Musnad Imam Asy-Syafi’i Bab. 11 (Pembahasan Tentang Manasik) – No.565 s.d 574 (9/17)

MUSNAD IMĀM ASY-SYĀFI‘Ī
 
Diterjemahkan Oleh:
HaditsSoft (Grup)
 
Diterbitkan Oleh:
HaditsSoft

 
(Belum ada catatan kakinya di HaditsSoft yang kami miliki)

مسند الشافعي ٥٦٥: أَخْبَرَنَا سُفْيَانُ، عَنْ عَمْرِو بْنِ دِيْنَارٍ، عَنْ عَطَاءِ بْنِ أَبِيْ رَبَاحٍ، عَنْ صَفْوَانَ بْنِ يَعْلَى بْنِ أُمَيَّةَ، عَنْ أَبِيْهِ قَالَ: كُنَّا عِنْدَ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ بِالْجِعْرَانَةِ، فَأَتَاهُ رَجُلٌ وَ عَلَيْهِ مُقَطَّعَةٌ، يَعْنِيْ جُبَّةً، وَ هُوَ مُتَضَمِّخٌ بِالْخَلُوْقِ، فَقَالَ: يَا رَسُوْلَ اللهِ، إِنِّيْ أَحْرَمْتُ بِالْعُمْرَةِ وَ هذِهِ عَلَيَّ، فَقَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ: «مَا كُنْتَ صَانِعًا فِيْ حَجِّكِ؟» قَالَ: كُنْتُ أَنْزِعُ هذِهِ الْمُقَطَّعَةَ وَ أَغْسِلُ هذَا الْخَلُوْقَ، فَقَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ: «فَمَا كُنْتَ صَانِعًا فِيْ حَجَّتِكَ فَاصْنَعْهُ فِيْ عُمْرَتِكَ».

Musnad Syāfi‘ī 565: Sufyān mengabarkan kepada kami dari ‘Amr bin Dīnār, dan ‘Athā’ bin Abī Rabāḥ, dari Shafwān bin Ya‘lā bin Umayyah, dari ayahnya, ia mengatakan: Ketika kami berada di sisi Rasūlullāh s.a.w. di Ji‘rānah, beliau kedatangan seorang lelaki yang memakai baju yang berpotongan, yakni baju jubah, sedangkan baju jubahnya itu dilumuri dengan minyak khalūq. Lalu lelaki itu bertanya: “Wahai Rasūlullāh, sesungguhnya aku sedang melakukan iḥrām untuk ‘umrah dan aku memakai baju ini.” Maka Rasūlullāh s.a.w. balik bertanya: “Apa saja yang engkau lakukan dalam hajimu?” Lelaki itu menjawab: “Aku lepaskan baju potongan ini dan kucuci minyak yang menempel padanya.” Lalu Rasūlullāh s.a.w. bersabda: “Apa yang engkau lakukan dalam ibādah hajimu, maka lakukan pula dalam ibādah umrahmu.” 567

مسند الشافعي ٥٦٦: أَخْبَرَنَا إِسْمَاعِيْلُ الَّذِيْ يُعْرَفُ بِابْنِ عُلَيَّةَ، أَخْبَرَنِيْ عَبْدُ الْعَزِيْزِ بْنُ صُهَيْبٍ، عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ، أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ نَهَى أَنْ يَتَزَعْفَرَ الرَّجُلُ.

Musnad Syāfi‘ī 566: Ismā‘īl yang dikenal dengan sebutan Ibnu ‘Ulayyah mengabarkan kepadaku, ‘Abd-ul-‘Azīz bin Shuhaib mengabarkan kepadaku dari Anas bin Mālik: Bahwa Rasūlullāh s.a.w. telah melarang seorang lelaki memakai minyak zafaran. 568

مسند الشافعي ٥٦٧: أَخْبَرَنَا مُسْلِمٌ، وَ سَعِيْدُ بْنُ سَالِمٍ، عَنِ ابْنِ جُرَيْجٍ، عَنْ أَبِي الزُّبَيْرِ، أَنَّهُ سَمِعَ جَابِرَ بْنَ عَبْدِ اللهِ، يُسْأَلُ عَنِ الرَّجُلِ: أَيُهِلُّ بِالْحَجِّ قَبْلَ أَشْهُرِ الْحَجِّ؟ فَقَالَ: لَا.

