Al Mustadrak Bab 92 no.211 dan 212 : Hak Dua (Golongan) Orang Lemah

Al-MUSTADRAK
(Judul Asli: Al-Mustadraku ‘alash-Shahihain)
Oleh: Imam al-Hakim

Penerjemah: Ali Murtadho
Penerbit: PUSTAKA AZZAM

29 – إِنِّيْ أُحَرِّجُ عَلَيْكُمْ حَقَّ الضَّعِيْفَيْنِ الْيَتِيْمِ وَ الْمَرْأَةِ

1-92. Sesungguhnya aku membebankan kepada kalian hak dua orang lemah, (yaitu) anak yatim dan wanita

112 – أَخْبَرَنَا أَبُوْ عَبْدِ اللهِ مُحَمَّدُ بْنُ يَعْقُوْبَ الْحَافِظُ، ثَنَا يَحْيَى بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ يَحْيَى، ثَنَا مُسَدَّدٌ، وَ ثَنَا عَلِيُّ بْنُ حَمْشَاذَ، أَنْبَأَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ أَحْمَدَ بْنِ حَنْبَلٍ، حَدَّثَنِيْ أَبِيْ، قَالَا: ثَنَا يَحْيَى – يَعْنِيَانِ ابْنَ سَعِيْدٍ – ثَنَا ابْنُ عَجْلَانَ، عَنْ سَعِيْدٍ الْمَقْبُرِيِّ، عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ آلِهِ وَ سَلَّمَ – : “إِنِّيْ أُحَرِّجُ عَلَيْكُمْ حَقَّ الضَّعِيْفَيْنِ الْيَتِيْمِ وَ الْمَرْأَةِ”. هذَا حَدِيْثٌ صَحِيْحٌ عَلَى شَرْطِ مُسْلِمٍ وَ لَمْ يُخْرِجَاهُ.

211. Abū ‘Abdillāh Muḥammad bin Ya‘qūb al-Ḥāfizh mengabarkan kepada kami, Yaḥyā bin Muḥammad bin Yaḥyā menceritakan kepada kami, Musaddad menceritakan kepada kami, ‘Alī bin Ḥamsyād al-‘Adl menceritakan kepada kami, ‘Abdullāh bin Aḥmad bin Ḥanbal mengabarkan kepada kami, ayahku menceritakan kepadaku, keduanya berkata: Yaḥyā (yang dimaksud oleh keduanya adalah Ibnu Sa‘īd) menceritakan kepada kami, Ibnu ‘Ajlān menceritakan kepada kami dari Sa‘īd al-Maqburī, dari Abū Hurairah, dia berkata: Rasūlullāh s.a.w. bersabda: “Sesungguhnya aku membebankan kepada kalian hak dua orang lemah, (yaitu) anak yatim dan wanita.” (2721).

Hadits ini shaḥīḥ sesuai syarat Muslim, tapi al-Bukhārī serta Muslim tidak meriwayatkannya.

212 – حَدَّثَنَا أَبُو الْعَبَّاسِ مُحَمَّدُ بْنُ يَعْقُوْبَ، أَنْبَأَ الْعَبَّاسُ بْنُ الْوَلِيْدِ بْنِ مَزِيْدٍ الْبَيْرُوْتِيُّ، أَخْبَرَنِيْ أَبِيْ قَالَ: سَمِعْتُ الْأَوْزَاعِيَّ، يَقُوْلُ: حَدَّثَنِيْ أَبُوْ كَثِيْرٍ الزُّبَيْدِيُّ، عَنْ أَبِيْهِ، [ ص: 239 ] وَ كَانَ يُجَالِسُ أَبَا ذَرٍّ قَالَ: فَجَمَعَ حَدِيْثًا فَلَقِيَ أَبَا ذَرٍّ وَ هُوَ عِنْدَ الْجَمْرَةِ الْوُسْطَى وَ حَوْلَهُ النَّاسُ قَالَ: فَجَلَسْتُ إِلَيْهِ حَتَّى مَسَّتْ رُكْبَتِيْ رُكْبَتَيْهِ، فَنَسِيْتُ ذلِكَ الْحَدِيْثَ، وَ تَفَلَّتَ مِنِّيْ كُلُّ شَيْءٍ أَرَدْتُ أَنْ أَسْأَلَهُ عَنْهُ، فَرَفَعْتُ رَأْسِيْ إِلَى السَّمَاءِ فَجَعَلْتُ أَتَذْكُرُ، فَقُلْتُ: يَا أَبَا ذَرٍّ، دُلَّنِيْ عَلَى عَمَلٍ إِذَا عَمِلَ بِهِ الْعَبْدُ دَخَلَ الْجَنَّةَ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ آلِهِ وَ سَلَّمَ – : “تُؤْمِنُ بِاللهِ ” قُلْتُ: يَا رَسُوْلَ اللهِ، إِنَّ مَعَ الْإِيْمَانِ عَمَلًا؟ قَالَ: ” يَرْضَخُ مِمَّا رَزَقَهُ اللهُ “، قُلْتُ: يَا رَسُوْلَ اللهِ، فَإِنْ كَانَ مُعْدِمًا لَا شَيْءَ لَهُ؟ قَالَ: “يَقُوْلُ مَعْرُوْفًا بِلِسَانِهِ”، قُلْتُ: فَإِنْ كَانَ عَيِيًّا لَا يُبَلِّغُ عَنْهُ لِسَانُهُ؟ قَالَ: ” فَلْيُعِنْ مَغْلُوْبًا”، قُلْتُ: فَإِنْ كَانَ ضَعِيْفًا لَا قُوَّةَ لَهُ؟ قَالَ: “فَلْيَصْنَعْ لِأَخْرَقَ”، قُلْتُ: فَإِنْ كَانَ أَخْرَقَ؟ فَالْتَفَتَ إِلَيَّ فَقَالَ: “مَا تُرِيْدُ أَنْ تَدَعَ فِيْ صَاحِبِكَ خَيْرًا؟” قَالَ: “يَدَعُ النَّاسَ مِنْ أَذَاهُ”. قُلْتُ: يَا رَسُوْلَ اللهِ، إِنَّ هذَا لَيَسِيْرٌ كُلُّهُ قَالَ: “وَ الَّذِيْ نَفْسُ مُحَمَّدٍ بِيَدِهِ مَا مِنْهُنَّ خَصْلَةٌ يَعْمَلُ بِهَا عَبْدٌ يَبْتَغِيْ بِهَا وَجْهَ اللهِ إِلَّا أَخَذَتْ بِيَدِهِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ فَلَمْ تُفَارِقْهُ حَتَّى تُدْخِلَهُ الْجَنَّةَ”. هذَا حَدِيْثٌ صَحِيْحٌ عَلَى شَرْطِ مُسْلِمٍ فَقَدِ احْتَجَّ فِيْ كِتَابِهِ بِأَبِيْ كَثِيْرٍ الزُّبَيْدِيِّ وَ اسْمُهُ يَزِيْدُ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمنِ بْنِ أُذَيْنَةَ، وَ هُوَ تَابِعِيٌّ مَعْرُوْفٌ يُقَالُ لَهُ: أَبُوْ كَثِيْرٍ الْأَعْمَى، وَ هذَا الْحَدِيْثُ لَمْ يُخْرِجَاهُ.

