مسند الشافعي ٢٥٣: أَخْبَرَنَا إِبْرَاهِيْمُ بْنُ يَحْيَى، حَدَّثَنِيْ صَفْوَانُ بْنُ سُلَيْمٍ، عَنْ نَافِعِ بْنِ جُبَيْرِ بْنِ مُطْعِمٍ، وَ عَطَاءِ بْنِ يَسَارٍ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ أَنَّهُ قَالَ: ” شَاهِدٌ: يَوْمُ الْجُمُعَةِ، وَ مَشْهُوْدٌ: يَوْمُ عَرَفَةَ “
Musnad Syāfi‘ī 253: Ibrāhīm bin Yaḥyā mengabarkan kepada kami, Shafwān bin Sulaim menceritakan kepadaku dari Nāfi‘ bin Jubair bin Muth‘im dan ‘Athā’ bin Yasār, dari Nabi s.a.w. bahwa beliau pernah bersabda:
“Hari yang menyaksikan ialah hari Jum‘at, dan hari yang disaksikan ialah hari ‘Arafah.” 259
مسند الشافعي ٢٥٤: أَخْبَرَنَا إِبْرَاهِيْمُ بْنُ مُحَمَّدٍ، حَدَّثَنِيْ شَرِيْكُ بْنُ عَبْدِ اللهِ بْنِ أَبِيْ نَمِرٍ، عَنْ عَطَاءِ بْنِ يَسَارٍ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ مِثْلَهُ
Musnad Syāfi‘ī 254: Ibrāhīm bin Muḥammad mengabarkan kepada kami, Syuraik bin ‘Abdullāh bin Abī Namir menceritakan kepadaku dari ‘Athā’ bin Yasār, dari Nabi s.a.w. dengan redaksi yang semisalnya. 260
مسند الشافعي ٢٥٥: أَخْبَرَنَا إِبْرَاهِيْمُ بْنُ مُحَمَّدٍ، حَدَّثَنِيْ عَبْدُ الرَّحْمنِ بْنُ حَرْمَلَةَ، عَنِ ابْنِ الْمُسَيِّبِ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ مِثْلَهُ
Musnad Syāfi‘ī 255: Ibrāhīm bin Muḥammad mengabarkan kepada kami ‘Abd-ur-Raḥmān bin Ḥarmalah menceritakan kepadaku dari Ibn-ul-Musayyab, dari Nabi s.a.w. dengan redaksi yang semisalnya. 261
مسند الشافعي ٢٥٦: أَخْبَرَنَا ابْنُ عُيَيْنَةَ، عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ طَاوُسٍ، عَنْ أَبِيْهِ، عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ: «نَحْنُ الْآخِرُوْنَ، وَ نَحْنُ السَّابِقُوْنَ بَيْدَ أَنَّهُمْ أُوْتُوْا الْكِتَابَ مِنْ قَبْلِنَا وَ أُوْتِيْنَاهُ مِنْ بَعْدِهِمْ، فَهذَا الْيَوْمُ الَّذِي اخْتَلَفُوْا فِيْهِ فَهَدَانَا اللهُ، فَالنَّاسُ لَنَا تَبَعٌ، الْيَهُوْدُ غَدًا، وَ النَّصَارَى بَعْدَ غَدٍ»
Musnad Syāfi‘ī 256: Ibnu ‘Uyainah mengabarkan kepada kami dari ‘Abdullāh bin Thāwus, dari ayahnya, dari Abū Hurairah , ia mengatakan, Rasūlullāh s.a.w. pemah bersabda: “Kami adalah orang-orang yang akhir, tetapi kami adalah orang-orang yang paling dahulu, hanya saja mereka diberi al–Kitāb sebelum kami, dan kami diberi al–Kitāb sesudah mereka. Dan hari ini adalah hari yang diperselisihkan oleh mereka, tetapi Allah memberi petunjuk kepada kami untuknya, maka orang-orang hanya mengikuti kami; orang-orang Yahudi besok dan orang-orang Nasrani lusa.”262
مسند الشافعي ٢٥٧: أَخْبَرَنَا سُفْيَانُ، عَنْ أَبِي الزِّنَادِ، عَنِ الْأَعْرَجِ، عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ مِثْلَهُ، إِلَّا أَنَّهُ قَالَ: «بَايْدَ أَنَّهُمْ»
Musnad Syāfi‘ī 257: Sufyān mengabarkan kepada kami dari Abū-z-Zinad, dari al-A‘raj, dari Abū Hurairah, dari Nabi s.a.w. dengan redaksi yang semisal, hanya saja di dalamnya disebutkan “Bāida annahum”. 263
مسند الشافعي ٢٥٨: أَخْبَرَنَا إِبْرَاهِيْمُ بْنُ مُحَمَّدٍ، حَدَّثَنِيْ مُحَمَّدُ بْنُ عَمْرِو بْنِ عَلْقَمَةَ، عَنْ أَبِيْ سَلَمَةَ، عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ قَالَ: «نَحْنُ الْآخِرُوْنَ السَّابِقُوْنَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ بَيْدَ أَنَّهُمْ أُوْتُوا الْكِتَابَ مِنْ قَبْلِنَا وَ أُوْتِيْنَاهُ مِنْ بَعْدِهِمْ، ثُمَّ هذَا يَوْمُهُمُ الَّذِيْ فُرِضَ عَلَيْهِمْ، يَعْنِي الْجُمُعَةَ، فَاخْتَلَفُوْا فِيْهِ، فَهَدَانَا اللَّهُ لَهُ، فَالنَّاسُ لَنَا فِيْهِ تَبَعٌ، السَّبْتُ وَ الْأَحَدُ»
Musnad Syāfi‘ī 258: Ibrāhīm bin Muḥammad mengabarkan kepada kami, Muḥammad bin ‘Amr bin ‘Alqamah menceritakan kepadaku dari Abū Salamah, dari Abū Hurairah r.a., dari Nabi s.a.w., beliau pernah bersabda: “Kami adalah orang-orang yang terakhir, tetapi orang-orang yang terdahulu di hari Kiamat hanya saja mereka diberi al–Kitāb sebelum kami dan kami diberi al–Kitāb sesudah mereka. Kemudian ini merupakan hari yang difardhukan atas mereka -yakni hari Jum‘at- tetapi mereka berselisih pendapat tentangnya, maka Allah memberi petunjuk kepada kami tentangnya. Semua orang mengikuti kami di dalamnya, yaitu hari Sabtu dan hari Aḥad (Minggu).” 264
مسند الشافعي ٢٥٩: أَخْبَرَنَا إِبْرَاهِيْمُ بْنُ مُحَمَّدٍ، حَدَّثَنِي سَلَمَةُ بْنُ عَبْدِ اللهِ الْخَطْمِيُّ، عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ كَعْبٍ، أَنَّهُ سَمِعَ رَجُلًا، مِنْ بَنِيْ وَائِلٍ يَقُوْلُ: قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ: «تَجِبُ الْجُمُعَةُ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ إِلَّا امْرَأَةً، أَوْ صَبِيًّا، أَوْ مَمْلُوْكًا»
Musnad Syāfi‘ī 259: Ibrāhīm bin Muḥammad mengabarkan kepada kami, Salamah bin ‘Abdillāh al-Khathmī menceritakan kepadaku dari Muḥammad bin Ka‘ab bahwa ia pernah mendengar seorang lelaki dari kalangan Bani Wā’il mengatakan: Nabi s.a.w. pernah bersabda: “Shalat Jum‘at wajib atas setiap Muslim, kecuali Wanita atau anak-anak atau hamba sahaya.”265
مسند الشافعي ٢٦٠: أَخْبَرَنَا إِبْرَاهِيْمُ بْنُ مُحَمَّدٍ، حَدَّثَنِيْ عَبْدُ الْعَزِيْزِ بْنُ عُمَرَ بْنِ عَبْدِ الْعَزِيْزِ، عَنْ أَبِيْهِ، عَنْ عُبَيْدِ اللهِ بْنِ عُتْبَةَ قَالَ: «كُلُّ قَرْيَةٍ فِيْهَا أَرْبَعُوْنَ رَجُلًا فَعَلَيْهِمُ الْجُمُعَةُ»
Musnad Syāfi‘ī 260: Ibrāhīm bin Muḥammad mengabarkan kepada kami, ‘Abd-ul-‘Azīz bin ‘Umar bin ‘Abd-il-‘Azīz menceritakan kepadaku dari ayahnya, dari ‘Ubaidillāh bin ‘Uthbah, ia berkata: “Setiap kampung yang berpenghuni 40 orang lelaki diwajibkan atas mereka shalat Jum‘at.” 266
مسند الشافعي ٢٦١: أَخْبَرَنَا مَالِكٌ، عَنِ ابْنِ شِهَابٍ، عَنْ أَبِيْ عُبَيْدٍ، مَوْلَى ابْنِ أَزْهَرَ قَالَ: شَهِدْتُ الْعِيْدَ مَعَ عَلِيٍّ، وَ عُثْمَانُ مَحْصُوْرٌ
Musnad Syāfi‘ī 261: Mālik mengabarkan kepada kami dari Ibnu Syihāb, dari ‘Ubaid mantan budak Ibnu Azhar, ia berkata: “aku pernah menyaksikan hari raya bersama ‘Alī dan ‘Utsmān.” 267
مسند الشافعي ٢٦٢: أَخْبَرَنَا إِبْرَاهِيْمُ بْنُ مُحَمَّدٍ، حَدَّثَنِيْ خَالِدُ بْنُ رَبَاحٍ، عَنِ الْمُطَّلِبِ بْنِ حَنْطَبٍ، أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ كَانَ يُصَلِّي الْجُمُعَةَ إِذَا فَاءَ الْفَيْءُ قَدْرَ ذِرَاعٍ أَوْ نَحْوِهِ
Musnad Syāfi‘ī 262: Ibrāhīm bin Muḥammad mengabarkan kepada kami, Khālid bin Rabāḥ menceritakan kepadaku dari al-Muththalib bin Ḥanthab: Bahwa Nabi s.a.w. selalu melakukan shalat Jum‘at saat bayangan suatu naungan berbalik satu hasta atau sama dengan satu hasta. 268
مسند الشافعي ٢٦٣: أَخْبَرَنَا سُفْيَانُ بْنُ عُيَيْنَةَ، عَنْ عَمْرِو بْنِ دِيْنَارٍ، عَنْ يُوْسُفَ بْنِ مَاهَكٍ قَالَ: قَدِمَ مُعَاذُ بْنُ جَبَلٍ عَلَى أَهْلِ مَكَّةَ وَ هُمْ يُصَلُّوْنَ الْجُمُعَةَ وَ الْفَيْءُ فِي الْحِجْرِ فَقَالَ: فَلَا تُصَلُّوْا حَتَّى تَفِيْءَ الْكَعْبَةُ مِنْ وَجْهِهَا
Musnad Syāfi‘ī 263: Sufyān bin ‘Uyainah mengabarkan kepada kami dari ‘Amr bin Dīnār, dari Yūsuf bin Māhik, ia mengatakan: Mu‘ādz bin Jabal tiba di Makkah saat penduduknya sedang mengerjakan shalat Jum‘at, sedangkan bayangan (Ka‘bah) sampai di Ḥijir (Ismā‘īl). Maka ia berkata: “Janganlah kalian shalat sebelum bayangan Ka‘bah berbalik dari arah mukanya!” 269