Hati Senang

Bab.Iman Dengan Taqdir-Pasal II-Kitabul Iman-Misykatul Mashabih

Cover Buku Misykat-ul-Mashabih - Piala Lampu-lampu Penerang Oleh Yunus Ali al-Mudhor
مِشْكَاتُ الْمَصَابِيْحِ MISYKĀT-UL-MASHḤBĪḤ Piala Lampu-lampu Penerang (Jilid I) Oleh: Syaikh al-Farra’ al-Baghawi     Penerjemah: Yunus Ali al-Muhdhar   Diterbitkan oleh: Penerbit CV. Asy-Syifa’ Semarang

– 09 (ضَعِيْفٌ)
وَ عَنْ عبَادَةَ بْنِ الصَّامِتِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ يَقُوْلُ: «إِنَّ أَوَّلَ مَا خَلَقَ اللهُ الْقَلَمُ فَقَالَ: اكْتُبْ فَقَالَك مَا أَكْتُبُ قَالَ: اكْتُبِ الْقَدَرَ مَا كَانَ وَ مَا هُوَ كَائِنٌ إِلَى الْأَبَدِ». رَوَاهُ التِّرْمِذِيُّ وَ قَالَ: هذَا حَدِيْثٌ غَرِيْبٌ إِسْنَادًا.

  1. Dari ‘Ubādah bin Shāmit katanya: “Sesungguhnya pertama-tama yang diciptakan oleh Allah adalah al-Qalam, kemudian Allah berfirman kepadanya: “Tulislah!” Tanya al-Qalam: “Apa yang aku tulis?” Firman Allah: “Tulislah ketetapan yang terdahulu maupun yang akan terjadi sepanjang masa.” (HR. Tirmidzī). Dan dikatakan bahwa hadits ini gharīb isnādnya.

– 19 (لم تتمّ دراسته)
وَ عَنْ مُسْلِمِ بْنِ يَسَارٍ قَالَ: سُئِلَ عُمَرُ بْنُ الْخَطَّابِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ عَنْ هذِهِ الْآيَةِ (وَ إِذْ أَخَذَ رَبُّكَ مِنْ بَنِيْ آدَمَ مِنْ ظُهُوْرِهِمْ) قَالَ عُمَرُ -[35]- بْنُ الْخَطَّابِ: سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ يسْأَل عَنْهَا فَقَالَ: «(إِنَّ اللهَ) خَلَقَ آدَمَ ثُمَّ مَسَحَ ظَهْرَهُ بِيَمِيْنِهِ فَاسْتَخْرَجَ مِنْهُ ذُرِّيَّةً فَقَالَ: خَلَقْتُ هؤُلَاءِ لِلْجَنَّةِ وَ بِعَمَلِ أَهْلِ الْجنَّةِ يَعْمَلُوْنَ ثُمَّ مَسَحَ ظَهْرَهُ فَاسْتَخْرَجَ مِنْهُ ذُرِّيَّةً فَقَالَ: خَلَقْتُ هؤُلَاءِ لِلنَّارِ وَ بِعَمَلِ أَهْلِ النَّارِ يَعْمَلُوْنَ. فَقَالَ رَجُلٌ: يَا رَسُوْلَ اللهِ فَفِيْمَ الْعَمَلُ يَا رَسُوْلَ اللهِ قَالَ: فَقَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ: إِنَّ اللهَ إِذَا خَلَقَ الْعَبْدَ لِلْجَنَّةِ اسْتَعْمَلَهُ بِعَمَلِ أَهْلِ الْجَنَّةِ حَتَّى يَمُوْتَ عَلَى عَمَلٍ مِنْ أَعْمَالِ أَهْلِ الْجنَّةِ فَيَدْخُلُهُ اللهُ الْجَنَّةَ وَ إِذَا خَلَقَ الْعَبْدَ لِلنَّارِ اسْتَعْمَلَهُ بِعَمَلِ أَهْلِ النَّارِ حَتَّى يَمُوْتَ عَلَى عَمَلٍ مِنْ أَعْمَالِ أَهْلِ النَّارِ فَيَدْخُلُهُ اللهُ النَّارَ». رَوَاهُ مَالِكٌ وَ التِّرْمِذِيُّ وَ أَبُوْ دَاوُدَ.

  1. Dari Muslim bin Yasār katanya: “Pernah ‘Umar bin Khaththāb ditanya tentang ayat: “Wa idz akhadza min Banī Ādama min zhuhūrihim dzurriyyatahum/dan ketika Tuhanmu telah mengambil dari punggung Bani Ādam keturunan-keturunan mereka…...”

Jawab ‘Umar: “Aku pernah mendengar ketika Rasūlullāh s.a.w. ditanya tentang maksud ayat tersebut, maka beliau menjawab: “Sesungguhnya Allah menjadikan Ādam, kemudian mengusap punggungnya dengan tangan kanan-Nya lalu Allah mengeluarkan dari padanya anak cucunya, kemudian Allah berfirman: “Aku jadikan mereka ini untuk menghuni syurga dan mereka akan mengerjakan ‘amalan-‘amalan ahli syurga.” Kemudian Dia mengusap punggung Ādam dan dikeluarkan daripadanya anak cucunya seraya berfirman: “Aku jadikan mereka untuk menghuni neraka dan mereka akan mengerjakan ‘amalan-‘amalan ahli neraka.” Tanya seseorang: “Lalu bagaimanakah peranan ‘amal seseorang?” Jawab Rasūlullāh s.a.w.: “Sesungguhnya jika Allah menjadikan seorang hamba untuk menghuni syurga, maka ia akan dipermudahkan mengerjakan ‘amalan-‘amalan ahli syurga, sampai dia meninggalpun tetap dalam keadaan mengerjakan ‘amalan ahli syurga dan iapun akan dimasukkan dengannya ke dalam syurga, dan bila Ia menjadikan seorang hamba untuk menghuni neraka, maka ia akan dimudahkan untuk mengerjakan ‘amalan-‘amalan ahli neraka, dan iapun akan dimasukkan dengannya ke dalam neraka.” (HR. Tirmidzī, Abū Dāwūd dan Mālik).

– 29 (صَحِيْحٌ)
وَ عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ عَمْرِو بْنِ الْعَاصِ قَالَ: خَرَجَ عَلَيْنَا رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ وَ فِيْ يَدِهِ كِتَابَانِ فَقَالَ: «أَتَدْرُوْنَ مَا هذَانِ الْكِتَابَانِ فَقُلْنَا: لَا يَا رَسُوْلَ اللهِ إِلَّا أَنْ تُخْبِرَنَا فَقَالَ لِلَّذِيْ فِيْ يَدِهِ الْيُمْنَى هذَا كِتَابٌ مِنْ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ فِيْهِ أَسْمَاءُ أَهْلِ الْجَنَّةِ وَ أَسْمَاءُ آبَائِهِمْ وَ قَبَائِلِهِمْ ثُمَّ أَجْمَلَ عَلَى آخِرِهِمْ، فَلَا يُزَادُ فِيْهِمْ وَ لَا يُنْقَصُ مِنْهُمْ أَبَدًا. ثُمَّ قَالَ: لِلَّذِيْ فِيْ شِمَالِهِ هذَا كِتَابٌ مِنْ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ فِيْهِ أَسْمَاءُ أَهْلِ النَّارِ وَ أَسْمَاءِ آبَائِهِم وَ قَبَائِلِهِمْ ثُمَّ أَجْمَلَ عَلَى آخِرِهِمْ فَلَا يُزَادُ فِيْهِمْ وَ لَا يُنْقَصُ مِنْهُمْ أَبَدًا فَقَالَ أَصْحَابُهُ: فَفِيْمَ الْعَمَلُ يَا رَسُوْلَ اللهِ إِنْ كَانَ أَمْرٌ قَدْ فُرِغَ مِنْهُ فَقَالَ: سَدِّدُوْا وَ قَارِبُوْا فَإِنَّ صَاحِبَ الْجَنَّةِ يُخْتَمُ لَهُ بِعَمَلِ أَهْلِ الْجَنَّةِ وَ إِنْ عَمِلَ أَيَّ عَمَلٍ وَ إِنَّ صَاحِبَ النَّارِ يُخْتَمُ لَهُ بِعَمَلِ أَهْلِ النَّارِ وَ إِنْ عَمِلَ أَيَّ عَمَلٍ -[36]- ثُمَّ قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ بِيَدَيْهِ فَنَبَذَهُمَا ثُمَّ قَالَ: فَرَغَ رَبُّكُمْ مِنَ الْعِبَادِ فَرِيْقٌ فِي الْجنَّةِ وَ فَرِيْقٌ فِي السَّعِيْرِ». رَوَاهُ التِّرْمِذِيُّ وَ قَالَ: هذَا حَدِيْثٌ حَسَنٌ غَرِيْبٌ صَحِيْحٌ.

  1. Dari ‘Abdullāh bin ‘Amr katanya: “Pernah Rasūlullāh s.a.w. keluar dan di kedua tangan beliau dua kitab, seraya bersada: “Tahukah kalian apakah kedua kitab ini?” Jawab kami: “Tidak, kecuali jika engkau beritahukan kepada kami”. Kemudian Rasūlullāh s.a.w. berkata sambil menunjuk kepada kitab yang ada di tangan kanan beliau: “Ini adalah kitab dari rabb-ul-‘ālamīn yang di dalamnya terdapat nama-nama calon penghuni syurga dan lengkap dengan nama ayah-ayah mereka dan kabilah-kabilah mereka kemudian dilengkapkan hingga jumlah akhir mereka tanpa ditambah maupun dikurangi sedikitpun, kemudian beliau berkata sambil menunjuk kitabnya yang ada di tangan kiri beliau: “Ini adalah kitab dari rabb-ul-‘ālamīn yang di dalamnya terdapat nama-nama calon penghuni neraka lengkap dengan nama-nama ayah mereka dan kabilah-kabilah mereka, kemudian dilengkapkan sampai jumlah akhir mereka, tanpa ditambah atau dikurangi sedikitpun”. Tanya salah seorang sahabat Nabi: “Bagaimanakah peranan ‘amalan masing-masing?” Jawab Rasūlullāh s.a.w.: “Rajinlah kalian ber‘amal, sesungguhnya seorang ahli syurga ia akan diakhiri ‘amalannya dengan ‘amalan ahli syurga, walaupun ia mengerjakan ‘amalan apa saja, dan seorang ahli neraka akan diakhiri ‘amalannya dengan ‘amalan ahli neraka, walaupun ia mengerjakan ‘amalan apa saja.” Kemudian sambil meletakkan kedua kitab tersebut Rasūlullāh s.a.w. bersabda: “Tuhanmu telah selesai menetapkan hamba-hambaNya, sebagian ditetapkan sebagai penduduk syurga dan sebagian ditetapkan sebagai penduduk neraka.” (HR. Tirmidzī).

– 39 (لم تتمّ دراسته)
وَ عَنْ أَبيْ خِزَامَةَ عَنْ أَبِيْهِ قَالَ: قُلْتُ يَا رَسُوْلَ اللهِ أَرَأَيْتَ رُقًى نَسْتَرْقِيْهَا وَ دَوَاءً نَتَدَاوَى بِهِ وَ تُقَاةً نَتَّقِيْهَا هَلْ تَرُدُّ مِنْ قَدَرِ اللهِ شَيْئًا قَالَ: «هِيَ مِنْ قَدَرِ الله». رَوَاهُ أَحْمَدُ وَ التِّرْمِذِيُّ وَ ابْنُ مَاجَهْ.

  1. Dari Abū Khizāmah dari ayahnya, katanya: “Wahai Rasūlullāh, bagaimanakah pendapatmu tentang Ruqyah/jampi-jampi, obat-obat dan penangkal, apakah hal itu dapat menolak taqdīr Allah?” Jawab Rasūlullāh s.a.w.: “Itu adalah dari taqdīr Allah juga.” (HR. Aḥmad, Tirmidzī, dan Ibnu Mājah).

– 49 (لم تتمّ دراسته)
وَ عَنْ أَبيْ هُرَيْرَة قَالَ: خَرَجَ عَلَيْنَا رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ وَ نَحْنُ نَتَنَازَعُ فِي الْقَدَرِ فَغَضِبَ حَتَّى احْمَرَّ وَجْهُهُ حَتَّى كَأَنَّمَا فُقِئَ فِيْ وَجْنَتَيْهِ الرُّمَّانِ فَقَالَ: «أَبِهذَا أُمِرْتُمْ أَمْ بِهذَا أُرْسِلْتُ إِلَيْكُمْ إِنَّمَا هَلَكَ مَنْ كَانَ قَبْلُكُمْ حِيْنَ تَنَازَعُوْا فِيْ هذَا الْأَمْرِ عَزَمْتُ عَلَيْكُمْ أَلَا تَتَنَازَعُوْا فِيْهِ». رَوَاهُ التِّرْمِذِيُّ وَ رُوِيَ ابْنُ مَاجَهْ فِي الْقَدْرِ نَحْوَهُ عَنْ عَمْرٍو بْنِ شُعَيْبٍ، عِنْ أَبِيْهِ عَنْ جَدِّهِ. (حَدِيْثٌ حَسَنٌ).

  1. Dari Abū Hurairah r.a. katanya: “Pernah Rasūlullāh s.a.w. keluar kepada kami di saat kami sedang memperdebatkan tentang taqdīr, maka Rasūlullāh s.a.w. marah sampai terlihat merah padam di wajah beliau, seraya bersabda: “Apakah dengan ini kalian diperintahkan ataukah dengan ini aku diutus kepadamu? Sesungguhnya bannyak orang yang binasa sebelum kalian ketika mereka memperdebatkan tentang urusan ini (taqdīr). Sungguh aku minta dengan sangat janganlah kalian memperdebatkan tentang hal ini (taqdīr) lagi.” (HR. Tirmidzī, dan diriwayatkan pula oleh ‘Amru bin Syu‘aib dari ayahnya dan dari kakeknya).

– 59 (صَحِيْحٌ)
وَ عَنْ أَبِيْ مُوْسَى قَالَ: سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ يَقُوْلُ: «إِنَّ اللهَ خَلَقَ آدَمَ مِنْ قَبْضَةٍ قَبَضَهَا مِنْ جَمِيْعِ الْأَرْضِ فَجَاءَ بَنُوْ آدَمَ عَلَى قَدْرِ الْأَرْضِ مِنْهُمُ الْأَحْمَرُ وَ الْأَبْيَضُ -[37]- وَ الْأَسْوَدُ وَ بَيْنَ ذلِكَ وَ السَّهْلُ وَ الْحَزْنُ وَ الْخَبِيْثُ وَ الطَّيِّبُ». رَوَاهُ أَحْمَدُ وَ التِّرْمِذِيُّ وَ أَبُوْ دَاوُدَ.

  1. Dari Abū Mūsā katanya: “Pernah aku dengar Rasūlullāh s.a.w. bersabda: “Sesungguhnya Allah menjadikan Ādam dari segenggam tanah yang terkumpul di dalamnya segala unsur tanah di bumi ini, maka keluarlah putra-putra Ādam sesai dengan tanah asalnya, di antara mereka ada yang merah putih dan hitam dan di antara mereka ada yang berwatak lemah-lembut, kasar, buruk budi pekertinya dan baik budi pekertinya.” (HR. Aḥmad, Tirmidzī dan Abū Dāwūd).

– 69 (صَحِيْحٌ)
وَ عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ عَمْرٍو قَالَ: سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ يَقُوْلُ:” إِنَّ اللهَ خَلَقَ خَلْقَهُ فِيْ ظُلْمَةٍ فَأَلْقَى عَلَيْهِمْ مِنْ نُوْرِهِ فَمَنْ أَصَابَهُ مِنْ ذلِكَ النُّوْرِ اهْتَدَى وَ مَنْ أَخْطَأَهُ ضَلَّ فَلِذلِكَ أَقُوْل: جَفَّ الْقَلَمُ عَلَى عِلْمِ اللهِ”. رَوَاهُ أَحْمَدُ وَ التِّرْمِذِيُّ.

  1. Dari ‘Abdullāh bin ‘Amr katanya: “Pernah Rasūlullāh s.a.w. bersabda: “Sesungguhnya Allah menjadikan hambanya di dalam kegelapan, maka Allah memancarkan cahaya-Nya kepada mereka, barang siapa yang terkena cahaya-Nya maka orang itu akan berada di atas jalan petunjuk, dan barang siapa yang tidak terkena cahayanya, maka ia akan sesat, karena itu, aku katakan: “Semuanya telah dicatat di dalam ‘ilmu Allah.” (HR. Aḥmad dan Tirmidzī).

– 79 (صَحِيْحٌ)
وَ عَنْ أَنَسٍ قَالَ: كَانَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ يُكْثِرُ أَنْ يَقُوْلَ: «يَا مُقَلِّبَ الْقُلُوْبِ ثَبِّتْ قَلْبِيْ عَلَى دِيْنِكَ» فَقُلْتُ: يَا نَبِيَّ اللهِ آمَنَّا بِكَ وَ بِمَا جِئْتَ بِهِ فَهَلْ تَخَافُ عَلَيْنَا؟ قَالَ: «نَعَمْ إِنَّ الْقُلُوْبَ بَيْنَ أُصْبُعَيْنِ مِنْ أَصَابِعِ اللهِ يُقَلِّبُهَا كَيْفَ يَشَاءُ». رَوَاهُ التِّرْمِذِيُّ وَ ابْنُ مَاجَهْ.

  1. Dari Anas katanya: Rasūlullāh s.a.w. selalu memperbanyak ucapan: “Yā muqallib-al-qulūb, tsabbit qalbi ‘alā dinīka/Wahai Dzāt yang membolak-balikkan hati manusia tetapkanlah hatiku atas agama-Mu.” Maka kataku: “Wahai Nabiyyallāh, kami telah percaya dengan engkau dan dengan apa yang engkau datangkan, apakah engka masih khawatir dengan kami?” Jawab Rasūlullāh s.a.w.: “Ya, sesungguhnya hati-hati manusia ada di antara dua jari dari jari-jari Allah yang akan dibolak-balikkan sekehendak-Nya.” (HR. Tirmidzī dan Ibnu Mājah).

– 89 (صَحِيْحٌ)
وَ عَنْ أَبِيْ مُوْسَى قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ: «مَثَلُ الْقَلْبِ كَرِيْشَةٍ بِأَرْضِ فَلَاةٍ يُقَلِّبُهَا الرِّيَاحُ ظَهْرًا لِبَطْنٍ». رَوَاهُ أَحْمَدُ.

  1. Dari Abū Mūsā katanya: “Rasūlullāh s.a.w. telah bersabda: “Perumpamaan hati itu bagaikan bulu burung yang berada di atas tanah lapang, ia akan dibolak-balikkan angin semaunya.” (HR. Aḥmad).

– 99 (صَحِيْحٌ)
وَ عَنْ عَلِيٍّ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ:” لَا يُؤْمِنُ عَبْدٌ حَتَّى يُؤْمِنَ بِأَرْبَعٍ: يَشْهَدُ أَنْ لَا إِلهَ إِلَّا اللهُ وَ أَنِّيْ رَسُوْلُ اللهِ بَعَثَنِيْ بِالْحَقِّ وَ يُؤْمِنُ بِالْمَوْتِ وَ الْبَعْثِ بَعْدَ الْمَوْتِ وَ يُؤْمِنُ بِالْقَدَرِ”. رَوَاهُ التِّرْمِذِيُّ وَ ابْنُ مَاجَهْ.

  1. Dari ‘Alī katanya: “Rasūlullāh s.a.w. telah bersabda: “Tidak beriman salah seorang dari kamu sampai ia beriman (dengan sepenuh hati) kepada empat perkara: Yaitu bersaksi bahwa tidak ada tuhan selain Allah dan aku adalah Rasūl-Nya yang diutus dengan membawa kebenaran, percaya kepada kematian dan kebangkitan setelah mati dan percaya dengan taqdīr.” (HR. Tirmidzī dan Ibnu Mājah).

