Bab.Dosa Besar & Tanda Nifak-Pasal I-Kitabul Iman-Misykatul Mashabih

مِشْكَاتُ الْمَصَابِيْحِ
MISYKĀT-UL-MASHḤBĪḤ
Piala Lampu-lampu Penerang (Jilid I)
Oleh: Syaikh al-Farra’ al-Baghawi
 
 
Penerjemah: Yunus Ali al-Muhdhar
 
Diterbitkan oleh: Penerbit CV. Asy-Syifa’ Semarang

بَابُ الْكَبَائِرِ وَ عَلَامَاتِ النِّفَاقِ

BAB DOSA-DOSA BESAR

DAN TANDA-TANDA KEMUNĀFIQAN

الْفَصْلُ الْأَوَّلُ

PASAL PERTAMA

– 54 (مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ)
عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ مَسْعُوْدٍ قَالَ: قَالَ رَجُلٌ: يَا رَسُوْلَ اللهِ أَيُّ الذَّنْبِ أَكْبَرُ عِنْدَ اللهِ قَالَ: أَنْ تَدْعُوَ للهِ نِدًّا وَ هُوَ خَلَقَكَ قَالَ: ثُمَّ أَيٌّ قَالَ: ثمَّ أَنْ تَقْتُلَ وَلَدَكَ خَشْيَةَ أَنْ يَطْعَمَ مَعَكَ قَالَ: ثُمَّ أَيٌّ قَالَ: ثُمَّ أَنْ تُزَانِيْ بِحَلِيْلَةِ جَارِكَ فَأَنْزَلَ اللهُ عَزَّ وَ جَلَّ تَصْدِيْقَهَا (وَ الَّذِيْنَ لَا يَدْعُوْنَ مَعَ اللهِ إِلهًا آخَرَ وَ لَا يَقْتُلُوْنَ النَّفْسَ الَّتِيْ حَرَّمَ اللهُ إِلَّا بِالْحَقِّ وَ لَا يَزْنُوْنَ وَ مَنْ يَفْعَلْ ذلِكَ يَلْقَ أَثَامًا) الْآيَةُ.

  1. Dari ‘Abdullāh bin Mas‘ūd r.a. katanya: “Ada seorang bertanya: “Ya Rasūlullāh! Dosa apakah yang paling besar di sini Allah?” Jawab Rasūl: “Engkau menyekutukan Allah sedang Dia menjadikan kamu”. Tanyanya pula: “Apa lagi” Jawab beliau: “Engkau bunuh putramu dikarenakan kamu takut kalau ia makan bersama kamu.” Tanyanya pula: “Apalagi?” Jawab beliau: “Engkau menzinai istri tetanggamu”. Kemudian Allah ta‘ālā menurunkan ayat berikut: “Wal-ladzīna lā yad‘ūna ma‘allāhi ilāhan ākhara wa lā yaqtulūn-an-nafsal-latī ḥarramallāhu illā bil-ḥaqq wa lā yaznūn /Dan orang-orang yang tidak menyembah tuhan yang lain beserta Allah, dan tidak membunuh jiwa yang diharamkan Allah (membunuh) kecuali dengan alasaan yang benar, dan tidak berzina.” (Surat al-Furqān: 68). (HR. Bukhārī dan Muslim).

– 64 (صَحِيْحٌ)
وَ عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ عَمْرٍو عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ قَالَ: الْكَبَائِرُ الْإِشْرَاكُ بِاللهِ وَ عُقُوْقُ الْوَالِدَيْنِ وَ قَتْلُ النَّفْسِ وَ الْيَمِيْنِ الْغَمُوْسِ» . رَوَاهُ الْبُخَارِيُّ.

  1. Dari ‘Abdullāh bin ‘Amr katanya: “Rasūlullāh s.a.w. telah bersabda: “Dosa-dosa besar itu menyekutukan Allah, durhaka terhadap kedua orang tua, membunuh seseorang dan bersumpah palsu.” (HR. Bukhārī)

– 74 (مُتَّفق عَلَيْهِ)
وَ فِيْ رِوَايَةِ أَنَسٍ: «وَ شَهَادَةُ الزُّوْرِ» بَدَلُ: «الْيَمِيْنُ الْغَمُوْسِ».

