Musnad Imam Asy-Syafi’i Bab. 12 (Pembahasan Tentang Jual Beli) – No.693 s.d 699 (6/9)

MUSNAD IMĀM ASY-SYĀFI‘Ī
 
Diterjemahkan Oleh:
HaditsSoft (Grup)
 
Diterbitkan Oleh:
HaditsSoft

 
(Belum ada catatan kakinya di HaditsSoft yang kami miliki)

مسند الشافعي ٦٩٣: أَخْبَرَنَا مَالِكٌ، عَنْ حُمَيْدٍ الطَّوِيْلِ، عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ، أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ نَهَى عَنْ بَيْعِ الثِّمَارِ حَتَّى تُزْهَى. قِيْلَ: يَا رَسُوْلَ اللهِ، وَ مَا تُزْهَى؟ قَالَ: «حَتَّى تَحْمَرَّ». وَ قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ: «أَرَأَيْتُمْ إِذَا مَنَعَ اللَّهُ الثَّمَرَةَ، فَبِمَ يَأْخُذُ أَحَدُكُمْ مَالَ أَخِيْهِ».

Musnad Syāfi‘ī 693: Mālik mengabarkan kepada kami dari Ḥumaid ath-Thawīl, dan Anas bin Mālik r.a.: Bahwa Rasūlullāh s.a.w. melarang menjual buah-buahan sebelum masak. Seseorang bertanya: “Wahai Rasūlullāh! Apakah yang dimaksud dengan istilah tuzhā (masak)?” Beliau  menjawab: “Bila telah tampak merah” Rasūlullāh s.a.w. bersabda pula: “Bagaimanakah menurut kalian bila Allah mencegah masaknya buah itu? Maka, dengan alasan apakah seseorang dari kalian mengambil harta saudaranya?” 693

مسند الشافعي ٦٩٤: أَخْبَرَنَا الثَّقَفِيُّ، عَنْ حُمَيْدٍ، عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ، أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ نَهَى عَنْ بَيْعِ ثَمَرَةِ النَّخْلِ حَتَّى تَزْهُوَ. قِيْلَ: وَ مَا تَزْهُوْ؟ قَالَ: «حَتَّى تَحْمَرَّ».

Musnad Syāfi‘ī 694: Ats-Tsaqafī mengabaikan kepada kami dari Ḥumaid, dari Anas bin Mālik r.a.: Rasūlullāh s.a.w. melarang menjual buah kurma hingga ia masak. Ditanyakan: “Apakah makna ‘tazhu’?” Beliau menjawab: “Bila telah tampak merah. 694

مسند الشافعي ٦٩٥: أَخْبَرَنَا مَالِكٌ، عَنْ أَبِي الرِّجَالِ، عَنْ عَمْرَةَ، أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ نَهَى عَنْ بَيْعِ الثِّمَارِ حَتَّى تَنْجُوَ مِنَ الْعَاهَةِ.

Musnad Syāfi‘ī 695: Mālik mengabarkan kepada kami dari Abū-r-Rijāl, dan ‘Amrah: Rasūlullāh s.a.w. melarang menjual buah-buahan sebelum bebas dari hama. 695

مسند الشافعي ٦٩٦: أَخْبَرَنَا ابْنُ أَبِي فُدَيْكٍ، عَنِ ابْنِ أَبِيْ ذِئْبٍ، عَنْ عُثْمَانَ بْنِ عَبْدِ اللهِ بْنِ سُرَاقَةَ، عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا، أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ نَهَى عَنْ بَيْعِ الثِّمَارِ حَتَّى تَذْهَبَ الْعَاهَةُ. قَالَ عُثْمَانُ: “فَقُلْتُ لِعَبْدِ اللهِ: مَتَى ذَاكَ؟ فَقَالَ: طُلُوْعُ الثُّرَيَّا .”