212. Abul-‘Abbās Muḥammad bin Ya‘qūb mengabarkan kepada kami, Abul-‘Abbās bin al-Walīd bin Al-Mazīd al-Bairūtī memberitakan (kepada kami), ayahku mengabarkan kepadaku, dia berkata: Aku mendengar al-Auzā‘ī berkata: Abū Katsīr az-Zubaidī menceritakan kepadaku dari ayahnya yang pernah duduk-duduk dengan Abū Dzarr. Dia mengumpulkan hadits kemudian menemui Abū Dzarr yang ketika itu sedang berada di Jamrah al-Wusthā dengan dikelilingi orang-orang. (Ayahnya berkata): Aku pun duduk di hadapannya hingga kedua lututku menempel dengan kedua lututnya, tapi rupanya aku lupa hadits tersebut dan aku tidak ingat segala sesuatu yang ingin aku tanyakan. Aku lalu mengangkat kepalku ke langit, dan tiba-tiba aku ingat kembali, maka aku bertanya: “Wahai Abū Dzarr, tunjukkanlah kepadaku suatu perbuatan yang jika dilakukan oleh seorang hamba maka dia akan masuk surga.”

Abū Dzarr menjawab: “Rasūlullāh s.a.w. bersabda: “Kamu beriman kepada Allah.” Aku (Abū Dzarr) lalu berkata: “Wahai Rasūlullāh, sesungguhnya iman harus diiringi dengang perbuatan”. Beliau lalu bersabda: “Dia memberikan sedikit rezeki yang telah diberikan Allah (kepada orang lain).” Aku (Abū Dzarr) bertanya: “Wahai Rasūlullāh, bagaimana jika dia miskin dan tidak memiliki apa-apa?.” Beliau menjawab: “Dia berkata-kata baik dengan lidahnya.” Aku bertanya lagi: “Bagaimana jika dia cacat sehingga tidak bisa bicara?” Beliau menjawab: “Dia hendaknya menolong orang yang kalah (terzhalimi).” Aku bertanya lagi: “Bagaimana jika dia lemah dan tidak mempunyai kekuatan?” Beliau menjawab: “Perbuatlah sesuatu untuk orang bodoh.” Aku bertanya lagi: “Jika dia sendiri bodoh?” Beliau lalu menoleh kepadaku dan bersabda: “Apa yang ingin kamu tinggalkan pada temanmu berupa kebaikan.” Beliau bersabda lagi: “Dia sebaiknya mencegah kejahatan dari manusia.” Aku bertanya lagi: “Wahai Rasūlullāh, sesungguhnya semua ini mudah.” Beliau bersabda: “Demi Dzāt Yang jiwa Muḥammad berada di tangan-Nya, tidak satu perbuatan pun yang dilakukan seorang hamba dalam rangka mencari ridha Allah kecuali pada Hari Kiamat nanti aku akan memegang tangannya dan tidak akan berpisah dengannya hingga memasukkannya ke dalam surga.” (2732).

Hadits ini shaḥīḥ sesuai syarat Muslim. Dia berhujjah dalam kitabnya bahwa Abū Katsīr az-Zubaidī yang namanya Yazīd bin ‘Abd-ir-Raḥmān bin ‘Udzainah, adalah seorang tābi‘īn terkenal yang dikenal dengan nama Abū Katsīr al-A‘mā. Hadits ini tidak diriwayatkan oleh al-Bukhārī dan Muslim.

Catatan:

  1. (272). Adz-Dzahabī berkata dalam at-Talkhīsh: “Hadits ini sesuai syarat Muslim.”
  2. (273). Adz-Dzahabī berkata dalam at-Talkhīsh: “Hadits ini sesuai syarat Muslim. Abū Katsīr Yazīd bin ‘Abd-ir-Raḥmān dijadikan hujjah oleh Muslim.”

Komentar

Belum ada komentar. Mengapa Anda tidak memulai diskusi?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *