Sunan Ibnu Majah no.251 s.d 254 – Mengambil Manfaat Ilmu Lalu Beramal Serta Memperhatikan Niat (2/2)

سنن ابن ماجه ٢٥١: حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الصَّبَّاحِ أَنْبَأَنَا الْوَلِيْدُ بْنُ مُسْلِمٍ عَنْ يَحْيَى بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ الْكِنْدِيِّ عَنْ عُبَيْدِ اللهِ بْنِ أَبِيْ بُرْدَةَ عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ قَالَ إِنَّ أُنَاسًا مِنْ أُمَّتِيْ سَيَتَفَقَّهُوْنَ فِي الدِّيْنِ وَ يَقْرَءُوْنَ الْقُرْآنَ وَ يَقُوْلُوْنَ نَأْتِي الْأُمَرَاءَ فَنُصِيْبُ مِنْ دُنْيَاهُمْ وَ نَعْتَزِلُهُمْ بِدِيْنِنَا وَ لَا يَكُوْنُ ذلِكَ كَمَا لَا يُجْتَنَى مِنَ الْقَتَادِ إِلَّا الشَّوْكُ كَذلِكَ لَا يُجْتَنَى مِنْ قُرْبِهِمْ إِلَّا قَالَ مُحَمَّدُ بْنُ الصَّبَّاحِ كَأَنَّهُ يَعْنِي الْخَطَايَا.

Sunan Ibnu Mājah 251: Telah menceritakan kepada kami Muḥammad bin ash-Shabbāḥ berkata: Telah memberitakan kepada kami al-Walīd bin Muslim, dari Yaḥyā bin ‘Abd-ur-Raḥmān al-Kindī, dari ‘Ubaidullāh bin Abū Burdah, dari Ibnu ‘Abbās, dari Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Sesungguhnya di antara umatku akan ada sekelompok manusia yang mempelajari agama dan membaca al-Qur’ān, berkata: ‘Marilah kita datangi para penguasa agar mendapatkan harta-harta mereka lalu kita menjauhi mereka dengan membawa agama kita.‘ Dan itu tidak berguna sebagaimana pohon duri tidaklah akan menghasilkan kecuali duri. Begitu juga dekatnya dengan mereka tidaklah menghasilkan selain-Muḥammad bin ash-Shabbāḥ berkata: “dosa-dosa.

Derajat: Syaikh al-Albani: Dha‘īf.

Pembanding: Tidak ada.

سنن ابن ماجه ٢٥٢: حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ مُحَمَّدٍ وَ مُحَمَّدُ بْنُ إِسْمَاعِيْلَ قَالَا حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ مُحَمَّدٍ الْمُحَارِبِيُّ حَدَّثَنَا عَمَّارُ بْنُ سَيْفٍ عَنْ أَبِيْ مُعَاذٍ الْبَصْرِيِّ ح و حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ مُحَمَّدٍ حَدَّثَنَا إِسْحَاقُ بْنُ مَنْصُوْرٍ عَنْ عَمَّارِ بْنِ سَيْفٍ عَنْ أَبِيْ مُعَاذٍ الْبَصْرِيِّ عَنِ ابْنِ سِيْرِيْنَ عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ تَعَوَّذُوْا بِاللهِ مِنْ جُبِّ الْحُزْنِ قَالُوْا يَا رَسُوْلَ اللهِ وَ مَا جُبُّ الْحُزْنِ قَالَ وَادٍ فِيْ جَهَنَّمَ تَعَوَّذُ مِنْهُ جَهَنَّمُ كُلَّ يَوْمٍ أَرْبَعَ مِائَةِ مَرَّةٍ قِيْلَ يَا رَسُوْلَ اللهِ مَنْ يَدْخُلُهُ قَالَ أُعِدَّ لِلْقُرَّاءِ الْمُرَائِيْنَ بِأَعْمَالِهِمْ وَ إِنَّ مِنْ أَبْغَضِ الْقُرَّاءِ إِلَى اللهِ الَّذِيْنَ يَزُوْرُوْنَ الْأُمَرَاءَ.قَالَ الْمُحَارِبِيُّ الْجَوَرَةَ قَالَ أَبُو الْحَسَنِ حَدَّثَنَا حَازِمُ بْنُ يَحْيَى حَدَّثَنَا أَبُوْ بَكْرِ بْنُ أَبِيْ شَيْبَةَ وَ مُحَمَّدُ بْنُ نُمَيْرٍ قَالَا حَدَّثَنَا ابْنُ نُمَيْرٍ عَنْ مُعَاوِيَةَ النَّصْرِيِّ وَ كَانَ ثِقَةً ثُمَّ ذَكَرَ الْحَدِيْثَ نَحْوَهُ بِإِسْنَادِهِ حَدَّثَنَا إِبْرَاهِيْمُ بْنُ نَصْرٍ حَدَّثَنَا أَبُوْ غَسَّانَ مَالِكُ بْنُ إِسْمَاعِيْلَ حَدَّثَنَا عَمَّارُ بْنُ سَيْفٍ عَنْ أَبِيْ مُعَاذٍ قَالَ مَالِكُ بْنُ إِسْمَاعِيْلَ قَالَ عَمَّارٌ لَا أَدْرِيْ مُحَمَّدٌ أَوْ أَنَسُ بْنُ سِيْرِيْنَ.

