Al-Mu’jam-ash-Shaghir – Yang Bernama Ahmad (83-85/100): Maqam Ibrahim dan Ketika Isa Datang

Al-Mu‘jam-ush-Shaghīr
(Judul Asli: Al-Muhalla)
Oleh: Abul-Qasim Sulaiman bin Ahmad ath-Thabrani

Penerjemah: Anshari Taslim
Penerbit: PUSTAKA AZZAM

Rangkaian Pos: Al-Mu'jam-ush-Shaghir Bab Alif - Yang Bernama Ahmad

رقم الحديث: 83
(حديث مرفوع) حَدَّثَنَا أَبُو الْعَبَّاسِ أَحْمَدُ بْنُ عَلِيٍّ الْأَبَّارُ، حَدَّثَنَا أُمَيَّةُ بْنُ بِسْطَامٍ، حَدَّثَنَا يَزِيْدُ بْنُ زُرَيْعٍ، حَدَّثَنَا رَوْحُ بْنُ الْقَاسِمِ، عَنْ جَعْفَرِ بْنِ مُحَمَّدٍ، عَنْ أَبِيْهِ، عَنْ جَابِرٍ، أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ” قَرَأَ: وَ اتَّخِذُوْا مِنْ مَقَامِ إِبْرَاهِيْمَ مُصَلًّى سورة البقرة آية 125″، لَمْ يَرْوِهِ عَنْ رَوْحٍ إِلَّا يَزِيْدُ، وَ لَا عَنْ يَزِيْدَ، إِلَّا أُمَيَّةُ تَفَرَّدَ بِهِ الْأَبَّارُ.

  1. Abul-‘Abbās Aḥmad bin ‘Alī al-Abbār (2251) menceritakan kepada kami, Umayyah bin Bisthām menceritakan kepada kami, Yazīd bin Zurai‘ menceritakan kepada kami, Rauḥ bin al-Qāsim menceritakan kepada kami, dari Ja‘far bin Muḥammad, dari ayahnya, dari Jābir bahwa Nabi s.a.w. membaca: “…..dan Jadikanlah sebahagian maqam Ibrahim tempat shalat….” (al-Baqarah [2]: 125).

Tidak ada yang meriwayatkan hadits ini dari Rauḥ kecuali Yazīd dan tidak ada pula yang meriwayatkannya dari Yazīd kecuali Umayyah, hanya al-Abbār yang meriwayatkan hadits ini darinya.

Isnād: Para perawinya tsiqah, juga diriwayatkan oleh Abū Dāūd dengan Isnād yang shaḥīḥ. (2262).

رقم الحديث: 84
(حديث مرفوع) حَدَّثَنَا أَبُوْ بَكْرٍ أَحْمَدُ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ صَدَقَةَ، حَدَّثَنَا بِسْطَامُ بْنُ الْفَضْلِ أَخُوْ عَارِمٍ، حَدَّثَنَا حَمَّادُ بْنُ مَسْعَدَةَ، عَنِ ابْنِ عَوْنٍ، عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ سِيْرِيْنَ، عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ، قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ: “يُوْشِكُ مَنْ عَاشَ مِنْكُمْ أَنْ يَرَى عِيْسَى ابْنَ مَرْيَمَ إِمَامًا حَكَمًا عَدْلا، فَيَضَعُ الْجِزْيَةَ، وَ يَكْسِرُ الصَّلِيْبَ، وَ يَقْتُلُ الْخِنْزِيْرَ، وَ تَضَعُ الْحَرْبُ أَوْزَارَهَا”، لَمْ يَرْوِهِ عَنِ ابْنِ عَوْنٍ، إِلَّا ابْنُ مَسْعَدَةَ، تَفَرَّدَ بِهِ بِسْطَامٌ.

  1. Abū Bakar Aḥmad bin Muḥammad bin Shadaqah (2273) menceritakan kepada kami, Bisthām bin al-Fadhl, saudara ‘Ārim menceritakan kepada kami, Ḥammād bin Mas‘adah menceritakan kepada kami, dari Ibnu ‘Aun, dari Muḥammad bin Sīrīn, dari Abū Hurairah yang berkata: Rasūlullāh s.a.w. bersabda: “Kemungkinan akan ada di antara kalian yang melihat ‘Īsā bin Maryam sebagai imam yang adil dan bijaksana, menghapus pajak, memecahkan salib, membunuh babi dan perangpun telah meletakkan peralatannya (perang berhenti).

Tidak ada yang meriwayatkan hadits ini dari Abū ‘Aun kecuali Ibnu Mas‘adah, hanya Bisthām yang meriwayatkan hadits ini darinya.

Isnād: Para perawinya tsiqah. Hadits ini juga diriwayatkan oleh Syaikhān, Abū Dāūd dan at-Tirmidzī dengan redaksi senada. (2284).

رقم الحديث: 85
(حديث مرفوع) حَدَّثَنَا أَبُوْ جَعْفَرٍ أَحْمَدُ بْنُ يَحْيَى الْحُلْوَانِيُّ، حَدَّثَنَا الْفَيْضُ بْنُ وَثِيْقٍ الثَّقَفِيُّ، حَدَّثَنَا جَرِيْرُ بْنُ عَبْدِ الْحَمِيْدِ، عَنْ حَبِيْبِ بْنِ أَبِيْ عَمْرَةَ، عَنْ سَعِيْدِ بْنِ جُبَيْرٍ، عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ، قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ: ” لَعَنَ اللهُ الْيَهُوْدَ، حُرِّمَتْ عَلَيْهِمُ الشُّحُوْمُ فَبَاعُوْهَا، وَ أَكَلُوْا أَثْمَانَهَا”، لَمْ يَرْوِهِ عَنِ ابْنِ أَبِيْ عَمْرَةَ، إِلَّا جَرِيْرٌ، تَفَرَّدَ بِهِ فَيْضٌ.

  1. Abū Ja‘far Aḥmad bin Yaḥyā al-Ḥulwānī (2295) menceritakan kepada kami, al-Faidh bin Watsīq ats-Tsaqafī menceritakan kepada kami, Jariīr bin ‘Abd-ul-Ḥamīd menceritakan kepada kami, dari Ḥabīb bin Abī ‘Amrah, dari Sa‘īd bin Jubair, dari Ibnu ‘Abbās yang berkata: Rasūlullāh s.a.w. bersabda: “Allah melaknat Yahudi, sudah diharamkan atas mereka lemak, tapi mereka malah menjualnya dan memakan hasil penjualannya itu.

Tidak ada yang meriwayatkan hadits ini dari Ibnu Abī ‘Amrah kecuali Jarīr, hanya Faidh yang meriwayatkan hadits ini darinya.

Isnād: Hadits ini juga diriwayatkan oleh Syaikhain dan an-Nasā’ī dari Ibnu ‘Abbās dari ‘Umar dengan redaksi yang lebih panjang dari ini. (2306).

Catatan:

  1. (225). Dia adalah al-Ḥāfizh al-Imām sang muhaddits Baghdād. Biasa meriwayatkan dari Musaddad, ‘Alī bin al-Ja‘d, Syaibān bin Farrūkh dan banyak lagi yang lainnya.Yang biasa meriwayatkan darinya adalah Da‘laj, Abū Bakar an-Najjād, Abū Suhail bin Ziyād dan lain-lain.Ad-Dāraquthnī mengatakan “Tsiqah”.

    Al-Khathīb berkata: “Dia tsiqah, ḥāfizh, teliti bermadzhab baik.”

    Ja‘far al-Khuldī berkata: “Al-Abbār termasuk orang yang paling zuhud.”

    Dia punya beberapa karya tulis dan kitab tarikh. Wafat pada hari Nishfu Sya‘bān tahun 200 H.

    Lihat Tadzkirat-ul-Ḥuffāzh (2/639) dan Tārīkhu Baghdād (4/306).

  2. (226). Jāmi‘-ul-Ushūl (2/946) dan Mukhtasharu Abī Dāūd, no. 1825, dari hadits Jābir yang panjang tentang tata cara haji Nabi s.a.w.
  3. (227). Aḥmad bin ‘Abdullāh bin Shadaqah Abū Bakar al-Baghdādī al-Ḥāfizh, yang biasa meriwayatkan darinya adalah Ibnu Qani‘, ath-Thabrānī dan lainnya. Dia adalah seorang imam yang hafizh punya pengetahuan tentang makna hadits.Ad-Dāraquthnī mengatakan: “tsiqah”. Ibn-ul-Munādī berkata: “Dia termasuk orang yang cerdas dan punya hafalan kuat yang mencapai puncak keridhaan para ulama.”Dia biasa meriwayatkan dari Ismā‘īl bin Mas‘ūd al-Jahdarī, Muḥammad bin Miskīn al-Yamāmī, Muḥammad bin Ḥarb an-Nasā’ī dan tingkatan mereka-mereka tersebut.

    Abū Ya‘lā menyebutnya dalam Thabaqāt-ul-Hanābilah dan dia berkata: “Dia meriwayatkan dari imam kita beberapa masalah fikih dan banyak hal. Wafat tahun 290 H.”

    Yang mengherankan adalah perkataan al-Haitsamī tentangnya: “Aku tidak mengetahuinya.”

    Lihat: Syadzarat-udz-Dzahab (2/215), Thabaqāt-ul-Hanābilah (1/64), Tārīkhu Baghdād (6/40), Tadzkirat-ul-Ḥuffāzh (2/745), Majma‘-uz-Zawā’id (7/44) dan Siyaru A‘lam-in-Nubalā’ (14/83).

  4. (228). Jāmi‘-ul-Ushūl (10/7831), Mukhtasharu Muslim, no. 2059, Fatḥ-ul-Bārī (6/490), Mukhtasharu Abī Dāūd (4157) dan Tuḥfat-ul-Aḥwadzī (6/488).
  5. (229). Dia biasa meriwayatkan dari Ibnu Yūnus dan lainnya. Termasuk orang yang tsiqah, terkenal dengan kezuhudan dan ibadah yang rajin serta banyak meriwayatkan hadits. Dalam al-Mughnī disebutkan: Abū Zur‘ah tidak meridhainya. Abū Bakar al-Khallāl menyebutnya termasuk bagian dari ulama madzhab (Ḥanbali – penerj.).Dia wafat tanggal 6 Dzul-Hijjah 296 H.Lihat, Thabaqāt-ul-Ḥanābilah (1/83), Tārīkhu Baghdād (5/212), Syadzarāt-udz-Dzahab (2/224), al-Mughnī fidh-Du‘afā’.
  6. (230). Jāmi‘-ul-Ushūl (1/266), Mukhtasharu Muslim, no. 929, Fatḥ-ul-Bārī (4/414), dan an-Nasā’ī (7/177).