Bab.Iman Dengan Taqdir-Pasal I-Kitabul Iman-Misykatul Mashabih

مِشْكَاتُ الْمَصَابِيْحِ
MISYKĀT-UL-MASHḤBĪḤ
Piala Lampu-lampu Penerang (Jilid I)
Oleh: Syaikh al-Farra’ al-Baghawi
 
 
Penerjemah: Yunus Ali al-Muhdhar
 
Diterbitkan oleh: Penerbit CV. Asy-Syifa’ Semarang

– 57 (صَحِيْحٌ)
عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ عَمْرٍو قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ: «كَتَبَ اللهُ مَقَادِيْرَ الْخَلَائِقِ قَبْلَ أَنْ يَخْلُقَ السَّمَوَاتِ وَ الْأَرْضَ بِخَمْسِيْنَ أَلْفَ سَنَةٍ» قَالَ: «وَ كَانَ عَرْشُهُ عَلَى الْمَاءِ». رَوَاهُ مُسْلِمٌ.

  1. Dari ‘Abdullāh bin ‘Amru katanya: “Rasūlullāh s.a.w. telah bersabda: “Allah telah menuliskan ketetapan bagi para makhlūq-Nya 5000 tahun sebelum diciptakannya langit dan bumi dan ‘Arasy-Nya di atas air.” (HR. Muslim).

– 67 (صَحِيْحٌ)
وَ عَنِ ابْنِ عُمَرَ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ: «كُلُّ شَيْءٍ بِقَدَرٍ حَتَّى الْعَجْزِ وَ الْكَيْسِ». رَوَاهُ مُسْلِمٌ.

  1. Dari Ibnu ‘Umar: Rasūlullāh s.a.w. telah bersabda: “Segala sesuatu dengan taqdir, sekalipun kelemahan maupun kepandaian.” (HR. Muslim).

– 77 (صَحِيْحٌ)
عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ: «احْتَجَّ آدَمُ وَ مُوْسَى عَلَيْهِمَا السَّلَامُ عِنْدَ رَبِّهِمَا فَحَجَّ آدَمُ مُوْسَى قَالَ مُوْسَى: أَنْتَ آدَمُ الَّذِيْ خَلَقَكَ اللهُ بِيَدِهِ وَ نَفَخَ فِيْكَ مِنْ رُوْحِهِ وَ أَسْجَدَ لَكَ مَلَائِكَتَهُ وَ أَسْكَنَكَ فِيْ جَنَّتِهِ ثُمَّ أَهَبَطْتَ النَّاسَ بِخَطِيْئَتِكَ إِلَى الْأَرْض فَقَالَ آدَمُ: أَنْتَ مُوْسَى الَّذِي اصْطَفَاكَ اللهُ بِرِسَالَتِهِ وَ بِكَلَامِهِ وَ أَعْطَاكَ الْأَلْوَاحَ فِيْهَا تِبْيَانُ كُلِّ شَيْءٍ وَ قَرَّبَكَ نَجِيًّا فَبِكَمْ وَجَدَتِ اللهِ كَتَبَ التَّوْرَاةَ قَبْلَ أَنْ أُخْلَقَ قَالَ مُوْسَى بِأَرْبَعِيْنَ عَامًا قَالَ: آدَمُ فَهَلْ وَجَدْتَ فِيْهَا (وَ عَصَى آدَمُ رَبَّهُ فَغَوَى) قَالَ: نَعَمْ قَالَ: أَفَتَلُوْمُنِيْ عَلَى أَنْ عَمِلْتُ عَمَلًا كَتَبَهُ اللهُ عَلَيَّ أَنْ أَعْمَلَهُ قَبْلَ أَنْ يَخْلُقَنِيْ بِأَرْبَعِيْنَ سَنَةً قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ فَحَجَّ آدَمُ مُوْسَى». رَوَاهُ مُسْلِمٌ.

  1. Dari Abū Hurairah r.a. katanya: “Rasūlullāh s.a.w. telah bersabda: “Pernah Ādam berdebat dengan Mūsā a.s. di depan Tuhannya, dalam perdebatan itu Mūsā berkata: “Kamu wahai Ādam adalah makhlūq yang diciptakan oleh dengan tangan-Nya, ditiupkan bagimu Rūḥ-Nya, diperintahkan para malaikat untuk bersujud kepadamu dan kamu ditempatkan di syurga-Nya, tapi kemudian kamu turunkan manusia ke bumi dengan sebab kesalahanmu”. Jawab Ādam: “Engkau wahai Mūsā, seorang yang dipilih Allah untuk menerima risālah-Nya dan firman-Nya, diberikan kepadam Alwāḥ/batu tulis yang di dalamnya terdapat keterangan segala sesuatu, dan kamupun didekatkan untuk berdialog, dan berapa lamakah kamu dapatkan Allah menuliskan Taurāt sebelum aku diciptakan?” Jawab Mūsā: “Empat puluh tahun.” Kata Ādam: “Apakah kamu dapatkan di dalamnya: “Dan Ādam tidak mematuhi pesan Tuhannya, karena itu dia tersesat.” Kata Mūsā: “Ya”. Kata Ādam: “Apakah kamu salahkan aku bila aku mengerjakan sesuatu pekerjaan yang ditetapkan oleh Allah atasku empat puluh tahun sebelum aku diciptakan? Kata Rasūlullāh: “Dengan itu Ādam dapat menyalahkan (mengalahkan-menghujjahi) Mūsā dalam debatnya itu.

– 87 (مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ)
عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ مَسْعُوْدٍ قَالَ: حَدَّثَنَا رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ وَ هُوَ الصَّادِقُ الْمَصْدُوْقُ: «إِنَّ خَلَقَ أَحَدَكُمْ يُجْمَعُ فِيْ بَطْنِ أُمِّهِ أَرْبَعِيْنَ يَوْمًا ثُمَّ يَكُوْنُ عَلَقَةً مِثْلَ ذلِكَ ثُمَّ يَكُوْنُ مُضْغَةً مِثْلَ ذلِكَ ثُمَّ يَبْعَثُ اللهُ إِلَيْهِ مَلَكًا بِأَرْبَع كَلِمَاتٍ فَيُكْتَبُ عَمَلُهُ وَ أَجَلُهُ وَ رَزَقُهُ وَ شَقِيٌّ أَوْ سَعِيْدٌ فَوَالَّذِيْ لَا إِلهَ غَيْرُهُ إِنَّ أَحَدَكُمْ لَيَعْمَلُ بِعَمَلِ أَهْلِ الْجَنَّةِ حَتَّى مَا يَكُوْنُ بَيْنَهُ وَ بَيْنَهَا إِلَّا ذِرَاعٌ فَيَسْبِقُ عَلَيْهِ الْكِتَابُ فَيَعْمَلُ بِعَمَلِ أَهْلِ النَّارِ فَيَدْخُلُهَا وَ إِنَّ أَحَدَكُمْ لَيَعْمَلُ بِعَمَلِ أَهْلِ النَّارِ حَتَّى مَا يَكُوْنُ بَيْنَهُ وَ بَيْنَهَا إِلَّا ذِرَاعٌ فَيَسْبِقُ عَلَيْهِ الْكِتَابُ فَيَعْمَلُ بِعَمَلِ أَهْلِ الْجَنَّةِ فَيَدْخُلُهَا».

