105 – إِذَا كَان يَوْمُ الْقِيَامَةِ كُانَ النَّبِيُّ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ آلِهِ وَ سَلَّمَ – إِمَامَ النَّبِيِّيْنَ وَ خَطِيْبَهُمْ
240 – أَخْبَرَنَا أَبُوْ عَبْدِ اللهِ الْحُسَيْنُ بْنُ أَيُّوْبَ الطُّوْسِيُّ، ثَنَا أَبُوْ حَاتِمٍ مُحَمَّدُ بْنُ إِدْرِيْسَ الْحَنْظَلِيُّ، ثَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ جَعْفَرٍ الرَّقِّيُّ، ثَنَا عُبَيْدُ اللهِ بْنُ عَمْرٍو، عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ مُحَمَّدِ بْنِ عَقِيْلٍ، عَنِ الطُّفَيْلِ بْنِ أُبَيِّ بْنِ كَعْبٍ، عَنْ أَبِيْهِ، عَنْ رَسُوْلِ اللهِ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ آلِهِ وَ سَلَّمَ – قَالَ: “إِذَا كَانَ يَوْمُ الْقِيَامَةِ كُنْتُ إِمَامَ النَّبِيِّيْنَ وَ خَطِيْبَهُمْ وَ صَاحِبَ شَفَاعَتِهِمْ غَيْرَ فَخْرٍ”.
240/240: Abū ‘Abdillāh Ḥusain bin Ayyūb ath-Thūsī mengabarkan kepada kami, Abū Ḥātim Muḥammad bin Idrīs al-Ḥanzhalī menceritakan kepada kami, ‘Abdullāh bin Ja‘far ar-Raqqī menceritakan kepada kami, ‘Ubaidillāh bin ‘Amr menceritakan kepada kami dari ‘Abdullāh bin Muḥammad bin ‘Aqīl, dari Thufail bin Ubai bin Ka‘ab, dari ayahnya, dari Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda: “Pada Hari Kiamat nanti aku adalah pemimpin para nabi dan juru bicara mereka, sekaligus orang yang memiliki syafā‘at mereka. Ini bukanlah kesombongan.” (3021).
241 – حَدَّثَنَا أَبُوْ جَعْفَرٍ مُحَمَّدُ بْنُ صَالِحِ بْنِ هَانِئٍ، ثَنَا السَّرِيُّ بْنُ خُزَيْمَةَ، ثَنَا أَبُوْ حُذَيْفَةَ النَّهْدِيُّ، ثَنَا زُهَيْرُ بْنُ مُحَمَّدٍ، عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ مُحَمَّدِ بْنِ عَقِيْلٍ، عَنِ الطُّفَيْلِ بْنِ أُبَيِّ بْنِ كَعْبٍ، عَنْ أَبِيْهِ، أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ آلِهِ وَ سَلَّمَ – قَالَ: “إِذَا كَانَ يَوْمُ الْقِيَامَةِ كُنْتُ إِمَامَ النَّبِيِّيْنَ وَ خَطِيْبَهُمْ وَ صَاحِبَ شَفَاعَتِهِمْ غَيْرَ فَخْرٍ”.هذَا حَدِيْثٌ صَحِيْحُ الْإِسْنَادِ وَ لَمْ يُخْرِجَاهُ لِتَفَرُّدِ عَبْدِ اللهِ بْنِ مُحَمَّدِ بْنِ عَقِيْلِ بْنِ أَبِيْ طَالِبٍ، وَ لِمَا نُسِبَ إِلَيْهِ مِنْ سُوْءِ الْحِفْظِ، وَ هُوَ عِنْدَ الْمُتَقَدِّمِيْنَ مِنْ أَئِمَّتِنَا ثِقَةٌ مَأْمُوْنٌ.
241/241: Abū Ja‘far Muḥammad bin Shāliḥ bin Hāni’ menceritakan kepada kami, as-Sarrī bin Khuzaimah menceritakan kepada kami, Abū Ḥudzaifah an-Nahdī menceritakan kepada kami, Zuhair bin Muḥammad menceritakan kepada kami dan ‘Abdullāh bin Muḥammad bin ‘Aqīl, dari Thufail bin Ubai bin Ka‘ab, dari ayahnya, bahwa Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Hari Kiamat nanti aku adalah pemimpinnya para nabi dan juru bicara mereka, sekaligus orang yang memiliki syafā‘at mereka. Ini bukanlah kesombongan.” (3032).
Hadits ini shaḥīḥ, tapi al-Bukhārī dan Muslim tidak meriwayatkannya karena hanya ‘Abdullāh bin Muḥammad bin ‘Aqīl bin Abī Thālib meriwayatkannya dan hapalannya buruk. Tapi dia di kalangan imam-imam kita yang terdahulu merupakan periwayat tsiqah ma’mūn.