  1. Dalam riwayat Anas disebutkan: (وَ شَهَادَةُ الزُّوْرِ)“dan saksi palsu” sebagai ganti (الْيَمِيْنُ الْغَمُوْسِ) “sumpah palsu” (Muttafaqun ‘alaih).

– 84 (مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ)
وَ عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ قَالَ: اجْتَنِبُوا السَّبْعَ الْمُوْبِقَاتِ قَالُوْا: يَا رَسُوْلَ اللهِ وَ مَا هُنَّ قَالَ: الشِّرْكُ بِاللهِ وَ السِّحْرُ وَ قَتْلُ النَّفْسِ الَّتِيْ حَرَّمَ اللهُ -[23]- إِلَّا بِالْحَقِّ وَ أَكْلُ الرِّبَا وَ أَكْلُ مَالِ الْيَتِيْمِ وَ التَّوَلِّيْ يَوْمَ الزَّحْفِ وَ قَذْفُ الْمُحْصَنَاتِ الْمُؤْمِنَاتِ الْغَافِلَاتِ.

  1. Dari Abū Hurairah r.a. berkata: “Rasūlullāh s.a.w. telah bersabda: “Jauhilah tujuh perkara yang membinasakan”. Tanya para sahabat: “Apa saja ya Rasūlullāh?” Jawab beliau: “Menyekutukan Allah, menyihir, membunuh seseorang tanpa alasan yang benar, makan harta riba, makan harta anak yatim, melarikan diri dari medan perang, dan menuduh seorang mu’min yang baik dengan tuduhan berzina.” (Muttafaqun ‘alaih).

– 94 (مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ)
وَ عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ قَالَ: لَا يَزْنِي الزَّانِيْ حِيْنَ يَزْنِيْ وَ هُوَ مُؤْمِنٌ وَ لَا يَشْرَبُ الْخَمْرَ حِيْنَ يَشْرَبُهَا وَ هُوَ مُؤْمِنٌ وَ لَا يَسْرِقُ السَّارِقُ حِيْنَ يَسْرِقُ وَ هُوَ مُؤْمِنٌ وَ لَا يَنْتَهِبُ نُهْبَةً يَرْفَعُ النَّاسُ إِلَيْهِ أَبْصَارُهُمْ فِيْهَا حِيْنَ يَنْتَهِبُهَا وَ هُوَ مُؤْمِنٌ وَ لَا يَغُلُّ أَحَدُكُمْ حِيْنَ يَغُلُّ وَ هُوَ مُؤْمِنٌ فَإِيَّاكُمْ إِيَّاكُمْ.

  1. Dari Abū Hurairah r.a. katanya: “Rasūlullāh s.a.w. bersabda: “Tidaklah seorang berzina ketika ia sedang berzina, sedangkan ia mu’min, dan tidak seorang mencuri, ketika ia mencuri sedang ia mu’min, dan tidak seorang minum minuman keras ketika ia mu’min, dan tidak seorang merampas harta orang lain sampai orang lain sampai orang lain melihat padanya ketika ia merampas sedangkan ia mu’min, dan tidak seorang dari kamu berkhianat ketika ia berkhianat sedangkan ia mu’min, jauhilah, jauhilah perbuatan di atas.” (Muttafaqun ‘alaih).

– 05 (صَحِيْحٌ)
وَ فِيْ رِوَايَة ابْن عَبَّاس: «وَ لَا يَقْتُلُ حِيْنَ يَقْتُلُ وَ هُوَ مُؤْمِنٌ» . قَالَ عِكْرِمَةُ: قُلْتُ لِابْنِ عَبَّاسٍ: كَيْفَ يُنْزَعُ الْإِيْمَانُ مِنْهُ؟ قَالَ: هكَذَا وَ شَبَّكَ بَيْنَ أَصَابِعِهِ ثُمَّ أَخْرَجَهَا فَإِنْ تَابَ عَادَ إِلَيْهِ هكَذَا وَ شَبَّكَ بَيْنَ أَصَابِعِهِ وَ قَالَ أَبُوْ عَبْدِ اللهِ: لَا يَكُوْنُ هذَا مُؤْمِنًا تَامًّا وَ لَا يَكُوْنُ لَهُ نُوْرُ الْإِيْمَان. هذَا لَفْظُ الْبُخَارِيِّ