Musnad Syāfi‘ī 567: Muslim dan Sa‘īd bin Sālim mengabarkan kepada kami dari Ibnu Juraij, dari Abū-z-Zubair bahwa ia pernah mendengar perkataan Jābir bin ‘Abdillāh ketika ada seorang lelaki bertanya kepadanya: “Bolehkah iḥrām haji dilakukan sebelum bulan-bulan haji?” Jābir menjawab: “Tidak boleh.” 569

مسند الشافعي ٥٦٨: أَخْبَرَنَا مُسْلِمُ بْنُ خَالِدٍ، عَنِ ابْنِ جُرَيْجٍ قَالَ: قُلْتُ نَافِعُ أَسَمِعْتَ عَبْدَ اللهِ بْنَ عُمَرَ يُسَمِّيْ أَشْهُرَ الْحَجِّ؟ فَقَالَ: “نَعَمْ، كَانَ يُسَمِّيْ: شَوَّالٌ وَ ذُو الْقَعْدَةِ وَ ذُو الْحِجَّةِ. قَالَ: قُلْتُ لِنَافِعٍ: فَإِنْ أَهَلَّ إِنْسَانٌ بِالْحَجِّ قَبْلَهُنَّ؟ قَالَ: لَمْ أَسْمَعْ مِنْهُ فِيْ ذلِكَ شَيْئًا.”

Musnad Syāfi‘ī 568: Muslim bin Khālid mengabarkan kepada kami dari Ibnu Juraij, ia mengatakan: Aku bertanya kepada Nāfi‘: “Apakah engkau pernah mendengar ‘Abdullāh bin ‘Umar menyebutkan bulan-bulan haji?” Nāfi‘ menjawab: “Ya, ia menyebut bulan Syawwāl, bulan Dzū-l-Qa‘dah dan bulan Dzū-l-Ḥijjah.” Aku bertanya lagi kepada Nāfi‘: “Bagaimana jika seseorang melakukan iḥrām haji sebelum bulan-bulan tersebut?” Nāfi‘ menjawab: “Aku belum pernah mendengar sepatah katapun darinya mengenai hal tersebut.” 570

مسند الشافعي ٥٦٩: أَخْبَرَنَا إِبْرَاهِيْمُ بْنُ مُحَمَّدٍ، عَنْ سَعِيْدِ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمنِ بْنِ رُقَيْشٍ، أَنَّ جَابِرَ بْنَ عَبْدِ اللهِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا قَالَ: «مَا سَمَّى رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ فِيْ تَلْبِيَتِهِ حَجًّا قَطُّ وَ لَا عُمْرَةً».

Musnad Syāfi‘ī 569: Ibrāhīm bin Muḥammad mengabarkan kepada kami, Sa‘īd bin ‘Abd-ir-Raḥmān bin Ruqaisy, bahwa Jābir bin ‘Abdillāh berkata: “Rasūlullāh s.a.w. tidak pernah sama sekali menamai talbiyahnya itu haji atau ‘umrah.” 571

مسند الشافعي ٥٧٠: أَخْبَرَنَا مَالِكٌ، عَنْ نَافِعٍ، عَنِ ابْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا أَنْ تَلْبِيَةَ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ: «لَبَّيْكَ اللَّهُمَّ لَبَّيْكَ، لَبَّيْكَ لَا شَرِيْكَ لَكَ لَبَّيْكَ، إِنَّ الْحَمْدَ وَ النِّعْمَةَ لَكَ وَ الْمُلْكَ، لَا شَرِيْكَ لَكَ» قَالَ نَافِعٌ: وَ كَانَ عَبْدُ اللهِ بْنُ عُمَرَ يَزِيْدُ فِيْهَا: لَبَّيْكَ لَبَّيْكَ وَ سَعْدَيْكَ، وَ الْخَيْرُ فِيْ يَدَيْكَ، وَ الرَّغْبَاءُ إِلَيْكَ وَ الْعَمَلُ.

Musnad Syāfi‘ī 570: Mālik mengabarkan kepada kami dari Nāfi‘, dari Ibnu ‘Umar r.a.: Bahwa talbiyah Rasūlullāh s.a.w. ialah: “Aku penuhi panggilan-Mu, ya Allah, aku penuhi panggilan-Mu. Aku penuhi panggilan-Mu, tidak ada sekutu bagi-Mu, aku penuhi panggilan-Mu. Sesungguhnya segala puji dan semua nikmat adalah milik-Mu, begitu juga semua kekuasaan, tiada sekutu bagi-Mu.” Nāfi‘ mengatakan bahwa ‘Abdullāh bin ‘Umar menambahkan kepadanya kalimat berikut: “Aku penuhi panggilan-Mu, aku penuhi panggilan-Mu, dan aku merasa bahagia dengan taat kepada-Mu. Segala kebaikan berada di tangan kekuasaan-Mu, semua harapan tertumpu kepada-Mu, begitu pula amal perbuatan.” 572

مسند الشافعي ٥٧١: أَخْبَرَنَا بَعْضُ، أَهْلِ الْعِلْمِ عَنْ جَعْفَرِ بْنِ مُحَمَّدٍ، عَنْ أَبِيْهِ، عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللهِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ أَهَلَّ بِالتَّوْحِيْدِ: «لَبَّيْكَ اللَّهُمَّ لَبَّيْكَ، لَا شَرِيْكَ لَكَ لَبَّيْكَ، إِنَّ الْحَمْدَ وَ النِّعْمَةَ لَكَ وَ الْمُلْكَ، لَا شَرِيْكَ لَكَ».

Musnad Syāfi‘ī 571: Sebagian ahli ‘ilmu mengabarkan kepada kami dari Ja‘far bin Muḥammad, dari ayahnya, dari Jābir bin ‘Abdillāh, bahwa Rasūlullāh s.a.w. bertalbiyah dengan kalimat tauḥīd berikut: “Aku penuhi panggilan-Mu, ya Allah aku penuhi panggilan-Mu. Tidak ada sekutu bagi-Mu, aku penuhi panggilan-Mu. Sesungguhnya pujian, nikmat dan kerajaan adalah milik-Mu, tidak ada sekutu bagi-Mu.

مسند الشافعي ٥٧٢: قَالَ الشَّافِعِيُّ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ: وَ ذَكَرَ عَبْدُ الْعَزِيْزِ بْنُ عَبْدِ اللهِ الْمَاجِشُوْنُ عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ الْفَضْلِ، عَنِ الْأَعْرَجِ، عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: كَانَ مِنْ تَلْبِيَةِ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ: «لَبَّيْكَ إِلَهَ الْحَقِّ لَبَّيْكَ».

Musnad Syāfi‘ī 572: Asy-Syāfi‘ī r.a. mengatakan: ‘Abd-ul-‘Azīz bin ‘Abdillāh al-Mājisyūn menyebutkan dari ‘Abdullāh bin Fadhl, dari al-A‘raj, dari Abū Hurairah , ia berkata: “Termasuk di antara talbiyah yang pernah diucapkan oleh Rasūlullāh s.a.w. ialah: Aku penuhi seruan-Mu, wahai Tuhan semua makhlūq, aku penuhi seruan-Mu”. 573

مسند الشافعي ٥٧٣: أَخْبَرَنَا سَعِيْدٌ، عَنِ ابْنِ جُرَيْجٍ قَالَ: أَخْبَرَنِيْ حُمَيْدُ الْأَعْرَجُ، عَنْ مُجَاهِدٍ، أَنَّهُ قَالَ: كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ يُظْهِرُ مِنَ التَّلْبِيَةِ: «لَبَّيْكَ اللَّهُمَّ لَبَّيْكَ، لَبَّيْكَ لَا شَرِيْكَ لَكَ لَبَّيْكَ، إِنَّ الْحَمْدَ وَ النِّعْمَةَ لَكَ وَ الْمُلْكَ، لَا شَرِيْكَ لَكَ». قَالَ: حَتَّى إِذَا كَانَ ذَاتَ يَوْمٍ وَ النَّاسُ يُصْرَفُوْنَ عَنْهُ كَأَنَّهُ أَعْجَبَهُ مَا هُوَ فِيْهِ فَزَادَ فِيْهَا: «لَبَّيْكَ إِنَّ الْعَيْشَ عَيْشُ الْآخِرَةِ» قَالَ ابْنُ جُرَيْجٍ: وَ حَسِبْتُ أَنَّ ذلِكَ يَوْمَ عَرَفَةَ.

Musnad Syāfi‘ī 573: Sa‘īd mengabarkan kepada kami dari Ibnu Juraij, ia mengatakan: Ḥumaid al-A‘raj mengabarkan kepadaku dari Mujāhid bahwa ia pernah berkata: “Di antara bacaan talbiyah yang dikeraskan ucapannya oleh Nabi s.a.w. ialah: “Aku memenuhi seruan-Mu, ya Allah, aku memenuhi seruan-Mu; tiada sekutu bagi-Mu, aku memenuhi seruan-Mu. Sesungguhnya segala puji dan nimat serta kekuasaan hanyalah milik-Mu, tiada sekutu bagi-Mu. ” Mujāhid berkata: “Hingga pada suatu hari di saat orang-orang disuruh menjauh darinya, seakan-akan beliau merasa kagum dengan pemandangan yang disaksikannya, beliau menambah talbiyahnya: “Aku penuhi seruan-Mu, sesungguhnya kehidupan yang sebenarnya adalah kehidupan akhirat” Mujāhid berkata: “Aku menduga bahwa hari ini adalah hari ‘Arafah.” 574

مسند الشافعي ٥٧٤: أَخْبَرَنَا سَعِيْدٌ، عَنِ الْقَاسِمِ بْنِ مَعْنٍ، عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ عَجْلَانَ، عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ أَبِي سَلَمَةَ، أَنَّهُ قَالَ: سَمِعَ سَعْدُ بْنُ أَبِيْ وَقَّاصٍ، بَعْضَ بَنِيْ أَخِيْهِ وَ هُوَ يُلَبِّيْ: يَا ذَا الْمَعَارِجِ، فَقَالَ سَعْدٌ: «الْمَعَارِجُ إِنَّهُ لَذُو الْمَعَارِجِ، وَ مَا هكَذَا كُنَّا نُلَبِّيْ عَلَى عَهْدِ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ».

Musnad Syāfi‘ī 574: Sa‘īd mengabarkan kepada kami dari al-Qāsim bin Ma‘n, dari Muḥammad bin ‘Ajlān, dari ‘Abdullāah bin Abī Salamah, Bahwa ia mengatakan: Sa‘d bin Abī Waqqāsh pernah mendengar salah seorang keponakannya sedang mengucapkan talbiyah; “Wahai Tuhan yang memiliki tempat-tempat naik (Tinggi)” Maka Sa‘d berkata: “Tempat-tempat naik? Allah s.w.t. memang memiliki tempat-tempat naik, tetapi kami tidak demikian dalam melakukan talbiyah di masa Rasūlullāh s.a.w.”.” 575