مسند الشافعي ٧٠٠: أَخْبَرَنَا سُفْيَانُ بْنُ عُيَيْنَةَ، عَنْ حُمَيْدِ بْنِ قَيْسٍ، عَنْ سُلَيْمَانَ بْنِ عَتِيْقٍ، عَنْ جَابِرٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ، أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ نَهَى عَنْ بَيْعِ السِّنِيْنَ.
Musnad Syāfi‘ī 700: Sufyān bin ‘Uyainah mengabarkan kepada kami dari Ḥumaid bin Qais, dari Sulaimān bin ‘Atīq, dari Jābir bin ‘Abdullāh r.a.: Rasūlullāh s.a.w. melarang melakukan transaksi jual-beli sinīn 1. 700
مسند الشافعي ٧٠١: أَخْبَرَنَا سُفْيَانُ، عَنْ أَبِي الزُّبَيْرِ، عَنْ جَابِرٍ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ مِثْلَهُ.
Musnad Syāfi‘ī 701: Sufyān mengabarkan kepada kami dari Abū-z-Zubair, dari Jābir, dari Nabi s.a.w. dengan redaksi hadits yang semisal. 701
مسند الشافعي ٧٠٢: أَخْبَرَنَا سُفْيَانُ، عَنِ الزُّهْرِيِّ، عَنْ سَالِمٍ، عَنْ أَبِيْهِ، أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ نَهَى عَنْ بَيْعِ الثَّمَرِ حَتَّى يَبْدُوَ صَلَاحُهُ، وَ عَنْ بَيْعِ الثَّمَرِ بِالتَّمْرِ. قَالَ عَبْدُ اللهِ: وَ حَدَّثَنَا زَيْدُ بْنُ ثَابِتٍ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ أَرْخَصَ فِيْ بَيْعِ الْعَرَايَا.
Musnad Syāfi‘ī 702: Sufyān mengabarkan kepada kami dari az-Zuhrī, dari Sālim, dari ayahnya: Nabi s.a.w. melarang menjual buah-buahan sebelum tampak masaknya, juga melarang menjual buah-buahan dengan (pembayaran berupa) buah kurma. 702 ‘Abdullāh berkata: “Dan Zaid bin Tsābit menceritakan kepada kami bahwa Rasūlullāh s.a.w. memberikan keringanan dalam hal jual beli sistem ‘arāya.2 ”
مسند الشافعي ٧٠٣: أَخْبَرَنَا سُفْيَانُ، عَنْ عَمْرِو بْنِ دِيْنَارٍ، عَنْ إِسْمَاعِيْلَ الشَّيْبَانِيِّ، أَوْ غَيْرِهِ قَالَ: بِعْتُ مَا فِيْ رُءُوْسِ نَخْلِيْ بِمِائَةِ وَسْقٍ، إِنْ زَادَ فَلَهُمْ، وَ إِنْ نَقَصَ فَعَلَيْهِمْ. فَسَأَلْتُ ابْنَ عُمَرَ فَقَالَ: نَهَى رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ عَنْ هذَا، إِلَّا أَنَّهُ رَخَّصَ فِيء بَيْعِ الْعَرَايَا.
Musnad Syāfi‘ī 703: Sufyān mengabarkan kepada kami dari ‘Amr bin Dīnār, dari Ismā‘īl asy-Syaibānī atau lainnya yang mengatakan: Aku pernah menjual buah yang masih ada di pohonnya dengan harga 100 wasaq. Jika hasilnya nanti lebih, maka buat mereka (yang membelinya); dan jika hasilnya kurang dari itu (100 wasaq), maka kerugiannya ditanggung mereka sendiri. Lalu aku bertanya kepada Ibnu ‘Umar (mengenai hal tersebut), maka ia menjawab: “Rasūlullāh s.a.w. melarang transaksi seperti ini, hanya saja beliau memberikan rukhshah dalam sistem ‘arāya. ” 703
مسند الشافعي ٧٠٤: أَخْبَرَنَا مَالِكٌ، عَنْ نَافِعٍ، عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ عُمَرَ، عَنْ زَيْدِ بْنِ ثَابِتٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمْ أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ أَرْخَصَ لِصَاحِبِ الْعَرِيَّةِ أَنْ يَبِيْعَهَا بِخَرْصِهَا.
Musnad Syāfi‘ī 704: Mālik mengabarkan kepada kami dari Nāfi‘, dari ‘Abdullāh bin ‘Umar, dari Zaid bin Tsābit: Rasūlullāh s.a.w. memberikan rukhshah kepada pemilik ‘ariyyah untuk menjualnya secara taksiran.704
مسند الشافعي ٧٠٥: أَخْبَرَنَا مَالِكٌ، عَنْ دَاوُدَ بْنِ الْحُصَيْنِ، عَنْ أَبِيْ سُفْيَانَ بْنِ أَبِيْ أَحْمَدَ، عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ، أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ أَرْخَصَ فِيْ بَيْعِ الْعَرَايَا فِيْمَا دُوْنَ خَمْسَةِ أَوْسُقٍ، أَوْ فِيْ خَمْسَةِ أَوْسُقٍ شَكَّ دَاوُدُ.
Musnad Syāfi‘ī 705: Mālik mengabarkan kepada kami dari Dāūd bin al-Ḥushain, dari Abū Sufyān mantan budak Ibnu Abī Aḥmad, dari Abū Hurairah r.a.: Rasūlullāh s.a.w. memberikan rukhshah terhadap transaksi ‘arāya dalam jumlah kurang dari 5 wasaq atau tepat 5 wasaq (Dāūd ragu). 705
مسند الشافعي ٧٠٦: أَخْبَرَنَا سُفْيَانُ، عَنْ يَحْيَى بْنِ سَعِيْدٍ، عَنْ بَشِيْرِ بْنِ يَسَارٍ قَالَ: سَمِعْتُ سَهْلَ بْنَ أَبِيْ حَثْمَةَ، يَقُوْلُ: نَهَى رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ عَنْ بَيْعِ التَّمْرِ بِالتَّمْرِ، إِلَّا أَنَّهُ رَخَّصَ فِي الْعَرِيَّةِ أَنْ تُبَاعَ بِخَرْصِهَا تَمْرًا، يَأْكُلُهَا أَهْلُهَا رُطَبًا.
Musnad Syāfi‘ī 706: Sufyān mengabarkan kepada kami dari Yaḥyā bin Sa‘īd, dari Basyīr bin Yasār yang mengatakan bahwa ia pernah mendengar Sahl bin Abī Ḥatsmah berkata: “Rasūlullāh s.a.w. melarang menjual buah-buahan dengan (pembayaran berupa) buah kurma, hanya saja beliau memberikan rukhshah terhadap transaksi ‘arāya, yaitu buah kurma yang masih ada di pohonnya dijual dengan harga taksiran buah kurma yang dapat dimakan langsung oleh pemiliknya karena sudah siap dikonsumsi.” 706
Ref.: Kadim, I. M. (2014). Hukum jual beli hewan perspektif Undang-undang Perlindungan Hewan no. 5 Tahun 1990 dan fiqih empat mazhab (Doctoral dissertation, Universitas Islan Negeri Maulana Malik Ibrahim).
Ref.: https://bincangsyariah.com/kolom/ini-riba-yang-diperbolehkan-dalam-syariat-islam/