Al Mustadrak Bab 97 no.221 s.d no.224 : Syafa’at Untuk Setiap Muslim

Al-MUSTADRAK
(Judul Asli: Al-Mustadraku ‘alash-Shahihain)
Oleh: Imam al-Hakim

Penerjemah: Ali Murtadho
Penerbit: PUSTAKA AZZAM

79 – الشَّفَاعَةُ لِكُلِّ مُسْلِمٍ

1-97. Syafa‘at untuk setiap Muslim.

122 – حَدَّثَنَا أَبُو الْعَبَّاسِ مُحَمَّدُ بْنُ يَعْقُوْبَ، ثَنَا بَحْرُ بْنُ نَصْرِ بْنِ سَابِقٍ الْخَوْلَانِيُّ، ثَنَا بِشْرُ بْنُ بَكْرٍ، حَدَّثَنِي ابْنُ جَابِرٍ قَالَ: سَمِعْتُ سُلَيْمَ بْنَ عَامِرٍ، يَقُوْلُ: سَمِعْتُ عَوْفَ بْنَ مَالِكٍ الْأَشْجَعِيَّ، يَقُوْلُ: نَزَلْنَا مَعَ رَسُوْلِ اللهِ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ آلِهِ وَ سَلَّمَ – مَنْزِلًا فَاسْتَيْقَظْتُ مِنَ اللَّيْلِ، فَإِذَا لَا أَرَى شَيْئًا أَطْوَلَ مِنْ مُؤْخِرَةِ رَحْلِيْ، قَدْ لَصِقَ كُلُّ إِنْسَانٍ وَ بَعِيْرُهُ بِالْأَرْضِ، فَقُمْتُ أَتَخَلَّلُ النَّاسَ حَتَّى وَقَعْتُ إِلَى مَضْجَعِ رَسُوْلِ اللهِ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ آلِهِ وَ سَلَّمَ – فَإِذَا هُوَ لَيْسَ فِيْهِ، فَوَضَعْتُ يَدِيْ عَلَى الْفِرَاشِ فَإِذَا هُوَ بَارِدٌ، فَخَرَجْتُ أَتَخَلَّلُ النَّاسَ وَ أَقُوْلُ: إِنَّا للهِ وَ إِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُوْنَ ذُهِبَ بِرَسُوْلِ اللهِ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ آلِهِ وَ سَلَّمَ – حَتَّى خَرَجْتُ مِنَ الْعَسْكَرِ كُلِّهِ فَنَظَرْتُ سَوَادًا فَرَمَيْتُ بِحَجَرٍ، فَمَضَيْتُ إِلَى السَّوَادِ، فَإِذَا مُعَاذُ بْنُ جَبَلٍ وَ أَبُوْ عُبَيْدَةَ بْنُ الْجَرَّاحِ، وَ إِذَا بَيْنَ أَيْدِيْنَا صَوْتٌ كَدَوِيِّ الرَّحَا أَوْ كَصَوْتِ الْهَضْبَاءِ حِينَ يُصِيْبُهَا الرِّيْحُ، فَقَالَ بَعْضُنَا لِبَعْضٍ: يَا قَوْمِ اثْبُتُوْا حَتَّى تُصْبِحُوْا أَوْ يَأْتِيَكُمْ رَسُوْلُ اللهِ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ آلِهِ وَ سَلَّمَ – فَلَبِثْنَا مَا شَاءَ اللهُ، ثُمَّ نَادَى” ثَمَّ مُعَاذُ بْنُ جَبَلٍ، وَ أَبُوْ عُبَيْدَةَ بْنُ الْجَرَّاحِ، وَ عَوْفُ بْنُ مَالِكٍ؟” فَقُلْنَا: نَعَمْ، فَأَقْبَلَ إِلَيْنَا فَخَرَجْنَا لَا نَسْأَلُهُ عَنْ شَيْءٍ وَ لَا يُخْبِرُنَا حَتَّى قَعَدَ عَلَى فِرَاشِهِ، فَقَالَ: “أَتَدْرُوْنَ مَا خَيَّرَنِيْ بِهِ رَبِّي اللَّيْلَةَ؟” فَقُلْنَا: اللهُ وَ رَسُوْلُهُ أَعْلَمُ، قَالَ: “فَإِنَّهُ خَيَّرَنِيْ بَيْنَ أَنْ يُدْخِلَ نِصْفَ أُمَّتِي الْجَنَّةَ، وَ بَيْنَ الشَّفَاعَةِ، فَاخْتَرْتُ الشَّفَاعَةَ” فَقُلْنَا: يَا رَسُوْلَ اللهِ، ادْعُ اللهَ أَنْ يَجْعَلَنَا مِنْ أَهْلِهَا” قَالَ: “هِيَ لِكُلِّ مُسْلِمٍ.”
هذَا حَدِيْثٌ صَحِيْحٌ عَلَى شَرْطِ مُسْلِمٍ. فَقَدِ احْتَجَّ بِسُلَيْمِ بْنِ عَامِرٍ، وَ أَمَّا سَائِرُ رُوَاتِهِ فَمُتَّفَقٌ عَلَيْهِمْ وَ لَمْ يُخْرِجَاهُ. وَ قَدْ رَوَاهُ سَعِيْدُ بْنُ أَبِيْ عَرُوْبَةَ وَ هِشَامُ بْنُ سِنْبَرٍ، عَنْ قَتَادَةَ، عَنْ أَبِي الْمُلَيْحِ، عَنْ عَوْفِ بْنِ مَالِكٍ . [ ص: 244 ] أَمَا حَدِيْثُ سَعِيْدٍ.

221. Abul-‘Abbās Muḥammad bin Ya‘qūb menceritakan kepada kami, Baḥr bin Nashr bin Sābiq al-Khaulānī menceritakan kepada kami, Bisyr bin Bakar menceritakan kepada kami, Ibnu Jābir menceritakan kepadaku, dia berkata: Aku pernah mendengar Sulaim bin ‘Āmir berkata: Aku pernah mendengar ‘Auf bin Mālik al-Asyja‘ī berkata: ” Ketika kami sedang beristirahat bersama Rasūlullāh s.a.w. di suatu tempat, maka pada malam harinya aku terbangun. Ternyata tidak ada yang aku lihat lebih tinggi daripada bagian belakang unta tungganganku. Rupanya semua orang dan untanya telah menempel dengan bumi (telah tidur semuanya). Aku pun memeriksa orang-orang hingga aku sampai (2821) di tempat tidur Rasūlullāh s.a.w. Ternyata beliau tidak ada di tempatnya. Aku kemudian meletakkan tanganku di atas tempat tidur (beliau), dan ternyata dingin. Aku pun keluar memeriksa orang-orang seraya berkata: “Innā lillāhi wa innā ilaihi rāji‘ūn. Rasūlullāh s.a.w. telah pergi,” sampai aku keluar dari seluruh tenda.

Ketika aku lalu melihat kerumunan orang, maka aku pun melempar dengan batu lalu mendatangi kerumunan tersebut. Ternyata di sana ada Mu‘ādz bin Jabal dan Abū ‘Ubaidah bin al-Jarrāḥ, sedangkan di depan kami ada suara seperti bunyi batu gerinda atau hujan yang diterpa angin (hujan angin). Sebagian kami pun berkata kepada sebagian lainnya: “Wahai kalian semua, tetaplah di tempat sampai pagi datang atau sampai Rasūlullāh s.a.w. datang.”

Kami kemudian diam di tempat sampai beberapa waktu. Tak lama kemudian beliau s.a.w. menanggil: “Apakah ada Mu‘ādz bin Jabal, Abā ‘Ubaidah, dan ‘Auf bin Mālik?” Kami pun menjawab: “Ya.” Beliau lalu mendatangi kami dan kami pun keluar. Kami tidak menanyakan apa pun kepada beliau, dan beliau pun tidak mengabarkan kepada kami hingga beliau duduk di tempat tidurnya. Beliau kemudian bertanya: “Tahukah kalian apa pilihan yang diberikan Tuhanku pada malam ini?” Kami menjawab: “Allah dan Rasūl-Nya lebih tahu.” Beliau lalu bersabda: “Dia telah menyuruhku memilih antara separuh umatku masuk surga atau memilih syafa‘at, maka aku memilih syafa‘at.” Kami lalu berkata: “Wahai Rasūlullāh s.a.w., berdoalah kepada Allah agar menjadikan kami termasuk di antara orang-orang yang mendapatkannya.” Beliau lalu bersabda: “Dia untuk setiap muslim.” (2832).

Hadits ini shaḥīḥ sesuai syarat Muslim. Dia berhujjah dengan Sulaim bin ‘Amri. Sedangkan para periwayat lainnya telah disepakati (untuk diriwayatkan haditsnya), tapi al-Bukhārī dan Muslim tidak meriwayatkannya. Sa‘īd bin Abī ‘Urūbah dan Hisyām bin Sinbar meriwayatkan dari Qatādah, dari Abul-Mulaiḥ, dari ‘Auf bin Mālik.

Sedangkan hadits Sa‘īd adalah:

222 – فَحَدَّثَنَاهُ الْحَسَنُ بْنُ يَعْقُوْبَ الْعَدْلُ، ثَنَا يَحْيَى بْنُ أَبِيْ طَالِبٍ، ثَنَا عَبْدُ الْوَهَّابِ بْنُ عَطَاءٍ، أَنْبَأَ سَعِيْدٌ قَالَ: وَ ثَنَا الْحُسَيْنُ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ أَبِيْ زِيَادٍ، ثَنَا هَارُوْنُ بْنُ إِسْحَاقَ الْهَمْدَانِيُّ، ثَنَا عَبْدَةُ بْنُ سُلَيْمَانَ، ثَنَا سَعِيْدُ بْنُ أَبِيْ عَرُوْبَةَ، عَنْ قَتَادَةَ، أَنَّ أَبَا الْمُلَيْحِ الْهُذَلِيَّ، حَدَّثَهُمْ أَنَّ عَوْفَ بْنَ مَالِكٍ قَالَ: كُنَّا مَعَ رَسُوْلِ اللهِ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ آلِهِ وَ سَلَّمَ – فِيْ بَعْضِ أَسْفَارِهِ، فَذَكَرَ الْحَدِيْثَ.

222. Ḥasan bin Ya‘qūb al-‘Adl menceritakannya kepada kami, Yaḥyā bin Abī Thālib menceritakan kepada kami, ‘Abd-ul-Wahhāb bin ‘Athā’ menceritakan kepada kami, Sa‘īd memberitakan (kepada kami), dia berkata: Ḥusain bin Muḥammad bin Abī Ziyād menceritakan kepada kami, Hārūn bin Isḥāq al-Hamadānī menceritakan kepada kami, ‘Abdah bin Sulaimān menceritakan kepada kami, Sa‘īd bin Abī ‘Arūbah menceritakan kepada kami dari Qatādah, bahwa Abul-Mulaiḥ al-Hudzalī menceritakan kepada mereka, bahwa ‘Auf bin Mālik berkata:

Kami pernah bersama Rasūlullāh s.a.w. dalam sebagian perjalanan beliau – lalu dia menuturkan haditsnya.” (2843).

Hadits Hisyām ad-Dastuwā’ī adalah: (Lihat hadits 223)

322 – وَ أَمَّا حَدِيْثُ هِشَامٍ الدَّسْتُوَائِيِّ. فَحَدَّثَنَاهُ أَبُوْ زَكَرِيَّا الْعَنَزِيُّ، وَ عَلِيُّ بْنُ عِيْسَى بْنِ إِبْرَاهِيْمَ، قَالَا: ثَنَا إِبْرَاهِيْمُ بْنُ أَبِيْ طَالِبٍ، ثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الْمُثَنَّى، ثَنَا مُعَاذُ بْنُ هِشَامٍ، حَدَّثَنِيْ أَبِيْ، عَنْ قَتَادَةَ، عَنْ أَبِي الْمُلَيْحِ، عَنْ عَوْفِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ: “كُنَّا مَعَ النَّبِيِّ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ آلِهِ وَ سَلَّمَ – فَذَكَرَ الْحَدِيْثَ بِطُوْلِهِ. حَدِيْثُ قَتَادَةَ هذَا حَدِيْثٌ صَحِيْحٌ عَلَى شَرْطِهِمَا وَ لَمْ يُخْرِجَاهُ. وَ قَدْ رَوَى هذَا الْحَدِيْثَ أَبُوْ قِلَابَةَ عَبْدُ اللهِ بْنُ زَيْدٍ الْجَرْمِيُّ، عَنْ عَوْفِ بْنِ مَالِكٍ.

223. Abū Zakariyyā al-‘Anbarī dan ‘Alī bin ‘Īsā bin Ibrāhīm menceritakannya kepada kami, keduanya berkata: Ibrāhīm bin Abī Thālib menceritakan kepada kami, Muḥammad bin al-Mutsannā menceritakan kepada kami, Mu‘ādz bin Hisyām menceritakan kepada kami, ayahku menceritakan kepadaku dari Qatādah, dari Abul-Mulaiḥ, dari ‘Auf bin Mālik, dia berkata: “Kami pernah bersama Nabi s.a.w. – lalu dia menuturkan haditsnya dengan redaksi yang panjang – .” (2854).

Hadits ini shaḥīḥ sesuai syarat al-Bukhārī dan Muslim. tapi keduanya tidak meriwayatkannya.

Abū Qilābah ‘Abdullāh bin Zaid al-Jarmī meriwayatkan hadits ini dari ‘Auf bin Mālik.

