Al Mustadrak Bab 100 no.228 s.d no.232 : Syafā‘atku Adalah Untuk Para Pelaku Dosa Besar Dari Ummatku

Al-MUSTADRAK
(Judul Asli: Al-Mustadraku ‘alash-Shahihain)
Oleh: Imam al-Hakim

Penerjemah: Ali Murtadho
Penerbit: PUSTAKA AZZAM

001 – شَفَاعَتِيْ لِأَهْلِ الْكَبَائِرِ مِنْ أُمَّتِيْ

  1. Syafā‘atku Adalah Untuk Para Pelaku Dosa Besar Dari Ummatku.

822 – أَخْبَرَنَا أَبُوْ عَبْدِ اللهِ مُحَمَّدُ بْنُ عَلِيِّ بْنِ عَبْدِ الْحَمِيْدِ الصَّنْعَانِيُّ، بِمَكَّةَ، ثَنَا إِسْحَاقُ بْنُ إِبْرَاهِيْمَ بْنِ عَبَّادٍ، أَنْبَأَ عَبْدُ الرَّزَّاقِ، [ ص: 742 ] وَ حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ حَمْشَاذَ الْعَدْلُ، ثَنَا مُوْسَى بْنُ هَارُوْنَ، ثَنَا الْعَبَّاسُ بْنُ عَبْدِ الْعَظِيْمِ الْعَنْبَرِيُّ، وَ أَبُوْ بَكْرِ بْنُ زَنْجُوَيْهِ، وَ أَبُو بَكْرِ بْنُ عَسْكَرٍ، وَ إِسْحَاقُ بْنُ زُرَيْقٍ، قَالُوا: ثَنَا عَبْدُ الرَّزَّاقِ، وَ حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ إِسْحَاقَ، ثَنَا أَحْمَدُ بْنُ يُوْسُفَ السُّلَمِيُّ، ثَنَا عَبْدُ الرَّزَّاقِ، أَنْبَأَ مَعْمَرٌ، عَنْ ثَابِتٍ، عَنْ أَنَسٍ، عَنِ النَّبِيِّ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ آلِهِ وَ سَلَّمَ – قَالَ: “شَفَاعَتِيْ لِأَهْلِ الْكَبَائِرِ مِنْ أُمَّتِيْ”.
هذَا حَدِيْثٌ صَحِيْحٌ عَلَى شَرْطِ الشَّيْخَيْنِ وَ لَمْ يُخْرِجَاهُ بِهذَا اللَّفْظِ، إِنَّمَا أَخْرَجَا حَدِيْثَ قَتَادَةَ، عَنْ أَنَسٍ بِطُوْلِهِ، وَ مَنْ تَوَهَّمَ أَنَّ هذِهِ لَفْظَةً مِنَ الْحَدِيْثِ فَقَدْ وَهِمَ، فَإِنَّ هذِهِ الشَّفَاعَةَ فِيْهَا قَمْعُ الْمُبْتَدِعَةِ الْمُفَرِّقَةِ بَيْنَ الشَّفَاعَةِ لِأَهْلِ الصَّغَائِرِ وَ الْكَبَائِرِ.وَ لَهُ شَاهِدٌ بِهذَا اللَّفْظِ عَنْ قَتَادَةَ وَ أَشْعَثَ بْنِ جَابِرٍ الْحُدَّانِيِّ.

228/228: Abū ‘Abdillāh Muḥammad bin ‘Alī bin ‘Abd-il-Ḥamīd ash-Shan‘ānī mengabarkan kepada kami di Makkah, Isḥāq bin Ibrāhīm bin ‘Abbād menceritakan kepada kami, ‘Abd-ur-Razzāq memberitakan (kepada kami). ‘Alī bin Ḥamsyādz al-‘Adl menceritakan kepada kami, Mūsā bin Hārūn menceritakan kepada kami, ‘Abbās bin ‘Abd-il-‘Azhīm al-‘Anbarī, Abū Bakar bin Zanjuwaih, Abū Bakar bin ‘Askar, dan Isḥāq bin Zuraiq, menceritakan kepada kami, mereka berkata: ‘Abd-ur-Razzāq menceritakan kepada kami. ‘Alī bin Muḥammad bin Isḥāq menceritakan kepada kami, Aḥmad bin Yūsuf as-Sulamī menceritakan kepada kami, ‘Abd-ur-Razzāq menceritakan kepada kami, Ma‘mar memberitakan (kepada kami) dari Tsābit, dari Anas, dari Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda: “Syafā‘atku adalah untuk para pelaku dosa besar dari umat-ku” Hadits ini shaḥīḥ sesuai syarat al-Bukhārī dan Muslim, namun keduanya tidak meriwayatkannya dengan redaksi ini, melainkan hanya meriwayatkan hadits Qatādah dari Anas dengan redaksinya yang panjang (2911). Orang yang beranggapan bahwa ini merupakan redaksi hadits (Qatādah), maka dia keliru, karena hadits tentang syafā‘at ini merupakan hantaman keras bagi ahli bid‘ah yang membeda-bedakan antara syafā‘at bagi pelaku dosa kecil dengan pelaku dosa besar. Hadits ini juga memiliki syāhid dengan redaksi ini dari Qatādah dan Asy‘ats bin Jābir al-Ḥuddānī. Hadits Qatādah adalah: (hadits berikut)

