مسند الشافعي ٢٩٧: أَخْبَرَنَا إِبْرَاهِيْمُ بْنُ مُحَمَّدٍ، حَدَّثَنِيْ سُهَيْلُ بْنُ أَبِيْ صَالِحٍ، عَنْ أَبِيْهِ، عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ قَالَ: «إِذَا قَامَ أَحَدُكُمْ مِنْ مَجْلِسِهِ يَوْمَ الْجُمُعَةِ ثُمَّ رَجَعَ إِلَيْهِ فَهُوَ أَحَقُّ بِهِ»
Musnad Syāfi‘ī 297: Ibrāhīm bin Muḥammad mengabarkan kepada kami, Suhail bin Abī Shāliḥ menceritakan kepada kami, dari bapaknya dari Abū Hurairah r.a., dari Nabi s.a.w.: “Jika salah seorang kalian berdiri dari tempat duduknya pada saat jum‘atan, kemudian kembali kepadanya, maka ia yang lebih berhak akan hal itu.” 303
مسند الشافعي ٢٩٨: أَخْبَرَنَا إِبْرَاهِيْمٌ، حَدَّثَنِيْ أَبِيْ، عَنِ ابْنِ عُمَرَ، أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ قَالَ: “لَا يَعْمِدِ الرَّجُلُ إِلَى الرَّجُلِ فَيُقِيمَهُ مِنْ مَجْلِسِهِ، ثُمَّ يَقْعُدَ فِيْهِ
Musnad Syāfi‘ī 298: Ibrāhīm mengabarkan kepada kami, Bapakku menceritakan kepadaku dari Ibnu ‘Umar: Bahwa Nabi s.a.w. bersabda: “Tidak boleh seseorang menyengaja datang kepada seseorang kemudian menyuruhnya berdiri dari tempat duduknya kemudian ia duduk di tempat tersebut.” 304
مسند الشافعي ٢٩٩: حَدَّثَنَا عَبْدُ الْمَجِيْدِ، عَنِ ابْنِ جُرَيْجٍ قَالَ: قَالَ سُلَيْمَانُ بْنُ مُوْسَى، عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللهِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا، أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ قَالَ: “لَا يُقِيْمَنَّ أَحَدُكُمْ أَخَاهُ يَوْمَ الْجُمُعَةِ، وَ لكِنْ لِيَقُلْ: أَفْسِحُوْا “
Musnad Syāfi‘ī 299: ‘Abd-ul-Majīd menceritakan kepada kami dari Ibnu Juraij, ia berkata: Sulaimān bin Mūsā berkata: dari Jābir bin ‘Abdullāh r.a.: Bahwa Nabi s.a.w. bersabda: “Janganlah salah seorang kalian menyuruh orang lain berdiri saat jum‘atan, tapi katakanlah: “Perluaskan”.” 305
مسند الشافعي ٣٠٠: حَدَّثَنَا إِبْرَاهِيْمُ بْنُ مُحَمَّدٍ، حَدَّثَنِيْ عَبْدُ اللهِ بْنُ أَبِيْ لَبِيْدٍ، عَنْ سَعِيْدٍ الْمَقْبُرِيِّ، عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ، أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ قَرَأَ فِيْ رَكْعَتَيِ الْجُمُعَةِ بِسُوْرَةِ الْجُمُعَةِ وَ الْمُنَافِقِيْنَ
Musnad Syāfi‘ī 300: Ibrāhīm bin Muḥammad menceritakan kepada kami, ‘Abdullāh bin Abī Labīd menceritakan kepadaku dari Sa‘īd al-Maqburī, dari Abū Hurairah r.a.: Bahwa Nabi s.a.w. membaca dalam 2 rakaat shalat Jum‘at surah al–Jumu‘ah dan surah Munāfiquūn. 306
مسند الشافعي ٣٠١: أَخْبَرَنَا عَبْدُ الْعَزِيْزِ بْنُ مُحَمَّدٍ، عَنْ جَعْفَرِ بْنِ مُحَمَّدٍ، عَنْ أَبِيْهِ، عَنْ عُبَيْدِ اللهِ بْنِ أَبِيْ رَافِعٍ، عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ أَنَّهُ قَرَأَ فِي الْجُمُعَةِ بِسُوْرَةِ الْجُمُعَةِ وَ إِذَا جَاءَكَ الْمُنَافِقُوْنَ قَالَ عُبَيْدُ اللهِ: فَقُلْتُ لَهُ: قَدْ قَرَأْتُ بِسُوْرَتَيْنِ كَانَ عَلِيُّ بْنُ أَبِيْ طَالِبٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ يَقْرَأُ بِهِمَا فِي الْجُمُعَةِ. فَقَالَ: «إِنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ كَانَ يَقْرَأُ بِهِمَا»
Musnad Syāfi‘ī 301: ‘Abd-ul-‘Azīz bin Muḥammad mengabarkan kepada kami dari Ja‘far bin Muḥammad, dari ayahnya, dari ‘Ubaidillāh bin Abī Rāfi‘, dari Abū Hurairah r.a.: Bahwa dalam shalat Jum‘at ia membaca surah al–Jumu‘ah dan surah “IDZĀ JĀ’AKA–L–MUNĀQFIQŪN”. ‘Ubaidillāh berkata: “Lalu aku bertanya kepadanya: “Engkau telah membaca 2 surah yang dahulu sering dibaca oleh ‘Alī bin Abī Thālib r.a. dalam shalat Jum‘atnya?” Abū Hurairah r.a. menjawab: “Sesungguhnya Rasūlullāh s.a.w. dahulu sering membaca kedua surah itu”. 307
مسند الشافعي ٣٠٢: أَخْبَرَنَا إِبْرَاهِيْمُ بْنُ مُحَمَّدٍ، حَدَّثَنِيْ مِسْعَرُ بْنُ كِدَامٍ، عَنْ مَعْبَدِ بْنِ خَالِدٍ، عَنْ سَمُرَةَ بْنِ جُنْدُبٍ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ أَنَّهُ «كَانَ يَقْرَأُ فِي الْجُمُعَةِ بِ سَبِّحِ اسْمَ رَبِّكَ الْأَعْلَى وَ هَلْ أَتَاكَ حَدِيْثُ الْغَاشِيَةِ»
Musnad Syāfi‘ī 302: Ibrāhīm bin Muḥammad mengabarkan kepada kami Mis‘ar bin Kidām menceritakan kepadaku dari Ma‘bad bin Khālid, dari Samurah bin Jundub, dari Nabi s.a.w. bahwasanya Beliau s.a.w. dalam shalat Jum‘at sering membaca surah “SABBIḤISMA RABBIK–AL–A‘LĀ” dan “HAL ATĀKA ḤADĪTS–UL–GHĀSYIYAH. 308
مسند الشافعي ٣٠٣: أَخْبَرَنَا سُفْيَانُ، عَنِ الزُّهْرِيِّ، عَنْ أَبِيْ سَلَمَةَ، عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ، أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ قَالَ: «مَنْ أَدْرَكَ رَكْعَةً مِنَ الصَّلَاةِ فَقَدْ أَدْرَكَ الصَّلَاةَ»
Musnad Syāfi‘ī 303: Sufyān mengabarkan kepada kami, dari az-Zuhrī dari Abū Salamah dari Abū Hurairah bahwa Rasūlullāh s.a.w. bersabda: “Siapa yang mendapatkan satu raka‘at shalat maka ia telah mendapatkan shalat —jamā‘ah—” 309
مسند الشافعي ٣٠٤: أَخْبَرَنَا إِبْرَاهِيْمُ بْنُ مُحَمَّدٍ، حَدَّثَنِيْ صَفْوَانُ بْنُ سُلَيْمٍ، عَنْ إِبْرَاهِيْمَ بْنِ عَبْدِ اللهِ بْنِ مَعْبَدٍ، عَنْ أَبِيْهِ، عَنْ عِكْرِمَةَ، عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا، أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ قَالَ: «مَنْ تَرَكَ الْجُمُعَةَ مِنْ غَيْرِ ضَرُوْرَةٍ كُتِبَ مُنَافِقًا فِيْ كِتَابٍ لَا يُمْحَى وَ لَا يُبَدَّلُ» وَ فِيْ بَعْضِ الْحَدِيْثِ: «ثَلَاثًا»
Musnad Syāfi‘ī 304: Ibrāhīm bin Muḥammad mengabarkan kepada kami, Shafwān bin Sulaim menceritakan kepadaku dari Ibrāhīm bin ‘Abdullāh bin Ma‘bad, dari ayahnya, dari ‘Ikrimah, dari Ibnu ‘Abbās r.a. bahwa Nabi pernah bersabda: “Barang siapa yang meninggalkan shalat Jum‘at tanpa alasan darurat, ia dicatat munāfiq di dalam sebuah kitab yang tidak dapat dihapus dan tidak pula diganti.” Menurut sebagian hadits yang lain disebutkan sebanyak 3 kali. 310
مسند الشافعي ٣٠٥: أَخْبَرَنَا إِبْرَاهِيْمُ بْنُ مُحَمَّدٍ، حَدَّثَنِيْ مُحَمَّدُ بْنُ عَمْرٍو، عَنْ عَبِيْدَةَ بْنِ سُفْيَانَ الْحَضْرَمِيِّ، عَنْ أَبِي الْجَعْدِ الضَّمْرِيِّ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ أَنَّهُ قَالَ: «لَا يَتْرُكُ أَحَدٌ الْجُمُعَةَ ثَلَاثًا تَهَاوُنًا بِهَا إِلَّا طَبَعَ اللهُ عَلَى قَلْبِهِ» قَالَ الشَّافِعِيُّ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ: وَ فِيْ بَعْضِ الْحَدِيْثِ: ثَلَاثًا
Musnad Syāfi‘ī 305: Ibrāhīm bin Muḥammad mengabarkan kepada kami, Muḥammad bin ‘Amr menceritakan kepadaku dari ‘Ubaidah bin Sufyān al-Ḥadhramī, dari Abū-l-Ja‘d adh-Dhamrī bahwa Nabi s.a.w. pernah bersabda: “Tidak sekali-kali seseorang meninggalkan shalat Jum‘at sebanyak tiga kali karena meremehkannya, melainkan Allah mengunci mati hatinya.” 311 Asy-Syāfi‘i r.a. berkata: “Dan disebutkan dalam sebagian hadits dengan redaksi: Tiga kali.”
مسند الشافعي ٣٠٦: حَدَّثَنَا إِبْرَاهِيْمٌ، عَنْ صَالِحِ بْنِ كَيْسَانَ، عَنْ عَبِيْدَةَ بْنِ سُفْيَانَ الْحَضْرَمِيِّ قَالَ: سَمِعْتُ عَمْرَو بْنَ أُمَيَّةَ، يَقُوْلُ: «لَا يَتْرُكُ رَجُلٌ مُسْلِمٌ الْجُمُعَةَ ثَلَاثًا تَهَاوُنًا بِهَا لَا يَشْهَدُهَا إِلَّا كُتِبَ مِنَ الْغَافِلِيْنَ»
Musnad Syāfi‘ī 306: Ibrāhīm menceritakan kepada kami dari Shāliḥ bin Kaisān, dari ‘Ubaidah bin Sufyān al-Ḥadramī, ia mengatakan: Aku pernah mendengar ‘Amr bin Umayah berkata: “Tidak sekali-kali seorang lelaki Muslim meninggalkan shalat Jum‘at sebanyak tiga kali karena meremehkannya, melainkan ia dicatat termasuk orang-orang yang lalai.” 312