Al-Mu’jam-ash-Shaghir – Yang Bernama Ahmad (97-98/100): Diyat Dan “Parfum Dari Nabi S.A.W.”

Al-Mu‘jam-ush-Shaghīr
(Judul Asli: Al-Muhalla)
Oleh: Abul-Qasim Sulaiman bin Ahmad ath-Thabrani

Penerjemah: Anshari Taslim
Penerbit: PUSTAKA AZZAM

Rangkaian Pos: Al-Mu'jam-ush-Shaghir Bab Alif - Yang Bernama Ahmad

رقم الحديث: 97
(حديث موقوف) حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ كَعْبٍ الْوَاسِطِيُّ الْحَافِظُ، حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ الْمَلِكِ الدَّقِيْقِيُّ، حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ أَبِيْ نُعَيْمٍ الْوَاسِطِيُّ، حَدَّثَنَا شَرِيْكٌ، عَنْ أَبَانَ بْنِ تَغْلِبَ، عَنِ ابْنِ أَبِيْ نَجِيْحٍ، عَنْ مُجَاهِدٍ، عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللهُ، عَنْهُمَا فِيْ قَوْلِهِ عَزَّ وَ جَلَّ:” فَمَنْ عُفِيَ لَهُ مِنْ أَخِيْهِ شَيْءٌ فَاتِّبَاعٌ بِالْمَعْرُوْفِ وَ أَدَاءٌ إِلَيْهِ بِإِحْسَانٍ سورة البقرة آية 178، قَالَ: كَانَتْ بَنُوْ إِسْرَائِيْلَ إِذَا قُتِلَ فِيْهِمُ الْقَتِيْلُ عَمْدًا لَمْ يَحِلَّ لَهُمْ إِلَّا الْقَوَدُ، وَ أُحِلَّتْ لَكُمُ الدِّيَةُ، فَأُمِرَ هذَا أَنْ يَتِّبِعَ بِالْمَعْرُوْفِ، وَ أُمِرَ هذَا أَنْ يُؤَدِّيَ بِإِحْسَانٍ، فَذلِكُمْ تَخْفِيْفٌ مِنْ رَبِّكُمْ”، لَمْ يَرْوِهِ عَنْ أَبَانَ، إِلَّا شَرِيْكٌ تَفَرَّدَ بِهِ مُحَمَّدُ بْنُ أَبِيْ نُعَيْمٍ..

  1. Aḥmad bin Ka‘b al-Wāsithī al-Ḥāfizh (2571) menceritakan kepada kami, Muḥammad bin ‘Abd-ul-Mālik ad-Daqīqī menceritakan kepada kami, Muḥammad bin Abī Nu‘aim al-Wāsithī menceritakan kepada kami, Syarīk menceritakan kepada kami, dari Abān bin Taghlib, dari Ibnu Abī Najīḥ, dari Majāhid, dari Ibnu ‘Abbās r.a. tentang firman Allah s.w.t.: “Maka barang siapa yang mendapat suatu pemaafan dari saudaranya, hendaklah (yang memaafkan) mengikuti dengan cara yang baik, dan hendaklah (yang diberi maaf) membayar (diyat) kepada yang memberi maaf dengan cara yang baik (pula)….(al-Baqarah [2]: 178). Dia berkata: Tadinya Bani Isrā’īl menetapkan bahwa bila ada yang terbunuh di antara mereka secara sengaja maka tidak ada yang bisa diputuskan kecuali hukum qisas. Sedangkan bagi kalian diperbolehkan untuk menggantinya dengan denda, maka Allah memerintahkan agar yang ini (keluarga korban yang memaafkan) mengikuti dengan baik dan keluarga pelaku membayar denda dengan cara yang baik pula. Itulah keringanan yang diberikan dari Tuhan kalian.”

Tidak ada yang meriwayatkan hadits ini dari Abān kecuali Syarīk, hanya Muḥammad bin Abī Nu‘aim yang meriwayatkan hadits ini darinya.

Isnād: Diriwayatkan oleh al-Bukhārī dan an-Nasā’ī secara panjang lebar dari jalur Mujāhid. (2582).

