Al-Mu’jam-ash-Shaghir – Yang Bernama Ahmad (79-82/100): Delapan Puluh Shaf Dari Penduduk Surga Adalah Umatku

Al-Mu‘jam-ush-Shaghīr
(Judul Asli: Al-Muhalla)
Oleh: Abul-Qasim Sulaiman bin Ahmad ath-Thabrani

Penerjemah: Anshari Taslim
Penerbit: PUSTAKA AZZAM

Rangkaian Pos: Al-Mu'jam-ush-Shaghir Bab Alif - Yang Bernama Ahmad

رقم الحديث: 79
(حديث مرفوع) حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ عَتَّابٍ الْمَرْوَزِيُّ، بِبَغْدَادَ، حَدَّثَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمنِ السَّعْدِيُّ، حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ يَحْيَى أَبُوْ يَحْيَى الْمُعَلِّمُ الْمَرْوَزِيُّ، حَدَّثَنَا هَاشِمُ بْنُ مَخْلَدٍ، حَدَّثَنَا أَيُّوْبُ بْنُ إِبْرَاهِيْمَ الثَّقَفِيُّ، عَنْ إِبْرَاهِيْمَ الصَّائِغِ، عَنْ أَبِيْ إِسْحَاقَ الْهَمْدَانِيِّ، عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ يَزِيْدَ الْخَطْمِيِّ، عَنِ الْبَرَاءِ بْنِ عَازِبٍ، قَالَ: “كُنَّا إِذَا قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ: سَمِعَ اللهُ لِمَنْ حَمِدَهُ لَمْ يَحْنِ أَحَدٌ مِنَّا ظَهْرَهُ حَتَّى يَسْجُدَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ، ثُمَّ نَسْجُدَ مَعَهُ” ، لَمْ يَرْوِهِ عَنْ إِبْرَاهِيْمَ الصَّائِغِ، إِلَّا أَيُّوبُ بْنُ إِبْرَاهِيْمَ، تَفَرَّدَ بِهِ هَاشِمُ بْنُ مَخْلَدٍ.

  1. Aḥmad bin Muḥammad bin ‘Attāb al-Marwazī (2151) menceritakan kepada kami di Baghdād, ‘Abdullāh bin ‘Abd-ur-Raḥmān as-Sa‘dī menceritakan kepada kami, Muḥammad bin Yaḥyā Abū Yaḥyā (2162) al-Mu‘allim al-Marwazī menceritakan kepada kami, Hāsyim bin Makhlad menceritakan kepada kami, Ayyūb bin Ibrāhīm ats-Tsaqafī menceritakan kepada kami, dari Ibrāhīm ash-Shā’igh, dari Abū Isḥāq al-Hamdānī, dari ‘Abdullāh bin Yazīd al-Khathmī, dari al-Barā’ bin ‘Āzib yang berkata: “Biasanya kalau Nabi s.a.w. mengucapkan “Sami‘allāhu liman ḥamidah” (Allah mendengar siapa saja yang memuji-Nya) maka tidak ada satupun dari kami yang membungkukkan punggangnya sampai Rasūlullāh s.a.w. sujud, barulah kami ikut sujud bersama beliau.

Tidak ada yang meriwayatkan hadits ini dari Ibrāhīm ash-Shā’igh kecuali Ayyūb bin Ibrāhīm, hanya Hāsyim bin Makhlad yang meriwayatkan hadits ini darinya.

Isnād: diriwayatkan oleh Syaikhain, Abū Dāūd, at-Tirmidzī dan an-Nasā’ī. (2173).

رقم الحديث: 80
(حديث مرفوع) حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ يَزِيْدَ السِّجِسْتَانِيُّ، بِبَغْدَادَ، حَدَّثَنَا الْحَسَنُ بْنُ سَوَّارٍ، حَدَّثَنَا النَّضْرُ بْنُ عَرَبِيٍّ، عَنْ عَبْدِ الْكَرِيْمِ بْنِ مَالِكٍ الْجَزَرِيِّ، عَنْ زِيَادِ بْنِ الْجَرَّاحِ، عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ مَعْقِلِ بْنِ مُقَرِّنٍ، عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ مَسْعُوْدٍ، قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ: ” النَّدَمُ تَوْبَةٌ” ، لَمْ يَرْوِهِ عَنِ النَّضْرِ بْنِ عَرَبِيٍّ، إِلَّا ابْنُ سَوَّارٍ.

  1. Aḥmad bin Yazīd as-Sijistānī (2184) menceritakan kepada kami di Baghdād, al-Ḥasan bin Sawwār menceritakan kepada kami, an-Nadhr bin ‘Arabī menceritakan kepada kami, dari ‘Abd-ul-Karīm bin Mālik al-Jazarī, dari Ziyād bin al-Jarrāḥ, dari ‘Abdullāh bin Ma‘qil bin Muqarrin, dari ‘Abdullāh bin Mas‘ūd yang berkata: Rasūlullāh s.a.w. bersabda: “Penyesalan itu adalah taubat.

Tidak ada yang meriwayatkan hadits ini dari an-Nadhr bin ‘Arabī kecuali Ibnu Sawwār.

Isnād: Hadits ini diriwayatkan oleh Imām Aḥmad, al-Bukhārī dalam Tārīkh-nya, Ibnu Mājah, al-Ḥakīm dari hadits Ibnu Mas‘ūd.

Dalam masalah ini ada pula hadits dari selain Ibnu Mas‘ūd dan ini adalah hadits ḥasan, bahkan ada yang mengatakan shaḥīḥ. (2195).

رقم الحديث: 81
(حديث مرفوع) حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ عَلِيٍّ الْبَرَبْهَارِيُّ، حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ سَابِقٍ، حَدَّثَنَا إِبْرَاهِيْمُ بْنُ طَهْمَانَ، عَنْ أَبِي الزُّبَيْرِ مُحَمَّدِ بْنِ مُسْلِمٍ، عَنِ ابْنِ كَعْبِ بْنِ مَالِكٍ، عَنْ أَبِيْهِ، أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ “بَعَثَهُ وَ أَوْسَ بْنَ الْحَدَثَانِ فِيْ أَيَّامِ التَّشْرِيْقِ، فَنَادَى أَنَّهُ لَا يَدْخُلُ الْجَنَّةَ إِلَّا نَفْسٌ مُؤْمِنَةٌ، وَ أَيَّامُ مِنًى أَيَّامُ أَكْلٍ وَ شُرْبٍ”، لَا يُرْوَى عَنْ كَعْبِ بْنِ مَالِكٍ، إِلَّا بِهذَا الْإِسْنَادِ تَفَرَّدَ بِهِ إِبْرَاهِيْمُ بْنُ طَهْمَانَ.

  1. Aḥmad bin ‘Alī al-Barabhārī (2206) menceritakan kepada kami, Muḥammad bin Sābiq menceritakan kepada kami, Ibrāhīm bin Thahmān menceritakan kepada kami, dari Abuz-Zubair Muḥammad bin Muslim, dari putra Ka‘b bin Mālik, dari ayahnya, bahwa Nabi s.a.w. mengirimnya bersama Aus bin al-Ḥadatsān di hari-hari tasyrīq (2217) untuk membacakan pengumuman bahwa tidak akan ada yang masuk surga kecuali jiwa yang beriman serta hari-hari Mina adalah hari makan dan minum.

Tidak ada yang meriwayatkan hadits ini dari Ka‘b bin Mālik kecuali dengan Isnād ini hanya Ibrāhīm bin Thahmān yang meriwayatkan hadits ini darinya.

Isnād: Para perawinya tsiqah dan hadits ini juga diriwayatkan oleh Muslim nomor 1142 (2228).

رقم الحديث: 82
(حديث مرفوع) حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ الْقَاسِمِ بْنِ مُسَاوِرٍ الْجَوْهَرِيُّ، قَالَ: حَدَّثَنَا عَفَّانُ بْنُ مُسْلِمٍ، حَدَّثَنَا عَبْدُ الْوَاحِدِ بْنُ زِيَادٍ، عَنِ الْحَارِثِ بْنِ حَصِيْرَةَ، عَنِ الْقَاسِمِ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمنِ بْنِ عَبْدِ اللهِ بْنِ مَسْعُوْدٍ، عَنْ أَبِيْهِ، عَنْ جَدِّهِ، قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ:” أَهْلُ الْجَنَّةِ عِشْرُوْنَ وَ مِائَةُ صَفٍّ، أُمَّتِيْ مِنْهَا ثَمَانُوْنَ صَفًّا”، لَمْ يَرْوِهِ عَنِ الْقَاسِمِ، إِلَّا الْحَارِثُ، تَفَرَّدَ بِهِ ابْنُ زِيَادٍ.

  1. Aḥmad bin al-Qāsim bin Musāwir al-Jauharī (2239) menceritakan kepada kami, Dia berkata: ‘Affān bin Muslim menceritakan kepada kami, ‘Abd-ul-Wāḥid bin Ziyād menceritakan kepada kami, dari al-Ḥārits bin Ḥashīrah, dari al-Qāsim bin ‘Abd-ur-Raḥmān bin ‘Abdullāh bin Mas‘ūd, dari ayahnya, dari kakeknya yang berkata: Rasūlullāh s.a.w. bersabda: “Penduduk surga itu ada seratus dua puluh barisan (shaf), 80 shaf di antaranya diisi oleh umatku.

