Mustadrak 3 – Kitab Iman – Intro (3/3)

Al-MUSTADRAK
(Judul Asli: Al-Mustadraku ‘alash-Shahihain)
Oleh: Imam al-Hakim

Penerjemah: Ali Murtadho
Penerbit: PUSTAKA AZZAM

Rangkaian Pos: Mustadrak Kitab 1 - Intro

3 – حَدَّثَنَا أَبُو الْعَبَّاسِ مُحَمَّدُ بْنُ يَعْقُوْبَ، ثَنَا إِبْرَاهِيْمُ بْنُ مَرْزُوْقٍ، ثَنَا أَبُوْ دَاوُدَ، ثَنَا شُعْبَةُ، عَنْ أَبِيْ بَلْجٍ، [ ص: 148 ]

وَ أَخْبَرَنِيْ أَحْمَدُ بْنُ يَعْقُوْبَ الثَّقَفِيُّ، ثَنَا عُمَرُ بْنُ حَفْصٍ السَّدُوْسِيُّ، ثَنَا عَاصِمُ بْنُ عَلِيٍّ، ثَنَا شُعْبَةُ، عَنْ يَحْيَى بْنِ أَبِيْ سُلَيْمٍ وَ هُوَ أَبُوْ بَلْجٍ وَ هذَا لَفْظُ حَدِيْثِ أَبِيْ دَاوُدَ، قَالَ: سَمِعْتُ عَمْرَو بْنَ مَيْمُوْنٍ، يُحَدِّثُ، عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ، عَنِ النَّبِيِّ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ آلِهِ وَ سَلَّمَ – قَالَ: “مَنْ سَرَّهُ أَنْ يَجِدْ حَلَاوَةَ الْإِيْمَانِ، فَلْيُحِبَّ الْمَرْءَ لَا يُحِبُّهُ إِلَّا للهِ”.

هذَا حَدِيْثٌ لَمْ يُخَرَّجْ فِي الصَّحِيْحَيْنِ، وَ قَدِ احْتَجَّا جَمِيْعًا بِعَمْرِو بْنِ مَيْمُوْنٍ، عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ، وَ احْتَجَّ مُسْلِمٌ بِأَبِيْ بَلْجٍ، وَ هُوَ حَدِيْثٌ صَحِيْحٌ لَا يُحْفَظُ لَهُ عِلَّةٌ .

3/3. Abul-‘Abbās Muḥammad bin Ya‘qūb menceritakan kepada kami, Ibrāhīm bin Marzūq menceritakan kepada kami, Abū Dāūd menceritakan kepada kami, Syu‘bah menceritakan kepada kami dari Abū Balj.

Aḥmad bin Ya‘qūb ats-Tsaqafī mengabarkan kepadaku, ‘Umar bin Ḥafsh as-Sadūsī menceritakan kepada kami, ‘Āshim bin ‘Alī menceritakan kepada kami, Syu‘bah menceritakan kepada kami dari Yaḥyā bin Abū Sulaim, yaitu Abū Balj – ini merupakan redaksi pada hadits riwayat Abū Dāūd –, dia berkata: Aku pernah mendengar ‘Amr bin Maimūn menceritakan dari Abū Hurairah, dari Nabi s.a.w., beliau bersabda: “Barang siapa ingin mendapatkan manisnya iman, maka dia hendaknya mencintai seseorang, dan tidak mencintainya kecuali karena Allah.” (591).

Ini merupakan hadits yang tidak dinukil dalam ash-Shaḥīḥain. Al-Bukhārī dan Muslim sama-sama menjadikan ‘Amr bin Maimūn dari Abū Hurairah sebagai ḥujjah, sementara Muslim menjadikan Abū Balj sebagai ḥujjah.

Ini merupakan hadits shaḥīḥ yang tidak diketahui ada cacatnya.

Catatan:


  1. (59). Adz-Dzahabī berkata dalam at-Talkhīsh: “Dia (Abū Balj) tidak dijadikan sebagai ḥujjah, tapi dinyatakan tsiqah.” Al-Bukhārī berkata: “Dia perlu diteliti.” H.R. al-Ḥakīm (4/168); Aḥmad (al-Musnad, 2/298, 520); Ath-Thayālisī (Musnad ath-Thayālisī, no. 48); Al-Bazzār (Musnad al-Bazzār, no. 63); dan al-Qudhā’ī (Asy-Syihāb, no. 440). Al-Ḥakīm menilai hadits ini shaḥīḥ dan disetujui oleh adz-Dzahabī. Dia (al-Munawī) berkata dalam kitab al-Faidh al-Qadīr: “Al-Ḥāfizh al-‘Irāqī berkata dalam kitabnya al-Amalī: “Status hadits riwayat Aḥmad adalah shaḥīḥ. Dia bukan berasal dari jalur periwayatan al-Ḥakīm.”

Komentar

Belum ada komentar. Mengapa Anda tidak memulai diskusi?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *