Hati Senang

Musnad Imam Asy-Syafi’i Bab. 12 (Pembahasan Tentang Jual Beli) – No.714 s.d 720 (9/9)

MUSNAD IMĀM ASY-SYĀFI‘Ī   Diterjemahkan Oleh: HaditsSoft (Grup)   Diterbitkan Oleh: HaditsSoft   (Belum ada catatan kakinya di HaditsSoft yang kami miliki)

مسند الشافعي ٧١٤: أَخْبَرَنَا مَالِكٌ، عَنْ دَاوُدَ بْنِ الْحُصَيْنِ، عَنْ أَبِيْ سُفْيَانَ، مَوْلَى ابْنِ أَبِيْ أَحْمَدَ، عَنْ أَبِيْ سَعِيْدٍ الْخُدْرِيِّ، أَوْ عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ، أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ نَهَى عَنِ الْمُزَابَنَةِ وَ الْمُحَاقَلَةِ. وَ الْمُزَابَنَةُ: اشْتِرَاءُ التَّمْرِ بِالتَّمْرِ فِيْ رُءُوْسِ النَّخْلِ، وَ الْمُحَاقَلَةُ: اسْتِكْرَاءُ الْأَرْضِ بِالْحِنْطَةِ.

Musnad Syāfi‘ī 714: Mālik mengabarkan kepada kami dari Dāūd bin Ḥushain, dari Abū Sufyān maulā Ibnu Abī Aḥmad, dari Abū Sa‘īd atau dari Abū Hurairah r.a.: Bahwa Rasūlullāh s.a.w. melarang transaksi muzābanah dan muḥāqalah. Muzābanah ialah membeli buah yang masih ada pada pohonnya dengan buah kurma. Muḥāqalah ialah menyewa lahan dengan pembayaran gandum. 714

مسند الشافعي ٧١٥: أَخْبَرَنَا مَالِكٌ، عَنِ ابْنِ شِهَابٍ، عَنْ سَعِيْدِ بْنِ الْمُسَيِّبِ، أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ نَهَى عَنِ الْمُزَابَنَةِ وَ الْمُحَاقَلَةِ. وَ الْمُزَابَنَةُ: اشْتِرَاءُ التَّمْرِ بِالتَّمْرِ، وَ الْمُحَاقَلَةُ: اشْتِرَاءُ الزَّرْعِ بِالْحِنْطَةِ وَ اسْتِكْرَاءُ الْأَرْضِ بِالْحِنْطَةِ قَالَ ابْنُ شِهَابٍ: “فَسَأَلْتُ عَنِ اسْتِكْرَاءِ الْأَرْضِ بِالذَّهَبِ وَ الْفِضَّةِ فَقَالَ: لَا بَأْسَ بِذلِكَ.”

Musnad Syāfi‘ī 715: Mālik mengabarkan kepada kami dari Ibnu Syihāb, dari Sa‘īd bin al-Musayyab: “Bahwa Rasūlullāh s.a.w. melarang transaksi muzābanah dan muḥāqalah.” Muzābanah ialah membeli buah dengan kurma. Muḥāqalah ialah membeli tanaman dengan gandum, dan menyewa lahan dengan gandum. Ibnu Syihāb berkata: “Lalu aku bertanya mengenai menyewakan lahan dengan emas dan perak, maka ia (Sa‘īd bin al-Musayyab) menjawab: “Kalau demikian, tidak mengapa”.” 715

مسند الشافعي ٧١٦: أَخْبَرَنَا سُفْيَانُ، عَنْ عَمْرٍو، عَنْ جَابِرٍ قَالَ: «نَهَيْتُ ابْنَ الزُّبَيْرِ عَنْ بَيْعِ النَّخْلِ، مُعَاوَمَةً».

Musnad Syāfi‘ī 716: Sufyān mengabarkan kepada kami dari ‘Amr dari Jābir, ia berkata: “Aku dilarang oleh Ibnu ‘Umar untuk menjual kurma secara muawamah.

مسند الشافعي ٧١٧: أَخْبَرَنَا مَالِكٌ، عَنِ ابْنِ شِهَابٍ، عَنْ مَالِكِ بْنِ أَوْسِ بْنِ الْحَدَثَانِ النَّصْرِيِّ، أَنَّهُ الْتَمَسَ صَرْفًا بِمِائَةِ دِيْنَارٍ، قَالَ: فَدَعَانِيْ طَلْحَةُ بْنُ عُبَيْدِ اللهِ فَتَرَاوَضْنَا حَتَّى اصْطَرَفَ مِنِّيْ وَ أَخَذَ الذَّهَبَ يُقُلِّبُهَا فِيْ يَدِهِ ثُمَّ قَالَ: حَتَّى يَأْتِيَ خَازِنِيْ، أَوْ حَتَّى تَأْتِيَ خَازِنَتِيْ مِنَ الْغَابَةِ قَالَ الشَّافِعِيُّ: أَنَا شَكَكْتُ وَ عُمَرُ بْنُ الْخَطَّابِ يَسْمَعُ، فَقَالَ عُمَرُ: وَاللهِ لَا تُفَارِقْهُ حَتَّى تَأْخُذَ مِنْهُ، ثُمَّ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ: «الذَّهَبُ بِالْوَرِقِ رِبًا إِلَّا هَاءَ وَ هَاءَ، وَ التَّمْرُ بِالتَّمْرِ رِبًا إِلَّا هَاءَ وَ هَاءَ، وَ الشَّعِيرُ بِالشَّعِيْرِ رِبًا إِلَّا هَاءَ وَ هَاءَ» قَالَ الشَّافِعِيُّ: قَرَأْتُهُ عَلَى مَالِكٍ صَحِيْحًا لَا شَكَّ فِيْهِ، ثُمَّ طَالَ عَلَيَّ الزَّمَانُ فَلَمْ أَحْفَظْهُ حِفْظًا، فَشَكَكْتُ فِيْ: خَازِنَتِيْ أَوْ خَازِنِيْ، وَ غَيْرِيْ يَقُوْلُ عَنْهُ: خَازِنِيْ.

Musnad Syāfi‘ī 717: Mālik mengabarkan kepada kami dari Ibnu Syihāb. dari Mālik bin Aus bin al-Ḥadatsān an-Nashrī bahwa ia berusaha untuk menukar 100 dinar. Mālik bin Aus melanjutkan kisahnya: Kemudian Thalḥah bin ‘Ubaidillāh memanggilku, lalu kami saling menawar hingga ia mau menukarnya dariku; dan ia mengambil emas, lalu membolak-balikannya di tangannya, kemudian berkata: “Tunggulah sampai datang bendaharaku atau bendaharawatiku dari hutan.” Imām asy-Syāfi‘ī r.a. berkata: “Aku ragu.” Saat itu ‘Umar mendengarnya, maka ia berkata: “Demi Allah, janganlah kamu tinggalkan dia sebelum kamu menerima darinya” Setelah itu ‘Umar r.a. mengatakan bahwa Rasūlullāh s.a.w. pernah bersabda: “Emas dengan emas adalah riba kecuali secara serah-terima, jewawut dengan jewawut adalah riba kecuali secara serah-terima, buah-buahan dengan kurma adalah riba kecuali secara serah-terima, dan gandum dengan gandum adalah riba kecuali secara serah-terima.” Asy-Syāfi‘ī berkata: “Aku menerimanya dari Imam Malik RA dalam keadaan benar tanpa ragu. Kemudian setelah masa berlalu, aku tidak hafal lagi hingga aku ragu apakah khāzinī atau khīzinatī. Sedangkan selain aku mengatakan khāzinī” 716

مسند الشافعي ٧١٨: أَخْبَرَنَا ابْنُ عُيَيْنَةَ، عَنِ الزُّهْرِيِّ، عَنْ مَالِكِ بْنِ أَوْسِ بْنِ الْحَدَثَانِ، عَنْ عُمَرَ بْنِ الْخَطَّابِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ، أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ قَالَ: «الذَّهَبُ بِالْوَرِقِ رِبًا إِلَّا هَاءَ وَ هَاءَ، وَ الْبُرُّ بِالْبُرِّ رِبًا إِلَّا هَاءَ وَ هَاءَ، وَ التَّمْرُ بِالتَّمْرِ رِبًا إِلَّا هَاءَ وَ هَاءَ، وَ الشَّعِيرُ بِالشَّعِيرِ رِبًا إِلَّا هَاءَ وَ هَاءَ».

Musnad Syāfi‘ī 718: Ibnu ‘Uyainah mengabarkan kepada kami dari az-Zuhrī, dari Mālik bin Aus bin Ḥadatsān, dari ‘Umar bin Khaththāb r.a. bahwa Rasūlullāh s.a.w. pernah bersabda: “Emas ditukar dengan perak adalah riba kecuali secara serah-terima, jewawut (ditukar) dengan jewawut adalah riba kecuali secara serah-terima, buah-buahan dengan buah kurma adalah riba kecuali secara serah-terima, dan gandum dengan gandum adalah riba kecuali secara serah-terima.” 717

مسند الشافعي ٧١٩: أَخْبَرَنَا عَبْدُ الْوَهَّابِ الثَّقَفِيُّ، عَنْ أَيُّوْبَ، عَنْ مُسْلِمِ بْنِ يَسَارٍ، وَ رَجُلٍ آخَرَ، عَنْ عُبَادَةَ بْنِ الصَّامِتِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ، أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ قَالَ: «لَا تَبِيْعُوا الذَّهَبَ بِالذَّهَبِ، وَ لَا الْوَرِقَ بِالْوَرِقِ، وَ لَا الْبُرَّ بِالْبُرِّ، وَ لَا الشَّعِيْرَ بِالشَّعِيْرِ، وَ لَا الْمِلْحَ بِالْمِلْحِ إِلَّا سَوَاءً بِسَوَاءٍ، عَيْنًا بِعَيْنٍ، يَدًا بِيَدٍ، وَ لكِنْ بِيْعُوا الذَّهَبَ بِالْوَرِقِ، وَ الْوَرِقَ بِالذَّهَبِ، وَ الْبُرَّ بِالشَّعِيْرِ، وَ الشَّعِيْرَ بِالْبُرِّ، وَ التَّمْرَ بِالْمِلْحِ، وَ الْمِلْحَ بِالتَّمْرِ يَدًا بِيَدٍ، كَيْفَ شِئْتُمْ» قَالَ: وَ نَقَصَ أَحَدُهُمَا التَّمْرَ وَ الْمِلْحَ. قَالَ أَبُو الْعَبَّاسِ الْأَصَمُّ: فِيْ كِتَابِيْ: أَيُّوْبَ عَنِ ابْنِ سِيْرِيْنَ، ثُمَّ ضَرَبَ عَلَيْهِ، يَنْظُرُ فِيْ كِتَابِ الشَّيْخِ، يَعْنِي الرَّبِيْعَ.

Musnad Syāfi‘ī 719: ‘Abd-ul-Wahhāb ats-Tsaqafī mengabarkan kepada kami dari Ayyūb, dari Muslim bin Yasār dan seorang lelaki, dari ‘Ubādah bin Shāmit r.a. bahwa Rasūlullāh s.a.w. pernah bersabda: “Janganlah kalian menjual emas dengan emas, perak dengan perak, jewawut dengan jewawut, gandum dengan gandum, jangan pula garam dengan garam kecuali sama dengan yang sama, sejenis dengan yang sejenis secara serah-terima. Kalian boleh menjual emas dengan perak, perak dengan emas, jewawut dengan gandum, gandum dengan jewawut, kurma dengan garam, dan garam dengan kurma secara serah-terima sesuka kalian. ” Salah seorang dari kedua perawi mengurangi lafazh “At-Tamar” atau “Al-Milḥ ”, ya‘ni tidak menyebutkannya. Abū ‘Abbās al-Ashamm berkata: “Di dalam catatanku tertulis dari Ayyūb, dari Ibnu Sīrīn. Kemudian ia berpaling dan memandang kepada kitab (catatan) syaikh, ya‘ni ar-Rabī‘.”718

مسند الشافعي ٧٢٠: أَخْبَرَنَا مَالِكٌ، عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ يَزِيْدَ، مَوْلَى الْأَسْوَدِ بْنِ سُفْيَانَ أَنَّ زَيْدًا أَبَا عَيَّاشٍ، أَخْبَرَهُ أَنَّهُ، سَأَلَ سَعْدَ بْنَ أَبِيْ وَقَّاصٍ عَنِ الْبَيْضَاءِ، بِالسُّلْتِ فَقَالَ لَهُ سَعْدٌ: أَيُّهُمَا أَفْضَلُ؟ فَقَالَ: الْبَيْضَاءُ. فَنَهَى عَنْ ذلِكَ، قَالَ: سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ يُسْأَلُ عَنْ شِرَاءِ التَّمْرِ بِالرُّطَبِ، فَقَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ: «أَيَنْقُصُ الرُّطَبُ إِذَا يَبِسَ؟» فَقَالُوْا: نَعَمْ، فَنَهَى عَنْ ذلِكَ.

Musnad Syāfi‘ī 720: Mālik mengabarkan kepada kami dari ‘Abdullāh bin Yazīd maulā al-Aswad bin Sufyān bahwa Zaid alias Abū ‘Ayyāsy menceritakan kepadanya: Bahwa ia pernah bertanya kepada Sa‘d bin Abī Waqqāsh mengenai menjual gandum dengan jewawut. Sad bertanya kepadanya: “Manakah yang lebih utama?” Ia menjawab: “Gandum.” Maka Sad melarang hal tersebut dan berkata: “Aku pernah mendengar Rasūlullāh s.a.w. ketika ditanya mengenai membeli kurma dengan ruthab (kurma yang belum masak betul). Rasūlullāh s.a.w. bertanya: Apakah ruthab akan berkurang jika telah kering? Mereka menjawab: “Ya. Maka, Rasūlullāh s.a.w. melarang hal tersebut.” 719

Alamat Kami
Jl. Zawiyah, No. 121, Rumah Botol Majlis Dzikir Hati Senang,
RT 06 RW 04, Kp. Tajur, Desa Pamegarsari, Parung, Jawa Barat. 16330.