رقم الحديث: 98
(حديث مرفوع) حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ عَبْدِ اللهِ اللِّحْيَانِيُّ الْعَكَّاوِيُّ، بِمَدِيْنَةِ عَكَّاءَ سَنَةَ خَمْسٍ وَ سَبْعِيْنَ وَ مِائَتَيْنِ، حَدَّثَنَا آدَمُ بْنُ أَبِيْ إِيَاسٍ الْعَسْقَلَانِيُّ، حَدَّثَنَا شَيْبَانُ أَبُوْ مُعَاوِيَةَ، وَ وَرْقَاءُ بْنُ عُمَرَ الْيَشْكُرِيُّ، عَنْ حُصَيْنِ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمنِ السُّلَمِيُّ، حَدَّثَتْنِيْ أُمُّ عَاصِمٍ، امْرَأَةُ عُتْبَةَ بْنِ فَرْقَدٍ السُّلَمِيِّ، قَالَتْ: ” كُنَّا عِنْدَ عُتْبَةَ أَرْبَعَ نِسْوَةٍ، مَا مِنَّا امْرَأَةٌ إِلَّا وَ هِيَ تَجْتَهِدُ فِي الطِّيْبِ لِتَكُوْنَ أَطْيَبَ مِنْ صَاحِبَتِهَا، وَ مَا يَمَسُّ عُتْبَةُ الطِّيْبَ إِلَّا يَمَسُّ دُهْنًا يَمْسَحُ بِهِ لِحْيَتِهِ، وَ هُوَ أَطْيَبُ رِيْحًا مِنَّا، وَ كَانَ إِذَا خَرَجَ إِلَى النَّاسِ، قَالُوْا: مَا شَمِمْنَا رِيْحًا أَطْيَبَ مِنْ رِيْحِ عُتْبَةَ، فَقُلْتُ لَهُ يَوْمًا: إِنَّا لَنَجْتَهِدُ فِي الطِّيْبِ، وَ لَأَنْتَ أَطْيَبُ مِنَّا رِيْحًا، فَمِمَّ ذَاكَ؟، فَقَالَ: أَخَذَنِي الشَّرَا عَلَى عَهْدِ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ، فَأَتَيْتُهُ فَشَكَوْتُ ذلِكَ إِلَيْهِ، فَأَمَرَنِيْ أَنْ أَتَجَرَّدَ، فَتَجَرَّدْتُ، وَ قَعَدْتُ بَيْنَ يَدَيْهِ، وَ أَلْقَيْتُ ثَوْبِيْ عَلَى فَرْجِيْ، فَنَفَثَ فِيْ يَدِهِ عَلَى ظَهْرِيْ وَ بَطْنِيْ، فَعَقَبَ بِيْ هذَا الطِّيْبُ مِنْ يَوْمَئِذِ”، لَمْ يَرْوِهِ عَنْ وَرْقَاءَ إِلَّا آدَمُ.

  1. Aḥmad bin ‘Abdullāh al-Liḥyānī al-‘Akkawī (2593) menceritakan kepada kami di kota ‘Akka’ pada tahun 275 H., Ādam bin Abī Iyās al-Asqalānī menceritakan kepada kami, Syaibān Abū Mu‘āwiyah dan Warqā’ bin ‘Umar al-Yasykurī menceritakan kepada kami, dari Ḥushain bin ‘Abd-ur-Raḥmān as-Sulamī, Ummu ‘Āshim istri ‘Utbah bin Farqad as-Sulamī menceritakan kepadaku, dia berkata: “Kami para istri ‘Utbah ada empat orang. Tidak ada satupun dari kami kecuali akan berusaha maksimal mengharumkan diri agar lebih harum dibanding yang lain. ‘Utbah tidak pernah menyentuh parfum kecuali akan mengusapkannya ke jenggotnya dan dia sendiri lebih harum dari kami. Kalau dia keluar menemui orang-orang maka mereka akan berkata: “Kami tidak pernah mencium bau parfum yang lebih harum dari parfumnya ‘Utbah.”

Aku pun bertanya padanya di suatu hari: “Kami sudah berusaha maksimal untuk memakai parfum tapi kamu tetap saja lebih harum dari kami, apa parfum itu?”

Dia menjawab: “Aku pernah terkena syarā (2604) di masa Rasūlullāh s.a.w. lalu aku mendatangi beliau dan mengadukan itu kepadanya. Beliau kemudian menyuruhku bertelanjang maka akupun melepas pakaian dan duduk di depan beliau dengan menutupkan pakaianku di kemaluan. Beliau meniup di tangan beliau lalu mengusapkan ke punggung dan perutku. Sejak saat itu bau harum ini melekat pada diriku.

Tidak ada yang meriwayatkan hadits ini dari Warqā’ kecuali Ādam.

Isnād: Al-Haitsamī berkata: “Ath-Thabrānī meriwayatkannya dalam al-Awsath dan al-Kabīr, perawi dalam al-Awsath adalah perawi kitab shaḥīḥ kecuali Ummu ‘Āshim yang tidak aku kenal.” (2615).

Saya katakan, di sini juga demikian.

Catatan:

  1. (257). Ibnu Ḥajar berkata: “Aḥmad bin Ka‘b ad-Darrā’ al-Wāsithī. Sebagaimana disyaratkan kelemahannya ketika ada menyebutkan biografi ‘Īsā bin Ma‘n. Al-Khathīb juga memberi isyarat bahwa dia lemah. Lihat Lisān-ul-Mīzān (1/149).
  2. (258). Jāmi‘-ul-Ushūl (2/483), Fatḥ-ul-Bārī (8/176) dan an-Nasā’ī (8/36-37).
  3. (259). Saya belum menemukannya.
  4. (260). Syarā adalah penyakit gatal yang ada pada badan satu kali kemunculan. Diriwayatkan pula dengan kalimat as-Sarā dengan huruf sīn.
  5. (261). Az-Zawā’id (8/282-283) dan al-Kabīr (17/329-331).