Sunan Ibnu Mājah 252: Telah menceritakan kepada kami ‘Alī bin Muḥammad dan Muḥammad bin Ismā‘īl keduanya berkata: Telah menceritakan kepada kami ‘Abd-ur-Raḥmān bin Muḥammad al-Muḥāribī berkata: Telah menceritakan kepada kami ‘Ammār bin Saif, dari Abū Mu‘ādz al-Bashrī. Dan menurut jalur yang lain: Telah menceritakan kepada kami ‘Alī bin Muḥammad berkata: Telah menceritakan kepada kami Isḥāq bin Manshūr, dari ‘Ammār bin Saif, dari Abū Mu‘ādz al-Bashrī, dari Ibnu Sīrīn, dari Abū Hurairah ia berkata: Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Berlindunglah kalian kepada Allah dari Jubb-ul-Ḥuzn.” Para sahabat bertanya: “Ya Rasūlullāh, apa yang dimaksud dengan Jubb-ul-Ḥuzn?” Beliau menjawab: “Sebuah lembah di neraka Jahannam. Dan Jahannam berlindung darinya empat ratus kali setiap hari.” Beliau ditanya: “Ya Rasūlullāh, siapakah yang akan memasukinya?” Beliau menjawab: “Ia dipersiapkan bagi para Qārī’ yang berlaku riya’ dengan amalan-amalannya. Dan Qārī’ yang paling dimurkai Allah adalah orang-orang yang mengunjungi para penguasa.” Al-Muḥāribī al-Jaurah berkata; Abul-Ḥasan berkata: Telah menceritakan kepada kami Ḥāzim bin Yaḥyā berkata: Telah menceritakan kepada kami Abū Bakr bin Abū Syaibah dan Muḥammad bin Numair keduanya berkata: Telah menceritakan kepada kami Ibnu Numair, dari Mu‘āwiyah an-Nashrī dan ia merupakan seorang yang terpercaya, kemudian dia menyebutkan hadits serupa dengan sanad-nya: Telah menceritakan kepada kami Ibrāhīm bin Nashr berkata: Telah menceritakan kepada kami Abū Ghassān Mālik bin Ismā‘īl berkata: Telah menceritakan kepada kami ‘Ammār bin Saif, dari Abū Mu‘ādz ia berkata: Mālik bin Ismā‘īl berkata: ‘Ammār berkata: “Aku tidak tahu apakah ia Muḥammad atau Anas bin Sīrīn.”

Derajat: Syaikh al-Albani: Dha‘īf.

Pembanding: Tidak ada.

سنن ابن ماجه ٢٥٣: حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ مُحَمَّدٍ وَ الْحُسَيْنُ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ قَالَا حَدَّثَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ نُمَيْرٍ عَنْ مُعَاوِيَةَ النَّصْرِيِّ عَنْ نَهْشَلٍ عَنِ الضَّحَّاكِ عَنِ الْأَسْوَدِ بْنِ يَزِيْدَ عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ مَسْعُوْدٍ قَالَ لَوْ أَنَّ أَهْلَ الْعِلْمِ صَانُوا الْعِلْمَ وَ وَضَعُوْهُ عِنْدَ أَهْلِهِ لَسَادُوْا بِهِ أَهْلَ زَمَانِهِمْ وَ لَكِنَّهُمْ بَذَلُوْهُ لِأَهْلِ الدُّنْيَا لِيَنَالُوْا بِهِ مِنْ دُنْيَاهُمْ فَهَانُوْا عَلَيْهِمْ سَمِعْتُ نَبِيَّكُمْ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ يَقُوْلُ مَنْ جَعَلَ الْهُمُوْمَ هَمًّا وَاحِدًا هَمَّ آخِرَتِهِ كَفَاهُ اللهُ هَمَّ دُنْيَاهُ وَ مَنْ تَشَعَّبَتْ بِهِ الْهُمُوْمُ فِيْ أَحْوَالِ الدُّنْيَا لَمْ يُبَالِ اللهُ فِيْ أَيِّ أَوْدِيَتِهَا هَلَكَ.

Sunan Ibnu Mājah 253: Telah menceritakan kepada kami ‘Alī bin Muḥammad dan al-Ḥusain bin ‘Abd-ur-Raḥmān keduanya berkata: Telah menceritakan kepada kami ‘Abdullāh bin Numair, dari Mu‘āwiyah an-Nashrī, dari Nahsyal, dari adh-Dhaḥḥāk, dari al-Aswad bin Yazīd, dari ‘Abdullāh bin Mas‘ūd ia berkata: “Seandainya ahlul ilmu menjaga ilmu dan meletakkannya pada ahlinya, niscaya akan memelihara penduduk zamannya. Akan tetapi mereka mencurahkannya kepada ahli dunia untuk memperoleh harta-harta mereka, sehingga mereka merendahkan diri di hadapan ahli dunia. Aku mendengar Nabi kalian shallallāhu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Barang siapa menjadikan cita-citanya untuk menggapai akhirat, maka Allah akan mencukupkan baginya dunianya. Dan barangsiapa cita-citanya hanya untuk mencari dunia, maka Allah tidak peduli di lembah mana dia binasa.

Derajat: Syaikh al-Albani: Dha‘īf Kecuali Redaksi: “Barang siapa…..”

Pembanding: SIM: 4096.

سنن ابن ماجه ٢٥٤: حَدَّثَنَا زَيْدُ بْنُ أَخْزَمَ وَ أَبُوْ بَدْرٍ عَبَّادُ بْنُ الْوَلِيْدِ قَالَا حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَبَّادٍ الْهُنَائِيُّ حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ الْمُبَارَكِ الْهُنَائِيُّ عَنْ أَيُّوْبَ السَّخْتِيَانِيِّ عَنْ خَالِدِ بْنِ دُرَيْكٍ عَنِ ابْنِ عُمَرَأَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ قَالَ مَنْ طَلَبَ الْعِلْمَ لِغَيْرِ اللهِ أَوْ أَرَادَ بِهِ غَيْرَ اللهِ فَلْيَتَبَوَّأْ مَقْعَدَهُ مِنَ النَّارِ.

Sunan Ibnu Mājah 254: Telah menceritakan kepada kami Zaid bin Akhzam dan Abū Badr ‘Abbād Ibn-ul-Walīd keduanya berkata; telah menceritakan kepada kami Muḥammad bin ‘Abbād al-Hunā’ī berkata: Telah menceritakan kepada kami ‘Alī Ibn-ul-Mubārak al-Hunā’ī, dari Ayyūb as-Sakhtiyānī, dari Khālid bin Duraik, dari Ibnu ‘Umar bahwa Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Barang siapa mencari ilmu untuk selain Allah, atau dengannya ia ingin mencari selain (ridha) Allah, maka hendaklah ia menyiapkan tempat duduknya di neraka.

Derajat: Syaikh al-Albani: Dha‘īf.

Pembanding: SD: 376.