106 – مَنْ قَالَ لَا إِلهَ إِلَّا اللهُ حَقًّا مِنْ قَلْبِهِ حَرَّمَهُ اللهُ عَلَى النَّارِ
242 – أَخْبَرَنَا أَبُو الْحَسَنِ بْنُ يَعْقُوْبَ بْنِ يُوْسُفَ الْعَدْلُ، ثَنَا يَحْيَى بْنُ أَبِيْ طَالِبٍ، [ ص: 252 ] ثنا عَبْدُ الْوَهَّابِ بْنُ عَطَاءٍ، أَنْبَأَ سَعِيْدٌ، عَنْ قَتَادَةَ، عَنْ مُسْلِمِ بْنِ يَسَارٍ، عَنْ حُمْرَانَ بْنِ أَبَانٍ، عَنْ عُثْمَانَ بْنِ عَفَّانَ، عَنْ عُمَرَ بْنِ الْخَطَّابِ – رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا – قَالَ: سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ آلِهِ وَ سَلَّمَ – يَقُوْلُ: “إِنِّيْ لَأَعْلَمُ كَلِمَةً لَا يَقُوْلُهَا عَبْدٌ حَقًّا مِنْ قَلْبِهِ فَيَمُوْتُ عَلَى ذلِكَ إِلَّا حَرَّمَهُ اللهُ عَلَى النَّارِ، لَا إِلهَ إِلَّا اللهُ”.
هذَا حَدِيْثٌ صَحِيْحٌ عَلَى شَرْطِ الشَّيْخَيْنِ وَ لَمْ يُخْرِجَاهُ بِهذَا اللَّفْظِ وَ لَا بِهذَا الْإِسْنَادِ، إِنَّمَا اتَّفَقَا عَلَى حَدِيْثِ مَحْمُوْدِ بْنِ الرَّبِيْعِ، عَنْ عِتْبَانَ بْنِ مَالِكٍ، الْحَدِيْثَ الطَّوِيْلَ فِيْ آخِرِهِ: “وَ إِنَّ اللهَ قَدْ حَرَّمَ عَلَى النَّارِ مَنْ قَالَ: لَا إِلهَ إِلَّا اللهُ . . . ” الْحَدِيْثَ. وَ قَدْ أَخْرَجَاهُ أَيْضًا مِنْ حَدِيْثِ شُعْبَةَ، وَ بِشْرِ بْنِ الْمُفَضَّلِ، وَ خَالِدٍ الْحَذَّاءِ، عَنِ الْوَلِيْدِ أَبِيْ بِشْرٍ، عَنْ حُمْرَانَ، عَنْ عُثْمَانَ، عَنِ النَّبِيِّ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ آلِهِ وَ سَلَّمَ – : “مَنْ مَاتَ وَ هُوَ يَعْلَمُ أَنْ لَا إِلهَ إِلَّا اللهُ دَخَلَ الْجَنَّةَ”. وَ لَيْسَ فِيْهِ ذِكْرُ عُمَرَ، وَ لَهُ شَاهِدٌ بِهذَا الْإِسْنَادِ عَنْ عُثْمَانَ، وَ لَمْ يُخْرِجَاهُ.
242/242: Abū-l-Hasan bin Ya‘qūb bin Yūsuf al-‘Adl mengabarkan kepada kami, Yaḥyā bin Abī Thālib menceritakan kepada kami, ‘Abd-ul-Wahhāb bin ‘Athā’ menceritakan kepada kami, Sa‘īd memberitakan (kepada kami) dari Qatādah, dari Muslim bin Yasār, dari Ḥumrān bin Abān, dari ‘Utsmān bin ‘Affān, dari ‘Umar bin Khaththāb , dia berkata: Aku pernah mendengar Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Sungguh aku akan mengajarkan suatu kalimat yang tidak diucapkan oleh seorang hamba secara benar dari hatinya lalu dia meninggal dengan mengucapkan kalimat tersebut kecuali Allah akan mengharamkan neraka untuknya, yaitu kalimat lā ilāha illallāh.” (3043)
Hadits ini shaḥīḥ sesuai syarat al-Bukhārī dan Muslim, namun keduanya tidak meriwayatkannya dengan redaksi ini maupun dengan sanad ini. Keduanya hanya sepakat atas hadits Maḥmud bin ar-Rabī‘ dari ‘Itbān bin Mālik, yaitu hadits yang panjang, yang pada bagian akhirnya disebutkan:
(وَ إِنَّ اللهَ قَدْ حَرَّمَ عَلَى النَّارِ مَنْ قَالَ: لَا إِلهَ إِلَّا اللهُ)
“Dan sesungguhnya Allah telah mengharamkan neraka bagi orang yang mengucapkan lā ilāha illallāh (tidak ada tuhan yang berhak disembah kecuali Allah)”
Al-Bukhārī dan Muslim juga meriwayatkannya dari hadits Syu‘bah, Bisyr bin al-Mufadhdhal dan Khālid al-Hadzdzā’, dari Walīd bin Abī Bisyr, dari Ḥumrān, dari ‘Utsmān, dari Nabi s.a.w., beliau bersabda:
(مَنْ مَاتَ وَ هُوَ يَعْلَمُ أَنْ لَا إِلهَ إِلَّا اللهُ دَخَلَ الْجَنَّةَ)
“Barang siapa meninggal dan dia mengetahui (menyatakan) bahwa tidak ada tuhan selain Allah maka dia akan masuk surga”.
Dalam hadits ini tidak disebutkan nama ‘Umar. Hadits ini juga memiliki syāhid dengan sanad ini dari ‘Utsmān, tapi al-Bukhārī dan Muslim tidak meriwayatkannya.
Al-Munawī berkata dalam al-Faidh: “Al-Ḥākim berkata: “Hadits ini shaḥīḥ”.”
(مَنْ مَاتَ وَ هُوَ يَعْلَمُ أَنْ لَا إِلهَ إِلَّا اللهُ دَخَلَ الْجَنَّةَ)
“Barang siapa meninggal dan dia mengetahui (menyatakan) bahwa tidak ada tuhan selain Allah maka dia akan masuk surga”.