Al Mustadrak Bab 95 no.216 s.d no.219 : Nabi Muḥammad S.A.W. Melihat Tuhannya?

Al-MUSTADRAK
(Judul Asli: Al-Mustadraku ‘alash-Shahihain)
Oleh: Imam al-Hakim

Penerjemah: Ali Murtadho
Penerbit: PUSTAKA AZZAM

59 – هل رَأَى مُحَمَّدٌ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ آلِهِ وَ سَلَّمَ – رَبَّهُ

1-95. Apakah Nabi Muḥammad s.a.w. melihat Tuhannya?

612 – أَخْبَرَنَا أَبُوْ بَكْرِ بْنُ إِسْحَاقَ الْفَقِيْهُ، أَنْبَأَ هِشَامُ بْنُ عَلِيٍّ السَّدُوْسِيُّ، ثَنَا سَهْلُ بْنُ بَكَّارٍ، ثَنَا هِشَامُ بْنُ عَبْدِ اللهِ قَالَ: وَ أَخْبَرَنَا الْحُسَيْنُ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ زِيَادٍ، ثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ يَسَارٍ، وَ مُحَمَّدُ بْنُ الْمُثَنَّى، قَالَا: ثَنَا مُعَاذُ بْنُ هِشَامٍ، حَدَّثَنِيْ أَبِيْ، عَنْ قَتَادَةَ، عَنْ عِكْرِمَةَ، عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ – رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا – قَالَ: أَتَعْجَبُوْنَ أَنْ يَكُوْنَ الْخُلَّةُ لِإِبْرَاهِيْمَ، وَ الْكَلَامُ لِمُوْسَى، وَ الرُّؤْيَةُ لِمُحَمَّدٍ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ آلِهِ وَ سَلَّمَ -.”
هذَا حَدِيْثٌ صَحِيْحٌ عَلَى شَرْطِ الْبُخَارِيِّ، وَ لَمْ يُخْرِجَاهُ. وَلَهُ شَاهِدٌ صَحِيحٌ ، عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ فِي الرُّؤْيَةِ.

216. Abū Bakar bin Isḥāq al-Faqīh menceritakan kepada kami, Hisyām bin ‘Alī as-Sadūsī mengabarkan kepada kami, Sahl bin Bakkār menceritakan kepada kami, Hisyām bin ‘Abdillāh menceritakan kepada kami, dia berkata:
Ḥusain bin Muḥammad bin Ziyād mengabarkan kepad kami, Muḥammad bin Yasār dan Muḥammad bin al-Mutsannā menceritakan kepada kami, keduanya berkata: Mu‘ādz bin Hisyām menceritakan kepada kami, ayahku menceritakan kepadaku dari Qatādah, dari ‘Ikrimah, dari Ibnu ‘Abbās r.a., dia berkata: “Herankah kalian jika gelar Khalīl (Kekasih) diberikan kepada Ibrāhīm, Kalīm (Teman bicara) diberikan kepada Mūsā, dan Ru’yah (Melihat) diberikan kepada Muḥammad s.a.w.?” (2771).

Hadits ini shaḥīḥ sesuai syarat al-Bukhārī, tapi al-Bukhārī dan Muslim tidak meriwayatkannya.

Hadits ini memiliki syāhid yang shaḥīḥ dari Ibnu ‘Abbās tentang ru’yah (melihat).

712 – أَخْبَرَنَاهُ أَبُوْ نَصْرٍ أَحْمَدُ بْنُ سَهْلٍ الْفَقِيْهُ، وَ أَبُو الْحَسَنِ عَلِيُّ بْنُ مُحَمَّدٍ الشَّرَغَاوَشُوْنِيْ الْبُخَارِيَّانِ، بِبُخَارَى، قَالَا: ثَنَا صَالِحُ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ حَبِيْبٍ الْحَافِظُ، ثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الصَّبَّاحِ، وَ حَدَّثَنَا أَبُوْ سَعِيْدٍ أَحْمَدُ بْنُ يَعْقُوْبَ الثَّقَفِيُّ، ثَنَا أَحْمَدُ بْنُ يَحْيَى الْحُلْوَانِيُّ، ثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الصَّبَّاحِ الدَّوْلَابِيُّ، ثَنَا إِسْمَاعِيْلُ بْنُ زَكَرِيَّا، عَنْ عَاصِمٍ، عَنِ الشَّعْبِيِّ، وَ عِكْرِمَةَ، عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ: رَأَى مُحَمَّدٌ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ آلِهِ وَ سَلَّمَ – رَبَّهُ.” وَ لَهُ شَاهِدٌ ثَالِثٌ صَحِيْحُ الْإِسْنَادِ.

217/217. Abū Nashr Aḥmad bin Sahl al-Faqīh mengabarkannya kepada kami, Abul-Ḥasan ‘Alī bin Muḥammad asy-Syaraghāwasyūnī al-Bukhāriyāni di Bukhārī, keduanya berkata: Shāliḥ bin Muḥammad bin Ḥabīb al-Ḥāfizh menceritakan kepada kami, Muḥammad bin ash-Shabbāḥ menceritakan kepada kami, Abū Sa‘īd Aḥmad bin Ya‘qūb ats-Tsaqafī menceritakan kepada kami, Aḥmad bin Yaḥyā al-Ḥulwānī menceritakan kepada kami, Muḥammad bin ash-Shabbāḥ ad-Daulābī menceritakan kepada kami, Ismā‘īl bin Zakariyyā menceritakan kepada kami dari ‘Āshim, dari asy-Sya‘bī dan ‘Ikrimah, dari Ibnu ‘Abbās, dia berkata: “Muḥammad s.a.w. telah melihat Tuhannya.” (2782).

Hadits ini memiliki syāhid yang sandanya shaḥīḥ.

812 – أَخْبَرَنَا أَبُو الْعَبَّاسِ مُحَمَّدُ بْنُ أَحْمَدَ الْمَحْبُوْبِيُّ، بِمَرْوَ، ثَنَا سَعِيْدُ بْنُ مَسْعُوْدٍ، ثَنَا يَزِيْدُ بْنُ هَارُوْنَ، أَنْبَأَ مُحَمَّدُ بْنُ عَمْرٍو، عَنْ أَبِيْ سَلَمَةَ، عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ: قَدْ رَأَى مُحَمَّدٌ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ آلِهِ وَ سَلَّمَ – رَبَّهُ.

218/218. Abul-‘Abbās Muḥammad bin Aḥmad al-Maḥbūbī mengabarkan kepada kami di Marwa, Sa‘īd bin Mas‘ūd menceritakan kepada kami, Yazīd bin Hārūn menceritakan kepada kami, Muḥammad bin ‘Amr memberitakan (kepada kami) dari Abū Salamah, dari Ibnu ‘Abbās, dia berkata: “Muḥammad s.a.w. telah melihat Tuhannya.” (2793).

912 – أَخْبَرَنَا أَبُوْ بَكْرٍ مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ اللهِ الشَّافِعِيُّ، ثَنَا إِسْحَاقُ بْنُ الْحَسَنِ، ثَنَا أَبُوْ حُذَيْفَةَ، ثَنَا سُفْيَانُ، عَنِ ابْنِ جُرَيْجٍ، عَنْ عَطَاءٍ، عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ: رَآهُ مَرَّتَيْنِ. [ ص: 242 ] حَدِيْثُ كَذَا قَدِ اعْتَمَدَهُ الشَّيْخَانِ فِيْ هذَا الْبَابِ أَخْبَارُ عَائِشَةَ بِنْتِ الصِّدِّيْقِ، وَ أُبَيِّ بْنِ كَعْبٍ، وَ عَبْدِ اللهِ بْنِ مَسْعُوْدٍ، وَ أَبِيْ ذَرٍّ – رَضِيَ اللهُ عَنْهُمْ – أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ آلِهِ وَ سَلَّمَ – رَأَى جَبْرِيْلَ – عَلَيْهِ السَّلَامُ – . وَ هذِهِ الْأَخْبَارُ الَّتِيْ ذَكَرْتُهَا صَحِيْحَةٌ كُلُّهَا – وَ اللهُ أَعْلَمُ – .

219/219. Abū Bakar Muḥammad bin ‘Abdillāh asy-Syāfi‘ī mengabarkan kepada kami, Isḥāq bin Ḥasan menceritakan kepada kami, Abū Ḥudzaifah menceritakan kepada kami, Sufyān menceritakan kepada kami dari Ibnu Juraij, dari ‘Athā’, dari Ibnu ‘Abbās, dia berkata: “Beliau melihatnya dua kali.” (2804).

Hadits ini berkenaan dengan pembahasan ini. Hadits yang dijadikan pegangan oleh al-Bukhārī dan Muslim adalah hadits-hadits yang diriwayatkan dari ‘Ā’isyah binti ash-Shiddīq, Ubai bin Ka‘ab, ‘Abdullāh bin Mas‘ūd, dan Abū Dzarr r.a., bahwa Rasūlullāh s.a.w. melihat Jibrīl a.s. (bukan Allah s.w.t.). Semua hadits ini shaḥīḥ.

Catatan:

  1. (277). Adz-Dzahabī berkata dalam at-Talkhīsh: “Hadits ini sesuai syarat al-Bukhārī. Hadits ini memiliki,” Kemudian dia menyebutkan hadits no. 217.
  2. (278). Lih. hadits no. 216.
  3. (279). Lih. hadits no. 216.
  4. (280). Adz-Dzahabī berkata dalam at-Talkhīsh: “al-Bukhārī dan Muslim berpegang dengan hadits-hadits ‘Ā’isyah, Ubai bin Ka‘ab, ‘Abdullāh bin Mas‘ūd, dan Abū Dzarr r.a., bahwa Nabi s.a.w. melihat Jibrīl (bukan Allah s.w.t.).

Komentar

Belum ada komentar. Mengapa Anda tidak memulai diskusi?

Tinggalkan Balasan

You have to agree to the comment policy.