مسند الشافعي ٩٤١: أَخْبَرَنَا مَالِكٌ، عَنِ ابْنِ شِهَابٍ، عَنْ سَعِيْدِ بْنِ الْمُسَيِّبِ، وَ أَبِيْ سَلَمَةَ، أَنَّهُمَا أَخْبَرَاهُ عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ، أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ قَالَ: «إِذَا أَمَّنَ الْإِمَامُ فَأَمِّنُوْا؛ فَإِنَّهُ مَنْ وَافَقَ تَأْمِيْنُهُ تَأْمِيْنَ الْمَلَائِكَةِ غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ» . قَالَ ابْنُ شِهَابٍ: وَ كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ يَقُوْلُ: «آمِيْنَ».
Musnad Syāfi‘ī 149: Mālik mengabarkan kepada kami dari Ibnu Syihāb, dari Sa‘īd bin al-Musayyib dan Abū Salamah, keduanya mengabarkan kepadanya dari Abū Hurairah r.a. bahwa Rasūlullāh s.a.w. pernah bersabda: “Apabila imam mengucapkan “Āmīn” maka ucapkan pula “Āmīn” oleh kalian, karena sesungguhnya barang siapa yang bacaan “Āmīn”-nya berbarengan dengan bacaan “Āmīn” para malaikat, maka diampunilah baginya dosa-dosanya yang terdahulu.”156
Ibnu Syihāb berkata: “Dan Nabi s.a.w. bersabda: “Āmīn”.”
مسند الشافعي ٠٥١: أَخْبَرَنَا مَالِكٌ، أَخْبَرَنِيْ سُمَيٌّ، عَنْ أَبِيْ صَالِحٍ، عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ، أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ قَالَ: “إِذَا قَالَ الْإِمَامُ: {غَيْرِ الْمَغْضُوْبِ عَلَيْهِمْ وَ لَا الضَّالِّيْنَ} [الْفَاتِحَة: 7] فَقُوْلُوْا: آمِينَ؛ فَإِنَّهُ مَنْ وَافَقَ قَوْلُهُ قَوْلَ الْمَلَائِكَةِ غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ “
Musnad Syāfi‘ī 150: Mālik mengabarkan kepada kami, Sumaī mengabarkan kepadaku dari Abū Shāliḥ, dari Abū Hurairah bahwa Rasūlullāh s.a.w. pernah bersabda: “Apabila imam mengucapkan “Ghair-il-maghdhūbi ‘alaihim wa lā-dh-dhāllīn”, maka ucapkanlah oleh kalian “Āmīn”, Karena sesungguhnya barang siapa yang ucapan (Āmīn)nya bersesuaian dengan ucapan para malaikat, maka diampuni baginya dosa-dosanya yang terdahulu.” 157
مسند الشافعي ١٥١: أَخْبَرَنَا مَالِكٌ، عَنْ أَبِي الزِّنَادِ، عَنِ الْأَعْرَجِ، عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ، أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ قَالَ: “إِذَا قَالَ أَحَدُكُمْ: آمِيْنَ، وَ قَالَتِ الْمَلَائِكَةُ فِي السَّمَاءِ: آمِيْنَ، فَوَافَقَتْ إِحْدَاهُمَا الْأُخْرَى غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ “
Musnad Syāfi‘ī 151: Mālik mengabarkan kepada kami dari Abū-z-Zinād, dari al A‘raj, dari Abū Hurairah bahwa Rasūlullāh s.a.w. pernah bersabda: “Apabila seseorang di antara kalian mengucapkan “Āmīn” dan para malaikat di langit mengucapkan “Āmīn”, lalu salah satunya bertepatan (berbarengan) dengan yang lainnya, maka Allah akan mengampuni baginya dosa-dosanya yang terdahulu.” 158
مسند الشافعي ٢٥١: أَخْبَرَنَا مَالِكٌ، عَنِ ابْنِ شِهَابٍ، عَنْ عَلِيِّ بْنِ الْحُسَيْنِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: كَانَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ يُكَبِّرُ كُلَّمَا خَفَضَ وَ رَفَعَ، فَمَا زَالَتْ تِلْكَ صَلَاتُهُ حَتَّى لَقِيَ اللهَ
Musnad Syāfi‘ī 152: Mālik mengabarkan kepada kami dari Ibnu Syihāb, dari ‘Alī bin Ḥusain r.a., ia berkata: “Rasūlullāh s.a.w. selalu mengucapkan takbīr ketika merunduk dan mengangkat, demikianlah shalat yang dilakukan Beliau secara terus-menerus hingga menjumpai Allah s.w.t. (ya‘ni wafat).” 159
مسند الشافعي ٣٥١: أَخْبَرَنَا مَالِكٌ، عَنِ ابْنِ شِهَابٍ، عَنْ أَبِيْ سَلَمَةَ، أَنَّ أَبَا هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ كَانَ يُصَلِّيْ بِهِمْ فَيُكَبِّرُ كُلَّمَا خَفَضَ وَ رَفَعَ، فَإِذَا انْصَرَفَ قَالَ: وَ اللهِ إِنِّيْ لَأَشْبَهُكُمْ صَلَاةً بِرَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ مِنْ هُنَا أَرْبَعَةُ أَحَادِيْثَ بِرِوَايَةِ الرَّبِيْعِ عَنِ الْبُوَيْطِيِّ عَنِ الشَّافِعِيِّ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمْ
Musnad Syāfi‘ī 153: Mālik mengabarkan kepada kami dari Ibnu Syihāb, dari Abū Salamah: Bahwa Abū Hurairah r.a. pernah mengimami shalat mereka, maka ia bertakbīr setiap merunduk dan mengangkat. Setelah selesai, ia berkata: “Demi Allah, sesungguhnya shalatku benar-benar paling serupa dengan shalat Rasūlullāh s.a.w. dari pada kalian.” 160
Terdapat empat hadits dengan riwayat ar-Rabī‘. dari al-Buwaithī dari Asy-Syāfi‘ī r.a.
مسند الشافعي ٤٥١: أَخْبَرَنَا إِبْرَاهِيْمُ بْنُ مُحَمَّدٍ، أَخْبَرَنِيْ صَفْوَانُ بْنُ سُلَيْمٍ، عَنْ عَطَاءِ بْنِ يَسَارٍ، عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: كَانَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ إِذَا رَكَعَ قَالَ: “اللَّهُمَّ لَكَ رَكَعْتُ، وَ لَكَ أَسْلَمْتُ، وَ بِكَ آمَنْتُ، أَنْتَ رَبِّيْ، خَشَعَ لَكَ سَمْعِيْ، وَ بَصَرِيْ، وَ عِظَامِيْ، وَ شَعْرِيْ، وَ بَشَرِيْ، وَ مَا اسْتَقَلَّتْ بِهِ قَدَمِيْ للهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ
Musnad Syāfi‘ī 154: Ibrāhīm bin Muḥammad mengabarkan kepada kami, Shafwān bin Sulaim mengabarkan kepadaku dari ‘Athā’ bin Yasār, dari Abū Hurairah r.a., ia mengatakan: Rasūlullāh s.a.w. bila rukū‘ mengucapkan doa berikut: “Ya Allah, hanya kepada Engkaulah aku rukū‘ dan hanya Engkaulah aku berserah diri. Hanya kepada Engkaulah aku beriman. Engkaulah Rabbku. Telah khusyū‘ demi Engkau pendengaranku, penglihatanku, tulang-tulangku, rambutku, kulitku dan semua anggota badan yang ditopang oleh kedua telapak kakiku kepada Allah. Rabb semesta alam.”161
مسند الشافعي ٥٥١: أَخْبَرَنَا مُسْلِمٌ، وَ عَبْدُ الْمَجِيْدِ، قَالَ الرَّبِيْعُ: أَحْسِبُهُ عَنِ ابْنِ جُرَيْجٍ، عَنْ مُوْسَى بْنِ عُقْبَةَ، عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ الْفَضْلِ، عَنِ الْأَعْرَجِ، عَنْ عُبَيْدِ اللهِ بْنِ أَبِيْ رَافِعٍ، عَنْ عَلِيٍّ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ، أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ كَانَ إِذَا رَكَعَ قَالَ: “اللَّهُمَّ لَكَ رَكَعْتُ، وَ بِكَ آمَنْتُ، وَ لَكَ أَسْلَمْتُ، وَ أَنْتَ رَبِّيْ، خَشَعَ لَكَ سَمْعِيْ، وَ بَصَرِيْ، وَ مُخِّيْ، وَ عَظْمِيْ، وَ مَا اسْتَقَلَّتْ بِهِ قَدَمِيْ للهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ
Musnad Syāfi‘ī 155: Muslim dan ‘Abd-ul-Majīd mengabkan kepada kami, ar-Rabī‘ mengatakan: Aku menduganya dari Ibnu Juraij, dari Mūsā bin ‘Uqbah, dari ‘Abdullāh bin al-Fadhl, dari al-A‘raj, dari ‘Ubaidillāh bin Abī Rāfi‘, dari ‘Alī r.a., bahwa Nabi s.a.w. apabila rukū‘ mengucapkan: “Ya Allah, hanya kepada Engkaulah aku rukū‘, kepada engkaulah aku beriman, dan hanya kepada Engkaulah aku berserah diri. Engkau adalah Rabbku. Khusyū‘ demi Engkau pendengaranku, penglihatanku, otakku, tulang-tulang dan semua anggota badan yang ditopang oleh kedua telapak kakiku kepada Rabb semesta alam.” 162
مسند الشافعي ٦٥١: أَخْبَرَنَا ابْنُ عُيَيْنَةَ، وَ ابْنُ مُحَمَّدٍ، عَنْ سُلَيْمَانَ بْنِ سُحَيْمٍ، عَنْ إِبْرَاهِيْمَ بْنِ عَبْدِ اللهِ بْنِ مَعْبَدٍ، عَنْ أَبِيْهِ، عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ أَنَّهُ قَالَ: «أَلَا إِنِّيْ نُهِيْتُ أَنْ أَقْرَأَ رَاكِعًا أَوْ سَاجِدًا، فَأَمَّا الرُّكُوْعُ فَعَظِّمُوْا فِيْهِ الرَّبَّ، وَ أَمَّا السُّجُوْدُ فَاجْتَهِدُوْا فِيْهِ» . قَالَ أَحَدُهُمَا: «مِنَ الدُّعَاءِ». وَ قَالَ الْآخَرُ: «فَاجْتَهِدُوْا؛ فَإِنَّهُ قَمِنٌ أَنْ يُسْتَجَابَ لَكُمْ»
Musnad Syāfi‘ī 156: Ibnu ‘Uyainah dan Abū Muḥammad mengabarkan kepada kami dari Sulaimān bin Suḥaim, dari Ibrāhīm bin ‘Abdillāh bin Ma‘bad, dari ayahnya, dari Ibnu ‘Abbās r.a., dari Nabi s.a.w., Beliau pernah bersabda: “Ingatlah sesungguhnya aku dilarang melakukan bacaan (al-Qur’ān) dalam keadaan rukū‘ atau sujūd. Adapun jika rukū‘ maka agungkanlah Rabb dan jika sujūd maka bersungguh-sungguhlah kalian kepada-Nya.” Salah satu riwayat mengatakan: “Bersungguh-sungguh dalam berdoa”. Sedangkan riwayat yang lain mengatakan: “Maka bersungguh-sungguhlah kalian, karena sesungguhnya amat layak bagi kalian untuk diperkenankan.” 163
مسند الشافعي ٧٥١: أَخْبَرَنَا ابْنُ أَبِيْ فُدَيْكٍ، عَنِ ابْنِ أَبِيْ ذِئْبٍ، عَنْ إِسْحَاقَ بْنِ يَزِيْدَ الْهُذَلِيِّ، عَنْ عَوْنِ بْنِ عَبْدِ اللهِ بْنِ عُتْبَةَ بْنِ مَسْعُوْدٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ، أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ قَالَ: “إِذَا رَكَعَ أَحَدُكُمْ فَقَالَ: سُبْحَانَ رَبِّيَ الْعَظِيْمِ ثَلَاثَ مَرَّاتٍ، فَقَدْ تَمَّ رُكُوْعُهُ، وَذلِكَ أَدْنَاهُ، وَ إِذَا سَجَدَ فَقَالَ: سُبْحَانَ رَبِّيَ الْأَعْلَى ثَلَاثَ مَرَّاتٍ، فَقَدْ تَمَّ سُجُوْدُهُ، وَ ذلِكَ أَدْنَاهُ” إِلَى هُنَا سَمِعَ الرَّبِيْعُ مِنَ البُوَيْطِيِّ. عُدْنَا إِلَى الْإِسْنَادِ الْأَوَّلِ
Musnad Syāfi‘ī 157: Ibnu Abī Fudaik mengabarkan kepada kami dari Ibnu Abī Dzi’b, dari Isḥāq bin Yazīd al-Hudzalī, dari ‘Aun bin ‘Abdillāh bin ‘Utbah bin Mas‘ūd bahwa Rasūlullāh s.a.w. pernah bersabda: “Apabila seseorang di antara kalian rukū‘, lalu ia mengucapkan: “Subḥāna rabbiy-al-‘azhīmi” sebanyak tiga kali, maka sesungguhnya rukū‘nya telah sempurna, yang demikian itu adalah batas minimalnya. Apabila ia sujūd lalu mencapkan: “Subḥāna rabbiy-al-a‘lā” sebanyak tiga kali, maka sesungguhnya sujūdnya telah sempurna, dan yang demikian itu merupakan batas minimalnya.” 164
Hingga redaksi ini. Ar-Rabī‘ mendengar dari al-Buwaithī, kita kembali ke sanad pertama.
مسند الشافعي ٨٥١: أَخْبَرَنَا مُسْلِمُ بْنُ خَالِدٍ، وَ عَبْدُ الْمَجِيْدِ، عَنِ ابْنِ جُرَيْجٍ، عَنْ مُوْسَى بْنِ عُقْبَةَ، عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ الْفَضْلِ، عَنْ عَبْدِ الرَّحْمنِ الْأَعْرَجِ، عَنْ عُبَيْدِ اللهِ بْنِ أَبِيْ رَافِعٍ، عَنْ عَلِيٍّ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ، أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ كَانَ إِذَا رَفَعَ رَأْسَهُ مِنَ الرُّكُوْعِ فِي الصَّلَاةِ الْمَكْتُوْبَةِ قَالَ: «اللَّهُمَّ رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ مِلْءَ السَّمَوَاتِ، وَ مِلْءَ الْأَرْضِ، وَ مِلْءَ مَا شِئْتَ مِنْ شَيْءٍ بَعْدُ»
Musnad Syāfi‘ī 158: Muslim bin Khālid dan ‘Abd-ul-Majīd mengabarkan kepada kami dari Ibnu Juraij, dari Mūsā bin ‘Uqbah, dari ‘Abdullāh bin al-Fadhl, dari ‘Abd-ur-Raḥmān al-A‘raj, dari ‘Ubaidillāh bin Abī Rāfi‘, dari ‘Alī r.a.: Bahwa Nabi s.a.w. apabila mengangkat kepala dari rukū‘ dalam shalat fardhu, Beliau mengucapkan doa sebagai berikut: “Ya Allah. bagi-Mu segala puji sepenuh langit dan bumi, dan sepenuh apa yang Engkau kehendaki sesudahnya.” 165
مسند الشافعي ٩٥١: أَخْبَرَنَا إِبْرَاهِيْمُ بْنُ مُحَمَّدٍ، عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ عَجْلَانَ، عَنْ عَلِيِّ بْنِ يَحْيَى، عَنْ رِفَاعَةَ بْنِ رَافِعٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ، أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ قَالَ لِرَجُلٍ: «إِذَا رَكَعْتَ فَاجْعَلْ رَاحَتَيْكَ عَلَى رُكْبَتَيْكَ، وَ مَكِّنْ لِرُكُوْعِكَ، فَإِذَا رَفَعْتَ فَأَقِمْ صُلْبَكَ وَ ارْفَعْ رَأْسَكَ حَتَّى تَرْجِعَ الْعِظَامُ إِلَى مَفَاصِلِهَا»
Musnad Syāfi‘ī 159: Ibrāhīm bin Muḥammad mengabarkan kepada kami dari Muḥammad bin ‘Ajlān, dari ‘Alī bin Yaḥyā, dari Rifā‘ah bin Rāfi‘ r.a.: Bahwa Nabi s.a.w. pernah bersabda kepada seorang lelaki: “Apabila engkau rukū‘ maka jadikanlah kedua telapak tanganmu berada di atas kedua lututmu, dan mantapkanlah rukū‘mu. Apabila engkau bangkit dari rukū‘, maka tegakkanlah punggungmu dan angkatlah kepalamu hingga semua tulang kembali pada ruasnya masing-masing.”
مسند الشافعي ٠٦١: أَخْبَرَنَا ابْنُ عُيَيْنَةَ، عَنِ ابْنِ طَاوُسٍ، عَنْ أَبِيْهِ، عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا قَالَ: أُمِرَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ أَنْ يَسْجُدَ مِنْهُ عَلَى سَبْعَةٍ: يَدَيْهِ، وَ رُكْبَتَيْهِ، وَ أَطْرَافِ أَصَابِعِهِ، وَ جَبْهَتِهِ. وَ نُهِيَ أَنْ يَكْفِتَ مِنْهُ الشَّعْرَ وَ الثِّيَابَ. وَ زَادَ ابْنُ طَاوُسٍ: فَوَضَعَ يَدَهُ عَلَى جَبْهَتِهِ ثُمَّ أَمَرَّهَا عَلَى أَنْفِهِ حَتَّى بَلَغَ طَرَفَ أَنْفِهِ. وَ كَانَ أَبِيْ يَعُدُّ هذَا وَاحِدًا
Musnad Syāfi‘ī 160: Ibnu ‘Uyainah mengabarkan kepada kami dari Ibnu Thāwus, dari ayahnya, dari Ibnu ‘Abbās r.a., ia berkata: “Nabi s.a.w. diperintahkan untuk melakukan sujūd di atas tujuh anggota tubuh, yaitu: kedua tangan, kedua lutut, dan semua ujung jari-jari (kedua telapak kaki) serta keningnya. Beliau dilarang merapikan rambut dan pakaiannya (ketika sedang rukū‘ dan sujūd).” Ibnu Thāwus menambahkan: Lalu Beliau meletakkan tangan pada keningnya dan mengusapkannya ke hidung hingga sampai pada ujung hidungnya. Dahulu ayahku menganggap hal ini sebagai satu anggota (sujūd).166