  1. Dalam riwayat Ibnu ‘Abbās dikatakan bahwa Nabi s.a.w. bersabda: “Tidaklah termasuk seorang yang beriman ketika seorang sedang membunuh.” Kata ‘Ikrimah: “Aku tanyakan pada Ibnu ‘Abbās: “Bagaimanakah dicabutnya iman seseorang?” Jawab Ibnu ‘Abbās: “Terlepasnya iman seseorang dari hatinya adalah seperti terpisahnya jari-jari ini dari kesatuannya, kemudian ia akan kembali lagi pada kesatuannya seperti ini ketika ia telah tertaubat kembali.” Pada mulanya Ibnu ‘Abbās menghimpunkan jari-jari kedua telapak tangannya menjadi satu kemudian ia melepaskan antara keduanya dan selanjutnya ia menghimpunkannya kembali.”

Kata Abū ‘Abdillāh: “Seorang yang membunuh orang lain, maka ia tidak sempurna imannya dan tidak mempunyai cahaya keimanan, ketika ia melakukan pembunuhan terhadap seorang mu’min tanpa dosa.” (Ini merupakan lafazh dari Bukhārī).

– 15 (صَحِيْحٌ)
وَ عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ: «آيَةُ الْمُنَافِقِ ثَلَاثٌ» . زَادَ مُسْلِمٌ: «وَ إِنْ صَامَ وَ صَلَّى وَ زَعَمَ أَنَّهُ مُسْلِمٌ» . ثُمَّ اتَّفَقَا: «إِذَا حَدَّثَ كَذَبَ وَ إِذَا وَعَدَ أَخْلَفَ وَ إِذَا اؤْتُمِنَ خَانَ».

  1. Dari Abū Hurairah r.a. katanya: “Rasūlullāh s.a.w. bersabda: “Tanda-tanda orang munāfiq ada tiga, ditambahkan oleh Muslim: “Walaupun ia berpuasa, bershalat, dan mengakut dirinya sebagai Muslim.” Kemudian Bukhārī dan Muslim bersepakat/sama dalam kata-kata selanjutnya: “Jika berkata ia berbohong, jika berjanji tidak menepati, dan jika diberi amanat ia berkhianat.” (HR. Bukhārī, Muslim).

– 25 (مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ)
وَ عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ عَمْرٍو أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ قَالَ: «أَرْبَعٌ مَنْ كُنَّ فِيْهِ كَانَ مُنَافِقًا خَالِصًا وَ مَنْ كَانَتْ فِيْهِ خَصْلَةٌ مِنْهُنَّ كَانَتْ فِيْهِ خَصْلَةٌ مِنَ النِّفَاقِ حَتَّى يَدَعَهَا إِذَا اؤْتُمِنَ خَانَ وَ إِذَا حَدَّثَ كَذَبَ وَ إِذَا عَاهَدَ غَدَرَ وَ إِذَا خَاصَمَ فَجَرَ»

  1. Dari ‘Abdullāh bin ‘Amru katanya: “Rasūlullāh s.a.w. bersabda: “Empat sifat jika dimiliki seseorang, maka ia termasuk seorang munāfiq sejati, dan jika ada satu saja dari sifat tersebut, maka pada diri orang itu terdapat tanda-tanda kemunāfiqan sampai ia meninggalkannya sama sekali: “Jika diberi amanat ia berkhianat, jika berkata ia berdusta, jika berjanji ia melanggarnya dan jika ia berkelahi ia berbuat durhaka.” (Muttafaqun ‘alaih).

– 35 (صَحِيْحٌ)
وَ عَنِ ابْنِ عُمَرَ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ قَالَ: «مَثَلُ الْمُنَافِقِ كَمَثَلِ الشَّاة الْعَائِرَةِ بَيْنَ الْغَنَمَيْنِ تَعِيْرُ إِلَى هذِهِ مَرَّةً وَ إِلَى هذِه مَرَّةً» . رَوَاهُ مُسْلِمٌ.

  1. Dari Ibnu ‘Umar r.a. katanya: “Rasūlullāh s.a.w. telah bersabda: “Perumpamaan seorang munāfiq itu seperti seekor anak domba yang menyusu di antara dua induk kambing, sekali ia menyusu di sini sekali menyusu di sana.” (HR. Muslim).

Komentar

Belum ada komentar. Mengapa Anda tidak memulai diskusi?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *