Mustadrak 4 – Sifat Para Wali Allah Ta‘ālā Dan Ancaman Tentang Memusuhi Mereka

Al-MUSTADRAK
(Judul Asli: Al-Mustadraku ‘alash-Shahihain)
Oleh: Imam al-Hakim

Penerjemah: Ali Murtadho
Penerbit: PUSTAKA AZZAM

4 – حَدَّثَنَا أَبُو الْعَبَّاسِ مُحَمَّدُ بْنُ يَعْقُوْبَ، ثَنَا الرَّبِيْعُ بْنُ سُلَيْمَانَ، ثَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ وَهْبٍ، أَخْبَرَنِي اللَّيْثُ بْنُ سَعْدٍ، عَنْ عَيَّاشِ بْنِ عَبَّاسٍ الْقَتْبَانِيِّ، عَنْ زَيْدِ بْنِ أَسْلَمَ، عَنْ أَبِيْهِ: أَنَّ عُمَرَ خَرَجَ إِلَى الْمَسْجِدِ يَوْمًا، فَوَجَدَ مُعَاذَ بْنَ جَبَلٍ عِنْدَ قَبْرِ رَسُوْلِ اللهِ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ آلِهِ وَ سَلَّمَ – يَبْكِيْ، فَقَالَ: مَا يُبْكِيْكَ يَا مُعَاذُ؟ قَالَ: يُبْكِيْنِيْ حَدِيْثٌ سَمِعْتُهُ مِنْ رَسُوْلِ اللهِ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ آلِهِ وَ سَلَّمَ – يَقُوْلُ: ” الْيَسِيْرُ مِنَ الرِّيَاءِ شِرْكٌ، وَ مَنْ عَادَى أَوْلِيَاءَ اللهِ فَقَدْ بَارَزَ اللهَ بِالْمُحَارَبَةِ، إِنَّ اللهَ يُحِبُّ الْأَبْرَارَ الْأَتْقِيَاءَ الْأَخْفِيَاءَ، الَّذِيْنَ إِنْ غَابُوْا لَمْ يُفْتَقَدُوْا، وَ إِنْ حَضَرُوْا لَمْ يُعْرَفُوْا، قُلُوْبُهُمْ مَصَابِيْحُ الْهُدَى، يَخْرُجُوْنَ مِنْ كُلِّ غَبْرَاءَ مُظْلِمَةٍ”.

هذَا حَدِيْثٌ صَحِيْحٌ وَ لَمْ يُخَرَّجْ فِي الصَّحِيْحَيْنِ، وَ قَدِ احْتَجَّا جَمِيْعًا بِزَيْدِ بْنِ أَسْلَمَ، عَنْ أَبِيْهِ، عَنِ الصَّحَابَةِ، وَ اتَّفَقَا جَمِيْعًا عَلَى الْاِحْتِجَاجِ بِحَدِيْثِ اللَّيْثِ بْنِ سَعْدٍ، عَنْ عَيَّاشِ بْنِ عَبَّاسٍ الْقَتْبَانِيِّ وَ هذَا إِسْنَادٌ مِصْرِيٌّ صَحِيْحٌ وَ لَا يُحْفَظُ لَهُ عُلَّةٌ.

4/4. Abul-‘Abbās Muḥammad bin Ya‘qūb menceritakan kepada kami, ar-Rabī‘ bin Sulaimān menceritakan kepada kami, ‘Abdullāh bin Wahb menceritakan kepada kami, al-Laits bin Sa‘d mengabarkan kepadaku dari ‘Ayyāsy bin ‘Abbās al-Qatbānī, dari Zaid bin Aslam, dari ayahnya, bahwa pada suatu hari ‘Umar keluar menuju masjid, lalu dia mendapat Mu‘ādz bin Jabal menangis di sisi makam Rasūlullāh s.a.w. ‘Umar pun bertanya: “Apa yang membuatmu menangis, wahai Mu‘ādz?” Mu‘ādz menjawab: “Aku menangis karena suatu hadits yang pernah aku dengar dari Rasūlullāh s.a.w., beliau bersabda: “Riyā’ yang sedikit adalah syirik. Barang siapa memusuhi wali-wali Allah, maka dia telah menyatakan perang terhadap Allah secara terang-terangan. Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang baik yang bertakwa, yang suka menyamarkan diri (yang menyepi dari masyarakat dan tidak diketahui tempatnya). Jika mereka tidak ada maka mereka tidak dicari, dan jika mereka ada maka mereka tidak dikenal. Hati mereka adalah lentera petunjuk, mereka keluar dari setiap masalah yang sulit.” (601).

Hadits ini shaḥīḥ dan tidak dinukil dalam ash-Shaḥīḥain. Al-Bukhārī dan Muslim sama-sama menjadikan Yazīd bin Aslam dari ayahnya, dari para sahabat sebagai ḥujjah. Selain itu, keduanya juga sama-sama sepakat menjadikan hadits al-Laits bin Sa‘d dari ‘Ayyāsy bin ‘Abbās al-Qatbānī sebagai ḥujjah. Ini merupakan sanad yang shaḥīḥ dan tidak diketahui memiliki cacat.

Catatan:


  1. (60). Adz-Dzahabī berkata dalam at-Talkhīsh: “Hadits tersebut shaḥīḥ dan tidak memiliki cacat.” H.R. Al-Ḥakīm (4/328); dan Ibnu Abid-Dunyā (at-Tawādhu‘ wal-Khumūl, no. 8). Al-Ḥakīm menilai hadits ini shaḥīḥ dan disetujui oleh adz-Dzahabī. 

Komentar

Belum ada komentar. Mengapa Anda tidak memulai diskusi?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *