579. ORANG JUNUB BERWUDHU SEBELUM TIDUR
٥٧٩ – إِنَّ المَلائِكَةَ لا تَحْضُرُ جَنَازَةَ الكَافِرِ بِخَيْرٍ ولا الْمُتَضَمِّخِ بِالزَّعْفَرَانِ وَلَا الْجُنُبِ
Sesungguhnya malaikat tidak akan menghadiri jenazah orang kafir dengan kebaikan, dan tidak pula melumurinya dengan za’faran, dan tidak pula orang yang berjunub.
Ditakhrijkan oleh Imam Ahmad, dan Abu Daud dari Ammar bin Yasir.
Sababul wurud
Seperti dalam Sunan Abud Daud, dari Ammar, katanya: “Suatu malam aku mendatangi keluargaku. Tanganku perih sekali, sehingga mereka melumurinya dengan za’faran (sejenis haruman). Besok harinya, aku berjumpa dengan Rasulullah SAW, dan badanku berbau za’faran. Aku ucapkan salam kepada beliau, namun beliau tidak membalasnya dan tidak pula beliau mengucapkan marhaban (selamat) kepadaku. Malah beliau memerintahkan :”Pergilah, basuhlah bau za’faran ini darimu!” Lalu aku pergi dan aku bersihkan badanku.
Namun temyata sisa bau za’faran itu masih menempel di badanku. Aku datangi Rasulullah aku ucapkan salam. Rasul masih tidak menjawabnya, dan tidak pula mengucapkan salam. Rasul masih tidak menjawabnya, dan tidak pula mengucapkan marhaban kepadaku. Beliau menyuruhku lagi pergi membersihkan badanku dari bau za’faran. Setelah bau itu betul-betul hilang dari badanku, barulah aku menghadap beliau. Kuucapkan salam, dan beliau menjawabnya dan mengucapkan marhaban kepada- ku. Lalu beliau jelaskan bahwa malaikat tidak akan menghadiri (mendekati) jenazah orang kafir, orang (laki-laki) yang suka memakai minyak za’faran, dan orang junub yang tidak berwudhu sebelum tidur, sebagaimana bunyi hadits di atas.
Keterangan
Malaikat tidak akan mendekat dengan kejahatan bahkan juga dengan yang baik (seperti memakai za’faran), malah mengancamnya dengan siksaan. Malaikat tidak menghadiri pengurusan jenazah orang kafir. Demikian pula orang yang suka melumuri badannya dengan minyak za’faran, karena hal itu diharamkan bagi orang laki-laki, supaya laki- laki jangan serupa dengan perempuan yang suka memakai harum- haruman.
Yang demikian juga sebagai teguran keras (seperti diperlihatkan Rasulullah kepada Ammar-penerjemah). Demikian pula orang berjunub yang tidak berwudhuk setelah janabah (bercampur dengan istrinya) sebelum ia tidur. Atau hadits ini juga mencela orang-orang yang meremehkan soal janabah, sehingga misalnya sampai seminggu dia dalam keadaan junub lalu tidak mengerjakan kewajibanya kepada Allah (shalat -pen.). Terdapat keterangan yang shahih bahwa Rasulullah SAW biasanya junub di malam hari, beliau pergi istihmam (membersihkan badan). Dan ketika bangun beliau mandi agar tidak menyia-nyiakan perbuatan fardhu yang harus dilaksanakan.