  1. Dari Ibnu Mas‘ūd katanya: “Rasūlullāh s.a.w. yang terpercaya dan dipercaya, telah berkisah kepada kami: “Sesungguhnya kejadian seseorang dari kamu, dikumpulkan di perut ibunya selama empat puluh hari berupa air mani, kemudian berupa darah kental sebanyak empat puluh hari, kemudian berupa segumpal daging selama empat sebanyak empat puluh hari, kemudian diutus-Nya malaikat denga empat kalimat/ketetapan, maka dituliskan ‘amalnya, ajalnya, rizkinya, dan dituliskan atasnya kecelakaan atau keberuntungan, kemudian barulah ditiupkan di dalamnya rūḥ. Demi Dzat yang tidak ada tuhan selain Dia, adakalanya salah seorang dari kamu ber‘amal dengan ‘amalan ahli syurga, sampai antara ia dengan syurga hanya tinggal satu depa saja, tapi ia telah didahului dengan ketetapan, sehingga ia ber‘amal dengan ‘amalan ahli neraka sampai ia masuk ke dalamnya. Adakalanya pula seorang dari kamu selalu ber‘amal dengan ‘amalan ahli neraka, sampai antara ia dengan neraka hanya tinggal satu depa saja, tapi ia telah didahului suatu ketetapan, sampai ia ber‘amal dengan ‘amalan ahli syurga sehingga ia masuk ke dalamnya.” (Muttafaqun ‘alaih).

– 97 (مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ)
وَ عَنْ سَهْلِ بْنِ سَعِيْدٍ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ: «إِنَّ الْعَبْدَ لَيَعْمَلُ عَمَلَ أَهْلِ النَّارِ وَ إِنَّهُ مِنْ أَهْلِ الْجَنَّةِ وَ يَعْمَلُ عَمَلَ أَهْلِ الْجنَّة وَ إِنَّهُ مِنْ أَهْلِ النَّارِ وَ إِنَّمَا الْأَعْمَالُ بِالْخَوَاتِيْمِ».

  1. Dari Sahal bin Sa‘ad katanya: Rasūlullāh s.a.w. telah bersabda: “Seorang hamba adakalanya ber‘amal dengan ‘amalan ahli neraka. Padahal ia telah ditetapkan sebagai penduduk ahli syurga, adakalanya pula seorang ber‘amal dengan ‘amalan ahli syurga, padahal ia telah ditetapkan sebagai penduduk neraka, sesungguhnya segala ‘amalan itu tergantung di akhirnya.” (Muttafaqun ‘alaih).

– 08 (صَحِيْحٌ)
عَنْ عَائِشَةَ أُمِّ الْمُؤْمِنِيْنَ قَالَتْ: «دُعِيَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ إِلَى جِنَازَةِ صَبِيٍّ مِنَ الْأَنْصَارِ فَقُلْتُ: يَا رَسُوْلَ اللهِ طُوْبَى لِهذَا عُصْفُوْرٌ مِنْ عَصَافِيْرِ الْجَنَّةِ لَمْ يَعْمَلِ السُّوْءُ وَ لَمْ يُدْرِكْهُ قَالَ: أَوْ غَيْرُ ذلِكِ يَا عَائِشَةُ إِنَّ اللهَ خَلَقَ لِلْجَنَّةِ أَهْلًا خَلَقَهُمْ لَهَا وَ هُمْ فِيْ أَصْلَابِ آبَائِهِمْ وَ خَلَقَ لِلنَّارِ أَهْلًا خَلَقَهُمْ لَهَا وَ هُمْ فِيْ أَصْلَابِ آبَائِهِمْ». رَوَاهُ مُسْلِمٌ.

  1. Dari ‘Ā’isyah r.a. katanya: “Pernah ketika Rasūlullāh s.a.w. dipanggil untuk menshalati jenazah seorang bayi dari Anshār, aku katakan pada beliau: “Wahai Rasūlullāh, sungguh beruntung sekali si bayi itu ia termasuk salah satu burung dari burung-burung di syurga, belum pernah ia berbuat dosa sedikitpun dan ia tak ada dosanya”. Jawab Rasūlullāh s.a.w.: “Wahai ‘Ā’isyah, sesungguhnya Allah telah menjadikan bagi syurga itu penduduknya, mereka telah ditetapkan untuknya sejak mereka masih ditulang sulbi/tulang rusuk ayah-ayah mereka. Dan Allah telah menjadikan bagi neraka itu penduduknya, dan mereka telah ditetapkan untuk menghuninya sejak mereka masih di tulang rusuk ayah-ayah mereka.” (Muslim).

– 18 (مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ)
عَنْ عَلِيٍّ رَضِيَ الله عَنْهُ قَالَ: قَالَ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ: مَا مِنْكُمْ مِنْ أَحَدٍ إِلَّا وَ قَدْ كُتِبَ مَقْعَدَهُ مِنَ النَّار وَ مَقْعَدَهُ مِنَ الْجَنَّةِ. قَالُوْا: يَا رَسُوْلَ اللهِ أَفَلَا نَتَّكَلُ عَلَى كِتَابِنَا وَ نَدَعُ الْعَمَلَ قَالَ: اِعْمَلُوْا فَكُلٌّ مُيَسَّرَ لِمَا خُلِقَ لَهُ، أَمَّا مَنْ كَانَ مِنْ أَهْلِ السَّعَادَةِ فَسَيُيَسِّرُ إِلَى عَمَلِ السَّعَادَةِ وَ أَمَّا مَنْ كَانَ مِنْ أَهْلِ الشَّقَاوَةِ فَسَيُيَسِّرُ لِعَمَلِ أَهْلِ الشَّقَاوَةِ، ثُمَّ قَرَأَ -[32]- (فَأَمَّا مَنْ أَعْطَى وَ اتَّقَى وَ صَدَّقَ بِالْحُسْنَى) الْآيَة.

  1. Dari ‘Alī r.a. katanya: “Rasūlullāh s.a.w. telah bersabda: “Tidak seorang pun dari kamu kecuali ia telah ditetapkan/dituliskan tempatnya di neraka atau di syurga.” Kata mereka: “Kalau begitu: “Tidakkah sebaiknya kalau kita berserah diri pada ketetapan yang telah ditetapkan bagi kita dan meninggalkan ‘amalan?” Jawab beliau s.a.w.: “Ber‘amalah kalian, semuanya akan dipermudahkan menuju apa yang telah ditetapkan atasnya, bila ia ditetapkan sebagai seorang beruntung, niscaya akan dipermudahkan baginya untuk mengerjakan ‘amalan yang membawanya kepada keberuntungan, dan bila ia ditetapkan sebagai seorang yang merugi, niscaya akan dipermudahkan baginya untuk ber‘amal yang membawanya kepada kerugian.” Kemudian beliau membacakan ayat: “Fa ammā man a‘thā wat-taqā wa shaddaqa bil-ḥusnā/adapun orang-orang yang memberikan hartanya di jalan Allah dan bertaqwa serta membenarkan adanya pahala yang terbaik (syurga), maka kami akan menyiapkan baginya kemudahan. (Muttafaqun ‘alaih).

– 28 (مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ)
عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ عَنِ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ: «إِنَّ اللهَ كَتَبَ عَلَى ابْنِ آدَمَ حَظَّهُ مِنَ الزِّنَا أَدْرَكَ ذلِكَ لَا مَحَالَةَ فَزِنَا الْعَيْنِ النَّظَرُ وَ زِنَا اللِّسَانِ الْمَنْطِقُ وَ النَّفْسُ تَمَنَّى وَ تَشْتَهِي وَ الْفَرْجُ يُصَدِّقُ ذلِكَ وَ يُكَذِّبُهُ.»
وَ فِيْ رِوَايَةٍ لِمُسْلِمٍ قَالَ: «كُتِبَ عَلَى ابْنِ آدَمَ نَصِيْبُهُ مِنَ الزِّنَا، مُدْرِكٌ ذلِكَ لَا مَحَالَةَ، الْعَيْنَانُ زِنَاهُمَا النَّظَرُ، وَ الْأُذُنَانِ زِنَاهُمَا الْاِسْتِمَاعُ وَ اللِّسَانُ زِنَاهُ الْكَلَامُ وَ الْيَدُ زِنَاهَا الْبَطْشُ وَ الرِّجْلُ زِنَاهَا الْخُطَا وَ الْقَلْبُ يَهْوَى وَ يَتَمَنَّى وَ يُصَدِّقُ ذلِكَ الْفَرْجُ وَ يُكَذِّبُهُ».

  1. Dari Abū Hurairah r.a. katanya: “Rasūlullāh s.a.w. telah bersabda: “Allah menuliskan atas putra Ādam (manusia) bagiannya dari zina, secara pasti, zinanya mata adalah melihat, zinanya lisan adalah berkata, sedangkan zinanya nafsu adalah berkeinginan, adapun alat kelaminlah yang membuktikannya atau tidaknya.” (Muttafaqun ‘alaih).

Dalam riwayat Muslim disebutkan bahwasanya “Rasūlullāh s.a.w. telah bersabda: “Telah dituliskan atas putra Ādam bagiannya zina secara pasti, zinanya kedua mata adalah memandang, zinanya kedua telinga adalah pendengaran, zinanya lisan adalah ucapan, zinanya hati adalah berkeinginan, hanya kelaminlah yang membuktikannya ataupun tidak.

– 38 (صَحِيْحٌ)
وَ عَنْ عِمْرَانَ بْنِ حُصَيْنٍ: أَنَّ رَجُلَيْنِ مِنْ مُزَيْنَةَ (أَتَيَا رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ) فَقَالَا يَا رَسُوْلَ اللهِ أَرَأَيْتَ مَا يَعْمَلُ النَّاسُ الْيَوْمَ وَ يَكْدَحُوْنَ فِيْهِ أَشَيْءٌ قُضِيَ عَلَيْهِمْ وَ مَضَى فِيْهِمْ مِنْ قَدَرٍ قَدْ سَبَقَ، أَوْ فِيْمَا يَسْتَقْبِلُوْنَ بِهِ مِمَّا أَتَاهُمْ بِهِ نَبِيُّهُمْ وَ ثَبَتَتِ الْحُجَّةُ عَلَيْهِمْ فَقَالَ: لَا بَلْ شَيْءٌ قُضِيَ عَلَيْهِمْ وَ مَضَى فِيْهِمْ وَ تَصْدِيْقُ ذلِكَ فِيْ كِتَابِ اللهِ عَزَّ وَ جَلَّ (وَ نَفْسٍ وَ مَا سَوَّاهَا، فَأَلْهَمَهَا فُجُوْرَهَا وَ تَقْوَاهَا)
رَوَاهُ مُسْلِمٌ.

  1. Dari ‘Imrān bin Ḥushain bahwasanya ada dua lelaki dari suku Muzayyanah berkata kepada Rasūlullāh s.a.w.: “Wahai Rasūlullāh, bagaimanakah pendapatmu tentang apa yang dikerjakan dan diupayakan manusia sekarang ini, apakah hal itu karena taqdīr yang sudah ditentukan atas mereka ataukah dikarenakan dari apa yang mereka terima dari ajaran Nabi mereka yang mereka tidak dapat membantahnya?” Jawab Rasūlullāh: “Tidak, tetapi hal itu adalah dikarenakan taqdir yang telah ditetapkan atas mereka seperti yang diisyāratkan dalam firman Allah ‘azza wa jalla: “Dan demi jiwa serta penyempurnaannya (ciptaannya), maka Allah mengilhamkan kepada itu (jalan) kefāsiqan dan ketaqwāannya.” (asy-Syams 8-9). (HR. Muslim).

– 48 (صَحِيْحٌ)
وَ عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: قُلْتُ: يَا رَسُوْلَ اللهِ إِنِّيْ رَجُلٌ شَابٌّ وَ أَنَا أَخَافُ عَلَى نَفْسِي الْعَنَتَ وَ لَا أَجِدُ مَا أَتَزَوَّجُ بِهِ النِّسَاءَ كَأَنَّهُ يَسْتَأْذِنُهُ فِي الْاِخْتِصَاءِ قَالَ: فَسَكَتَ عَنِّيْ ثُمَّ قُلْتُ: مِثْلَ ذلِكَ فَسَكَتَ عَنِّيْ ثُمَّ قُلْتُ: مِثْلَ ذلِكَ فَسَكَتَ عَنِّيْ ثُمَّ قُلْتُ: مِثْلَ ذلِكَ فَقَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ: «يَا أَبَا هُرَيْرَةَ جَفَّ الْقَلَمُ بِمَا أَنْتَ لَاقٍ فَاخْتَصِ -[33]- عَلَى ذلِكَ أَوْ ذَر». رَوَاهُ البُخَارِيُّ.

  1. Dari Abū Hurairah r.a. katanya: “Aku pernah berkata kepada Rasūlullāh s.a.w.: “Wahai Rasūlullāh, aku adalah seorang pemuda, dan aku takut kalau-kalau aku berbuat zina, akan tetapi aku tidak punya biaya untuk kawin – seolah-olah ia minta idzin untuk diperbolehkan melakukan kebiri – Nabi hanya diam saja, kemudian aku mengulanginya sampai tiga kali, tetapi Nabi tetap diam, waktu aku ulangi keempat kalinya, barulah Nabi s.a.w. bersabda: “Wahai Abū Hurairah sebenarnya keadaanmu telah ditetapkan oleh Allah, karena itu kamu boleh berbuat kebiri atau tidak.” (HR. Bukhārī).

– 58 (صَحِيْحٌ)
وَ عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ عَمْرِو بْنِ الْعَاصِ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ: «يَقُوْلُ إِنَّ قُلُوْبَ بَنِيْ آدَمَ كُلِّهَا بَيْنَ أُصْبُعَيْنِ مِنْ أَصَابِعِ الرَّحْمنِ كَقَلْبٍ وَاحِدٍ يَصْرِفُهُ كَيْفَ يَشَاءُ ثُمَّ قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ: اللهُ مُصَرِّفَ الْقُلُوْبِ صَرِّفْ قُلُوْبَنَا عَلَى طَاعَتِكَ». رَوَاهُ مُسْلِمٌ

  1. Dari ‘Abdullāh bin ‘Amr r.a. katanya: “Rasūlullāh s.a.w. telah bersabda: “Sesungguhnya hati-hati putra Ādam yang berada di antara dua jari dari jari-jari Tuhan yang Maha Pengasih adalah ibarat satu hati yang dibolak-balikkan sekehendak-Nya.” Kemudian Rasūlullāh s.a.w. berdoa: “Wahai Allah yang membolak-balikkan hati, gerakkan hati-hari kami untuk tetap ta‘at kepada-Mu.” (HR. Muslim).

– 68 (مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ)
عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ: «مَا مِنْ مَوْلُوْدٍ إِلَّا يُوْلَدُ عَلَى الْفِطْرَةِ، فَأَبَوَاهُ يُهَوِّدَانِهِ أَوْ يُنَصِّرَانِهِ أَوْ يُمَجِّسَانِهِ، كَمَا تُنْتَجُ الْبَهِيْمَةُ بَهِيْمَةً جَمْعَاءً، هَلْ تُحِسُّوْنَ فِيْهَا مِنْ جَدْعَاءَ ثُمَّ يَقُوْل: (فِطْرَةَ اللهِ الَّتِيْ فَطَرَ النَّاسَ عَلَيْهَا لَا تَبْدِيْلَ لِخَلْقِ اللهِ ذلِكَ الدِّيْنُ الْقَيِّمُ) الْآيَة».

  1. Dari Abū Hurairah r.a. katanya: “Rasūlullāh s.a.w. telah bersabda: “Tidak seorang bayi pun yang dilahirkan, kecuali ia dilahirkan dalam keadaan fithrah, hanya kedua orang tuanyalah yang mampu menjadikan ia sebagi orang Yahudi, Nashrani, maupun Majusi, sebagaimana seekor binatang akan melahirkan binatang sepertinya pula tanpa ada kekurangan. Apakah kalian mempunyai perasaan bahwa binatang bertelinga akan melahirkan binatang tanpa telinga. Kemudian Nabi membacakan ayat: Fithratallāh-il-latī fathar-an-nāsa ‘alaihā lā tabdīla li-khalqillāhi dzālik-ad-dīn-ul-qayyim. (Muttafaqun ‘alaih).

– 78 (صَحِيْحٌ)
وَ عَنْ أَبِيْ مُوْسَى قَالَ: قَامَ فِيْنَا رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ بِخَمْسِ كَلِمَاتٍ فَقَالَ: «إِنَّ اللهَ عَزَّ وَ جَلَّ لَا يَنَامُ وَ لَا يَنْبَغِيْ لَهُ أَنْ يَنَامَ يَخْفِضُ الْقِسْطَ وَ يَرْفَعُهُ يُرْفَعُ إِلَيْهِ عَمَلُ اللَّيْلِ قَبْلَ عَمَلِ النَّهَارِ وَ عَمَلُ النَّهَارِ قَبْلَ عَمَلِ اللَّيْلِ حِجَابُهُ النُّوْرُ، لَوْ كَشَفَهُ لَأَحْرَقَتْ سُبُحَاتُ وَجْهِهِ مَا انْتَهَى إِلَيْهِ بَصَرِهِ مِنْ خَلْقِهِ». رَوَاهُ مُسْلِمٌ

  1. Dari Abū Mūsā katanya: “Rasūlullāh s.a.w. pernah berdiri di tengah kita dengan mengucapkan lima pengarahan: “Sesungguhnya Allah tidak tidur dan tidak patut bagi-Nya jika Ia tidur, Ia menurunkan dan mengangkatkan timbangan/keadilan, dihaturkan kepada-Nya ‘amalan-‘amalan malam hari sebelum ‘amalan siang hari, dan ‘amal siang hari sebelum ‘amalan malam hari, hijab-Nya adalah cahaya, kalau terbuka ḥijāb-Nya, maka akan terbakar semua makhlūq, tidak satupun dari makhlūq-Nya yang dapat memandang-Nya.” (HR. Muslim).

– 88 (مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ)
وَ عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ: «يَدُ اللهِ مَلْأَىِ لَا تَغِيْضُهَا نَفَقَةٌ، سَحَّاءُ اللَّيْلَ وَ النَّهَارَ أَرَأَيْتُمْ مَا أَنْفَقَ مُذْ خَلَقَ السَّمَاءَ وَ الْأَرْضَ؟ فَإِنَّهُ لَمْ يَغِضْ مَا فِيْ يَدِهِ وَ كَانَ عَرْشُهُ عَلَى الْمَاءِ وَ بِيَدِهِ الْمِيْزَانُ يَخْفِضُ وَ يَرْفَعُ» -[34]-(وَ فِيْ رِوَايَةٍ لِمُسْلِمٍ: «يَمِيْنُ اللهِ مَلْأَى قَالَ ابْنُ نُمَيْرٍ مَلْآنُ سَحَّاءُ لَا يُغِيْضُهَا شَيْءٌ اللَّيْلَ وَ النَّهَارَ»).

  1. Dari Abū Hurairah r.a. katanya: “Rasūlullāh s.a.w. telah bersabda: “Tangan’ Allah itu penuh (isinya), tidak akan terkurangi sedikitpun apa yang dibelanjakan oleh-Nya di waktu siang dan malam, tidakkah kamu perhatikan bahwa apa yang dibelanjakannya sejak dijadikannya langit dan bumi, sedikitpun tidak akan terkurangi apa yang ada di tangan-Nya dan adalah singgasana-Nya (sebelum itu) di atas air dan di ‘tangan’-Nya terdapat mīzān yang naik turun.” (Muttafaqun ‘alaih).

– 98 وَ عَنْهُ قَالَ: سُئِلَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ عَنْ ذَرَّارِيِّ الْمُشْرِكِيْنَ قَالَ: «اللهُ أَعْلَمُ بِمَا كَانُوْا عَامِلِيْنَ».

  1. Dari Abū Hurairah r.a. katanya: “Pernah ditanyakan kepada Rasūlullāh s.a.w. tentang anak-anak kecil kaum musyrikīn, jawab beliau: “Hanya Allah Yang Maha Tahu dengan apa yang akan diperbuat oleh mereka.” (Muttafaqun ‘alaih).