– 001 (ضَعِيْفٌ)
وَ عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ:” صِنْفَانِ مِنْ أُمَّتِيْ لَيْسَ لَهُمَا فِي الْإِسْلَامِ نَصِيْبٌ: الْمُرْجِئَةُ وَ الْقَدَرِيَّةُ”. رَوَاهُ التِّرْمِذِيُّ وَ قَالَ هذَا حَدِيْثٌ غَرِيْبٌ.

  1. Dari Ibnu ‘Abbās katanya: “Rasūlullāh s.a.w. telah bersabda: “Dua macam orang dari umatku yang tidak termasuk dalam golongan Islam sedikitpun: al-Murji’ah dan al-Qadariyyah.” (HR. Tirmidzī). Dikatakan hadits tersebut adalah Gharīb.

– 101 (حَسَنٌ)
وَ عَنِ ابْنِ عُمَرَ قَالَ: سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ يَقُوْلُ: «يَكُوْنُ فِيْ أُمَّتِيْ خَسْفٌ وَ مَسْخٌ وَ ذلِكَ فِي الْمُكَذِّبِيْنَ بِالْقَدَرِ». رَوَاهُ أَبُوْ دَاوُدَ وَ رَوَى التِّرْمِذِيُّ نَحْوَهُ.

  1. Dari Ibnu ‘Umar r.a. katanya: “Telah aku dengar Rasūlullāh s.a.w. bersabda: “Kelak di antara umatku ada segolongan yang dibenamkan ke dalam bumi dan di wajah mereka menjadi lebih buruk, yaitu mereka yang tidak percaya kepada adanya taqdīr.” (HR. Abū Dāwūd).

– 201 (حَسَنٌ)
وَ عَنِ ابْنِ عُمَرَ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ: «الْقَدَرِيَّةُ مَجُوْسُ هذِهِ الْأُمَّةِ إِنْ مَرِضُوْا فَلَا تَعُوْدُوْهُمْ وَ إِنْ مَاتُوْا فَلَا تَشْهَدُوْهُمْ» . رَوَاهُ أَحْمَدُ وَ أَبُوْ دَاوُدَ.

  1. Dari Ibnu ‘Umar r.a. katanya: “Telah aku dengar Rasūlullāh s.a.w. bersabda: “Aliran al-Qadariyyah adalah majusinya umat ini, jika mereka sakit janganlah dikunjungi, dan jika mereka mati janganlah kamu saksikan pemakamannya.” (HR. Aḥmad dan Abū Dāwūd).

– 301 (ضَعِيْفٌ)
وَ عَنْ عُمَرَ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ: «لَا تُجَالِسُوْا أَهْلَ الْقَدَرِ وَ لَا تَفَاتَحُوْهُمْ» رَوَاهُ أَبُوْ دَاوُدُ.

  1. Dari ‘Umar r.a. katanya: “Janganlah kamu duduk-duduk dengang orang-orang yang mendustakan adanya taqdīr dan janganlah memulai menerima salam kepada/dari mereka.” (HR. Abū Dāwūd).

– 401 (لم تتمّ دراسته)
وَ عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهَا قَالَتْ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ:” سِتَّةٌ لَعَنْتُهُمْ وَ لَعَنَهُمُ اللهُ وَ كُلُّ نَبِيٍّ يُجَابُ: الزَّائِدُ فِيْ كِتَابِ اللهِ وَ الْمُكَذِّبُ بِقَدَرِ اللهِ -[39]- وَ الْمُتَسَلِّطُ بِالْجَبَرُوْتِ لِيُعِزَّ مَنْ أَذَلَّهُ اللهُ وَ يُذِلَّ مَنْ أَعَزَّهُ اللهُ وَ الْمُسْتَحِلُّ لِحَرَمِ اللهِ وَ الْمُسْتَحِلُّ مِنْ عِتْرَتِيْ مَا حَرَّمَ اللهُ وَ التَّارِكُ لِسُنَّتِيْ “. رَوَاهُ الْبَيْهَقِيُّ فِي الْمَدْخَلِ و رَزِيْنُ فِيْ كِتَابِهِ.

  1. Dari ‘Ā’isyah r.a. katanya: “Rasūlullāh s.a.w. bersabda: “Enam orang yang aku kutuk dan Allah pun juga mengutuk mereka dan setiap nabi pasti akan dikabulkan doa mereka, orang yang menambah-nambah Kitāb Allah, yang mendustakan adanya taqdīr Allah, penguasa yang zhālim yang memuliakan orang yang dihinakan oleh Allah (musuh Allah) dan menghinakan orang yang dimuliakan Allah (waliyullāh), dan orang yang menghalalkan yang diharamkan Allah, orang yang menindas anak cucuku yang memang perbuatan itu diharamkan Allah dan orang yang meninggalkan sunnahku.” (HR. Baihaqī dalam kitab al-Madkhal dan Razīn dalam kitabnya). (Penilaian terhadap hadits ini belum sempurna kajiannya).

– 501 (صَحِيْحٌ)
وَ عَنْ مَطَرَ بْنِ عُكَامٍ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ: «إِذَا قَضَى اللهُ لِعَبْدٍ أَنْ يَمُوْتَ بِأَرْضٍ جَعَلَ لَهُ إِلَيْهَا حَاجَةً». رَوَاهُ أَحْمَدُ وَ التِّرْمِذِيُّ.

  1. Dari Mathar bin ‘Ukkām katanya: “Rasūlullāh s.a.w. bersabda: “Jika Allah telah memutuskan kepada seseorang untuk mati di suatu tempat, maka Allah menjadikan orang itu mempunyai hajat ke tempat itu.” (HR. Aḥmad dan Tirmidzī).

– 601 (صَحِيْحٌ)
وَ عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهَا قَالَتْ: قُلْتُ: يَا رَسُوْلَ اللهِ ذَرَارِيُّ الْمُؤْمِنِيْنَ؟ قَالَ: «مِنْ آبَائِهِمْ» . فَقُلْتُ: يَا رَسُوْلَ اللهِ بِلَا عَمَلٍ؟ قَالَ: «اللهُ أَعْلَمُ بِمَا كَانُوْا عَامِلِيْنَ». قُلْتُ فَذَارَارِيُّ الْمُشْرِكِيْنَ؟ قَالَ: «مِنْ آبَائِهِمْ». قُلْتُ: بِلَا عَمَلٍ؟ قَالَ: «اللهُ أَعْلَمُ بِمَا كَانُوْا عَامِلِيْنَ». رَوَاهُ أَبُوْ دَاوُدَ.

  1. Dari ‘Ā’isyah katanya: “Aku pernah bertanya: “Wahai Rasūlullāh, bagaimanakah keadaan anak-anak kaum Muslimīn yang mati di masa kecil?” Jawab Rasūlullāh s.a.w.: “Akan dinilai dari ‘amalan-‘amalan ayah mereka.” Jawab ‘Ā’isyah: “Ya Rasūlullāh, kalaupun mereka tidak ber‘amal?” Jawab Rasūlullāh: “Allah lebih tahu dengan apa yang mereka perbuat.” Maka aku tanyakan: “Bagaimanakah keadaan anak-anak kaum Musyrikīn yang mati di masa kecil?” Jawab Nabi: “Mereka akan dinilai dari ‘amalan ayah-ayah mereka.” Tanyaku: “Walaupun mereka tidak ber‘amal, ya Rasūlullāh?” Jawab Rasūlullāh: “Allah lebih tahu dengan apa yang mereka perbuat.” (HR. Abū Dāwūd).

– 701 (صَحِيْحٌ
وَ عَنِ ابْنِ مَسْعُوْدٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ: الْوَائِدَةُ و الْمَوْؤُدَةُ فِي النَّارِ “. رَوَاهُ أَبُوْ دَاوُدَ.

  1. Dari Ibnu Mas‘ūd katanya: “Rasūlullāh s.a.w. telah bersabda: “Seorang yang mengubur bayi-bayi perempuan dan bayi-bayi perempuan yang dikuburkan itu semuanya di neraka.” (HR. Abū Dāwūd dan Tirmidzī).
Alamat Kami
Jl. Zawiyah, No. 121, Rumah Botol Majlis Dzikir Hati Senang,
RT 06 RW 04, Kp. Tajur, Desa Pamegarsari, Parung, Jawa Barat. 16330.