101 – شَفَاعَتِيْ لِمَنْ شَهِدَ أَنْ لَا إِلهَ إِلَّا اللهُ مُخْلِصًا يُصَدِّقُ قَلْبُهُ لِسَانَهُ، وَ لِسَانُهُ قَلْبَهُ
332 – حَدَّثَنَا الْحَاكِمُ أَبُوْ عَبْدِ اللهِ مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ اللهِ الْحَافِظُ إِمْلَاءً فِيْ رَجَبٍ سَنَةَ ثَلَاثٍ وَ تِسْعِيْنَ وَ ثَلَاثِمِائَةٍ، ثَنَا أَبُوْ بَكْرِ بْنُ إِسْحَاقَ الْفَقِيْهُ، أَنْبَأَ أَحْمَدُ بْنُ إِبْرَاهِيْمَ بْنِ مِلْحَانَ، ثَنَا يَحْيَى بْنُ بُكَيْرٍ، ثَنَا اللَّيْثُ، عَنْ يَزِيْدَ بْنِ أَبِيْ حَبِيْبٍ، عَنْ سَالِمِ بْنِ أَبِيْ سَالِمٍ، عَنْ مُعَاوِيَةَ بْنِ مُعَتِّبٍ، عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ أَنَّهُ سَمِعَهُ، يَقُوْلُ: سَأَلْتُ رَسُوْلَ اللهِ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ آلِهِ وَ سَلَّمَ – مَاذَا رَدَّ إِلَيْكَ رَبُّكَ فِي الشَّفَاعَةِ؟ فَقَالَ: “وَالَّذِيْ نَفْسِيْ بِيَدِهِ لَقَدْ ظَنَنْتُ أَنَّكَ أَوَّلُ مَنْ يَسْأَلُنِيْ عَنْ ذلِكَ لِمَا رَأَيْتُ مِنْ حِرْصِكَ عَلَى الْعِلْمِ، وَ الَّذِيْ نَفْسِيْ بِيَدِهِ لَمَا يُهِمُّنِيْ مِنَ انْقِصَافِهِمْ عَلَى بَابِ الْجَنَّةِ أَهَمُّ عِنْدِيْ مِنْ تَمَامِ شَفَاعَتِيْ، وَ شَفَاعَتِيْ لِمَنْ شَهِدَ أَنْ لَا إِلهَ إِلَّا اللهُ مُخْلِصًا يُصَدِّقُ قَلْبُهُ لِسَانَهُ، وَ لِسَانُهُ قَلْبَهُ”. هذَا حَدِيْثٌ صَحِيْحُ الْإِسْنَادِ، فَإِنَّ مُعَاوِيَةَ بْنَ مُعَتِّبٍ مِصْرِيٌّ مِنَ التَّابِعِيْنَ، وَ قَدْ أَخْرَجَ الْبُخَارِيُّ حَدِيْثَ عَمْرِو بْنِ أَبِيْ عَمْرٍو مَوْلَى الْمُطَّلِبٍ، عَنْ سَعِيْدِ بْنِ أَبِيْ سَعِيْدٍ، عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ قَالَ: قُلْتُ: يَا رَسُوْلَ اللهِ مَنْ أَسْعَدُ النَّاسِ بِشَفَاعَتِكَ . . . الْحَدِيْثَ، بِغَيْرِ هذَا اللَّفْظِ، وَ الْمَعْنَى قَرِيْبٌ مِنْهُ.
233/233: Al-Ḥākim Abū ‘Abdillāh Muḥammad bin ‘Abdillāh al-Ḥāfizh menceritakan kepada kami secara imla pada bulan Rajab tahun 393 H, Abū Bakar bin Isḥāq al-Faqīh menceritakan kepada kami, Aḥmad bin Ibrāhīm bin Milḥān mengabarkan kepada kami, Yaḥyā bin Bukair menceritakan kepada kami, Al-Laits menceritakan kepada kami dari Yazīd bin Abī Ḥabīb, dari Sālim bin Abī Sālim, dari Mu‘āwiyah bin Mu‘attib, dari Abū Hurairah, bahwa dia pernah mendengarnya berkata: Aku bertanya kepada Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam: “Apa yang akan dikembalikan Tuhanmu kepadamu tentang syafā‘at?” Beliau saw menjawab: “Demi Dzāt yang jiwaku berada di tangan-Nya, sungguh aku menyangka bahwa kamu merupakan orang yang pertama kali bertanya kepadaku tentang hal ini karena kesungguhanmu dalam menuntut ‘ilmu. Demi Dzāt yang jiwaku berada di tangan-Nya, kegembiraan mereka di pintu surga tidak lebih penting bagiku daripada sempurnanya syafā‘atku, dan syafā‘atku adalah untuk orang yang bersaksi (menyatakan) bahwa tidak ada tuhan selain Allah dengan ikhlas hati, yang hatinya membenarkan lidahnya dan lidahnya membenarkan hatinya.” (2951)
Sanad hadits ini shaḥīḥ, karena Mu‘āwiyah bin Mu‘attib orang Mesir dan seorang tābi‘īn. Al-Bukhārī meriwayatkan hadits ‘Amr bin Abī ‘Amr (maulā al-Muththalib) dari Sa‘īd bin Abī Sa‘īd, dari Abū Hurairah, dia berkata: Aku bertanya: (يَا رَسُوْلَ اللهِ، مَنْ أَسْعَدُ النَّاسِ بِشَفَاعَتِكَ؟) “Wahai Rasūlullāh, siapakah orang yang paling bahagia dalam memperoleh syafā‘atmu?” Hadits ini diriwayatkan dengan redaksi yang berbeda, tapi ma‘nanya tidak jauh berbeda.
201 – يَقُوْلُ اللهُ – تَعَالَى – أَخْرِجُوْا مِنَ النَّارِ مَنْ ذَكَرَنِيْ أَوْ خَافَنِيْ فِيْ مَقَامٍ
432 – حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ مَنْصُوْرٍ الْقَاضِيْ، ثَنَا أَبُوْ بَكْرٍ مُحَمَّدُ بْنُ النَّضْرِ بْنِ سَلَمَةَ الْجَارُوْدِيُّ، ثَنَا مَحْمُوْدُ بْنُ غَيْلَانَ، ثَنَا الْمُؤَمَّلُ، ثَنَا الْمُبَارَكُ بْنُ فَضَالَةَ، ثَنَا عُبَيْدُ اللهِ بْنُ أَبِيْ بَكْرٍ، عَنْ جَدِّهِ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ آلِهِ وَ سَلَّمَ – : “يَقُوْلُ اللهُ – عَزَّ وَ جَلَّ – : أَخْرِجُوْا مِنَ النَّارِ مَنْ قَالَ: لَا إِلهَ إِلَّا اللهُ وَ فِيْ قَلْبِهِ مِثْقَالُ ذَرَّةٍ مِنَ الْإِيْمَانِ، أَخْرِجُوْا مِنَ النَّارِ مَنْ قَالَ: لَا إِلهَ إِلَّا اللهُ أَوْ ذَكَرَنِيْ أَوْ خَافَنِيْ فِيْ مَقَامٍ”. هذَا حَدِيْثٌ صَحِيْحُ الْإِسْنَادِ وَ لَمْ يُخَرِّجَا قَوْلَهُ: “مَنْ ذَكَرَنِيْ أَوْ خَافَنِيْ فِيْ مَقَامٍ”، وَ قَدْ تَابَعَ أَبُوْ دَاوُدَ، مُؤَمَّلًا عَلَى رِوَايَتِهِ وَ اخْتَصَرَ.
234/234: Yaḥyā bin Manshūr al-Qādhī menceritakan kepada kami. Abū Bakar Muḥammad bin an-Nadhr bin Salamah al-Jārūdī menceritakan kepada kami, Maḥmūd bin Ghailān menceritakan kepada kami, al-Mu’ammal menceritakan kepada kami, al-Mubārak bin Fadhālah menceritakan kepada kami, ‘Ubaidillāh bin Abī Bakar menceritakan kepada kami dari kakeknya Anas bin Mālik, dia berkata: Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Allah ‘azza wa jalla berfirman: “Keluarkanlah dari neraka orang yang mengucapkan lā ilāha illallāh, dan di dalam hatinya ada keimanan, meski sebesar biji sawi. Keluarkanlah dari neraka orang yang mengucapkan (kalimat) lā ilāha illallāh, atau yang mengingat-Ku, atau yang takut kepada-Ku di tempat (ketika melakukan perbuatan dosa)”.” (2962)
Sanad hadits ini shaḥīḥ.
Al-Bukhārī dan Muslim tidak meriwayatkan redaksi firman-Nya: (مَنْ ذَكَرَنِيْ أَوْ خَافَنِيْ فِيْ مَقَامٍ) “Barang siapa mengingat-Ku atau yang takut kepada-Ku di tempat (ketika melakukan perbuatan dosa).”
Abū Dāūd lebih menguatkan riwayat Mu’ammal dan meringkasnya.
532 – أَخْبَرَنَاهُ أَبُوْ مُحَمَّدٍ يَحْيَى بْنُ مَنْصُوْرٍ، ثَنَا أَبُوْ بَكْرٍ الْجَارُوْدِيُّ، ثَنَا إِسْحَاقُ بْنُ مَنْصُوْرٍ، ثَنَا أَبُوْ دَاوُدَ، ثَنَا مُبَارَكُ بْنُ فَضَالَةَ، عَنْ عُبَيْدِ اللهِ بْنِ أَبِيْ بَكْرٍ، عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ آلِهِ وَ سَلَّمَ – : “يَقُوْلُ اللهُ: أَخْرِجُوْا مِنَ النَّارِ مَنْ ذَكَرَنِيْ أَوْ خَافَنِيْ فِيْ مَقَامٍ”.
235/235: Abū Muḥammad Yaḥyā bin Manshūr mengabarkan kepadaku, Abū Bakar al-Jārūdī menceritakan kepada kami, Isḥāq bin Manshūr menceritakan kepada kami, Abū Dāūd menceritakan kepada kami, Mubārak bin Fadhālah menceritakan kepada kami dari ‘Ubaidillāh bin Abī Bakar, dari Anas bin Mālik, dia berkata: Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Allah berfirman: “Keluarkanlah dari neraka orang yang mengingat-Ku atau yang takut kepada-Ku di tempat (ketika melakukan perbuatan dosa)”.” (2973).