رقم الحديث: 71
(حديث قدسي) حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ مُحَمَّدٍ النَّخَعِيُّ الْقَاضِي الْكُوْفِيُّ، حَدَّثَنَا مِسْعَرُ بْنُ الْحَجَّاجِ النَّهْدِيُّ، حَدَّثَنَا شَرِيْكٌ، عَنْ أَبِيْ إِسْحَاقَ، عَنِ الْحَارِثِ، عَنْ عَلِيٍّ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ، قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ: “يَقُوْلُ اللهُ تَعَالَى: اشْتَدَّ غَضَبِيْ عَلَى مَنْ ظَلَمَ مَنْ لَا يَجِدُ نَاصِرًا غَيْرِيْ”، لَمْ يَرْوِهِ عَنْ أَبِيْ إِسْحَاقَ، إِلَّا شَرِيْكٌ تَفَرَّدَ بِهِ مِسْعَرٌ.
- Aḥmad bin Muḥammad an-Nakha‘ī al-Qādhī al-Kūfī (1951) menceritakan kepada kami, Mis‘ar bin al-Ḥajjāj an-Nahdī (1962) menceritakan kepada kami, Syarīk menceritakan kepada kami, dari Abū Isḥāq, dari al-Ḥārits, dari ‘Alī r.a. yang berkata: Rasūlullāh s.a.w. bersabda: Allah ta‘ālā berfirman: “Kemarahanku amatlah besar kepada orang yang menzalimi seseorang yang tidak ada penolongnya selain Aku.”
Tidak ada yang meriwayatkannya dari Abū Isḥāq kecuali Syarīk, hanya Mis‘ar yang meriwayatkannya.
Isnād: Al-Haitsamī mengatakan: “Diriwayatkan oleh al-Haitsamī dalam ash-Shaghīr dan al-Awsath. Dalam sanad-nya ada Mis‘ar bin al-Ḥajjāj an-Nahdī – demikian yang tertulis dalam ath-Thabrānī – dan aku tidak menemukan selain Mis‘ar bin Yaḥyā an-Nahdī yang dianggap dha‘īf oleh adz-Dzahabī lantaran sebuah khabar yang dia sebutkan. Wallāhu a‘lam.” (1973).
رقم الحديث: 72
(حديث مرفوع) حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ سَهْلِ بْنِ الْوَلِيْدِ السُّكَّرِيُّ الْأَهْوَازِيُّ أَبُوْ غَسَّانَ، حَدَّثَنَا خَالِدُ بْنُ يُوْسُفَ بْنِ خَالِدٍ السَّمْعِيُّ، حَدَّثَنَا أَبِيْ، عَنْ زِيَادِ بْنِ سَعْدٍ، عَنْ سُمَيٍّ، عَنْ أَبِيْ صَالِحٍ، عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ، أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ سُئِلَ عَنِ اللُّقَطَةِ، فَقَالَ:” لَا تَحِلُّ اللُّقَطَةُ، مَنِ الْتَقَطَ شَيْئًا فَلْيُعَرِّفْهُ، فَإِنْ جَاءَ صَاحِبُهَا فَلْيَرُدَّهَا إِلَيْهِ، فَإِنْ لَمْ يَأْتِ فَلْيَتَصَدَّقْ بِهَا، فَإِنْ جَاءَ فَلْيُخَيِّرْهُ بَيْنَ الْأَجْرِ وَ بَيْنَ الَّذِيْ لَهُ”، لَمْ يَرْوِهِ عَنْ زِيَادِ بْنِ سَعْدٍ، إِلَّا يُوْسُفُ بْنُ خَالِدٍ، تَفَرَّدَ بِهِ ابْنُهُ عَنْهُ.
- Aḥmad bin Sahl bin al-Walīd as-Sukkarī al-Ahwāzī Abū Ghassān (1984) menceritakan kepada kami, Khālid bin Yūsuf bin Khālid as-Sam‘ī menceritakan kepada kami, ayahku menceritakan kepada kami, dari Ziyād bin Sa‘d, dari Sumay, dari Abū Shāliḥ, dari Abū Hurairah bahwa Rasūlullāh s.a.w. ditanya tentang luqathah, maka beliau bersabda: “Tidak boleh mengambil luqathah (barang temuan), siapa yang menemukan sesuatu tercecer hendaklah dia mengumumkannya. Jika pemiliknya datang hendaklah dia mengembalikannya kepada pemiliknya itu. Tapi kalau tidak datang maka hendaklah mensedekahkan barang tersebut. Kalau (setelah disedekahkan) pemiliknya baru datang hendaklah dia menyuruhnya memilih apakah akan menerima upah ataukah mengambil haknya.”
Tidak ada yang meriwayatkan hadits ini dari Ziyād bin Sa‘d kecuali Yūsuf bin Khālid, hanya anaknya yang meriwayatkan hadits ini darinya.
Isnād: Al-Haitsamī mengatakan: “Diriwayatkan oleh ath-Thabrānī dalam al-Awsath tapi dalam sanad-nya ada Yūsuf bin Khālid as-Simtī dan dia itu pendusta.” (1995).
رقم الحديث: 73
(حديث مرفوع) حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ عَبْدِ الْكَرِيْمِ الزَّعْفَرَانِيُّ الْعَسْكَرِيُّ، حَدَّثَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ عُمَرَ بْنِ يَزِيْدَ الْأَصْفَهَانِيُّ رُسْتَهْ، حَدَّثَنَا يَعْقُوْبُ بْنُ عَمْرٍو، صَاحِبُ الْهَرَوِيِّ، حَدَّثَنَا صَالِحُ بْنُ رُسْتُمَ أَبُوْ عَامِرٍ الْخَزَّازُ، عَنِ ابْنِ أَبِيْ مُلَيْكَةَ، عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ، قَالَ: كَانَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ” يُسَافَرُ مِنْ مَكَّةَ إِلَى الْمَدِيْنَةِ لَا يَخَافُ إِلَّا اللهَ يُصَلِّيْ رَكْعَتَيْنِ رَكْعَتَيْنِ”، لَمْ يَرْوِهِ عَنْ أَبِيْ عَامِرٍ، إِلَّا يَعْقُوْبُ الْبَصْرِيُّ، تَفَرَّدَ بِهِ عَبْدُ اللهِ بْنُ عُمَرَ.
- Aḥmad bin ‘Abd-ul-Karīm az-Za‘farānī al-‘Askarī (2006) menceritakan kepada kami, ‘Abdullāh bin ‘Umar bin Yazīd al-Ashfahānī Rustah menceritakan kepada kami, Ya‘qūb bin ‘Amr murid al-Harawī menceritakan kepada kami, Shāliḥ bin Rustum Abū ‘Āmir al-Khazzāz menceritakan kepada kami, dari Ibnu Abī Mulaikah, dari Ibnu ‘Abbās yang berkata: “Rasūlullāh s.a.w. pernah melakukan perjalanan dari Makkah ke Madinah dan beliau tidak takut siapapun kecuali kepada Allah. Beliau shalat dua rakaat, dua rakaat.”
Tidak ada yang meriwayatkan hadits ini dari Abū ‘Āmir kecuali Ya‘qūb al-Bashrī, hanya ‘Abdullāh bin ‘Umar yang meriwayatkan hadits ini darinya.
Isnād: Al-Haitsamī mengatakan: “Di dalamnya ada Ya‘qūb bin ‘Amr murid al-Harawī aku belum mengetahuinya. Aku katakan, Ibnu ‘Abbās punya beberapa hadits tentang Qasar dengan redaksi berbeda dari yang di sini. (2017).
Catatan:
- (195). Saya belum menemukannya.
- (196). Al-Haitsamī mengatakan: Demikian yang tersebut dalam ath-Thabrānī, dan aku tidak menemukannya kecuali pada Mis‘ar bin Yaḥyā an-Nahdī. Namun hal ini di-dha‘īf-kan oleh adz-Dzahabī dengan khabar yang telah disebutkannya. Lihat az-Zawā’id (4/206).
- (197). Lihat sebelumnya.
- (198). Saya belum menemukannya.
- (199). Az-Zawā’id (4/168).
- (200). Saya belum menemukannya.
- (201). Az-Zawā’id (2/156).