis menunggu shalat, berarti ia dalam keadaan shalat hingga mengerjakan shalatnya?” Maka aku berkata: “Memang benar.” Ibnu Salām berkata: “Demikianlah pengertiannya” 319
مسند الشافعي ٣١٤: أَخْبَرَنَا إِبْرَاهِيْمُ بْنُ مُحَمَّدٍ، حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّحْمنِ بْنُ حَرْمَلَةَ، حَدَّثَنِي ابْنُ الْمُسَيِّبِ، أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ قَالَ: «سَيِّدُ الْأَيَّامِ يَوْمُ الْجُمُعَةِ».
Musnad Syāfi‘ī 314: Ibrāhīm bin Muḥammad mengabarkan kepada kami, ‘Abd-ur-Raḥmān bin Ḥarmalah menceritakan kepada kami, Ibn-ul-Musayyab menceritakan kepadaku bahwa Nabi s.a.w. pernah bersabda: “Penghulu semua hari ialah hari Jum‘at.” 320
مسند الشافعي ٣١٥: أَخْبَرَنَا إِبْرَاهِيْمُ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ أَبِيْ يَحْيَى، أَخْبَرَنِيْ أَبِيْ أَنَّ ابْنَ الْمُسَيِّبِ هُوَ سَعِيْدٌ قَالَ: «أَحَبُّ الْأَيَّامِ إِلَيَّ أَنْ أَمُوْتَ فِيْهِ ضُحَى يَوْمِ الْجُمُعَةِ»
Musnad Syāfi‘ī 315: Ibrāhīm bin Muḥammad bin Abī Yaḥyā mengabarkan kepada kami, ayahnya mengabarkan kepadaku bahwa Ibn-ul-Musayyab, ia adalah Sa‘īd, ia berkata: “Hari yang paling aku sukai agar aku meninggal dunia padanya ialah pagi hari Jum‘at.” 321