922 – أَمَّا حَدِيْثُ قَتَادَةَ فَحَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ حَمْشَاذَ الْعَدْلُ، ثَنَا الْحَسَنُ بْنُ سَهْلِ بْنِ عَبْدِ الْعَزِيْزِ الْمُجَوَّزُ، وَ الْعَبَّاسُ بْنُ الْفَضْلِ الْأَسْفَاطِيُّ، قَالَا: ثَنَا الْخَلِيْلُ بْنُ عِمْرَانَ بْنِ إِبْرَاهِيْمَ، ثَنَا عُمَرُ بْنُ سَعِيْدٍ الْأَبَحُّ، عَنْ سَعِيْدِ بْنِ أَبِيْ عَرُوْبَةَ، عَنْ قَتَادَةَ، عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ – رَضِيَ اللهُ عَنْهُ – قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ آلِهِ وَ سَلَّمَ – : “الشَّفَاعَةُ لِأَهْلِ الْكَبَائِرِ مِنْ أُمَّتِيْ”.

229/229. ‘Alī bin Ḥamsyādz al-‘Adl menceritakan kepada kami, Ḥasan bin Sahl bin ‘Abd-il-‘Azīz al-Mujawwaz dan ‘Abbās bin al-Fadhl al-Asfāthī menceritakan kepada kami, keduanya berkata: Khalīl bin ‘Imrān bin Ibrāhīm menceritakan kepada kami, Umar bin Sa‘īd al-Abahh menceritakan kepada kami dari Sa‘īd bin Abī ‘Arūbah, dari Qatādah, dari Anas bin Mālik r.a., dia berkata: Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Syafā‘at itu untuk para pelaku dosa besar dari umatku.” Hadits Asy‘ats bin Jābir adalah: (hadits berikut)

032 – وَ أَمَّا حَدِيْثُ أَشْعَثَ بْنِ جَابِرٍ فَأَخْبَرَنَاهُ أَبُوْ بَكْرِ بْنُ إِسْحَاقَ الْفَقِيْهُ، أَنْبَأَ إِسْمَاعِيْلُ بْنُ إِسْحَاقَ الْقَاضِيْ، وَ أَبُو الْمُثَنَّى الْعَنْبَرِيُّ، قَالَا: ثَنَا سُلَيْمَانُ بْنُ حَرْبٍ، ثَنَا بِسْطَامُ بْنُ حُرَيْثٍ، عَنْ أَشْعَثَ الْحُدَّانِيِّ، عَنْ أَنَسٍ، عَنِ النَّبِيِّ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ آلِهِ وَ سَلَّمَ – قَالَ: “شَفَاعَتِيْ لِأَهْلِ الْكَبَائِرِ مِنْ أُمَّتِيْ”.
وَ لَهُ شَاهِدٌ صَحِيْحٌ عَلَى شَرْطِ مُسْلِمٍ.

230/230. Abū Bakar bin Isḥāq al-Faqīh mengabarkan kepada kami, Ismā‘īl bin Isḥāq al-Qādhī dan Abū-l-Mutsannā al-‘Anbarī memberitakan (kepada kami), keduanya berkata: Sulaimān bin Ḥarb menceritakan kepada kami, Bisthām bin Ḥuraits menceritakan kepada kami dari Asy‘ats al-Ḥuddānī, dari Anas, dari Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda: “Syafā‘atku adalah untuk para pelaku dosa besar dari umatku.” (2922)

Hadits ini juga memiliki syāhid yang shaḥīḥ sesuai syarat Muslim, yaitu: (hadits berikut)

132 – حَدَّثَنَاهُ أَبُو الْعَبَّاسِ مُحَمَّدُ بْنُ يَعْقُوْبَ، ثَنَا أَحْمَدُ بْنُ عِيْسَى التِّنِّسِيُّ، ثَنَا عَمْرُو بْنُ أَبِيْ سَلَمَةَ، ثَنَا زُهَيْرُ بْنُ مُحَمَّدٍ، عَنْ جَعْفَرِ بْنِ مُحَمَّدٍ، عَنْ أَبِيْهِ، عَنْ جَابِرٍ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ آلِهِ وَ سَلَّمَ – : “شَفَاعَتِيْ لِأَهْلِ الْكَبَائِرِ مِنْ أُمَّتِيْ”. قَدِ احْتَجَّا جَمِيْعًا بِزُهَيْرِ بْنِ مُحَمَّدٍ الْعَنْبَرِيِّ، وَ قَدْ تَابَعَهُ مُحَمَّدُ بْنُ ثَابِتٍ الْبُنَانِيُّ، عَنْ جَعْفَرٍ.