422 – أَخْبَرَنِي الْحُسَيْنُ بْنُ عَلِيِّ بْنِ مُحَمَّدِ بْنِ يَحْيَى التَّمِيْمِيُّ، ثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الْمُسَيَّبِ، ثَنَا إِسْحَاقُ بْنُ شَاهِيْنَ، ثَنَا خَالِدُ بْنُ عَبْدِ اللهِ، عَنْ خَالِدٍ الْحَذَّاءِ، عَنْ أَبِيْ قِلَابَةَ، عَنْ عَوْفِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ: كُنَّا مَعَ رَسُوْلِ اللهِ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ آلِهِ وَ سَلَّمَ – فِيْ بَعْضِ مَغَازِيْهِ فَانْتَهَيْنَا ذَاتَ لَيْلَةٍ فَلَمْ نَرَ رَسُوْلَ اللهِ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ آلِهِ وَ سَلَّمَ – فِيْ مَكَانَهُ، وَ إِذَا الْإِبِلُ قَدْ وَضَعَتْ جِرَانَهَا فَإِذَا أَنَا بِحِبَالٍ، فَإِذَا مُعَاذُ بْنُ جَبَلٍ فَتَصَدَّى لِيْ وَ تَصَدَّيْتُ لَهُ، فَقُلْتُ: أَيْنَ رَسُوْلُ اللهِ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ آلِهِ وَ سَلَّمَ – ؟ قَالَ: وَرَائِيْ . . . وَ ذَكَرَ الْحَدِيْثَ. وَ هذَا صَحِيْحٌ مِنْ حَدِيْثِ أَبِيْ قِلَابَةَ عَلَى شَرْطِ الشَّيْخَيْنِ، وَ قَدْ رُوِيَ هذَا الْحَدِيْثُ، عَنْ أَبِيْ مُوْسَى الْأَشْعَرِيِّ، عَنْ عَوْفِ بْنِ مَالِكٍ بِإِسْنَادٍ صَحِيْحٍ عَلَى شَرْطِ الشَّيْخَيْنِ وَ لَمْ يُخْرِجَاهُ.

224. Ḥusain bin ‘Alī bin Muḥammad bin Yaḥyā at-Tamīmī mengabarkan kepadaku, Muḥammad bin al-Musayyib menceritakan kepada kami, Isḥāq bin Syāhīn menceritakan kepada kami, Khālid bin ‘Abdullāh menceritakan kepada kami dari Khālid al-Hadzdzā’, dari Abū Qilābah, dari ‘Auf bin Mālik, dia berkata: “Kami pernah bersama Rasūlullāh s.a.w. dalam sebagian peperangan beliau. Pada suatu malam kami sampai (di suatu tempat), tapi kami tidak melihat Rasūlullāh s.a.w. di tempatnya. Ternyata unta-unta telah merebahkan lehernya. Aku ada di perbukitan bersama Mu‘ādz bin Jabal. Dia kemudian menghalangiku dan aku pun menghalanginya. Aku lalu bertanya: “Di manakah Rasūlullāh s.a.w.?” Dia menjawab: “Di belakangku.” Dia lalu menuturkan haditsnya.” (2865).

Hadits ini shaḥīḥ, dari hadits Abū Qilābah, dan sesuai syarat al-Bukhārī dan Muslim.

Hadits ini diriwayatkan dari Abū Mūsā al-Asy‘arī, dari ‘Auf bin Mālik, dengan sanad yang shaḥīḥ sesuai syarat al-Bukhārī dan Muslim, tapi keduanya tidak meriwayatkannya.

Catatan:

  1. (282). Dalam manuskrip tertulis: “Bertolak ke.”
  2. (283). Adz-Dzahabī berkata dalam at-Talkhīsh: “Redaksinya telah disebutkan sebelumnya.”

    Dia melanjutkan perkataanya: “Hadits ini sesuai syarat Muslim.”

    Ibnu Abī ‘Arūbah meriwayatkan daari Qatādah, dari Abul-Mulaiḥ, dari ‘Auf dengan redaksi yang sama. Sedangkan Khālid – yaitu Khālid bin ‘Abdillāh – meriwayatkan dari Khālid – yaitu Khālid al-Hadzdzā’ – dari Abū Qilābah, dari ‘Auf bin Mālik, dengan redaksi yang sama.

    Hadits ini diriwayatkan pula dari Abū Mūsā al-Asy‘arī, dari ‘Auf, dengan sanad yang sesuai syarat al-Bukhārī dan Muslim.

  3. (284). Lih. hadits no. 221.
  4. (285). Lih. hadits no. 221.
  5. (286). Lih. hadits no. 221.

Komentar

Belum ada komentar. Mengapa Anda tidak memulai diskusi?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *