Hati Senang

Al-Mu’jam-ash-Shaghir – Yang Bernama Ahmad (76-78/100): Wudhu’ Nabi, Semut Musa Dan Bani Najjar

Cover Buku al-Mu'jam ash-Shaghir ath-Thabrani
Al-Mu‘jam-ush-Shaghīr (Judul Asli: Al-Muhalla) Oleh: Abul-Qasim Sulaiman bin Ahmad ath-Thabrani Penerjemah: Anshari Taslim Penerbit: PUSTAKA AZZAM

رقم الحديث: 76
(حديث مرفوع) حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ عِيْسَى بْنِ السُّكَيْنِ الْمَوْصِلِيُّ، حَدَّثَنَا الزُّبَيْرُ بْنُ مُحَمَّدٍ الرَّهَاوِيُّ، حَدَّثَنَا قَتَادَةُ بْنُ الْفَضْلِ بْنِ قَتَادَةَ الرَّهَاوِيُّ، حَدَّثَنَا إِبْرَاهِيْمُ بْنُ أَبِيْ عَبْلَةَ، سَأَلْتُ أَنَسَ بْنَ مَالِكٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ، “كَيْفَ أَتَوَضَّأُ؟، قَالَ: سَأَلْتَنِيْ كَيْفَ أَتَوَضَّأُ وَ لَا تَسْأَلُنِيْ: كَيْفَ رَأَيْتَ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ يَتَوَضَّأُ؟ رَأَيْتُ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ يَتَوَضَّأُ ثَلَاثًا ثَلَاثًا، وَ قَالَ: بِهذَا أَمَرَنِيْ رَبِّيْ عَزَّ وَ جَلَّ”، لَمْ يَرْوِهِ عَنِ ابْنِ أَبِيْ عَبْلَةَ، إِلَّا قَتَادَةُ تَفَرَّدَ بِهِ الزُّبَيْرُ.

  1. Aḥmad bin ‘Īsā bin as-Sukain al-Maushilī (2061) menceritakan kepada kami, az-Zubair bin Muḥammad ar-Rahāwī menceritakan kepada kami, Qatādah bin al-Fudhail bin Qatādah ar-Rahāwī menceritakan kepada kami, Ibrāhīm bin Abī ‘Ablah menceritakan kepada kami, Aku bertanya kepada Anas bin Mālik r.a.: “Bagaimana saya berwudhu’?” Dia menjawab: [“Kamu bertanya kepadaku bagaimana aku berwudhu’] (2072) dan kamu tidak bertanya bagaimana aku melihat Rasūlullāh s.a.w. berwudhu’. Aku melihat Rasūlullāh s.a.w. berwudhu’ dengan cara tiga kali-tiga kali (basuhan-ed.) dan beliau bersabda: “Beginilah aku diperintahkan oleh Tuhanku ‘azza wa jalla.

Tidak ada yang meriwayatkan hadits ini dari Ibnu Abī ‘Ablah kecuali Qatādah.

Isnād: Al-Haitsamī mengatakan: “Para perawinya tsiqah, diriwayatkan oleh ath-Thabrānī dalam al-Awsath dan al-Bazzār dengan ringkas.” (2083).

رقم الحديث: 77
(حديث مرفوع) حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ الْحُسَيْنِ بْنِ مَابِهْرَامَ أَبُوْ عَبْدِ اللهِ الْإِيْدَجِيُّ، حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ مَرْزُوْقٍ الْبَصْرِيُّ، حَدَّثَنَا هَانِئُ بْنُ يَحْيَى السُّلَمِيُّ، حَدَّثَنَا حَسَنُ بْنُ جَعْفَرٍ الْجَفْرِيُّ، عَنْ قَتَادَةَ، عَنْ يَحْيَى بْنِ وَثَّابٍ، عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ، قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ:” لَمَّا كَلَّمَ اللهُ مُوْسَى كَانَ يُبْصِرُ دَبِيْبَ النَّمْلِ عَلَى الصَّفَا فِي اللَّيْلَةِ الظَّلْمَاءِ مِنْ مَسِيْرَةِ عَشَرَةِ فَرَاسِخَ”، لَمْ يَرْوِهِ عَنْ قَتَادَةَ، إِلَّا الْحَسَنُ بْنُ جَعْفَرٍ، تَفَرَّدَ بِهِ هَانِئُ بْنُ يَحْيَى.

  1. Aḥmad bin al-Ḥusain bin Mabihrām Abū ‘Abdullāh al-Iydzajī (2094) menceritakan kepada kami, Muḥammad bin Marzūq al-Bashrī menceritakan kepada kami, Hāni’ bin Yaḥyā as-Sulamī menceritakan kepada kami, Ḥasan bin Abī Jufrī menceritakan kepada kami, dari Qatādah, dari Yaḥyā bin Watstsāb, dari Abū Hurairah yang berkata: Rasūlullāh s.a.w. bersabda: “Tatkala Allah berbicara kepada Mūsā maka dia bisa melihat semut yang merayap di bukit Shafā di malam yang gelap gulita pada jarak sepuluh farsakh.

[Tidak ada yang meriwayatkan hadits ini dari Qatādah kecuali Ḥasan bin Abī Ja‘far, hanya Hāni’ bin Yaḥyā yang meriwayatkan darinya.] (2105).

Isnād: Al-Haitsamī mengatakan: “Di dalamnya ada Ḥasan bin Abī Ja‘far al-Jufrī dan itu matrūk.” (2116).

رقم الحديث: 78
(حديث مرفوع) حَدَّثَنَا أَبُوْ جَعْفَرٍ أَحْمَدُ بْنُ النَّضْرِ بْنِ مُوْسَى الْعَسْكَرِيُّ، حَدَّثَنَا أَبُوْ خَيْثَمَةَ مُصْعَبُ بْنُ سَعِيْدٍ الْمِصِّيْصِيُّ، حَدَّثَنَا سَعِيْدُ بْنُ يُوْنُسَ، عَنْ عَوْفٍ الْأَعْرَابِيِّ، عَنْ ثُمَامَةَ بْنِ عَبْدِ اللهِ بْنِ أَنَسٍ، عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ، قَالَ: ” مَرَّ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ عَلَى حَيٍّ مِنْ بَنِي النَّجَّارِ، فَإِذَا جَوَارِيْ يَضْرِبْنَ بِالدُّفِّ، وَ يَقُلْنَ: نَحْنُ قَيْنَاتُ بَنِي النَّجَّارِ، فَحَبَّذَا مُحَمَّدٌ مِنْ جَارٍ، فَقَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ: اللهُ يَعْلَمُ أَنَّ قَلْبِيَ يُحِبُّكُمْ”، لَمْ يَرْوِهِ عَنْ عَوْفٍ، إِلَّا عِيْسَى، تَفَرَّدَ بِهِ مُصْعَبُ بْنُ سَعِيْدٍ.

  1. Abū Ja‘far Aḥmad bin an-Nadhr bin Mūsā al-‘Askarī (2127) menceritakan kepada kami, Abū Khaitsamī Mush‘ab bin Sa‘īd al-Mishshīshī menceritakan kepada kami, Sa‘īd bin Yūnus menceritakan kepada kami, dari ‘Auf al-A‘rābī, dari Tsumāmah bin ‘Abdullāh bin Anas, dari Anas bin Mālik, dia berkata: Nabi s.a.w. melewati sebuah perkampungan Bani Najjār, ternyata ada beberapa anak wanita sedang memukul duf (rebana tanpa kerincing) dan mereka mengucapkan: “Kami adalah para penyanyai (biduan) Bani Najjār, alangkah baiknya Muḥammad sebagai tetangga.”

Maka Nabi s.a.w. bersabda: “Allah Maha Tahu bahwa hatiku mencintai kalian (Bani Najjār – penerj.).”

Tidak ada yang meriwayatkan hadits ini dari ‘Auf kecuali ‘Īsā, hanya Mush‘ab bin Sa‘īd yang meriwayatkan hadits ini darinya.

Isnād: Hadits ini juga diriwayatkan oleh al-Bukhārī dan Muslim dengan redaksi mirip ini (2138). Juga Ibnu Mājah dengan sanad yang shaḥīḥ. (2149).

Catatan:

  1. (206). Abul-‘Abbās asy-Syaibānī al-Baladī, meriwayatkan di Baghdād dari Hāsyim bin al-Qāsim, Muḥammad bin Ma‘dān, Salmān bin Saif al-Ḥarrānī dan lainnya.Yang meriwayatkan darinya adalah Abū Bakar asy-Syāfi‘ī, Muḥammad bin Ismā‘īl al-Warrāq, Abul-Ḥasan ad-Dāraquthnī dan lainnya, meninggal di Wāsith tahun 323 H. Lihat Tārīkhu Baghdād (4/280).
  2. (207). Yang dalam kurung didapatkan dari Majma‘-us-Zawā’id (1/231) dan manuskrip kitab Majma‘-ul-Baḥrain, no. hadits 326.
  3. (208). Majma‘-uz-Zawā’id (1/231).
  4. (209). Dalam versi tercetak tertulis “Al-Aidajī” sedangkan yang kami tuliskan berdasarkan nama kota Aidzajī di Samarqand serta yang lain ada di daerah al-Aḥwaz (al-Lubāb).
  5. (210). Yang dalam kurung tidak ada dalam versi tercetak.
  6. (211). Az-Zawā’id (8/203).
  7. (212). Penduduk Askar Mukarram datang ke Baghdād dan meriwayatkan hadits di sana dari Sa‘īd bin Ḥafsh an-Nufailī, Mush‘ab bin Sa‘īd al-Mishshīshī, Yaḥyā bin Rajā’ bin Abī ‘Ubaidah al-Ḥarrānī dan lain-lain. Yang biasa meriwayatkan darinya adalah ‘Abdullāh bin Isḥāq al-Madayinī, Ismā‘īl bin ‘Alī al-Khuthamī, ‘Abd-ul-Bāqī bin Qāni’ al-Qādhī, dan lain-lain. Dia membaca di hadapan Hisyām dan hanya ada Abū Bakar Muḥammad bin Ḥasan an-Naqqāsy dibacakan kepada ‘Alī bin al-Munadī.Dia termasuk orang yang tsiqah dan banyak menulis. Meninggal di Riqqah dua hari masuk bulan Dzul-Ḥijjah tahun 290 H.

    Lihat Tārīkhu Baghdād (5/185), Dimasyq (2/104).

  8. (213). Jāmi‘-ul-Ushūl (9/6718), Fatḥ-ul-Bārī (7/113-114) dan Mukhtasharu Muslim, no. 1725.
  9. (214). Ibnu Mājah (1/1899).
Alamat Kami
Jl. Zawiyah, No. 121, Rumah Botol Majlis Dzikir Hati Senang,
RT 06 RW 04, Kp. Tajur, Desa Pamegarsari, Parung, Jawa Barat. 16330.