Musnad Syāfi‘ī 696: Ibnu Abī Fudaik mengabarkan kepada kami dari Ibnu Abī Dzi’b, dan ‘Utsmān bin ‘Abdillāh bin Surāqah, dari ‘Abdullāh bin ‘Umar r.a.: Nabi s.a.w. melarang menjual buah-buahan sebelum terbebas dari hama. ‘Utsmān berkata: “Maka kutanyakan kepada ‘Abdullāh (Ibnu ‘Umar): “Bilakah hal itu terjadi?”Ia menjawab: “Bila bintang tsurayya muncul”.” 696

مسند الشافعي ٦٩٧: أَخْبَرَنَا سُفْيَانُ، عَنْ عَمْرِو بْنِ دِيْنَارٍ، عَنْ أَبِيْ مَعْبَدٍ، أَظُنُّهُ عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ، أَنَّهُ كَانَ يَبِيْعُ الثَّمَرَ مِنْ غُلَامِهِ قَبْلَ أَنْ يُطْعَمَ، وَ كَانَ لَا يَرَى بَيْنَهُ وَ بَيْنَ غُلَامِهِ رِبًا.

Musnad Syāfi‘ī 697: Sufyān mengabarkan kepada kami dari ‘Amr bin Dīnār, dari Abū Ma‘bad —menurut dugaanku dari Ibnu ‘Abbās r.a.: Bahwa ia membeli buah-buahan dari pelayannya sebelum masak, dan ia tidak memandang perbuatan yang dilakukan antara dia dan pelayannya itu sebagai riba. 697

مسند الشافعي ٦٩٨: أَخْبَرَنَا سَعِيْدُ بْنُ سَالِمٍ، عَنِ ابْنِ جُرَيْجٍ، عَنْ عَطَاءٍ، عَنْ جَابِرٍ، إِنْ شَاءَ اللهُ، أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ نَهَى عَنْ بَيْعِ الثَّمَرِ حَتَّى يَبْدُوَ صَلَاحُهُ قَالَ ابْنُ جُرَيْجٍ: “فَقُلْتُ: أَخَصَّ جَابِرٌ النَّخْلَ وَ الثَّمَرَ؟ قَالَ: بَلِ النَّخْلُ، وَ لَا نَرَى كُلَّ الثَّمَرِ إِلَّا مِثْلَهُ.”

Musnad Syāfi‘ī 698: Sa‘īd bin Sālim mengabarkan kepada kami dari Ibnu Juraij, dari ‘Athā’, dari Jābir r.a.: Rasūlullāh s.a.w. melarang menjual buah-buahan sebelum tampak masaknya. Ibnu Juraij mengatakan: Lalu aku bertanya: “Apakah Jābir mengkhususkan buah kurma atau buah lainnya?” ia menjawab: “Bahkan hanya kurma, tetapi kami tidak berpandangan selain semua buah sama dengannya.” 698

مسند الشافعي ٦٩٩: أَخْبَرَنَا سُفْيَانُ بْنُ عُيَيْنَةَ، عَنْ عَمْرٍو، عَنْ طَاوُسٍ، أَنَّهُ سَمِعَ ابْنَ عُمَرَ، يَقُوْلُ: “لَا يُبْتَاعُ الثَّمَرُ حَتَّى يَبْدُوَ صَلَاحُهُ. وَ سَمِعْنَا عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ أَنَّهُ يَقُوْلُ: لَا يُبَاعُ الثَّمَرُ حَتَّى يُطْعَمَ.”

Musnad Syāfi‘ī 699: Sufyān bin ‘Uyainah mengabarkan kepada kami dari ‘Amr, dari Thāwūs bahwa ia pernah mendengar Ibnu ‘Umar r.a. berkata: “Buah-buahan tidak boleh dijual sebelum tampak masaknya.” Kami pernah pula mendengar bahwa Ibnu ‘Abbas r.a. berkata: “Buah-buahan tidak boleh dijual sebelum siap untuk dikonsumsi.” 699