Tidak ada yang meriwayatkan hadits ini dari al-Qāsim kecuali al-Ḥārits, hanya Ibnu Ziyād yang meriwayatkan hadits ini darinya.

Isnād: Al-Haitsamī mengatakan: “Diriwayatkan oleh Aḥmad, Abū Ya‘lā, al-Bazzār dan ath-Thabrānī dalam ketiga mu‘jam-nya. Para perawi mereka adalah perawi kitab shaḥīḥ selain al-Ḥārits bin Ḥashīrah, tapi dia dianggap tsiqah.” (22410).

Catatan:

  1. (215). Dalam versi cetak tertulis “Aḥmad bin ‘Attāb” sedang dalam Tārīkhu Baghdād (Ghiyāts), yang kami sebutkan di sini berdasarkan manuskrip. Dia datang ke Baghdād dan meriwayatkan hadits di sana dari ‘Abdullāh bin ‘Abd-ur-Raḥmān as-Sa‘dī al-Marwazī, yang biasa meriwayatkan darinya adalah ath-Thabrānī.
  2. (216). Kata “Abū Yaḥyā” tidak ada dalam versi cetak, lihat Tārīkhu Baghdād (5/80).
  3. (217). Jāmi‘-ul-Ushūl (5/3892), Mukhtasharu Muslim, no. 317, Fatḥ-ul-Bārī (2/181), Mukhtasharu Abī Dāūd (591), dan an-Nasā’ī (2/96).
  4. (218). Dia adalah Aḥmad bin Dāūd bin Yazīd bin Mahān Abū Yazīd as-Sijistānī, tinggal di Baghdād dan meriwayatkan hadits di sana dari al-Ḥasan bin Sawwār al-Baghawī dan Ibrāhīm bin Yūsuf saudara ‘Isahm al-Balkhī.Yang biasa meriwayatkan darinya adalah ‘Abd-ush-Shamad bin ‘Alī ath-Thastī, Abū Bakar asy-Syāfi‘ī, Da‘laj bin Aḥmad, ath-Thabrānī. Ad-Dāraquthnī mengatakan: “Tidak kuat tapi bisa dijadikan i‘tibar” dalam riwayat lain dia mengatakannya: “Tidak ada masalah dengannya”, demikian pula dalam riwayat al-Ḥakīm dari ad-Dāraquthnī: “Tidak ada masalah dengannya”Lihat Tārīkhu Baghdād (4/140), Mīzān-ul-I‘tidāl (1/97).
  5. (219). Faidh-ul-Qadīr (6/297), al-Ḥakīm (4/243), dia berkata: “Sanad-nya shaḥīḥ, tapi mereka berdua tidak mengeluarkannya.” Adz-Dzahabī menyetujuinya. Ibnu Mājah (4252).
  6. (220). Dia adalah Abul-‘Abbās, mendengar hadits dari Muḥammad bin Sābiq, ‘Affān bin Muslim, ‘Āshim bin ‘Alī dan lain-lain. Yang meriwayatkan darinya adalah ath-Thastī, Ismā‘īl al-Khathābī, Ibnu Qani‘ dan lainnya. Al-Khathīb mengatakan: “Dia tsiqah”. Tārīkhu Baghdād (4/304).
  7. (221). Hari tasyrīq adalah tiga hari setelah hari nahar (tanggal 10 Dzul-Hijjah – penerj.), dinamakan demikian karena mereka biasanya menjemur daging hewan kurban di terik matahari.
  8. (222). Jāmi‘-ul-Ushūl (6/4504).
  9. (223). Abū Ja‘far, dia mendengar dari ‘Affān bin Muslim, ‘Alī bin al-Ja‘d, Abū Bilāl al-Asy‘arī, dan lainnya.Yang meriwayatkannya darinya adalah al-Qādhī al-Muḥāmilī, Ibnu Kāmil, Ibnu Qani‘ dan lain-lain. Meriwayatkan qiraat dari Khalaf bin Hisyām dan Muḥammad bin Samā‘ah. Yang meriwayatkan qiraat darinya adalah Abū Bakar bin Mujāhid dan Aḥmad bin ‘Abd-ur-Raḥmān al-Walī.Lihat Tārīkhu Baghdād (4/349), Ghāyat-un-Nihāyah (1/97).
  10. (224). Majma‘-uz-Zawā’id (10/403), ini adalah hadits shaḥīḥ yang juga dikeluarkan oleh at-Tirmidzī dari hadits Buraidah.

    Lihat Faidh-ul-Qadīr (3/65) dan Jāmi‘-ul-Ushūl (9/6755).