231/231. Abū-l-‘Abbās Muḥammad bin Ya‘qūb menceritakan kepada kami, Aḥmad bin ‘Īsā at-Tinnisī menceritakan kepada kami, ‘Amr bin Abī Salamah menceritakan kepada kami, Zuhair bin Muḥammad menceritakan kepada kami dari Ja‘far bin Muḥammad, dari ayahnya, dari Jābir, dia berkata: Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Syafā‘atku adalah untuk pelaku dosa besar dari umatku.” (2933).

Al-Bukhārī dan Muslim sama-sama berḥujjah dengan Zuhair bin Muḥammad al-‘Anbarī.

Hadits ini diperkuat oleh Muḥammad bin Tsābit al-Bunānī dari Ja‘far.

232 – حَدَّثَنَا أَبُوْ عَلِيٍّ الْحُسَيْنُ بْنُ عَلِيٍّ الْحَافِظُ، أَنْبَأَ إِبْرَاهِيْمُ بْنُ أَبِيْ طَالِبٍ، ثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ بَشَّارٍ، وَ إِسْحَاقُ بْنُ مَنْصُوْرٍ قَالَا: ثَنَا أَبُوْ دَاوُدَ، ثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ ثَابِتٍ البُنَانِيُّ، عَنْ جَعْفَرِ بْنِ مُحَمَّدٍ، عَنْ أَبِيْهِ، عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللهِ، أَنَّ النَّبِيَّ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ آلِهِ وَ سَلَّمَ – قَالَ: “شَفَاعَتِيْ لِأَهْلِ الْكَبَائِرِ مِنْ أُمَّتِيْ”. قَالَ أَبُوْ جَعْفَرٍ: وَ قَالَ لِيْ جَابِرٌ: يَا مُحَمَّدُ، مَنْ لَمْ يَكُنْ مِنْ أَهْلِ الْكَبَائِرِ فَمَا لَهُ وَ لِلشَّفَاعَةِ؟.

232/232. Abū ‘Alī al-Ḥusain bin ‘Alī al-Hāfizh menceritakan kepada kami, Ibrāhīm bin Abī Thālib memberitakan (kepada kami), Muḥammad bin Basysyār dan Isḥāq bin Manshūr menceritakan kepada kami, keduanya berkata: Abū Dāūd menceritakan kepada kami, Muḥammad bin Tsābit al-Bunānī menceritakan kepada kami dari Ja‘far bin Muḥammad, dari ayahnya, dari Jābir bin ‘Abdillāh, bahwa Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Syafā‘atku adalah untuk pelaku dosa besar dari umatku.” Abū Ja‘far berkata: Jābir berkata kepadaku: “Wahai Muḥammad, barang siapa tidak termasuk pelaku dosa besar, maka dia tidak perlu memperoleh syafā‘at.” (2944)

Catatan:

  1. (291). Adz-Dzahabī berkata dalam at-Talkhīsh: “al-Bukhārī dan Muslim tidak meriwayatkannya dengan redaksi ini, tapi meriwayatkan hadits Qatādah dengan redaksi yang panjang.”As-Suyūthī menyebutkannya dalam al-Jāmi‘-ush-Shaghīr dan menisbatkannya kepada Imām Aḥmad, Abū Dāūd, at-Tirmidzī, Ibnu Ḥibbān, serta al-Ḥākim dari Anas. Dia juga menisbatkannya kepada at-Tirmidzī, Ibnu Mājah, Ibnu Ḥibbān, dan al-Ḥākim, dari Jābir. Selain itu, dia menisbatkannya kepada ath-Thabrānī dalam al-Ausath dari Ibnu ‘Abbās dan al-Khashaib, serta dari Ibnu ‘Amr dan Ka‘ab bin Ujrah. Al-Munawī berkata dalam al-Faidh (yaitu Faidh-ul-Qadīr): “Al-Haitsamī berkata: “Menurutnya, (yaitu menurut ath-Thabrani) dia adalah seorang pendusta (wadhdha‘), karena di dalamnya terdapat Mūsā bin ‘Abd-ir-Raḥmān.” Dia kemudian berkata: “At-Tirmidzī berkata dalam al-‘Ilal: “Aku bertanya kepada Muḥammad (yaitu al-Bukhārī) tentang hadits ini, dan ternyata ia tidak mengetahuinya.” Dalam al-Miīzān disebutkan: “Hadits ini diriwayatkan oleh orang yang tidak diketahui identitasnya, Aḥmad bin ‘Abdillāh az-Zainī, aku tidak tahu siapa yang memalsukannya.” Dia juga mengulanginya di tempat lain dan berkata: “Hadits ini mungkar.
  2. (292). Lih. hadits no. 228.
  3. (293). Lih. hadits no. 228.
  4. (294). Lih. hadits no. 228.